alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Farid Wajdi Lolos Duduk di Komisioner KY
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5627714b1cbfaa55348b4569/farid-wajdi-lolos-duduk-di-komisioner-ky

Farid Wajdi Lolos Duduk di Komisioner KY

http://bareskrim.com/2015/10/21/fari...komisioner-ky/
MEDAN | DPR RI akhirnya menyetujui lima nama pimpinan Komisi Yudisial (KY) periode 2015-2020. Dari lima nama yang disetujui, salah satunya adalah Dr Farid Wajdi SH MHum, praktisi hukum asal Sumatera Utara.

Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini bersama Maradaman Harahap, Sukma Violetta, Sumartoyo dan Joko Sasmito bakal segera dilantik Presiden sebagai Komisioner KY lima tahun mendatang.

Sebelumnya, ada 7 nama yang diajukan Presiden ke DPR RI, namun ada dua nama calon yang ditolak DPR, yaitu mantan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Harjono dan Wiwiek Awiati.

Saat dihubungi Rabu (21/10/2015), Dr Farid Wajdi SH MHum menyampaikan, proses seleksi yang diikutinya cukup berat, karena berkaitan dengan kesiapan mental, intelektual, tekanan psikologis dan bangunan jaringan.

Sedangkan pansel diisi oleh orang-orang yang memiliki reputasi dan ahli pada bidangnya dalam rangka untuk mencari orang yang selain cerdas juga memiliki kepribadian yang berkarakter, berani dan memiliki sikap jujur.

“Proses itu sangat menegangkan. Insya Allah, bersama teman-teman yang dinyatakan lolos akan berusaha mendekatkan hukum dan lebih membuka ruang bagi akses pengadilan dan keadilan. Pengalaman empirik selama ini hal yang masih sulit diakses masyarakat,” tandasnya.

Menurutnya, pengadilan dan keadilan, seakan-akan tidak berpihak kepada masyarakat lemah dan tetap menjadi tameng kekuasaan bagi para pemegang mandatnya.

Untuk mencapai itu, perlu komisioner dengan kemampuan konsolidasi, komunikasi dan mobilisasi baik pada level internal kelembagaan KY, hubungan KY dan MA serta pihak-pihak pemangku kepentingan lainnya.

Farid Wajdi berterimakasih atas dukungan dari kalangan perguruan tinggi, jurnalis, NGO, organisasi kemasyarakatan dan orang-orang yang ingin penegakan hukum dijalankan dengan benar.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di