alexa-tracking

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56066faee0522738618b4593/tanah-surga-yang-disia-siakan-pemiliknya
icon-hot-thread
Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!
Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!Quote:Gan, pasti nte pada hafal lagu yang menyebutkan kalau tanah Indonesia ini tanah surga, tongkat dan batu jadi tanaman, kan?

Nah, berkaitan dengan kesuburan tanah Indonesia, ane pengen bahas tentang teh nih, gan. Salah satu minuman favorit sebagian besar rakyat Indonesia. Tapi, meski dibilang favorit, tingkat konsumsi teh masyarakat Indonesia ini masuk urutan ke-70 di dunia, gan. Alasannya unik, soalnya masyarakat Indonesia kalau nyeduh teh itu bisa berkali-kali, gan. Mungkin biar hemat kali, ya?

Selain peringkat konsumsi yang rendah itu, masih banyak hal yang memprihatinkan terkait teh di Indonesia. Yuk ah kita bahas apa saja, ganemoticon-Traveller


Spoiler for HT gans:


Quote:Penurunan Luas Lahan

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Pada tahun 2010, areal perkebunan teh dunia mencapai sekitar 3,12 juta hektar, yang berarti mengalami perluasan sebesar 30,4% atau seluas sekitar 724 ribu hektar. China sangat ekstensif dalam melakukan perluasan areal teh, yakni mencapai 56% (lebih dari separuh luasan semula), sehingga memiliki luas areal sekitar 1.419 ribu hektar dan tetap menduduki ranking pertama dalam luas areal. Pada posisi kedua, India memperluas lahan sekitar 15,7% sehingga areal kebun teh mencapai 514 ribu hektar. Sri Lanka tetap pada posisi ketiga dengan perluasan sekitar 15,5% sehingga memiliki areal kebun teh seluas sekitar 218 ribu ha. Kenya juga melakukan perluasan yang ekstensif sekitar 38,3% sehingga memiliki kebun teh seluas sekitar 178 ribu hektar.

Vietnam menggeser posisi Indonesia dengan melakukan perluasan yang ekstensif sekitar 52,2% dari luasan awal, sehingga memiliki kebun teh seluas 113 ribu ha pada akhir tahun 2010. Kebun teh Indonesia menciut sekitar 6,6% sehingga kebun tehnya seluas sekitar 108 ribu ha pada akhir tahun 2010.

Di saat negara lain memperluas lahan perkebunan teh, Indonesia malah mengalami penyusutan. Mungkin sebagian lahan teh dibakar oknum kali, ya, gan?emoticon-Bingung (S)


Quote:Harga Jual yang Murah

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Pakar teh, Ratna Somantri, mengatakan, teh kemasan lokal yang berkualitas tinggi belum bisa bersaing dengan merek-merek seperti Twinings dan Dilma.

“Semua yang masuk ke pasar menengah atas di Indonesia adalah merek asing, yang merek lokal masuknya ke pasar bawah,” kata Ratna.

Jika di China ada merek teh terkenal dihargai ratusan juta per kilogram, begitu juga di Jepang ada merek teh yang dijual 20 juta per kilogram, di Indonesia yang tehnya yang juga berkualitas hanya diekspor dalam keadaan mentah, hanya US$ 1 per kilogram.

Ratna memberi gambaran, kualitas teh Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Warnanya bagus, aromanya kuat, rasanya lama melekat, dan bagus jika dicampur dengan bahan lain. Bahkan dalam satu moment blind test di Jepang, teh hijau Indonesia menjadi juaranya. Sayangnya, teh-teh yang berkualitas ini mayoritas justru diekspor untuk kemudian dicap dengan brand luar negeri. Sedangkan industri teh kemasan kita masih belum bisa tampil. Dari total produksi teh kita, yang diekspor dengan nama (brand) hanya 10% saja, sisanya 90% diekspor dalam bentuk mentah.

Menyedihkan banged, gan. Di saat Cina dan Jepang bisa menjual teh dengan harga puluhan bahkan ratusan juta per kilogram, masa teh Indonesia hanya dihargai US$ 1 per kilogram. Dan kelemahan Indonesia juga dalam hal pengolahan hasil produksi tuh, gan. Jadi karena diekspor masih dalam keadaan utuh dari perkebunan, makanya harganya seadanya. Diolah di luar negeri, masuk lagi ke Indonesia dengan harga selangitemoticon-Cape d... (S)


Quote:Jenis-Jenis Teh

1. Teh Putih

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Teh yang dibuat dari pucuk daun yang tidak mengalami proses oksidasi dan sewaktu belum dipetik dilindungi dari sinar matahari untuk menghalangi pembentukan klorofil. Teh putih diproduksi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan teh jenis lain sehingga harga menjadi lebih mahal. Teh putih kurang terkenal di luar Tiongkok, walaupun secara perlahan-lahan teh putih dalam kemasan teh celup juga mulai populer.

2. Teh Hijau

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Daun teh yang dijadikan teh hijau biasanya langsung diproses setelah dipetik. Setelah daun mengalami oksidasi dalam jumlah minimal, proses oksidasi dihentikan dengan pemanasan (cara tradisional Jepang dengan menggunakan uap atau cara tradisional Tiongkok dengan menggongseng di atas wajan panas). Teh yang sudah dikeringkan bisa dijual dalam bentuk lembaran daun teh atau digulung rapat berbentuk seperti bola-bola kecil (teh yang disebut gun powder).

3. Oolong

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Proses oksidasi dihentikan di tengah-tengah antara teh hijau dan teh hitam yang biasanya memakan waktu 2-3 hari.

4. Teh Hitam atau disebut juga teh merah

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Daun teh dibiarkan teroksidasi secara penuh sekitar 2 minggu hingga 1 bulan. Teh hitam merupakan jenis teh yang paling umum di Asia Selatan (India, Sri Langka, Bangladesh) dan sebagian besar negara-negara di Afrika seperti: Kenya, Burundi, Rwanda, Malawi dan Zimbabwe. Orang Barat menyebutnya sebagai "teh hitam" karena daun teh berwarna hitam. Di Afrika Selatan, "teh merah" termasuk golongan teh herbal.

5. Pu-erh (dalam bahasa Kantonis Póu léi)

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Teh pu-erh biasanya dijual dalam bentuk padat setelah dipres menjadi seperti batu bata, piring kecil atau mangkuk. Teh pu-erh dipres agar proses oksidasi tahap kedua bisa berjalan, karena teh pu-erh yang tidak dipres tidak akan mengalami proses pematangan. Semakin lama disimpan, aroma teh pu-erh menjadi semakin enak. Teh pu-erh yang masih "mentah" kadang-kadang disimpan sampai 30 tahun bahkan 50 tahun supaya matang. Penyimpanan selama 10 hingga 15 tahun sering dianggap cukup, walaupun teh pu-erh bisa saja diminum setelah disimpan kurang dari setahun. Minuman teh pu-erh dibuat dengan merebus daun teh pu-erh di dalam air mendidih seringkali hingga lima menit.


Quote:Budaya Minum Teh Maroko dan Rusia

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

Kalau di Indonesia banyak istilah untuk menikmati teh seperti teh tubruk dan teh pahit atau manis, lain lagi dengan Maroko dan Rusia, gan. Mereka memiliki cara unik dan agak ribet dalam menikmati teh. Berikut caranya sebagaimana dijelaskan seorang pakar teh, Ratna Somantri.

Di Maroko proses menyeduh teh membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan negara-negara lain. Mereka harus melalui 3 kali penyeduhan untuk mendapatkan rasa yang pas menurut mereka.

"Masyarakat Maroko sangat suka dengan teh hijau yang beraroma mint. Jadi, mereka menyeduh teh hijau dengan sedikit air mendidih di teko teh. Kemudian teko tersebut di gotang-goyangkan, lalu di tuang
di salah satu cangkir. Setelah itu mereka seduh lagi, tapi kali ini airnya di buang. Yang terakhir mereka seduh lagi dengan memasukkan daun mint dan gula secukupnya dan air seduhan pertama di masukkan juga ke dalam teko tersebut, lalu digoyang-goyangkan lagi. Dan akhirnya air seduhan ketiga baru bisa dinikmati,"
terangnya.

Air seduhan pertama adalah penentu untuk menguatkan rasa teh. Dan cara menuangkannya pun dengan mangangkat teko cukup tinggi dari cangkir.

"Unik lagi budaya minum teh di Rusia. Mereka menyukai teh yang pekat yang dihasilkan dari samovar, yakni alat penyeduh teh yang sering disebut guci logam dengan keran di bagian bawah dan cerobong asap kecil di bagian atas. Daun teh di letakkan di atas samovar dan akan menghasilkan teh yang pekat," katanya.

Lalu, lanjutnya, orang menikmati teh tidak menggunakan gula, melainkan dengan pendamping selai rasa buah.

"Jadi, setelah meneguk teh mereka akan menyendok selai tersebut," imbuh Ratna.


Quote:Teh Celup Bekaspun Punya Manfaat, Gan!

Tanah Surga yang Disia-siakan Pemiliknya!

1. Meredakan kulit yang terbakar matahari (sunburn)

Apabila kita mengalami kulit yang terbakar akibat sinar matahari yang berlebihan tentunya kulit jadi terasa perih dan sangat sensitif jika disentuh.

Ternyata teh celup bisa membantu meredakannya perih tersebut loh, gunakan kantung teh celup dingin lalu kompreskan di area kulit yang terbakar tadi agar rasa perih segera berkurang. Kita juga bisa mencelupkan kantung teh ke dalam air mandi lalu membilas area terbakar dengan air tersebut.

2. Scrub wajah teh hijau

Nah tahukah anda bahwa daun teh hijau kering di dalam kantung teh celup ternyata mempunyai khasiat bagi wajah agan, bukan cuma bagi wanita, ini juga baik buat pria.

Caranya mugah saja, sesudah kantung dicelupkan, sisihkan dan tunggu sampai ia menjadi hangat dan tidak terlalu panas. Siapkan mangkuk kecil dan buka atau robek kantung teh, kemudian keluarkan isinya ke dalam mangkuk.

Tuangkan sesendok makan madu juga tepung beras secukupnya. Aduklah sampai merata lalu siap untuk dioleskan ke wajah sebagai scrub. Gosoklah perlahan di muka agan dan biarkan sekitar 5 menit lalu dibilas bersih dengan air. Campuran scrub ini berfungsi sebagai exfoliating atau untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

3. Mengatasi kantung mata dan mata lelah

Apabila mata agan lelah dan berkantung karena kegiatan harian yang cukup padat dan menyebabkan kurang tidur, ternyata kantung teh bisa menjadi solusi.

Caranya dengan mencelupkan kantung teh yang sudah terpakai ke dalam air es sampai benar-benar menjadi dingin kemudian kompreskan pada area sekitar mata lalu diamkan beberapa menit niscaya mata agan akan menjadi lebih segar.

4. Mengobati bisul

Kantung teh juga bisa menghilangkan bisul, caranya dengan mengkompres bisul dengan kantung teh celup bekas selama kurang lebih 15 menit dan biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan cara berikut ini secara rutin. Sesudah beberapa hari, bisulpun akan lenyap.

5. Membersihkan noda pada kaca dan alat masak

Dengan menggunakan sisa cairan dari kantung teh celup sebagai bahan pembersih noda pada kaca atau cermin, juga lemak membandel pada alat masak.

Caranya mudah saja dengan menteteskan sisa air teh yang masih ada pada noda, gosok dan bilas.


Spoiler for Tret Gokil, Gan!:


Quote:Sekian dulu tret ane, gan. Semoga bermanfaat, ya.

Jangan cuma jadi pembaca sunyi, ya! Komen agan sangat berarti buat menciptakan sebuah diskusiemoticon-Big Grin
So, ditunggu komen bermutunya, gan!

Sumurnya ane gali dari [url=http://www.indoteaboard.org,]www.indoteaboard.org[/url] [url=http://www.beritasatu.com,]www.beritasatu.com[/url] [url=http://www.rudyanmorgana.blogspot.com,]www.rudyanmorgana.blogspot.com[/url] dan [url=http://www.tribunnews.com.]www.tribunnews.com[/url]

Jangan lupa ritual Kaskuser untuk emoticon-Rate 5 Star dan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) serta HINDARI pelemparan emoticon-Blue Guy Bata (L)

Jangan lupa mampir ke blog ane, gan!emoticon-Kiss
http://hasansaif.blogspot.com
Ada yang numpang ngelapak. Mari kita dukung konsumsi teh dalam negeri, gan!

Quote:Original Posted By Lycien
Wah, pas banged ada trit tentang teh. Ane nitip lapak, ya, gan!emoticon-Big Grin

http://kask.us/h7NpR



Komen dan Tambahan Kaskuser:
Quote:Original Posted By lou23
sedikit meluruskan buat sebagian kaskuser yg menikmati teh gelas, teh sisri sachet atau gelas, atau teh kemasan lainnya...itu semua bukan teh gan, lebih tepatnya air gula yg di campur perasa teh dan untuk penikmatnya lama2 akan kena diabetes.

dan sebagai saran aja...menikmati teh kalau bisa usahakan jgn minum teh celup, selain karena kualitasnya itu teh rendah, teabag itu sendiri mengandung chlorin yg bisa mengakibatkan kanker.

nikmatin teh indonesia berkualitas dunia gak mahal koq gan...tuh ada yg jual di page 1. menikmati teh itu jangan pake gula yah gan. nikmati rasanya dan rasakan manfaatnya.

Quote:Original Posted By riskaway
ane sering bersihin kaca pake teh celup bekas gan, tapi yang teh ngga pake gula, ntar dikerubutin semut emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By lou23
buat yg bangga minum teh twenings dan lipton yg notabene produk london, padahal aslinya juga ambilnya sama indonesia. CMIIW

Quote:Original Posted By anisadesy
Yang aus yang aus emoticon-Big Grin
ikut nyimak ah..
ane juga sering tuh gan maskeran pake teh ijo dicampur yoghurt, muka kinclong cihuuy...

Quote:Original Posted By mooniequeenie
Teh putih bokap yang suka, kalo ane kurang karena engga sabar nunggunya, agak lama nyelupnya baru keliatan warna tehnya emoticon-Big Grin.

Mahal banget itu, susah lagi dapetnya, jadi kalo dapet kita minum hemat2

Quote:Original Posted By kuskaserman
ane doyan banget gan yg namanya teh kalo sehari kadang kadang beli yang gelasan / botol ,, kadang bartendernya teh gopek juga gua pesenemoticon-Hammer (S) emoticon-Hammer (S) ,,setelah baca threat ini ternyata agak memprihatinkan juga produksi teh dalam negri yang di cap milik luar negri,,,,PADAHALL teh indo kan termasuk kategori yang memiliki kualitas teh terbaik,, ayo dong agan agan jangan sampe kita di jajah secara ekonomi yang tak tampak,, seperti freeport di papua yang memiliki emas yang kaya itu kalo kita olah sendiri bisa buat bayar utang gan sayang nya gan sayangnya itu kita hanya belum memiliki keterampilan / Sumber daya manusia yang memadai semoga dengan threat ini ekonomi dan perindustrian kita menjadi lebih baik dan kita menjadi orang yang sukses amiin amiin amiin emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By dandindongg
di rumah ane, tiada hari tanpa nge-teh gan..
ane minum produk lokal,.
disamping harga ny yg emang murah, rasa ny jg mantep emoticon-thumbsup:
yg lokal dh pas di hatiemoticon-Kiss (S)

Quote:Original Posted By maha4dewa
Ane tambahin Gan manfaat ampas teh: Untuk campuran media tanaman yang apabila Agannya termasuk orang yang kurang rajin nyiram. Cukup campur ke tanah media tanam tumbuhan (diprioritaskan tanaman hias dikotil, yang njarang busuk bila tanahnya terlalu lembab). Umumnya ampas teh dapat menahan air seperti spons. Jadi saat musim kemarai seperti ini dia bisa menjadi cadangan penyimpanan air di media tanam gan. Cocok buat yang males siram-menyiram
Pertalite emoticon-Cool

Komoditas utama indonesia nih gan. Teh emoticon-Malu (S)
ane sering bersihin kaca pake teh celup bekas gan, tapi yang teh ngga pake gula, ntar dikerubutin semut emoticon-Ngakak
Betul banget teh ala Indonesia, diseduh berkali kali emoticon-Ngakak

Teh Prendjak aroma enak gan emoticon-Recommended Seller coba aja...mumpung trit tentang teh, sayang nyarinya rada susah emoticon-Berduka (S)
kampung ane deket dengan kebun teh , tpi sekarang kebun teh nya sama anak muda di pake buat .. ... emoticon-Hammer (S) ah yasudahlah
buat yg bangga minum teh twenings dan lipton yg notabene produk london, padahal aslinya juga ambilnya sama indonesia. CMIIW
ane sukanya ngopi, kalo te es sukanya ngondhek
Ini teh susu emoticon-Genit
Quote:Original Posted By approve.cc
kampung ane deket dengan kebun teh , tpi sekarang kebun teh nya sama anak muda di pake buat .. ... emoticon-Hammer (S) ah yasudahlah



hmm bgitulah generasi muda sekarang gan .
emoticon-Berduka (S)
(ane tebak .... nyaa) emoticon-Peace
Ane disia"kan mertua Ane emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By kuda.unta
Ane disia"kan mertua Ane emoticon-Mewek

Yang sabar ea gan... emoticon-Turut Berduka
Ane sukanya ngopi gan. Walau kadang kalo namu ke rumah orang di kasinya teh. emoticon-Stick Out Tongue
Ane baru denger gan,nama teh putih emoticon-Ngakak (S)

► Original posted by zedaefide
Copyright © 2015

emoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-rose
bagus gan... ane sendiri tipe teh gasuka kopi emoticon-Stick Out Tongue
ya gitu deh... kita kaya di SDA tapi lemah di pengolahan... jadinya dimainin negara lain gitu...
kalo bahasa kasarnya sih bisa dibilang kita masih diperbudak asing... belum merdeka dalam industri dan ekonomi

Teteh teteh enak gan emoticon-Betty
ane lebih suka air putih aja gan
Nice thread Gan, informatif emoticon-Big Grin

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star



Quote:emoticon-Paw emoticon-Forum Music emoticon-Forum Music emoticon-Forum Music emoticon-Paw

Tanah surga yang disia-siakan pemiliknya!

Yang aus yang aus emoticon-Big Grin
ikut nyimak ah..
ane juga sering tuh gan maskeran pake teh ijo dicampur yoghurt, muka kinclong cihuuy...
Ane baru tahu ada jenis teh putih
Rasanya sama spt teh hitam ato teh hijau?