alexa-tracking

[MAKIN CANGGIH] Menteri Susi Ungkap Modus Baru Pencurian Ikan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562867019a09514a738b456e/makin-canggih-menteri-susi-ungkap-modus-baru-pencurian-ikan
[MAKIN CANGGIH] Menteri Susi Ungkap Modus Baru Pencurian Ikan
[MAKIN CANGGIH] Menteri Susi Ungkap Modus Baru Pencurian Ikan

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengungkapkan, gencarnya penindakan membuat para pencuri ikan memutar otak untuk melanggengkan aksi pencurian ikan.

Dia mengatakan, kini para pengusaha yang menjadi agen pencurian ikan mulai mengembang trik-trik lain. Ada pun, modus yang dimaksud ialah mereka berkamuflase mendirikan perusahaan baru untuk memuluskan pencurian ikan.

"Mereka pura-pura bikin perusahaan baru, membeli dari nelayan. Padahal mencuri ikan ilegal. Supaya ikan ilegal ini bisa ekspor, keluar dari Indonesia, secara resmi. Padahal itu ikan dapat curian," kata dia, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Susi mengatakan, kapal pencuri ikan beroperasi pada malam hari. Modus lain yang digunakan ialah dengan memanfaatkan kapal lokal namun diawaki oleh anak buah kapal (ABK) asing. "Itu mereka pakai kapal lokal, isinya semua orang Filipina. KTP Indonesia, tapi diajak ngomong tidak bisa," ujar Susi.

Selain itu, Susi menuturkan para pencuri ikan juga mulai memindahkan konsentrasi penangkapan ikan. Sebagai contoh, kapal yang biasanya mangkal di Batam berpindah ke wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kalau mereka dapat 1 tuna besar saja itu bisa Rp 40- Rp 80 juta, sehari mancing dapat 2 ekor saja bisa ratusan juta. Dan mereka akan tetap melakukan ini. Dari yang saya pelajari, kapal-kapal yang dulu stand by di Batam, kapal-kapal Thailand terindikasi, sekarang sudah berada di wilayah NTT. Mereka base di antara Timor Leste. Indikasi terakhir ada banyak tumpahan minyak," tandas dia.

http://u.msn.com/id-id/ekonomi/ekono...cid=spartanntp

Gila, makin canggih aja modusnya
mantap lanjutkan ibu, jadi hasil alam indonesia dapat dinikmati oleh kita sendiri. emoticon-2 Jempol
memang harus tindak tegas agar ada efek jera emoticon-Jempol
prasaan ikan makin mahal ajah neh harganya emoticon-Bingung (S)
lanjutkan bu emoticon-Recommended Seller
Top bu susi
yg di butuhkn skrg, perbnyak kapal patroli...
ayo bu beli pling tdk skelas KCR60 full armanent (tp tnpa rudal) selusin gt lho, biar greget...
"Kalau mereka dapat 1 tuna besar saja itu bisa Rp 40- Rp 80 juta, sehari mancing dapat 2 ekor saja bisa ratusan juta. Dan mereka akan tetap melakukan ini.


Itung2 dl ah, bul bul bul,bom bom bomemoticon-Embarrassment

Ikan Tuna Sirip Biru Terbesar Seberat 368 Kg Ditangkap di Jepang ...
m.tribunnews.com/

Sementara itu, nilai jual tertinggi ikan tuna asal Indonesia di Jepang harganya mencapai 2.000 yen/kg atau setara Rp 214.000/kg. Ikan tuna asal Indonesia yang diekspor ke Jepang biasanya berukuran 25 kg.

"900 yen per kg itu terendah, (tertinggi) bisa sampai 2.000 yen dan yang paling mahal jenis Blue Fin ini terendah bisa 1.200 yen per kg," tuturnya.

"Yang bisa diekspor minimal 25 kg up (ke atas) per ekor. Kalau harga yang paling penting mutu kualitas ikan. Kalau mutu jelek harga bisa jelek juga bisa 400 atau 500 yen per kg," sebutnya.


Oklah kita ambil harga tertinggi 2000yen:214rb
Kalikan harga tuna terbesar dunia aja brp harganya?
368kg*214.000= Rp. 78,752,000,-

Ikan tuna pemecah rekor terbesar dunia aja ga sampai 80juta kl tidak dijual dgn sistem lelang amal, stop bombastis plisss... Rata2 ikan tuna kita itu ukuran 20-100kgemoticon-Embarrassment


Takut2in trs dgn bahasa bombastisemoticon-Embarrassment kl asing i'dont care, yg kasian nelayan lokal, ntar klo saingan udah berkurang tgl bikin kroni baruemoticon-Embarrassment
ah sdhlah, muak....emoticon-Traveller
Quote:


Msh byk org bodoh yg ga tau realita ikan mkin mahal gan, ckp diiming2i berita& dikasi musuh u/ dibullyemoticon-Embarrassment
Quote:


ane baru ngeh kalo ikan tuna tuh harganya muahaaaallll banget.... emoticon-Takut (S)


harga satu ikan sama dgn harga motor sport 250 cc emoticon-Wowcantik
wah byk ruginya dunk timor timur lepas.....bikin susah mengawasinya
Quote:

mungkin ente belinya ikan kakap, udang galah, lobster, dkk jadinya mahal emoticon-Blue Guy Peace

klo ketangkep langsung tenggelemin
tdk diragukan lagi ... Bu SUSI PUDJIASTUTI ...

adalah Ibu PELINDUNG LAUT INDONESIA ...

walopun pendidikannya hy nyaris tamat SMA ... emoticon-2 Jempol
Quote:


Iya nih beneran segitu emoticon-Bingung

Emang besar seberapa, perasaan masih mahal salmon dibanding tuna emoticon-Bingung
Quote:


ikan tawar ato ikan laut gan emoticon-Bingung (S)
jgn2 ikan import malahan yg ente maksud (salmon dkk)
Quote:


tuna tuh ratusan Kilo gan
ikan gede itu,bisa 2-3 meter
1KG ny skrg 70rb (klo g salah d carefour sgitu)
Quote:

mahal gan kalo ukurannya yg besar. rekor saat ini seekor ada yg sehargan 3M.. ukurannya lebih gede dari orang..


yg murah tu ikan2 baby tuna gan... yg ukurannya paling 1-2kg.. yg mahal yg ukuran diatas 20kg..

salmon mah gk ada apa2nya gan dibanding tuna emoticon-Big Grin



btw kalo kata panasbung itu ikan cere bukan ikan tuna.. dan itu sampan bukan kapal.. itu sudah emoticon-Malu (S)
bagaimana kabarnya lobster bu...






emoticon-Matabelo
Quote:


Salmon ga ada apa2nya

Ikan tuna bisa sampai 1 milyar se ekornya, khusus Tuna Sirp biru (Bluefin)

cek gan

Di Jepang, Ikan Tuna Biru Asal Indonesia Harganya Rp 1 Miliar per Ekor

Untuk jenis tertentu, harga ikan tuna bisa mencapai miliaran rupiah per ekor, misalnya jenis ikan tuna sirip biru atau Bluefin yang dapat ditemui di perairan Indonesia yang berbatasan dengan Samudera Hindia maupun Pasifik.

Harga jenis ikan tuna jenis ini cukup mahal, di Jepang harga per ekor jenis bluefin bisa mencapai Rp 1 miliar/ekor.

"Ikan tuna Bluefin harga sangat mahal. Setiap satu ekor ikan tuna Bluefin berukuran hampir 100 kg bisa mencapai US$ 100 ribu (Rp 1 miliar) bahkan lebih di pelabuhan pasar ikan di Tsukiji Jepang," ungkap Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Gellwynn Jusuf, dikutip dari [url=http://www.detikfinance.com.]www.detikfinance.com.[/url]

Menurut Gellwynn, ikan tuna jenis Bluefin dapat dengan mudah ditemui di Perairan Selatan Jawa hingga ke Timur Indonesia. Meskipun begitu, ikan tuna jenis ini juga banyak dijumpai di Perairan Australia hingga Papua Nugini.

"Kebetulan migrasi Bluefin tuna melalui jalur selatan Pulau Jawa sampai dengan Nusa Tenggara Timur, sehingga Indonesia memiliki peluang yang lebih besar," katanya.

Sayangnya, potensi penangkapan ikan tuna jenis ini di Indonesia belum maksimal, karena mayoritas nelayan masih menggunakan kapal-kapal kecil. Sedangkan di sisi yang lain, penangkapan ikan jenis ini dibatasi hanya 750 ton/tahun.

"Penangkapannya dibatasi 750 ton karena ini merupakan jenis ikan tuna yang paling mahal dan paling diburu kapal penangkap ikan. Stok bluefin tuna sudah semakin punah. Tidak hanya Indonesia hampir semua negara pemilik kapal selalu memburu ikan bluefin tuna sebagai tujuan utama. Sayangnya kita kekurangan kapal besar. Hasil tangkapan oleh kapal-kapal Indonesia didominasi oleh kapal-kapal tuna long line yang berpangkalan di Benoa Bali," jelasnya.

sumur