alexa-tracking

Mengenal Teknologi ISP yang Tertanam di SoC Snapdragon 615

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5623b510582b2ede4d8b456b/mengenal-teknologi-isp-yang-tertanam-di-soc-snapdragon-615
Mengenal Teknologi ISP yang Tertanam di SoC Snapdragon 615
Malam semuanya. Mungkin di antara para pecinta smartphone masih sedikit yang paham tentang teknologi apa saja yang terbenam di SoC pada sebuah smartphone. Kali ini ane mo mencoba berbagi informasi sedikit yang ane kutip dari dari salah satu media IT, mengenai teknologi ISP yang tertanam di SoC Snapdragon 615.

Buat agan yang bingung mengenai ISP pasti bakalan banyak menyangka kalau itu singkatan dari "Internet Service Provider" emoticon-Malu (S) Tapi singkatannya bukan itu ya gan. ISP yang tertanam di SoC Snapdragon 615 adalah Image Signal Processor Berikut penjabaran tentang teknologi ISP dari Qualcomm yang tertanam di salah satu smartphone Lenovo Vibe Shot.

Mengenal Teknologi ISP yang Tertanam di SoC Snapdragon 615

"Infrared autofocus yang digunakan oleh Lenovo Vibe Shot menggunakan teknologi Qualcomm yang sebelumnya lebih dikenal sebagai laser autofocus. Teknologi ini memungkinkan smartphone melakukan proses fokus dengan sangat cepat, meski dalam kondisi pencahayaan yang kurang baik. Cara kerjanya memang dengan “menembakkan” sinar infrared dan melakukan kalkukasi berdasarkan pengukuran tersebut. Karena perhitungan dilakukan di dalam ISP Qualcomm, autofocus menjadi sangat cepat".

Mengenal Teknologi ISP yang Tertanam di SoC Snapdragon 615

"Semua prosesor atau tepatnya SoC (system on chip) yang digunakan smartphone rata-rata sudah memiliki ISP. Komponen ini adalah yang memastikan segala sesuatu yang terkait dengan imaging akan diproses dengan cepat. Jadi, semua pemrosesan gambar dan hal lain yang terkait kamera (termasuk autofocus) akan dikerjakan oleh ISP tanpa membebani prosesor utama. Secepat apa kamera/smartphone merespon tekanan tombol pemotretan, secepat apa hasil foto bisa tampil di layar, kualitas gambar, dan bahkan kecepatan autofokus, sangat bergantung pada ISP".

"Hal yang unik pada Lenovo Vibe Shot adalah tersedianya “laser autofocus”, padahal SoC yang digunakan cenderung berada di kelas menengah (Snapdragon 615). Pihak Qualcomm menjelaskan bahwa jika dahulu laser autofocus hanya tersedia di SoC seri 800an. Akan tetapi, dengan hadirnya jajaran baru SoC seri 615 (64-bit) teknologi tersebut “diturunkan” ke seri yang terjangkau ini. Uniknya lagi, ISP pada Snapdragon 615 ini tidak hanya bisa memroses gambar 16 megapixel seperti pada Lenovo Vibe Shot. SoC ini bahkan mampu mengolah gambar sampai dengan 21 megapixel".

Sumber: JagatReview

Gimana gan, menarik kan perkembangan dari prosesor buat smartphone? Ponsel2 cerdas di masa yg akan datang dipastikan bakal lebih canggih lagi pastinya. Kira2 angan2 agan dalam perkembangan smartphone yang akan datang kaya gimana nih?? emoticon-I Love Indonesia (S)
×