alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5615babd9e7404db088b4569/help-hubungan-beda-suku-laki-laki-jawa---wanita-minang
[HELP] Hubungan Beda Suku, Laki-laki Jawa - Wanita Minang
Gan ane butuh nasihat nih tapi ijinkan ane sedikit berbasa-basi dulu emoticon-Smilie

Quote:Tidak pernah kusangka kompasku mengarah ke barat laut jauh dari Jogja, tempat dimana kutub-kutub magnet itu mulai mengarah ke satu arah setelah sebelumnya muter-muter nggak tentu arah. Dari kota gudeg ke kampung halaman rendang dibuat, bukanlah jarak tempat yang menjadi masalah namun jarak suku yang menjadikannya sebagai suatu tantangan bagi pasangan Jawa-Minang (laki-laki Jawa-wanita Minang). Jika Anda sedang mengalami hal yang sama maka mari kita diskusikan bersama haha

Sebagai laki-laki Jawa yang tidak memegang teguh budaya Jawa, aku selama ini tidak terlalu peduli dalam memandang pentingnya kesukuan. Namun ketika dihadapkan pada 'pengikatan' dua suku dalam ranah yang sakral seperti pernikahan maka itu akan jadi cerita lain. Aku yang sebelumnya nggak peduli dengan suku kini malah kayak orang antropolog. Pergi ke perpustakaan fakultas, kampus, sampai perpustakaan kota hyanya untuk mempelajari suku Jawa dan Minang padahal ngomong Jawa krama dan aksara jawa aja nol besar hehe.


Nah gan ada nggak yang kira-kira punya kasus yang sama kayak yang ane alami, mohon share pengalaman dan nasihatnya ya. FYI tahap hubungan ane baru sampai kenalan sama ortu si cewek dan ortunya tidak mempermasalahkannya, namun dari pihak ortu ane masih 50:50 karena ya itu masih kekeuh dengan stereotipe umum kalau orang minang itu begina dan begitu

Thanks ya gan...
ane gak pernah punya hubungan spesial dg suku lain gan. yg jelas beda suku tentu beda budaya, beda sudut pandang, beda keseharian dan kebiasaan tertentu. nah, beda2 diatas yg kadang berlawanan satu sama lain. misal mahar untuk akad nikah, orang jawa secara umum tidak mematok harus ini, harus bernilai sekian. sedangkan beberapa suku ada yg mematok mahar puluhan sampai ratusan juta. apakah itu bisa dibilang beli? buat sebagian orang jawa mungkin iya, tapi buat sebagian suku yg melaksanakan itu mungkin tidak dan lebih pada budaya dan kebiasaan yg berlaku disuatu tempat
nyimak aja deh, ane jones soalnya emoticon-Malu (S)
tgl lu tunjukin aje ama ortu lu klo ga smua org minangini bgtu bgini..
manusia mah beda2 semua..dstiap suku juga ada yg bgni dn bgtu..
masalah lu sih kayanya tgl rubah mindset ortu lu aja kan??
gooluck bro emoticon-Angkat Beer
Kalo ente ada pikiran untuk melanjutkan ke jenjang serius, masalah itu bisa diabaikan dengan...

Tinggalkan kedua suku tersebut dan tinggal di tempat lain.

Nggak bisa dipungkirin kalo pikiran orang tua kebanyakan masih kolot dan rasis, tapi selama ente OK dengan kondisi itu, yah... apa boleh buat, ente udah dewasa dan harus berani bertanggung jawab dengan segala konsekuensi nantinya.
klo ortu lu mikir calon lu gimana gitu karena anggapan dia dari suku tertentu itu tak fair.
karena ada stereotip gitu, lantas nganggap tiap orang dari suku itu kayak gitu.
harusnya dia nilai pribadinya jangan karena dia suku beda ama dya lantas jadi jelek.
itu namanya teori labeling.
emang ada suku/etnis yg sempurna?
klo ada sini, bawa ke gw biar gw nilai sendiri.
klo gitu, boleh donk tiap suku nilai suku lain, cuma pada mau berbesar hati gak nerima pandangan tsb.
entar jadi marah terus kelahi.
gw udah bosan liat konflik antar suku,
Buktikan kalo dia ga sesuai pandangan ortu ente
Kasih penjelasan aja ke ortu agan, bahwa yang paling penting imannya sama, beda suku mah gak masalah, bisa disesuaikan yang penting agan dan dan pacar punya komitmen yang kuat di awal. Gudlak brader emoticon-Smilie
Laki Jawa Cewek Minang...

Hmmmm... not a good combination though. ( I got a bad feeling about it )

But...up 2 U deh.....

( kalo pengalaman temen ane sih....ya menyedihkan lah )
1. emangnya cewe minang kenapa? emoticon-cystg

2. ce minang vs co jawa, so what? temen2 gue baik-baik aja tuh...

permasalahan (klo mau dibawa ke jenjang serius) bukan soal suku ato apalah, tapi lebih ke penyesuaian individu2nya. yg satu suku juga ada yg kandas. yg beda suku juga ada yang langgeng.

3. klo ortu loe masih gak sreg, coba kenalin n kasih unjuk si calonnya. sapa tau bisa ngambil hati ortu loe
Ane bukan sepuh terhadap hal ini tapi kasus Cowok Jawa dan Cewek Minang itu yg sudah terjadi dgn bapak ibu ane.
Sayang TS belom cerita detail yg jadi kendalanya apa?
Kalau hny stereotype bahwa orang Minang begini begitu... hal yg sama juga terjadi jika orang lain bilang orang Jawa begini-begitu
Dicari kemana pun gak akan ketemu jalan keluarnya.
Itu balik ke pribadi masing-masing tanpa memandang suku

Bagi ane yg lebih mengenal budaya Minang, walau bapak Jawa tapi sudah tumbuh dan besar di Sumbar juga.
Cewek Minang jika menikahi Cowo luar Minang/Jawa itu lbh mudah ketimbang sebaliknya.... Cowok MInang & Cewek Luar Minang... itu lebih susah....
Itu krn sistem Matrilineal.... So, gak akan byk masalah di keluarga cewek TS... percayalah!

Tinggal TS dan pasangan yg bisa membuktikan bahwa stereotype itu tidak selalu benar....
ane byk contoh koq teman yg kasus nya spt ente... sepertinya mereka baik-baik saja.
Ane ma sono jg beda suku.. emoticon-Embarrassment
Duluuuuu keluarga dr ibu ane pd ga bolehin, katanya org sana tuh begini, begono, begitu.. (pdhl ane sendiri mah ga mikirin mau org dr suku mana, yg penting individunya) emoticon-Embarrassment
Emak ane sendiri ga masalah, tp sering nanya ke org yg kebetulan dr suku sana..
Kalo ngobrol pasti nanya2 tuh si emak, misal "org sana katanya anu ya?"
Dan ortu ma kk2 ane kenal ma si ono, jd tau orgnya secara personal kek gimana..
Jd ya ga ada masalah mau suku apa, yg penting orgnya.. emoticon-Embarrassment
Mau org lain ngomong apa kek, mau saudara ngomong apa kek, nyang penting keluarga inti tau orgnya cem mana, jd mereka ga ngurusin omongan org.. emoticon-Big Grin

Nasihatnya, kenalin dulu lbh deket pasangan ente ma ortu..
Tak kenal maka tak syg.. emoticon-Malu (S)
thanks gan atas nasihatnya. iya juga sih gan kalau orang jawa terutrama yang sekarang2 ini cenderung tidak terlalu ribet bahkan dengan budaya jawa sendiri buktinya temen ane nikahan kemarin upacara adat jawanya cuma 15 menit itu pun cuma formalitas selebihnya cuma makan2 selesai pulang. mungkin di suku lain gitu juga kali ya hehe (semoga)
Quote:Original Posted By aliando.syarief
nyimak aja deh, ane jones soalnya emoticon-Malu (S)


semangat gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By ilaliula
ane gak pernah punya hubungan spesial dg suku lain gan. yg jelas beda suku tentu beda budaya, beda sudut pandang, beda keseharian dan kebiasaan tertentu. nah, beda2 diatas yg kadang berlawanan satu sama lain. misal mahar untuk akad nikah, orang jawa secara umum tidak mematok harus ini, harus bernilai sekian. sedangkan beberapa suku ada yg mematok mahar puluhan sampai ratusan juta. apakah itu bisa dibilang beli? buat sebagian orang jawa mungkin iya, tapi buat sebagian suku yg melaksanakan itu mungkin tidak dan lebih pada budaya dan kebiasaan yg berlaku disuatu tempat


buseet berjutajuta gitu gan but thanks atas masukannya gan nambah wawasan ane nih
Quote:Original Posted By condomcool
tgl lu tunjukin aje ama ortu lu klo ga smua org minangini bgtu bgini..
manusia mah beda2 semua..dstiap suku juga ada yg bgni dn bgtu..
masalah lu sih kayanya tgl rubah mindset ortu lu aja kan??
gooluck bro emoticon-Angkat Beer


wah mantaap gan. ini ane juga sedang berjuang ngrubah mindset ortu nih. thanks gan emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By artwing
Kalo ente ada pikiran untuk melanjutkan ke jenjang serius, masalah itu bisa diabaikan dengan...

Tinggalkan kedua suku tersebut dan tinggal di tempat lain.

Nggak bisa dipungkirin kalo pikiran orang tua kebanyakan masih kolot dan rasis, tapi selama ente OK dengan kondisi itu, yah... apa boleh buat, ente udah dewasa dan harus berani bertanggung jawab dengan segala konsekuensi nantinya.


thanks gan buat nasihatnya seneng ane baca komen agan. ane pun sbenernya ga ngambil pusing soal suku tapi masalah di ortu dan teman2 aja sih. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By enam.kehendak
klo ortu lu mikir calon lu gimana gitu karena anggapan dia dari suku tertentu itu tak fair.
karena ada stereotip gitu, lantas nganggap tiap orang dari suku itu kayak gitu.
harusnya dia nilai pribadinya jangan karena dia suku beda ama dya lantas jadi jelek.
itu namanya teori labeling.
emang ada suku/etnis yg sempurna?
klo ada sini, bawa ke gw biar gw nilai sendiri.
klo gitu, boleh donk tiap suku nilai suku lain, cuma pada mau berbesar hati gak nerima pandangan tsb.
entar jadi marah terus kelahi.
gw udah bosan liat konflik antar suku,


sama gan males ane liat konflik kesukuan

ane belum sempat kenalin scara langsung sih gan. kalo menurut ane calon ane itu justru tipe pejuang maklum anak rantau tapi juga punya sifat dasar cewek jawa yang katanya kalem emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By debbieunic
Kasih penjelasan aja ke ortu agan, bahwa yang paling penting imannya sama, beda suku mah gak masalah, bisa disesuaikan yang penting agan dan dan pacar punya komitmen yang kuat di awal. Gudlak brader emoticon-Smilie


oke gan thanks buat nasihat dan semangatnya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By soktau69
Laki Jawa Cewek Minang...

Hmmmm... not a good combination though. ( I got a bad feeling about it )

But...up 2 U deh.....

( kalo pengalaman temen ane sih....ya menyedihkan lah )


waduh gimana ceritanya tuh gan emoticon-Frown