alexa-tracking

Laptop mengalami masalah setelah memasang caddy

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/561e5d53dc06bd03608b4569/laptop-mengalami-masalah-setelah-memasang-caddy
[ASK]Laptop mengalami masalah setelah memasang caddy
Jadi laptop saya sebelnya saat sudah dipasang caddy masih bisa masuk ke bios, namun sekarang setelah saya buka copot hdd yang di caddy malah gk mau masuk bios.
Akhirnya saya coba masukan ssd di caddy namun troublenya ketila ingin dinyalakan ada tulisan yang intinya gk ada os untuk boot. Pas direstart baru mau masuk ke os yang sudah saya install. Namun seperti itu terus jika saya ingin menyalakan Laptop.
Selain itu ketika hdd ditaruh di caddy pada saat laptop saya ingin restart selalu keluar suara "krek" pada piringan Hardisk yang berada di caddy. Kira kira untuk menyelesaikan masalahnya gimana ya?
Thanks berat gan, udah mau bantu.
Biosnya diupdate
Cek google ya gan
Quote:

wah harus update bios kah? soalnya saya takut gagal kalo update bios.
tapi mungkin akan saya coba
Biasanya nya sih gak perlu update bios, langsung aja, kek nambah hardisk baru doang, ato masalah pilihan startup di bios aja gan?
Tapi gak ada salahnya juga update bios, meski kek nya gak ada hubungan nya.... emoticon-Hammer
Btw laptop nya type apa gan?
Quote:


Oh iya ane lupa nyebutin laptop ame. Asus A46CB. Masalahnya malo HDD dimasukin ke Caddy pasti tidak mau masuk bios, padahal sebelumnya bisa hingga akhirnya saya ubrak abrik hdd caddynya. Hingga akhirnya tidak mau masuk bios. Tapi kalo HDD dimasukin ke slot biasanya pasti bisa masuk bios tapi pas mau nyalain suruh insert media buat boot, ane restart baru mau boot
Up sekalian nanya
SSD ane Formatnya GPT, sedangkan HDD ane MBR apakah itu pengaruh? soalnya saya belum pernah pake GPT, berarti Bios ane pake UEFI ya?

Up masih butuh pencerahan
Quote:



ane nyoba bantu jawab...

dicek dulu gan, ubah mode uefi ke mode ahci (biasanya sih begono, kalo udah ada OS yg terinstall. kalo mo install ulang, ubah ke UEFI, kalo udah selesai install OS jendela baru dech ke mode AHCI lagi).

btw ssd agan mo dijadiin masternya? mending difotoin bios agan, biar ga ada terka menerka...
CMIIW
Quote:


iya gan SSD saya di jadiin masternya.

oh iya saya bingung mau fotoin BIOS, soalnya kaga mau masuk BIOS (saya keadaan SSD di slot utama laptop. sedangkan HDD di Slot Caddy)
padahal semalem pas saya ubah, mau masuk BIOS. eh sekarang tidak mau emoticon-Bingung (S)

Edit (ternyata masuk, namun benar benar susah masuknya)

Spoiler for :



settingan BIOS ane kurang lebih kayak gitu, BTW kok gk SSD gk kedetek di Harddrive Boot BBS Priorities ya? kalo tidak salah bahkan dulu ODD saja terbaca di BIOS. selain itu sekarangkan HDD yang ada di Caddy dan SSD di Slot utama, malah SSD yang tidak terbaca.
apa karena GPT yang mempengaruhi? selain itu saya tidak tahu Laptop saya support UEFI atau tidak.
namun kemarin kemarin pas mau coba hackintosh saya baca tutorial install di Laptop saya (A46CB) yang pake mode GPT + UEFI, jelas saya gk ikutin karena pas itu saya masih pake HDD saja yang formatnya MBR. jadi ini kali pertama saya menggunakan HDD GPT