alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kedalaman Tinggal 2 Meter, Benarkah Danau Limboto Bocor?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562847d35c7798b5098b456e/kedalaman-tinggal-2-meter-benarkah-danau-limboto-bocor

Kedalaman Tinggal 2 Meter, Benarkah Danau Limboto Bocor?

Kedalaman Tinggal 2 Meter, Benarkah Danau Limboto Bocor?
Nelayan di Danau Limboto, Provinsi Gorontalo



GORONTALO, KOMPAS.com – Danau Limboto di Provinsi Gorontalo diduga bocor akibat batuan kapur (karst) yang merekah.

Akibatnya, air permukaan danaumenyurut hingga kedalaman hanya 2 meter dengan luas permukaan yang tersisa 2.500 hektar.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Sistem Informasi Badan Lingkungan Hidup dan Riset Daerah Provinsi Gorontalo, Rugaya Biki, Rabu (21/11/2015) kemarin.

Dugaan awal adanya rekahan karst ini didukung fakta bahwa di daerah Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo, hingga di Kelurahan Lekobalo, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo yang terdapat batuan karst

“Ini masih hipotesis. Ciri-ciri itu nampak di lapangan seperti di Desa Iluta, sehingga ada kemungkinan Danau Limboto bocor," kata dia.

"Danau Limboto semakin surut, dangkal, dan sempit. Ini bukan semata hanya satu faktor, yaitu sedimentasi,” kata Rugaya lagi.

Rugaya melihat, ciri-ciri batuan karst yang ada di bagian danau telah mengalirkan air ke bagian lain yang lebih rendah, melalui rekahan batuan kapur.

Hal itu terpantau di wilayah Desa Iluta, Otanaha, Dembe 1, Lekobalo dan Pilolodaa.

Untuk memastikan dugaan awal ini, Rugaya mengaku sudah melakukan komunikasi dengan kementerian terkait untuk melakukan penelitian tahun depan.

Bocornya air Danau Limboto diakuinya merupakan faktor alam dan tidak ada faktor manusia. Sebab, di bagian danau yang masuk wilayah Kota Gorontalo terdapat perbukitan kapur yang memanjang.

Selain itu, alasan lain menyurutnya danau ini akibat pasokan air dari sungai-sungai yang mengalir ke Danau Limboto berkurang drastis di musim kemarau.

Saat ini, hanya ada enam sungai yang masih mengalirkan air ke danau dengan debit yang jauh lebih kecil dari kondisi normal.

Keenam sungai tersebut adalah Meluupo, Biyonga, Marisa, Alopohu, Ritenga, dan Bulota. Sedang 17 sungai lainnya sudah mongering sejak lama.

“Dugaan kebocoran danau sudah lama terjadi, bahkan data mengenai danau ini sudah ada sejak masa pemerintah kolonial tahun 1930-an dan semata-mata faktor alam,” ungkap dia lagi.

Danau Limboto merupakan danau terbesar di Provinsi Gorontalo, yang wilayahnya meliputi dua daerah yakni Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

Danau ini menjadi pusat pembudidayaan ikan nila dan mujair yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Di lokasi ini juga merupakan pusat keragaman hayati, terutama yang terkait dengan lahan basah di Gorontalo.


sumur
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
emang niatan mo ditambal yah ? emoticon-Bingung (S)
Quote:


pake aquaproof atau pake nodrop gan? ................................................. emoticon-Ngacir
wow bias surut gitu,kalo musim hujan dating bias penuh lagi kan ya? emoticon-Big Grin
jadi inget dulu ada yg sering ngomong : bochooor bochooor waktu kampanye pilpres emoticon-Big Grin
emang ada danau yg ngga bocor ya???
mungkin hanya karena musim kemarau
Wowo udah sejak lama tau..
Wiwi kemana aja???
lupa ganti kan, makanya pake yg ada sayap biar ga bocor
Tambal gan
Pake tubeless gan biar masih bisa jalan

Quote:


Ya kalo udah retak, diisi hujan ntar juga surut lg sa emoticon-Frown
coba make yang tubeless
emoticon-Ngacir
Pasti karna ranjau paku emoticon-Mad






emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
Kan disono wanita kalo lagi dateng bulan dilarang mandi di danau,
nah ini mandi jadi weh airnya terserap pembalus super slimemoticon-Ngakak emoticon-Ngacir2
njritt.. komengnya koplak smua.. emoticon-Ngakak
Baguslah kalo kering, bisa punya lahan baru. Klo dak salah dieropa sono ada tuh danau yg kering, mpe ada kapal ditengah gurun.
Pakai yang sayap biar nggak bocor.

__________emoticon-Ngacir
sebaiknya dilakukan penghijauan di hulu-hulu sungai yang bermuara di danau Limboto emoticon-Ngacir
nambelnya gimana yaks kalo danau yg bocor...?? emoticon-Bingung (S)
Quote:


Please gan! Jangan membuka luka lama.. Kedalaman Tinggal 2 Meter, Benarkah Danau Limboto Bocor?
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Mungkin perlu didatangkan ahli bocar-bocor.
Tapi keknya udah jarang kedengeran.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di