alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menpar : 10 Juta Tahun Ini, 12 juta Tahun Depan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562847afd675d45d0b8b4569/menpar--10-juta-tahun-ini-12-juta-tahun-depan

Menpar : 10 Juta Tahun Ini, 12 juta Tahun Depan

Menpar : 10 Juta Tahun Ini, 12 juta Tahun Depan

Jakarta (IndiTOURIST) – Menteri Pariwisata Arief Yahya kembali menegaskan target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia tahun ini sebanyak 10 juta orang dan tahun depan ditargetkan 12 juta wisman. Guna mencapai target tersebut, pemerintah melalui kementerian yang dipimpinnya mengimplementasikan tiga regulasi. Diantaranya bebas visa, penyederhanaan izin masuk kapal pesiar jenis Yacht, dan azas Cabotage.

Hingga saat ini menurut Arief, sudah ada 90 negara yang diberikan fasilitas bebas visa bagi warganya. “Awalnya 15 negara, ditambah 30 negara, dan terakhir 45 negara,” jelasnya.

Arief optimis akan terjadi peningkatan wisman yang masuk dengan kebijakan yang telah terealisasi ini. "Dengan demikian jumlah wisatawan mancanegara akan meningkat, targetnya 1 juta per tahun. Setidaknya penambahan tersebut akan juga menambah devisa sebesar 1 miliar dollar AS," katanya.

Terkait dengan kebijakan dipermudahnya kapal jenis Yacht untuk merapat dan masuk Indonesia, Arief menjelaskan saat ini prosesnya paling lama 3 jam. "Kemudahan masuk ke Indonesia dengan yacht rata-rata sebelumnya tiga minggu, kini dengan kebijakan 'customs, imigration, carantine, port' maka sehari sudah bisa masuk dengan proses 3 jam. Secara internasional proses 1 jam," tegasnya.

Kebijakan mempermudah ijin kapal Yacht untuk bersandar di wilayah Indonesia, menurut menpar, diperkirakan potensi yacht yang akan berkunjung ke Indonesia bisa meningkat menjadi 3.000 kapal per tahun, dengan potensi devisa Rp 100 triliun per tahun.

Sementara azas "Cabotage" yang telah diterapkan juga diharapkan mampu meningkatkan jumlah kapal asing yang bersandar ke Indonesia. Azas “Cabotage” merupakan aturan bahwa semua kapal yang beroperasi di Indonesia harus berbendera Indonesia. "Ada lima pelabuhan di Indonesia di mana kapal pesiar atau cruise dapat menaikkan dan menurunkan penumpang. Proyeksi kita peningkatan 1.000 cruise dari 400 cruise setiap tahun saat ini. Diharapkan ada penambahan devisa hingga 1,2 miliar dollar AS," kata Arief. (sg)

sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di