alexa-tracking

Ahok Bongkar Akal-akalan Anggaran Pembersihan Sungai Rp 1,2 Triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562874d5925233aa5d8b456d/ahok-bongkar-akal-akalan-anggaran-pembersihan-sungai-rp-12-triliun
Ahok Bongkar Akal-akalan Anggaran Pembersihan Sungai Rp 1,2 Triliun
Jakarta -Serapan anggaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masuk dalam kelompok terendah, yakni hanya 25% hingga akhir september 2015. Padahal, banyak daerah justru telah menyerap anggaran hingga lebih dari 50%.

Di depan peserta seminar berjudul 'Many Voice One Purpose: The sixth Financial Tranparency Conference', Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Poernama alias Ahok menjelaskan, mengapa penyerapan anggaran Ibu Kota ini lebih rendah ketimbang daerah lainnya.

Penyebabnya adalah, adanya perubahan pola belanja yang dilakukan pada tahun ini, dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Sekarang anggaran-anggaran tidak perlu, inefficiency semua kami pangkas. Kami belanjakan untuk hal yang perlu saja," tegas Ahok, dalam diskusi di hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Ia mengungkap, salah satu bentuk ketidakefisienan yang terjadi di tubuh lembaganya adalah, seperti pada program pembersihan daerah aliran 13 sungai yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta.

Dinas PU DKI, kata Ahok, melakukan pemborosan anggaran untuk membayar kontraktor, menyewa truk. dan pengolahan sampah-sampah yang ada di sungai.

"Mereka anggarkan Rp 400 miliar untuk mengangkat sampah, Rp 400 miliar untuk menyewa truk pengangkut sampah, dan Rp 400 miliar juga untuk membuang sampah,"‎ rinci Ahok.

Ini pemborosan, karena meski sudah menggelontorkan anggaran hingga Rp 1,2 triliun per tahun, nyatanya kualitas kebersihan sungai yang ada di lingkungan DKI Jakarta tak menunjukkan perbaikan. Tetap kotor karena banyak tertimbun sampah.

Hal itu didapatinya ketika ia dibantu personel Kodam Jaya memantau kondisi sungai yang ada di Jakarta. Hasil pantauan tersebut, didapati sedikitnya ada 500 titik di 13 aliran sungai di Jakarta yang ternyata digunakan untuk membuang kembali sampah yang baru diangkut. "Jadi ada kolusi. Sampahnya dibuang lagi ke sungai. Jelas saja sungai masih kotor," ujar Ahok geram.

Buah dari kemarahannya waktu itu, Ahok akhirnya mencopot pejabat Dinas bersangkutan dan mengubah pola penanganan sampah sungai di DKI Jakarta dari semula menggunakan jasa perusahaan sub kontrak, saat ini ditangani sepenuhnya oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI.

Dana yang semula digunakan untuk menyewa alat dan membayar sub kontraktor dibelanjakan untuk membeli alat berat dari katalog elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pengoperasian dan perawatan alat berat di setiap sungai pun dilaksanakan sepenuhnya oleh SKPD.

"Saya potong kerja sama semua perusahaan sub kontrak, karena ada kolusi," kata Akok.

Ahok mengatakan langkah ini telah dilakukannya sejak ia masih menjadi Wakil Gubernur, berpasangan dengan mantan Gubernur Joko Widodo (Jokowi).

Aksi ini lah yang membuat Pemda DKI berhasil melakukan penghematan kerena saat ini Pemda DKI tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menyewa alat dan membayar sub kontraktor mengingat seluruh kegiatan dan peralatan sudah dimiliki.

Sayangnya hal ini dipandang sebagai hal negatif. Karena dalam kacamata akuntansi pemerintahan pusat diterjemahkan sebagai penyerapan anggaran yang lambat.

Meski demikian, Ahok mengaku tak mau ambil pusing dengan masalah tersebut. Karena ia mengaku telah menjelaskan langsung hal tersebut ke pada Presiden Jokowi.

"Pak Presiden tanya, apa yang terjadi? Saya bilang 'Jangan khawatir, Pak'. Sekarang kita punya semuanya. Alat berat semua kita yang kelola, kita yang jaga sendiri kebersihan sungai kita," tegas Ahok bangga.

Sumber

This is CLASS

emoticon-Cool
kalo kata nasbung, ini sih cuma pencitraan ahoak doang emoticon-Cape d... (S)
bikin skenario cerita untuk pencitraan.
tiada hari tanpa pencittraan.
Mantap. Tidak heran kalau makin banyak yang cinta dan benci. Like a durian, either you love it or hate it (ngerti opo ora kowe le?).
ahok ??? Gooood
Quote:


karena kebiasaan warganya Pak yg sulit diubah. emoticon-linux2
mending ngebongkar akal akalan pembelian sumber waras emoticon-Recommended Seller
Nongkrong ah nongton perang bacot nastak nasbung emoticon-Big Grin

Yg pasti, kali2 di jakarta skrg lg dikeruk dan pembatasnya ditinggiin, skrg bersih sampah walopun airnya masih keruh
Quote:


mantap bray, udah sesuai SOP nih emoticon-thumbsup
Quote:


Quote:


komentar ikan sapu2 dari kali ciliwung

Top Bloon-nye

emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
masuk akal si, mending beli alat2 terus dikerjain sendiri, daripada nyewa alat sama bayar kontraktor.
woh cara mainnya mirip tukang sapu jalan di lampu merah

waktu lampu merah pura2 nyapu daun2 di jalan sambil minta duit

begitu dikasi duit dan lampu hijau , daunnya ditebarin lagi ke jalan sambil nunggu lampu menjadi merah lagi

ckckck

banyak ex kontraktor sampah yg komen emoticon-Ngakak
kalo gw kasih gaji ahok 1 T per taun juga masih untung..
Masih pade ngeributin kali emoticon-Busa
Quote:



tukang benahin jalan di daerah anyer juga sama...
pura2 perbaikin jalan, sambil atur lalu lintas minta duit.. pura2 kerja keras nutup lubang jalan pake puing2 pecahan tembok...
tapi kenapa tiap hari kerja gak kelar, nambal jalan situuu mulu... ternyata begitu lubang tertutup dibongkar lagi... buat ditutup lagi ... dafuq emoticon-DP
makin tipis nih anggaran di LPSE balai kota emoticon-Cape d... (S)
Quote:

Iya gan, sama juga masalah sampah, tahun ini aja masih sewa truk sampah + biaya angkut sampah 400 M untuk 400 truk, gile gak tuh ...
Alias biaya sewa + angkut sampah itu 1 M/truk/tahun ... emoticon-Bingung (S) emoticon-Cape d... (S)

Kalau beli truk, harga OTR plat merah sekitar 400 juta yang Hino (data e-kataolog) ...
Bisnis sampah itu ternyata baunya harum banget gan ... emoticon-Kiss (S) emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Kalau yang sempat naik KRL waktu masih jaman ada KRL ekonomi pasti pernah ketemu pengemis modus sapu lantai gerbong ...
Caranya mirip-mirip ... begitu selesai disapu ... nanti sampahnya disimpan ... buat disebar lagi ... preet dah ...

Alah ujing2nya cuman koar2 di media, terus yang disangka jadi pelaku enggak ditangkep kpk.....
Quote:


iya gan modusnya mirip...

jakarta memang hebat , sampah aja bisa jadi bisnis trilyunan emoticon-Big Grin
Klo ini ane dukung hok, berantas maling uang negara, parasitemoticon-DP