alexa-tracking

JK : Kita Terbuka Dengan Tenaga Kerja Asing

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5628c365620881b6338b4569/jk--kita-terbuka-dengan-tenaga-kerja-asing
JK : Kita Terbuka Dengan Tenaga Kerja Asing
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan bahwa Indonesia membuka diri terhadap masuknya tenaga kerja asing. Menurut Kalla, kedatangan tenaga kerja asing ke Indonesia justru akan membuka lapangan pekerjaan.

Para tenaga kerja asing biasanya datang bersama dengan investor yang menanamkan modalnya di Indonesia.

"Kita terbuka dengan tenaga kerja asing. Tidak mungkin mereka datang ke sini, bawa modal dan lalu pergi. Mereka butuh orang dan ahli-ahli dari negaranya, jadi kita jangan membiarkan mereka mengalahkan kita. Sebenarnya, investasi membuka lapangan kerja besar, bukannya mereka mengambil jatah lapangan kerja kita," kata Kalla saat menyampaikan arahannya kepada jajaran Kementerian Tenaga Kerja di Kantor Kementerian Tenaga Kerja di Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Hadir dalam acara ini, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Nusron Wahid.

Wapres lantas menyebutkan bahwa setiap tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia setidaknya membuka 100 lapangan kerja baru.

Ia meminta, agar masyarakat tidak khawatir akan serbuan tenaga kerja asing ke Indonesia, terlebih jika kesepakatan masyarakat ekonomi ASEAN sudah diberlakukan.

Menurut Wapres, mustahil tenaga kerja dari negara dengan nilai upah tinggi mencari pekerjaan di Indonesia yang standar upahnya lebih rendah.

Kesepakatan MEA, menurut dia, justru membuka peluang warga negara Indonesia untuk mencari pekerjaan ke negara lain yang standar upahnya lebih tinggi.

"Selalu tenaga kerja bergerak dari daerah yang rendah upahnya ke yang tinggi. Tidak akan dari tinggi ke rendah. Orang singapura jadi pekerja di sana Rp 20 juta, di sini Rp 2 juta, masak mau pindah?" ucap Kalla.

Kendati demikian, Wapres menilai, perlunya peningkatan kualitas tenaga kerja maupun kualitas lapangan kerja di Indonesia.

Ia lalu meminta Kementerian Tenaga Kerja untuk lebih banyak menggelar pelatihan kerja.

"Kementerian ketenagakerjaan tugasnya melatih agar kualitas tenaga kerja baik dan mendorong lapangan kerja terbuka sehingga tenaga kerja bisa tersalur, juga pengawasan tingkat kesejahteraan buruh dan keselamatan dan perlindungan buruh. Jadi tugas pertama, kita harus meningkatkan kualitas lapangan kerja dengan perspektif ke depan," tutur Kalla.

Ia menyampaikan bahwa ukuran keberhasilan Kementerian Tenaga Kerja bukan diukur dari besarnya anggaran yang telah diserap, melainkan berapa banyak pengangguran yang berkurang, produktivitas naik, dan terjaminnya keselamatan tenaga kerja.

Wapres juga berpendapat bahwa peningkatan lapangan kerja bisa dilakukan salah satunya dengan mendorong investasi.

Di samping itu, upaya pembangunan infrastruktur dinilainya mampu menumbuhkan lapangan kerja di daerah.

"Investasi, bisa dari pemerintah seperti bikin listrik, jembatan, pengairan, dan lain-lain, pasti terbuka lapangan kerja dan multiplier effect dan bisa dilihat di APBN, tapi ada batasnya ya APBN itu sendiri," tutur Kalla.

sumber

Apakah tenaga kerja dari menlen akan membuka lapangan kerja bagi kitak-kitak ? emoticon-Traveller
Ya kalo sampe tukang pacul diimpor dari menlen