alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56151e5cdc06bd4f018b456d/pendiam-dan-pemalu-calon-ketua-umum-ukm-organisasi-di-kampus--minta-saran-dong-gan
Pendiam dan Pemalu Calon Ketua Umum UKM Organisasi Di kampus ?? Minta saran dong gan
Permisi gan kasih ane minta pendapat/saran dong gan
Ane Kuliah Di Salah satu universitas swasta di jakarta timur Semester 3

ane orangnya pendiam dan pemalu ane ikut Organisasi UKM Tentang ekonomi lah pokoknya
Ane tiba tiba di calonin jadi Ketua Organisasi .. Memang Mayoritas yang ikut perempuan . laki nya cuma sedikit .
tapi ane orangnya malu kalo udah di depan ngomong di depan banyak orang dan ane orangnya pendiam kalo di kelas atau di manapun

Sebelumnya ane pernah menjabat jadi Wakil OSIS pas kelas 1 SMA . Tapi 4 Bulan sebelum jabatan ane selesai ane mengundurkan diri gara gara ane merasa cuma ngabisin waktu dan tenaga . dan resikonya waktu itu ane Masuk IPS . padahal pengenya IPA

Menurut HATI Ane nih ane sih mau aja Jadi Ketua Organisasi ini tapi ane paling males kalo udah ngomong di Depan Umum sama Ngomong Di depan kelas Saat Rapat . ane cuma bisa ngomong orang ke orang secara langsung

Jadi Ane minta RESIKO DAN KEBAIKANNYA .
dan pendapatnya juga .. apa iya orang kaya saya bisa jadi ketua
kalo ngga ane langsung mengundurkan diri dari ketua umum nih nanti
Ane nyimak aja ya gan, soalnya ane juga pendiam dan pemalu emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By vhesckot_1601
Ane nyimak aja ya gan, soalnya ane juga pendiam dan pemalu emoticon-Malu (S)


sama gan ane juga pendiam dan pemalu emoticon-Malu (S)
sesama pendiam dan pemalu ngumpul dulu yah emoticon-Malu (S)
Belajar menjadi ketua itu banyak manfaatnya lho. Orang-orang paling kaya di dunia ini adalah orang-orang yang memiliki jabatan sebagai leader bukan sebagai bawahan. Pelan-pelan aja, coba jadi wakil dulu deh. Awal-awalnya memang malu-malu, tapi orang paling pemalu sekalipun kalau sudah terbiasa ngomong di depan umum pasti akan terbiasa. Bill Gates dan Mark Zuckerberg dulunya itu super pemalu lho, tapi sekarang mereka ngomong di depan umum dimana-mana.

Ane juga orangnya introvert tapi ane gak pemalu kalau ngomong di depan umum karena kebiasaan, dulu ane juga super pemalu. Memang orang ekstrovert lebih mudah ngomong di depan umum, tapi bukan berarti orang introvert gak bisa berlatih kan. Bill Gates dan Warren Buffet adalah orang introvert yang sekarang menjadi orang terkaya dunia karena menjadi leader perusahaan besar. Michael Jackson adalah orang introvert yang sering tampil di depan panggung dan disorot kamera, dulu waktu abg Michael Jackson itu terkenal introvert dan super pemalu. Abraham Lincoln adalah seorang introvert yang menjadi pemimpin (presiden) Amerika terbaik sepanjang masa.

Pendiam dan Pemalu Calon Ketua Umum UKM Organisasi Di kampus ?? Minta saran dong gan
Quote:Original Posted By mr.oreki
Permisi gan kasih ane minta pendapat/saran dong gan
Ane Kuliah Di Salah satu universitas swasta di jakarta timur Semester 3

ane orangnya pendiam dan pemalu ane ikut Organisasi UKM Tentang ekonomi lah pokoknya
Ane tiba tiba di calonin jadi Ketua Organisasi .. Memang Mayoritas yang ikut perempuan . laki nya cuma sedikit .
tapi ane orangnya malu kalo udah di depan ngomong di depan banyak orang dan ane orangnya pendiam kalo di kelas atau di manapun

Sebelumnya ane pernah menjabat jadi Wakil OSIS pas kelas 1 SMA . Tapi 4 Bulan sebelum jabatan ane selesai ane mengundurkan diri gara gara ane merasa cuma ngabisin waktu dan tenaga . dan resikonya waktu itu ane Masuk IPS . padahal pengenya IPA

Menurut HATI Ane nih ane sih mau aja Jadi Ketua Organisasi ini tapi ane paling males kalo udah ngomong di Depan Umum sama Ngomong Di depan kelas Saat Rapat . ane cuma bisa ngomong orang ke orang secara langsung

Jadi Ane minta RESIKO DAN KEBAIKANNYA .
dan pendapatnya juga .. apa iya orang kaya saya bisa jadi ketua
kalo ngga ane langsung mengundurkan diri dari ketua umum nih nanti


kalo malu ngomong di depan khalayak ramai ya diLATIH dong,
jangan diem aja begitu, ngmg aja di depan kaca sendirian,
atau gak banyak maju aja di kampus, ya itu udah nambah" keberanian lu loh,
resiko pertama yg paling terberat pada saat ngmg di depan orang ramai itu adalah :
- GROGI
- MALU
- GAK PEDE

ya begitulah, dilatih ya biar gak malu"in jadi ketuanya wkkwkw,
lagi pula masih CALON kok blom pasti jadi KETUA kwkwkw
wah gan, coba ngomong didepan umum gan, lama2 kebiasa kok. cmn butuh sedikit PD. Yakinlah agan akan jadi orang hebat!!
komen lagi ah emoticon-Malu (S)

dengan latihan bray emoticon-Big Grin
Jadi ketua ukm.
Pro:
- melatih softskill: organisasi, leadership, komunikasi.
- nambah kenalan dan wawasan
- kalo dah lulus kuliah, bagus buat cv pas lamar kerja

Kontra:
- menyita banyak waktu dan energi.

Bicara di depan umum tentang suatu topik bukannya lebih gampang ketimbang bicara 1-1 ya? Intinya tinggal persiapin diri aja. Kalo emang nguasai topiknya pasti lancar kok ngomong.

Jangan batasi diri karena pemalu n pendiam trus ga bisa jadi ketua. Semua hal bisa dilatih kok.
lanjut aja gan,

pemimpin itu bukan yg harus pandai bicara, berani tampil di depan.
tapi yg mau melakukan tugas2 yg udh di rencanaainnya.

karena itu,
saat ini kan masih calon
jadi yaa klo lu jadi ketua,
rancang sesuatu yg mungkin lu lakuin
gpp "jelek" atau lebih "rendah" dari org lain
tapi lu mampu melakukannya.
ya bisa dibilang, lu mau gimana in sih ni ukm

klo bicara di depan umum, ya seperlunya aja.
klo perlu mah, 1-3 menit cukup itu ketua ngomongnya.
klo masih bingung mau bicara apa, coba ditulis, (kyk presiden tuh, mana ada yg bicara, semuanya baca tulisan klo ngasih sesuatu emoticon-Ngakak (S) )
klo tulisannya tetap pengen di hafalin, coba di praktekin tapi max 3 menit.
klo pun lebih 3 menit, coba di ubah bahasanya biar yg pengen dibilang max 3 menit
klo harus spontah ngasih "wejangan", ya bilang aja apa yg dipikiran lu.

klo pun rapat kykny ketua ga butuh banyak bicara deh
klo rapat, ketua ya liat kondisi rapat gimana,
gimana para anggota rapatnya
klo ada rusuh ato gimana, baru ketua ambil alih
klo ga ada mah ya ketua cuma liat gimana si anggota rapat.
klo ga ada yg mencapai kata sepakat,
baru ketua turun tangan, apa bakal di voting, atau ketua yg milih mana yg bakal menjadi keputusan rapat.

resiko?
hmm... banyak sih
1. tanggung jawab. ya segala kegiatan ukm itu dibawah tanggung jawab lu, klo anggota bikin masalah, lu yg jadi penanggung jawab mereka.
2. lu harus bisa bagi waktu. klo engga ya bakal banyak lu korbankan, mungkin awalnya korbanin kuliah, pas kesal karena kuliah terkorbankan, akhirnya lu korbanin organisasi, pas udah ke dua2nya jadi korban, lunya stress sendiri emoticon-Big Grin
3. kemungkinan bakal ada yg ga suka dengan lu. yup, karena ketua harus memutuskan sesuatu, mungkin bakal ada yg kecewa dengan keputusan lu,

kebaikan
1. lu bakal belajar mempercayai orang lain. yaa ketua kan ga kerja sendiri, mungkin bakal ada wakil, sekretaris bendahara dll.. tentu mereka2 ini bakal lu kasih kepercayaan buat membantu tugas lu. mungkin hasilnya ga 100% sesuai harapan lu, tapi klo sampai 75-90% masih bisa di ajak kerja sama tuh teman2 lu.
2. lu lebih gampang memutuskan sesuatu, klo dah coba jadi ketua, lu bakal lebih ngerti resiko dan peluang sesuatu yg bakal lu laksanakan
3. tanggung jawab, lu bakal mempercayai diri lu lebih dari biasanya.
4. membagi waktu dg maksimal.
5. lu bakal lebih mudah mengenali karakter seseorang, sehingga lu bakal dapat ngerasain, orang ini cocok jadi patner gw, org ini kurang cocok jadi patner gw. mungkin org kedua lebih handal atau gimana, tapi sebuah ke cocokan dalam mencari patner bakal bikin lu lebih gampang melakukan sesuatu, bahkan klo memungkinkan, lu bakal ketemu calon "istri" emoticon-Stick Out Tongue yaa ketika lu ngerti, wah cwe ini kerja nya bagus, dll, dan kyknya ga mau deh jadi patner dia seumur hidup emoticon-Big Grin
6. lu bakal banyak "belajar"
lu bakal nyari2 buku atau artikel, gimana cara menyampaikan pesan dg pantas ke rekan kerja. gimana memimpin rapat, gimana menindak tegas orang yg bikin salah, gimana menyemangati orang2 disekitar lu, gimana melihat calon2 penerus UKM, gimana menentukan org2 yg bakal lu ajak sebagai patner dalam melaksanakan tugas2 lu.
Yang paling susah jadi ketua itu membagi waktu dan energinya. Apalagi kalau agan pendiem dan baru belajar jadi ketua, energi yang tersita bisa 2 kali lebih banyak. Kalau gak kuat, jadi anggota biasa aja deh.

Apa agan sebelumnya pernah jadi pengurus ukm? Kalau pernah ga ada salahnya maju jadi calon ketum toh yg milih anggota juga kan? Kalau mereka ga yakin sama kinerja ente pasti ente ga bakal kepilih kok.

Kalo ente beluk pernah kepilih jadi pengurus ukm mending jangan deh soalnya ente ga tau seluk beluk & kondisi ukm tersebut siapa tau ente cuman di jadiin tumbal doang buat mengisi jabatan ketua
Accept the challenge and try to change!

Skill kaya gitu bisa dilatih, semua org juga grogi awal ngomong depan umum, tp lama2 juga biasa emoticon-Cool
ane juga pendiam dan pemalu kalo lagi di kamar mandi gan... emoticon-Malu

Saran ane, ya kalo memang udah dicalonkan dan berhasil ya cobalah untuk berubah gan... belajar ngomong didepan banyak orang dan coba untuk memimpin organisasinya... kalo gak coba dari sekarang, mau kapan lagi bisa belajar ngomong didepan umum...

bisa bayangkan nanti kalo agan kerja, trus diangkat jadi manajer dan diminta presentasi didepan dewan direksi... trus agan gak bisa?? apa yang akan terjadi?? silahkan di jawab sendiri aja... emoticon-Big Grin
coba latihan bicara di depan cermin gan

memang benar kalo jadi ketua ukm banyak nyita waktu, tapi itu bisa melatih kita membagi waktu
Quote:Original Posted By equator.bear
coba latihan bicara di depan cermin gan

memang benar kalo jadi ketua ukm banyak nyita waktu, tapi itu bisa melatih kita membagi waktu


Latihan di depan cermin.
Seperti Barrack Obama waktu sekolah SD di menteng.
Kata pembantunya die suka latihan ngomong sendiri depan cermin.
klo ente malu ngomong di depan anggota organisasi ente, berarti ente kurang akrab dg para anggota, maka akrabi mereka semua.
klo ente gagap bicara dg org secara langsung atau di depan umum, berarti ente perlu berlatih bicara.
klo ente ga PD bicara bisa jadi ente merasa ilmu ente masih jauh dibawah org2... maka banyak baca buku, berita dan tambah ilmu selalu.
malu bicara didepan umum/males ?

kalau males mau kek gimana pun ya ga akan mau tampil...
kalau malu dan pendiam, mau dia cuma jadi pendengar rapat ga akan bersuara ...
tapi buktinya kan diatas bilang : ane cuma bisa ngomong orang ke orang secara langsung


berarti masih berani kan mengungkapkan pendapat ??

kalau emang ga mau, lagsung bilang jujur ...malah kalau ada pemaksaan, bisa ancur tuh organisasi ..
Jalani aja dulu, masalah Agan ga bisa berkomunikasi atau menyampaikan pendapat itu nomor dua, yang penting dasar untuk menjadi seorang pemimpin adalah BISA MENCARI JALAN KELUAR DARI MASALAH YANG ADA dan bertanggung jawab, kalau Agan udah di calonkan ya sudah berarti Agan punya kapabilitas. Dan itu amanah yang harus dijalani gan.

Ini kan ruang lingkup UKM, dan masih dalam lingkungan kampus kan? Segala sesuatu yang berkaitan banyak dengan lingkungan kampus, pasti jatuhnya adalah belajar. Agan belajar untuk menjadi seorang pemimpin, kan suatu saat juga kite kite nih laki minimal bakal jadi pemimpin rumah tangga :emoticon-Malu (S)
Pendiem bukan halangan menjadi ketua gan. Ane dulu punya banyak temen deket pendiem karena ane juga pendiem. Waktu SMA ane pernah pernah punya temen sebangku pendiem, sampe guru-guru ane bilang ane dan dia sebagai pasangan pendiem di kelas, tapi temen sebangku ane itu akhirnya jadi Ketua Rohis di SMA. Waktu kuliah ane juga punya temen sekos pendiem tapi akhirnya dia jadi Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur ITB, terus di kampus ane temen-temen deket ane yang pendiem-pendiem juga ada yang jadi Ketua Gamais, Ketua Koperasi Mahasiswa, Ketua Comlabs, dll. Temen-temen ane yang pendiem juga sekarang banyak yang jadi pendiri dan CEO di perusahaan-perusahaan start-up.

Kalau masih belajar jadi ketua bertahap dulu aja gan, kalau belum siap jadi ketua mungkin bisa mencoba menjadi wakil dulu atau ketua di kelompok yang lebih kecil. Ane pernah merasakan menjadi ketua meski hanya ketua kelompok di suatu organisasi yang anggotanya cuma 20-an dan rasanya cukup menyita waktu dan pikiran ane, temen-temen ane yang lain kerjanya cuma tidur-tiduran di kosan, eh ane yang harus ngurusin semuanya. Memang gugup sih rasanya, ketika ane sedang bicara di depan pasti belasan anggota lainnya akan menatap ane dengan tatapan serius. Meski akhirnya peran ketua ane digantikan anggota lainnya (mungkin ane dianggap gak becus emoticon-Nohope) tapi dengan pengalaman tersebut ane sekarang jadi merasa lebih siap jika harus diminta menjadi ketua di organisasi manapun.