alexa-tracking

[Akhirnya] Kontrak Karya PT Freeport Resmi Diperpanjang!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5627618f1cbfaaff7e8b4569/akhirnya-kontrak-karya-pt-freeport-resmi-diperpanjang
[Akhirnya] Kontrak Karya PT Freeport Resmi Diperpanjang!
Quote:


freeport


apakah yg tragedi I don't read what i sign terjadi lagi? setelah sebelumnya Jokowi tegas menyatakan tidak memperpanjang kontrak freeport?
Jokowi dipercaya. Habis ngomong A terus ngomong B. Kpn nih orang kualat ma rakyat.
Mampus lu jokemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin:emoticon-Big Grin
Bakalan ada bahan colian panasbung lagi neh emoticon-Metal
Quote:


nastak juga ikut coli kok~ ngocok peline nasbung emoticon-Embarrassment
*mati ajalah lu jok emoticon-Angkat Beer
haduh emoticon-No Hope
Mencla mencle?

Tipu menipu?



Jokowi: Tidak Ada Perpanjangan Kontrak Freeport
Lesthia Kertopati
Jum'at, 25 Juli 2014, 20:53 WIB
VIVAnews - Presiden terpilih, Joko Widodo, memastikan tidak ada nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) soal perpanjangan operasional PT Freeport Indonesia hingga 2021.

Disampaikan Jokowi, sapaan Joko Widodo, kontrak freeport sendiri akan berakhir pada tahun 2021, kemudian apabila akan ada renegosiasi perpanjangan kontrak, harus dua tahun sebelum kontrak itu berakhir.

"Kan habisnya tahun 2021. Kenapa diperpanjang sekarang?" kata Jokowi, Jumat 25 Juli 2014.

Jokowi menuturkan, apabila akan ada pembicaraan tentang renegosiasi kontrak Freeport, itu harus dilakukan pada tahun 2019.

Kata dia, sebelum waktu tersebut dirinya memastikan tidak akan ada perpanjangan kontrak untuk penambangan emas di Papua tersebut. Renegosiai perpanjang kontrak Freeport sendiri terakhir dilakukan pada era Presiden Soeharto.

"Tidak ada perpanjangan Freeport. Saya katakan habisnya kan tahun 2021. Itu diperpanjang 2 tahun sebelumnya. Jadi 2019 diperpanjangnya. Ini masih 5 tahun yang akan datang kok sudah ngurus itu," kata dia.

Jokowi menyebutkan, terkait dengan adanya informasi perpanjangan kontrak Freeport itu, dia belum berkomunikasi dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang masa jabatannya akan berakhir pada tanggal 20 Oktober 2014.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo menyebut nota kesepahaman atau MoU amandemen kontrak karya PT Freeport Indonesia bakal ditandatangani hari ini. Penandatanganan akan dilakukan oleh Dirjen Minerba Kementerian ESDM Sukhyar dengan pihak PT Freeport.

Susilo mengatakan penandatanganan amandemen dilakukan setelah adanya kesepakatan renegosiasi kontrak karya antara pemerintah Republik Indonesia dengan Freeport.

Dalam MoU itu tertuang enam poin renegosiasi yang telah disepakati. Pertama adalah pembangunan unit pengolahan dan pemurnian (smelter), luas lahan tambang, perubahan perpanjangan kontrak menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK), kenaikan royalti untuk penerimaan negara, divestasi, serta penggunaan barang dan jasa pertambangan dalam negeri.

Capaian renegosiasi kontrak itu juga dikabarkan sudah disampaikan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Dalam sidang kabinet yang berlangsung kemarin telah disampaikan perkembangan terbaru yakni sekitar 20 KK dan PKB2B telah menyepakati renegosiasi kontrak pertambangan.

"Termasuk Freeport yang kami sampaikan telah menyetujui renegosiasi. MoU ini jembatan sebelum tandatangan amandemen kontrak," kata Susilo.

http://m.news.viva.co.id/news/read/524752-jokowi--tidak-ada-perpanjangan-kontrak-freeport
Quote:


klo ente wanita panasbungemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Kocokin dongemoticon-Malu/
Coba kita dengar counter dari Istana...
pasti lucu
emoticon-Selamat
makan makan kita
Partai pendukung JOKOWI

Fraksi PDI P Tolak Perpanjangan Kontrak Freeport

Jakarta, HanTer - Fraksi PDI Perjuangan (FPDI P) DPR RI menolak adanya rencana perpanjang Kontrak Karya (KK) PT. Freeport Indonesia (PTFI) yang akan siap dilakukan oleh pemerintah dalam waktu dekat ini.

Sebab, hal itu sangat bertentangan dengan amanat konsitusi UU no 4 tahun 2009 tentang Minerba.

"Sejak dari awal Fraksi PDI P sudah tegas menolak adanya perpanjangan kontrak karya PT. Freeport yang akan dilakukan pemerintah melalui Kementerian ESDM dari mulai berakhirnya setelah kontrak (tahun 2019 atau 2 tahun sebelum berakhirnya kontrak tahun 2021) hingga seterusnya, karena mereka sudah bertentangan dengan UU tersebut," kata Anggota Komisi VII DPR Fraksi PDI P Adian Napitupulu di ruang Fraksi PDI P Gedung DPR, Senin (19/10/2015).

Adian menuturkan bahwa pada kondisi objektif dan subjektif pada saat diberlakukannya UU no 1 tahun 1967 tentang penanaman Modal Asing dan UU No 11 tahun 1967 tentang ketentuan-ketentuan pokok pertambangan yang mendasari lahirnya kontrak karya (KK) antar pemerintah Indonesia dengan PTFI sudah tidak relevan dengan situasi saat ini, yang menuntut refleksi kritis untuk merepoisisi peran negara menjadi superlatif atas kegiatan pengelolaan SDA yang selama ini dalam bentuk KK.

"Bahwa setelah UU no. 4 tahun 2009 diberlakukan, maka tidak akan ada lagi perpanjangan KK PTFI dan pemerintah kami minta harus tegas dan konsisten serta tunduk terhadap UU NKRI itu," tegasnya.

Ditambahkan Adian, bahwa surat menteri ESDM No. 7522/13/MEM/2015 perihal permohonan perpanjangan operasi seperti yang tertulis pada butiran 4 (empat) pada surat dimaksud, yang dibuat berdasarkan MOU tanggal 25 Juli 2014, merupakan tindakan yant gagal paham dan merugikan kepentingan bangsa Indonesia dan menyimpang dari amanat Trisakti.

Seperti diketahui, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said telah melayangkan surat ke bos Besar Freeport McMoran Inc, James R. Moffet. Surat tersebut memberi sinyal kepastian investasi pasca berakhirnya kontrak karya di 2021.

Surat yang dilayang pada 7 Oktober 2015 dengan nomor 7522/13/MEM/2015, berisi empat poin yang membahas perpanjangan kegiatan operasi.

Seperti yang dikutip dibeberapa media, Jumat (16/10/2015) berikut isi surat tersebut.

Berikut Surat Menteri ESDM Soal Perpanjangan Operasional Freepor

Yang terhormat,
Sdr James R. Moffet
Chairman of the Board Freeport McMoran Inc

Terima kasih atas surat saudara tanggal 7 Oktober 2015. Sehubungan dengan surat tersebut dapat kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Sambil melanjutkan proses penyelesaian aspek legal dan regulasi, pada dasarnya PT Freeport Indonesia dapat terus melanjutkan kegiatan operasinya sesuai dengan kontrak karya hingga 30 Desember 2021.

2. Pemerintah telah menerima permohonan perpanjangan operasi PT Freeport Indonesia melalui surat tertanggal 9 Juli 2015, sebagaimana kami sampaikan melalui surat tanggapan nomor 6665/05/MEM/2015 tanggal 11 September 2015.

3. Pemerintah Indonesia akan menyelesaikan penataan ulang regulasi bidang mineral dan batubara agar lebih sesuai dengan semangat menarik investasi bidang sumber daya alam di Indonesia. PT Freeport Indonesia dapat segera mengajukan permohonan perpanjangan operasi pertambangan, setelah diimplementasikannya penataan peraturan perundang-undangan. Lebih lanjut dipahami bahwa persetujuan atas permohonan tersebut nantinya akan memberikan kepastian dalam aspek keuangan dan hukum yang sejalan dengan isi kontrak yang saat ini berlaku.

4. Dapat ditegaskan bahwa terkait permohonan perpanjangan kontrak PTFI, kami memahami bahwa Pemerintah Indonesia dan PTFI telah berdiskusi dan menyepakati seluruh aspek dalam Naskah Kesepakatan Kerjasama yang ditandatangani pada 25 Juli 2014.

Pemerintah Indonesia juga berkomitmen untuk memastikan keberlanjutan investasi asing di Indonesia, namun karena perlunya penyesuaian peraturan yang berlaku di Indonesia maka persetujuan perpanjangan kontrak PTFI akan diberikan segera setelah hasil penataan peraturan dan perundangan di bidang mineral dan batubara diimplementasikan. Sebagai konsekuensi atas persetujuan tersebut, PTFI berkomitmen untuk menginvestasikan dana sebesar tambahan 18 miliar Dollar Amerika untuk kegiatan operasi PTFI selanjutnya.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.


http://www.harianterbit.com/m/nasional/read/2015/10/19/44778/65/25/Fraksi-PDI-P-Tolak-Perpanjangan-Kontrak-Freeport
aduh, tertipu lagi
berita tanggal 9

tgl 12 - 13 dibantah pemerintah

emoticon-Bingung (S)
sudah kudugaemoticon-Cool
Quote:


titid lu kan kecil~ emoticon-Nohope
gua cowok.. bangsadd emoticon-Busa:
kita tunggu tanggapan pak jok mengenai berita ini. "Wayangnya bingung,dalangnya bingung,yang penting bisa bikin ketawa..." emoticon-Ngacir
hah... haha... emoticon-Traveller
duh sumber nya emoticon-Nohope
indikasi ditolak jokowi?

berita tanggal 16-10-2015

Jokowi Indikasikan Tolak Perpanjangan Kontrak Freeport

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengisyaratkan akan menolak perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia. Saat ini, bukan waktu yang tepat bagi pemerintah membicarakan masalah perpanjangan kontrak karya dengan perusahaan itu.

Pembicaraan mengenai perpanjangan kontrak akan digelar pada 2019, setelah perusahaan tambang emas asal Amerika Serikat itu memenuhi lima syarat yang ditetapkan pemerintah.

Adapun kelima syarat tersebut adalah pertama, Freeport dituntut terlibat aktif dalam pembangunan di Tanah Papua. Kedua, Freeport wajib menggunakan lebih banyak konten lokal dalam proses produksi. Ketiga, pemerintah Indonesi mensyaratkan Freeport mendivestasi sahamnya. Keempat, kejelasan tentang besaran royalti yang harus disetor kepada Pemerintah Indonesia.

Kelima, perusahaan tambang itu berkewajiban membangun smelter untuk memproses hasil tambang emas di Indonesia. Sebelumnya, Freeport menawarkan 10,64 persen sahamnya kepada pemerintah pusat.

“Undang-undangnya jelas. Perpanjangan kontrak hanya bisa dilakukan dua tahun sebelum kontrak karya habis, yaitu pada 2019,” kata Presiden Jokowi, usai meninjau empat kontainer tekstil ilegal hasil tangkapan Direktorat Jenderal Bea Cukai, di Lapangan Kantor Bea Cukai, Jakarta, Jumat (16/10).

Presiden Jokowi juga menyatakan tidak akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) terkait perpanjangan kontrak Freeport.

“Enggak ada PP-PP-an. Enggak ada,” kata Presiden Jokowi.

http://www.beritasatu.com/ekonomi/31...-freeport.html

Kontrak karya freeport mcmoran indonesi memang tidak diperpanjang,
yang ada sekarang adalah IZIN (Operasi) USAHA TAMBANG KHUSUS .......

Gak tahu masa berlaknya IUTK tsb sampe kapan .....

Kurang lebihnya sama dengan,
HARGA BBM TIDAK NAIK, CUMA SUBSIDINYA DIALIHKAN .......
Quote:


Hahahaha


emoticon-Salaman