alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5612226248177e631c8b456b/perkembangan-model-celana-jeans-dari-dulu-sampai-saat-ini
Perkembangan Model Celana Jeans dari dulu sampai saat ini!
Perkembangan Model Celana Jeans dari dulu sampai saat ini!


Agan semua pasti tau celana jeans dong? Ane yakin banget agan sekalian pasti punya minimal 1 di lemari agan atau bahkan sambil baca thread ini, agan sedang pakai celana jeans emoticon-Selamat emoticon-Selamat


Nah seperti yang agan sekalian udah tau sekarang ini kalau model celana jeans sekarang ini variatif banget. Kalau agan jalan ke mall dan ngeliatin celana jeans orang-orang disekitar agan, pasti agan ngeliat banyak variasi dari celana jeans. Belakangan ini yang cukup nge trend adalah ripped jeans dari patchwork jeans. Namun dibalik itu semua yuk kita sama2 liat perkembangan model celana jeans dari dulu sampai sekarang ini emoticon-Traveller emoticon-Traveller


Spoiler for 1960's jeans:


Yup seperti yang agan sekalian lihat di gambar tersebut. Potongan jeans di tahun 1960an itu cenderung kebesara dan kepanjangan sehinggan harus dilipat, Tapi di jaman itu memang model seperti itulah yang sedang jadi trend gan. Karena konon dulu jeans itu celana yang dipakai oleh pekerja kasar seperti di tambang supaya kaki mereka terlindungi oleh bahan jeans yang cukup tebal. Celana jeans dibuat longgar supaya mereka bisa beregerak leluasa untuk bekerja.emoticon-Cool


Spoiler for 1970's jeans:


Yes betul sekali. Begitu ngeliat gambar ini, agan sekalin pasti tau kalau ini adalah model cutbray jeans. Model cutbray sebenarnya sudah muncul di tahun 1960an, namun di tahun 1970an barulah model cutbray menjadi trend yang sangat marak untuk pria dan wanita. Ditambah d tahun 1970an adalah era nya seorang legenda musik yang namanya pasti tidak asing di telinga kita yaitu Elvis Presley the King of Rock n' Roll. Elvis Presley sangat suka menggunakan model celana cutbray ketika manggung, so gak heran kalau di tahun 1970an, celana cutbray sangatlah hits.

Spoiler for Elvis Presley:



Spoiler for 1980's jeans:


Nah di tahun ini mulai marak celana jeans dengan teknik stone washing. Proses pencucian pakaian secara stonewash adalah cara untuk menciptakan “keusangan” pada bahan denim dengan menjadikan bagian-bagiannya ada yang terlihat lebih gelap atau lebih terang, tetapi ada juga yang memudarkan keseluruhan warna pakaian. Sistim stonewash juga dapat menambah kelembutan dan fleksibilitas kain yang semula kaku dan rigid seperti kanvas. Pada awalnya, cara pencucian stonewash adalah dengan menggunakan batu apung, yang mana batu apung tersebut akan mengikis permukaan serat benang sehingga menghasilkan tampilan yang mensimulasikan seakan-akan pakaian tersebut sudah dipakai lama. Proses pengerjaannya menggunakan berbagai jenis dan ukuran batu apung, tergantung jenis penampilan yang diinginkan. Cara ini adalah jenis proses pencucian yang mengandalkan aksi mekanis, yang dilakukan justru setelah pakaian jadi (bukan selagi masih berupa lembaran kain, sebagaimana lazimnya).


Spoiler for 1990's jeans:


Ada 2 gambar yang sangat berbeda namun ane yakin agan cukup familiar dengan kedua gambar ini. Di tahun 1990an, ada 2 model celana yang sedang menjadi trend. Mari kita bahas satu per satu gan.

Ciri khas Carpenter Jeans adalah banyaknya saku di celana jeans tersebut. Celana jeans pada umumnya hanya memiliki 4 kantong, yaitu di paha sebelah kiri dan kanan, lalu di daerah pantat sebelah kiri dan kanan. Carpenter Jeans terkenal dengan banyaknya saku di celana jeans tersebut, mula dari samping lutut, di samping betis maupun tempat-tempat lainnya yang tidak terlihat lazim seperti celana panjang pada umumnya. Tambahan saku ini berfungsi untuk menaruh barang dan pada umumnya digunakan oleh pekerja bangunann dan tukang kayu. Model celana ini juga memiliki potongan yang cenderung kebesaran agar pemakai bisa beregerak leluasa.

Gambar kedua merupakan Baggy jeans. Tahun 1990an merupakan awal munculnya musik HIpHop dan RnB. Dan Baggy jeans merupakan ciri khas dari para musisi HipHop dan RnB tersebut. Mereka menggunakan Baggy jeans sebagai gaya mereka dalam bernyanyi, sehingga kemudian banyak masyarakat yang juga menggunakan Baggy Jeans.




Spoiler for 2000's jeans - Present:


Di awal tahun 2000an pasti agan semua kenal dengan penyanyi Britney Spears. Britney Spears adalah penyanyi pop yang memiliki pengaruh besar terhadap trend fashion di awal tahun 200an. Britney Spears merupakan penyanyi yang pertama kali mempopulerkan celana jeans model diatas yang dikenal dengan nama Ultra Low Rise Jeans. Ciri khas nya adalah jeans tersebut dipakai persis diatas pantat sehingga terlihat seksi dan menunjukkan lekukan tubuh secara sempurna.


Spoiler for Britney Spears:




Lalu di masa sekarang ini, tren fashion sudah begitu bervariasi. Para designer pun sudah lebih berani untuk mengeksplor mode agar terlihat unik dan menarik. Ada setidanya 2 model celana jeans yang sedang menjadi trend di saat ini, yaitu Ripped Jeans dan Patchwork Jeans.


Spoiler for Ripped Jeans:


Ripped Jeans sebetulnya mulai ada di tahun 1980an, dimana di saat itu dipakai oleh kalangan Rock dan Heavy Metal band. Namun di masa sekarang ini, ripped jeans tidak hanya dipakai oleh kalangan rocker namun juga para anak muda bahkan usia dewasa. Ripped jeans sedang sangat marak di saat ini, jika agan sedang jalan-jalan ke mall saya yakin minimal agan menemukan 5 orang yang sedang mengenakan RIpped Jeans.



Spoiler for Patchwork Jeans:



Ide dasar dari patchwork jeans adalah dengan menambahkan tambalan patch di celana jeans tersebut sebagai model. Ada begitu banyak variasi daripada Patchwork jeans jika agan ketik patchwork jeans di google. Lalu untuk bahan patch nya sendiri juga sanga bervariasi, mulai dari kain kulit, suede, jeans, dsb. Model patchwork jeans ini pertama kali dipopulerkan di Amerika Serikat pada pertengahan tahun 2015. Patchwork jeans sendiri saat ini sudah masuk di Indonesia dengan berbagai variasi model patch mulai dari oval, kotak serta penempatan patch nya yang sanga bervariasi.

Spoiler for More about Patchwork Jeans:




Demikian thread ane tentang jeans kali ini. Terima kasih agan" sekalian sudah mau membaca thread yang ane buat.


Jika berkenan, mohon emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast



Thank youuu



emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus
nice gan....
wow stonewashnya keren tuh emoticon-Belo
Anyway gan ada referensi yg digunakan untuk membuat thread? Tolong dicantumkan ya. Thanks
celana jeans pake patch dilutut hmmm..... boleh juga emoticon-Cendol (S)
Ini bkal tahan lma kagak gan emoticon-Big Grin bukanya apa2 takut nasibnya sama kaya clna cino emoticon-Big Grin
Tapi boleh juga mumpung masih jarang yang make emoticon-Big Grin
mejeng pejwan emoticon-Hammer2
kalau lihat model jaman dulu emoticon-Big Grin
lucu-lucu gmn yaa emoticon-Big Grin
agak aneh yah gan yg patchwork gan, baru liat juga ane, hahaha
baru tau ada trend kyk gt
Yang namanya tren sih biasanya memang gitu sih gann... tapi thanks yaa feedback nya gann!

emoticon-Toast emoticon-Toast
baru liat patchwork jeans emoticon-Matabelo keren kek jas nya Mr.Bean ada tambalannya
siap siap ni anak gahole kekinian pada beli
ane mah make baju tidur aja yang enak dipake emoticon-No Hope
celana yang lingkaran kaki sama besar dari atas kebawah, kok gak ada ya gan.. padahal di taun 2000-an ngetren juga tuh.
ada yang dilubangin, ada yang ditambal, bentar lagi digabung tuh... di lubangin dan ditambal sekaligus.. hehe
slimfit sama skinny gan?