alexa-tracking

[ASK] Ilmu Gizi Or Ilmu dan Teknologi Pangan ? [Mohon Sarannya]

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56066047162ec239208b456d/ask-ilmu-gizi-or-ilmu-dan-teknologi-pangan--mohon-sarannya
[ASK] Ilmu Gizi Or Ilmu dan Teknologi Pangan ? [Mohon Sarannya]
Assalamu'alaikum wr. wb emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Ane lagi bimbang gan, mau ambil jurusan apa nantinya. Pilihan ane masih bingung diantara
1. Ilmu Gizi
2. Ilmu dan Teknologi Pangan

Mohon sarannya apa keunggulan dan kekurangan dari masing masing jurusan tersebut emoticon-Malu (S)
Buat yang sedang menimba ilmu difakultas tersebut, tolong berbagi pengalamannya dong gan emoticon-Cendol (S)

Kalau kalian pilih yang mana gan/sist? Beserta alasannya ya emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)

Wassalamu'alaikum wr. wb emoticon-I Love Indonesia (S)
menurut ane mending Itp gan, ilmu teknologi pangan..

yang ane baca prospeknya banyak gan, soalnya kan indsutri pangan akan semakin maju, pasti semakin di butuhin lulusan tekpang..
Quote:


oke terimakasih masukannya gan emoticon-Cendol (S)

as we say is follow your heart bro emoticon-coffee
Sesuai hati emoticon-Big Grin
kebetulan saya S1 Teknologi Pangan
dan kebetulan sohib gue S1 Ilmu Gizi

S1 Teknologi Pangan udah pasti menjurus ke perusahaan FGCM (Fast Goods Consumer Manufacturing)
atau bisa dibilang perusahaan pangan bergerak cepat seperti Indofood, Nestle, dsb
Lingkup utamanya bagian RnD / Formulator dan QC biasanya dan semua ranah anak jurusan teknologi hasil perikanan, hasil ternak, teknik kimia bangga ga sih punya produk buatan kamu dibawah perusahaan ternama ? emoticon-Smilie ini oreo hasil pengembangan aku loh *eciyelah
atau ini chiki Taro rasa kasih sayang, yang formulasi tim aku emoticon-Smilie
ga menutup kemungkinan dibagian lain, seperti nutritionist, manajemen dsb
berat di kimia organik, biologi, dan penelitiannya cukup memakan biaya menurutku :/ fisika mesin,
selama kuliah bakal praktikum membuat teknologi pengolahan makanan dan hasil praktikum tersebut bisa dikonsumsi secara langsung *eh

S1 Ilmu Gizi
Di beberapa PTN/PTS ada yang memisahkan Ilmu Gizi ke ranah kedokteran, dan Ilmu Gizi ke ranah masyarakat
walaupun disebut 1 aja di kode daftar prodinya, namun pasti ujung ujungnya disuruh pilih klinis / non klinis atau mungkin kedua duanya
Seperti di IPB ada Ilmu Gizi Fakultas Ekologi Manusia, jurusannya gizi masyarakat, tapi entar disuruh klinis juga
atau seperti di UNDIP, jurusannya terpisah langsung, kalo mau klinis silahkan daftar ke Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran, kalo mau non klinis silahkan daftar ke Kesehatan Masyarakat dan ambil minor Gizi Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat
kuliahnya ngapain? Ngurusin diet orang, ngurusin gizi orang, merancang makanan sesuai kebutuhan fisik dan penyakit yang diderita.
Merancang makanan ada praktikum buat makanannya juga dong? yaps, hampir sama dengan teknologi pangan, cuma disini kamu dituntut lebih spesifik dengan segmen orang tertentu, mis : roti u/ penyakit diabetes, maka formula bahan pangannya kamu sendiri yang ngatur, kadar gula direndahin / di subsitusi dengan pemanis non sukrosa / stevia misalnya.
kerjanya gimana ?
fleksibel emoticon-Smilie
1. Rumah Sakit Oke pastinya di ranah konsultasi gizi & dietist
2. Perusahaan FGCM juga oke pastinya di ranah nutritionist dan perusahaan produk khusus tertentu (mis : LMen, Susu Formula dsb)
dan akibat ke fleksibelnya itupun, penelitian kamu juga fleksibel dan bisa cendrung murah
(mis, hubungan penyakit maag terhadap aktivitas kuliah nota bene tinggal panggil anak2 penyakit maag buat di suruh ngisi kuesioner)
dibanding anak tekpang yang notabene ditutut untuk metode rancangan percobaan, seperti membuat produk baru dan di uji tiap sampel dan perulangannya *hanya beberapa sih ga semua [curhat ceritanya])

Quote:



yup ...

anak2 ilmu gizi rada susah dpt kerjanya,, (kerja sesuai bidang yah)..
soalnya anak ilmu gizi itu di satu rumah sakit besar cukup 1 ampe 3 orang aja...
ga sebanding sama jumlah lulusannya
Quote:



lulusan ilmu gizi bisa masuk badan pom gan?
Trsrh elu bree mo masuk mana

[ASK] Ilmu Gizi Or Ilmu dan Teknologi Pangan ? [Mohon Sarannya]
Ane gak bisa saranin emoticon-Sorry
ane kaga tau apa apa bree..
[ASK] Ilmu Gizi Or Ilmu dan Teknologi Pangan ? [Mohon Sarannya]
Teknik sipil bray, biar cowok banget
emoticon-Leh Uga
Kalo ente cewek langsung tekpang langsung ane nikahin. Cewek tekpang makananyo mantep pun
Quote:


bisa gans. biasanya kalo ada sesuatu yg butuh tekpang, ilmu gizi bisa masuk kok
Quote:


tp gak semua lulusan gizi masuknya ke klinis.. kalo agan liat di pabrik, bpom, organisasi kemasyarakatan yang mengurus kesehatan gizi seseorang, banyak ditemukan lulusan gizi.
×