alexa-tracking

YANG DOYAN MARTABAK MASUK!!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56077d6812e25708798b4569/yang-doyan-martabak-masuk
YANG DOYAN MARTABAK MASUK!!
HAI GANSIS WELLCOME TO MY THREAD PANGERAN TAMPAN SEMOGA NO ISENG ISENG BERHADIAH,emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller

SEMOGA SAJA BERMANFAAT BUAT AGAN-AGANWATI emoticon-Toast SEBELUM JAUH KEBAWAH DIRATE AJA DULU DAN MENERIMA TAMPUNGAN JANGAN DITIMPUK NTR ANE BENJOL LAGI emoticon-Sorry


Quote:Yuk langsung aja , pada thread kali ini ane akan membahas tentang makanan kesukaan ane yaitu "MARTABAK" Yg menurut ane ini adalah makanan paling lezat sejagat rayaa emoticon-Ngakak

Asal Kata
Kata Martabak berasal dari bahasa Arab: ????, yang artinya "terlipat". Martabak merupakan sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei.

Jenis Martabak
Di Indonesia ada dua jenis martabak, yaitu martabak asin yang terbuat dari campuran telur dan daging serta martabak manis atau martabak terang bulan yang biasanya diisi cokelat atau keju. Berbeda dengan martabak telur, martabak manis adalah sejenis kue atau roti isi selai yang biasa dimakan di saat santai sebagai makanan ringan. Di Malaysia, martabak manis sering dijadikan sebagai hidangan sarapan dengan ditemani segelas teh tarik.

Spoiler for Gambar Martabak Telur dan Daging: :


Spoiler for Gambar Martabak Manis::


Quote:Sejarah di Indonesia (Martabak Telur dan Daging)
Pada sekitar awal tahun 1930-an, beberapa pemuda asal daerah Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah, mengadu nasib dengan berjualan makanan dan mainan anak-anak pada perayaan yang dilangsungkan di kota-kota besar seperti Semarang. Di kota inilah salah seorang pemuda yang bernama Ahmad bin Abdul Karim berkenalan dengan seorang pemuda India bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary.

Dari hasil persahabatan mereka, Abdullah diajak berkunjung ke kampung halaman Ahmad di Desa Lebaksiu Kidul, Tegal. Abdullah berkenalan dengan adik perempuan Ahmad yang bernama Masni binti Abdul Karim.

Kemudian Abdullah mempersunting Masni, adik perempuan Ahmad, pada tahun 1935. Abdullah atau yang biasa disebut Tuan Duloh adalah seorang saudagar yang cukup ternama di zamannya. Salah satu keahlian Abdullah adalah membuat makanan yang terbuat dari adonan terigu yang bernama martabak.

Dialah salah satu di antara pemuda-pemuda India yang berhasil memodifikasi martabak dari resep aslinya. Hal ini untuk menyesuaikan dengan citarasa maupun kebiasaan masyarakat di Indonesia, terutama orang Jawa, yang pada umumnya gemar makan sayur-sayuran dan tidak terlalu suka mengonsumsi daging secara berlebihan.
Sampai saat ini, jenis martabak telur yang dapat ditemukan di hampir seluruh pelosok Indonesia adalah hasil modifikasi.


Quote:Martabak Manis
Nama penganan ini bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Bagi daerah yang menamakannya kue bulan atau terang bulan, penggemarnya merasa bingung mengapa kue ini dinamakan "martabak" karena sama sekali berbeda dengan penganan lain yang juga bernama martabak. Namun bagi daerah yang terbiasa menamakannya martabak manis, maka penganan martabak terbagi dua menjadi martabak manis (seperti yang terdapat dalam gambar) atau martabak asin. Di Malaysia penganan ini dinamakan apam balik, kue atau martabak terang bulan, martabak bangka, kue pinang bangka, atau martabak bandung.
Adonan kulitnya terbuat dari campuran tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air, dan ragi yang dipanggang di atas penggorengan besi tebal khusus hingga adonan kue menjadi matang dan bersarang. Sebagai pengisi biasanya diberikan taburan gula butir, coklat butir (meses, muisjes), dengan biji wijen dan kacang tanah yang dicacah, atau parutan keju, yang disiram susu kental manis, dan diolesi mentega dan margarin yang cukup banyak.


Spoiler for Pembuatan Martabak Manis:


Spoiler for Resep isi:


Spoiler for Pembuatan bahan::


Yaaa itu adalah sejarah martabak dan cara pembuatanya , terimakasih buat yg udah ngeluangin buat mampir ke trit sederhana ane ini emoticon-Shakehand2 buat yg udah ISO Ane bersedia kok di bagel pake cendol emoticon-Toast dan kaskuser yg baik adalah dia yg sehabis membaca sebuah trit ia meninggalkan jejak buat komeng dan selalu rate5 emoticon-Peluk dan buat Silient rider ane doain ente selalu diberikan hidayah emoticon-Ngakak

Spoiler for Jangan dibuka entar Crott:
ane cuma suka martabak manis gan
jadi laper gan liat martabak daging.ente harus tanggung jawab gan.
martabak emang enak gan
Bonusnya martabak banget emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By pintuz
ane cuma suka martabak manis gan


mungkin karna agan manis kali gan haha
Quote:Original Posted By gendhu89
jadi laper gan liat martabak daging.ente harus tanggung jawab gan.


waduh ane harus ngapain nihh gan? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By haw210
martabak emang enak gan


iyaaa gan setuju banget emoticon-Cool
jadi laper liat bonus nya ganemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By kamujahat21
Bonusnya martabak banget emoticon-Ngakak


haha mau ane tambahin lagi gak gan? emoticon-Ngakak
Yang paling bawah mantap, martabak jepang emoticon-Ngakak
jadi laper liat martabak daging. Tanggung jawab gan emoticon-Mad (S)
Quote:Original Posted By rifaldiansyah
jadi laper liat bonus nya ganemoticon-Malu (S)


ohh lapernya sama bonusnya yaa gan? emoticon-Ngakak koplak ente gan
jadi pengen makan martabak nih
Quote:Original Posted By obekiyen
Yang paling bawah mantap, martabak jepang emoticon-Ngakak


martabak jepang isi apa gan?emoticon-Ngakak
kalo ditempat ane martabak manis sebutannya "terang bulan" emoticon-Malu
Quote:Original Posted By mahirhipnotis
jadi pengen makan martabak nih


haha beli gan kalo punya duit mah emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By feedback.
kalo ditempat ane martabak manis sebutannya "terang bulan" emoticon-Malu


emg tempat ente dimana gan?
Sumpah! Jadi emoticon-Genit: ama martabak telor...

Mantab kali ini trit buat orang jadi emoticon-Genit:
Dua2na ane doyan gan, enak soalna... emoticon-Ngakak

Page one ane tutup ya, silahkan diwalik...