alexa-tracking

Otak Terlalu Banyak Menganalisa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5608f37dc2cb178a148b4568/otak-terlalu-banyak-menganalisa
Otak Terlalu Banyak Menganalisa
Hello gan, bagaimana mengatasi otak terlalu banyak menganalisa??

dan parahnya, menganalisanya itu ke arah negatif.

Jadi otak menganalisa seribu macam cara agar hal terburuk bisa terjadi.

cara 1 ga mungkin, maka akan cari cara 2, terus ga berhenti2... parah kan...


gimana solusinya?

ganti otak lu sama otak2... emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
pernah dipraktekin dan berhasil?
atau sekedar teori yg cuma muter muter di dalam kamar doang?



analisis btw.
KASKUS Ads
seru loh gan bisa gitu.
yaa bisa dibilang lu dah bikin strategi di dalam otak lu.
klo begiini ntar hasilnya kemungkinan begini
klo gagal ntar hasilnya gini.
sebelum gagal bikin rencana cadangan.

ane biasanya ngalihinnya di game strategi sih emoticon-Big Grin
tapi kalau lu mau,
dan mengembangkan otak lu.
coba bikin cerita.
yaaa karena sekarang pikiran lu negatif2. berarti ceritanya dari sudut orang yg pengen niat negatif
ntah itu membunuh
mencuri
dll.
naah yg bakal bikin lu berkembang ntar.
lu bikin juga cerita berdasarkan sudut pandang korban.
mayan jadi cerita thiril itu hihi

klo ane sih biasanya bikin cerita yang benar2 ngayal banget something impossible.
bahkan untuk mengalahkan "pihak yang jahat" harus muncul seorang super hero emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
yang parah itu klo otak berhenti menganalisa.. emoticon-Takut (S)
ini bukan niru cara shikamaru kan? emoticon-Big Grin

masa elo ga pernah bisa berpikir positif 1 pun emoticon-Hammer

otak bukan untuk menganalisa tapi memutuskan suatu keputusan juga bisa emoticon-Ngacir
image-url-apps
Quote:


mungkin itu kelebihannya.

cuma kalo ada masalah, beuhhhh pikiran kemana2, kadang hal2 yg bodoh dipikirin.

tipe pemikir kayak ane ini, rentan depresi gan.. rata2 orang depresi karena kebanyakan mikir atau kebanyakan menganalisa.

kesalahan kecil bisa merusak segalanya karena terlalu banyak dianalisa. Perfectionis...
image-url-apps
mantengin aja, ane juga sering gitu emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


iya emang banyak yg kayak gini gan...
image-url-apps
Quote:


berpikir positif pernah.

cuma kalo ketemu masalah, beuhhh kadang tau yg dipikirkan tu hal bodoh, tapi tetap aja ga mau berhenti nih otak..
Quote:

otak loe ga bodoh kan? emoticon-Big Grin


Tipe perfeksionis akut ya gan emoticon-Big Grin
Gapapa sih, asal bisa digunakan untuk mengantisipasi hal yang buruk.
Kadang berpikir analitis begitu juga perlu, ane malah kurang bisa mikir analitis, kebanyakan langsung terjang aja, soal hasil nanti belakangan hahaha.
image-url-apps
Memang analisa tentang apa?
image-url-apps
Quote:


nah mindset ente gimana gan?

pola pikir ente
image-url-apps
gampang stres ye ente?
perfeksionis juga kah?
ga percaya ama orang lain?

Quote:


Pola pikir ane?
Ane kawatir kalo sebenarnya ane kagak punya pola gan emoticon-Hammer (S)

Di dalam pikiran ane, memikirkan sesuatu yang belum terjadi itu membuang waktu, pikiran dan tenaga. Jadi lakukan saja yang sudah pasti bisa dilakukan di depan mata. Sisanya urusan yang diatas.
image-url-apps
Quote:


betul
image-url-apps
Quote:


Yang begini biasanya justru karena pinter gan emoticon-Malu
makanya gw saranin kembangkan
semakin lu kembangkan, semakin banyak skenario2 dalam otak lu.
nah yakin deh... suatu saat, lu bakal sampai pada tahap,
saat terjadi masalah
yg ada di otak lu itu bukan lagi kebingungan pilih berbuat mana.
tapi karena lu dah biasa mikir2 ini itu sebelumnya.
lu dah punya pilihan
"ok karena ini yg terjadi, ini langkah selanjutnya"

klo perlu, banyakin baca dan jenis bacaannya, ntar ketemu ide2 aneh dari bacaan lu.
dan itu bisa menghasilkan berpuluh2 skenario dalam otak lu.

gw sih biasanya klo "lagi" mikir2 ini itu dan ntah kemana2 larinya. sampai stress sendiri
gw ngajak diri gw bercanda
"hei nan... cita2 lu apa?"
"cita2 hmm... mungkin jadi Tuhan"
"emoticon-Ngakak (S) "
"tapi sayangny gw bukan tuhan hanya manusia"

habis itu mulai deh tenang pelan2 pikiran gw emoticon-Hammer (S)
image-url-apps
Quote:


ane lagi berusaha ngubah ini gan, begini terus-terusan bikin stress, kurangi dikit-dikit mikirnya, sering-sering ngosongin otak
×