alexa-tracking

(TEROBOSAN) IZIN INVESTASI HANYA 3 JAM

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/562724b9c3cb17fa1d8b4567/terobosan-izin-investasi-hanya-3-jam
(TEROBOSAN) IZIN INVESTASI HANYA 3 JAM
JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan merealisasikan kebijakan penyederhanaan proses perizinan investasi menjadi hanya 3 jam, mulai 26 Oktober 2015.

Rencananya penyederhanaan proses perizinan 3 jam itu diperluas tidak hanya untuk investasi di kawasan industri saja, juga untuk investasi di luar kawasan industri.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani bilang, kebijakan ini akan diperluas dan berlaku bagi semua investasi.

"Akan dibuka," janji Franky, Selasa (20/10).

Agar proses perizinan menjadi super cepat ini, investor yang akan menanamkan uangnya di luar kawasan industri diwajibkan mengantongi syarat tambahan.

Pertama, investasi harus bersifat labor intensif atau padat karya, minimal serapan tenaga kerja baru 1.000 orang.

Kedua, investasi minimal Rp 100 miliar.

Jika syarat itu dipenuhi, investor bisa mendapatkan tiga izin dalam satu paket, plus kesempatan memesan lahan.

Rinciannya adalah izin investasi, akta pendirian, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Keterangan Informasi Lahan dari Kementerian Agraria Tata Ruang/BPN.

Untuk investor di kawasan industri, izin itu bisa berfungsi sebagai izin konstruksi memulai kegiatan investasi.

Namun sebelum membangun, perusahaan harus memenuhi ketentuan di kawasan industri, seperti pajak, izin gangguan/SITU, IMB, izin lokasi, pertimbangan teknis pertanahan, HGB, izin lingkungan dan Amdal, Amdal Lalin, ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Keberhasilan

Izin investasi 3 jam menjadi bagian Paket Kebijakan Jilid II yang dirilis akhir September 2015.

Selama ini panjangnya waktu pemrosesan izin dan banyaknya izin yang harus dipenuhi merintangi niat berbisnis.

Sebagai perbandingan, selama ini investor di luar kawasan industri membutuhkan waktu 8 hari mengurus perizinan badan usaha.

Ditambah pengurusan 11 izin konstruksi yang membutuhkan waktu 526 hari.

Jika investasi di dalam kawasan industri, waktu mengurus perizinan badan usaha selama 8 hari.

Pemerintah mengklaim, penyederhanaan izin investasi terutama terkait pertanahan ini menjadi kisah sukses Pemerintahan Jokowi dalam setahun.

Kebijakan ini terutama karena adanya deregulasi Peraturan Menteri Agraria Tata Ruang/BPN nomor 2/2015.

Ketua Himpunan Pengusaha Kawasan Industri Sanny Iskandar berharap, selain proses cepat, investor juga mendapat kemudahan mengembangkan pembangkit listrik dan mendapat perlindungan hukum.

"Kawasan industri merupakan kawasan vital yang harusnya dilindungi, namun kenyataannya sering dibuat aksi demo," katanya

Ekonom Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Latif Adam mengatakan, percepatan izin investasi bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

Sebab selama ini izin menjadi masalah yang menghambat daya tarik investasi. Izin juga seringkali membuat industri menjadi lebih tidak efisien.

Apalagi jika dikaitkan dengan pungli.

Dia berharap kecepatan waktu pengurusan izin juga dibarengi dengan kualitas pelayanan.

"Jangan sampai, kecepatan ini malah merugikan," ujar Latif Adam.
Ember

semoga dengan mudahnya iklim investasi. bisa jadi basis Produksi dan agar Buruh2 jangan CAPER
pemerintah uda berusaha,
skrg tinggal rakyatnya mo kerja or mengeluh/demo terus..
selesai 3 jam?
bayar brp tuh emoticon-Big Grin
instan seh... smoga menjadi magnet bagi investor? emoticon-Malu
Kalo buruhnya saban minggu demo nuntut upah naik, biarpun ijin dan urusan legal lainnya untuk berinvestasi hanya 45 menit tidak akan membuat minat untuk berinvestasi akan meningkat. JANGAN HARAP!!
Quote:


Orang goblok ga baca isi langsung komen emoticon-No Hope
berlaku untuk investor asing juga ga?
Quote:


gw bicara fakta di lapangan bray emoticon-Big Grin
Quote:


Semua juga getu... tuh KTP ama SIM contohnya bray emoticon-Cape d...
Nah ini beda, makanya baca dulu, kalo udah investasi miliaran masih dipersulit, bisa langsung lapor ke Dirjen bersangkutan, syarat jangan pake calo yah, kalo udah ama calo mah bisa dibolak-balik
3 jam ???
3 menit aj jg bisa gan,asal duit bawah mejanya gede emoticon-Ngakak (S)
kyk g tau indo aja emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Goblokk dan Tolol loe.. DIpercepat ijinnya loe bilang dibayar berapa. Dilama-lamain ijinnya , loe bilang kurang gede bayarnya. Makanya sekali-sekali bikin legalitas perusahaan tong dan belajar berinvestasi, jangan hanya netek di meki emak loe. emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
Quote:


Quote:


bukan dia yg goblok gan
entenya yg g pernah pengalaman ngurus Izin emoticon-Cape d... (S)

Izin tuh dari lahan sampai d jadikan IMB bisa 1 Thn
klo nyogok bisa cuma 4 bln,klo ga nyogok ? 2 Thn jadi jg gw sembah gan
itu masih IMB yah,klo mau d jadikan PT (urus HO,SIUP,TDP,NPWP,Kemenkumham,dll) klo ente percepatan (sogok) paling 1 bln jadi
klo g nyogok ? lah 4 bln jadi jg ud jago

nah klo ente knal baek sama tuh bupatinya ? 3 jam jelas kelas (tgl suruh buatin surat d ketik bawahannya dia tinggal TTD)
Quote:


lah lu ud pernah urus Izin blm ?
sebutin sini tahap Izin apa aja emoticon-Big Grin

klo gw sih ud pengalaman bikin,dan gw kenal org yg deket dg bupatinya
makannya gw blg 3 jam kelar (ga 3 jam jg sih,tapi 1x 24 jam kerja)
sama bray,utk perijinan lokal jg sdh ada yg namanya satu atap tujuannya mempermudah perijinan
tpi realisasinya ttp aja full pugli.. namanya pengusaha gk mau repot ya byr aja biar cpt kelar..
kalo nggak byr atau ngadu ya tambah di persulit.
Quote:


minimalkan buruh bray, isinya robot semua... Otomatisasi
Quote:


tong ente tinggal di planet namec ya?
ane bicara sesuai fakta di lapangan, ente sangka mudah apa perijinan di indo?
yg pernah ngurus ijin pasti ngerasain susahnya. klo gk ada duit ya di persulit
Quote:


dari tutur kata & bahasanya aj ud mencerminkan ababil gitu gan
org kyk gitu mana pernah urus Izin,tahapan izin aj paling jg g tau emoticon-Ngakak (S)
percuma d ajak debat,mending yg dewasa ngalah dan cuekin aja emoticon-I Love Indonesia (S) ga bakalan ad habisnya emoticon-Cape d... (S)

tuh brita kali aj bener Izin bisa 3 jam
tapi ingat,Izin tuh ga cuma 1 biji,tpi ber lapis2
contohnya aj IMB
lu butuh dr sertipikat letter C -> HM / HGB
nanti sesudai itu d bikin jadi tanah pekarangan
tanah pekarangan nanti mau majuin IMB harus ad gambar kerja (yg notabene bukun ratusan lembar,bikinnya 2 - 5 jt)

dari letter C -> HM / HGB prosesnya lama (gw yg ini agak lupa)
Pengeringan skitar 3 - 1 thn (tergantung lu mau bayar brp per meter)
gambar IMB sendiri sudah 1 bln blm termasuk pengajuan
lalu pengajuan IMB plg cepat 4 bln

inget itu baru IMB biasany bisa 1 thn an,blm urus HO (klo gede bisa kena AMDAL yg biayanya ratusan jt + lamanya 1 thn,klo kecil kena UPL & UKL yg bisa 4 bln an dan kena biaya puluhan jt)
lalu masih ad SIUP,TDP,NPWP,Kemenkumham dll (paling 2 minggu - 1 bln an sih klo percepatan,klo lama ya 3 bln an)

total2 bisa 2-3 Taun kalo tanah ente masih Letter C emoticon-Ngakak (S)
Quote:
ente nggak tahu gan, sejak jokowi jadi presiden jangankan ijin, bikin akuntansi online nasional aja 2 minggu selesai emoticon-Cendol (S)






























bacotnya doang emoticon-Ngakak

mudah"an dengan dibuka investasi baru bisa menyerap tenaga kerja baru dan mengurangi pengangguran emoticon-Blue Guy Cendol (L)


buat para buruh, jangan demo minta naik gaji mulu, tingkatkan prestasi baru nuntut naik gaji emoticon-Malu (S)
Quote:


Hanya investor goblok yg mau bangun industri di tanah yg legalitasnya cuma letter c , lo pikir developer amatiran ?
×