alexa-tracking

VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam Afrika!!!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/560585e81ee5dfd8768b4570/voodoo-bukan-ilmu-hitam-afrika
VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam !!!
Port-au-Prince - Voodoo dikenal sebagai ilmu hitam dari Afrika, atau mirip-mirip ilmu santet yang ada di Indonesia. Tapi tidak di Haiti, Voodoo adalah agama yang dianut masyarakatnya.

VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam Afrika!!!

'How Voodoo is Rebuilding Haiti?', begitu artikel yang ditulis oleh Tim Johnson di BBC Travel. Suatu artikel yang bikin dahi mengrenyit, karena dia memaparkan fakta di balik Voodoo yang selama ini dikenal sebagai ilmu hitam yang mengerikan.

Seperti ditengok detikTravel pada BBC Travel, Jumat (25/9/2015) Johnson begitu kaget ketika sedang berjalan-jalan di Port-au-Prince, ibukota Haiti. Di tiap-tiap sudut jalan, banyak yang menjual patung-patung, boneka dan lukisan Voodoo.

Voodoo adalah kepercayaan spiritis-animis, yang artinya percaya kepada roh-roh yang dianggap leluhur atau penguasa alam semesta. Voodoo muncul di abad pertengahan yang berasal dari Afrika Barat.

VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam Afrika!!!

Mengapa Voodoo bisa sampai ke Haiti yang ada di Laut Karibia? Adalah budak-budak dari Afrika yang dibawa bangsa-bangsa Eropa seperti Spanyol dan Prancis ke sana. Budak-budak tersebut dipekerjakan untuk mengurus perkebunan kopi dan gula di sana.

Masyarakat Haiti sendiri, memperlakukan dengan baik para budak tersebut. Hingga akhirnya, mereka pun mengenal tentang Voodoo yang juga diterima dengan baik. Malah, budak-budak dari Afrika itu turut membantu masyarakat Haiti yang sedang dijajah Prancis. Akhirnya, Haiti menjadi negara yang merdeka di tahun 1804.

Saat itulah, Voodoo dianggap sebagai kepercayaan baru yang penuh damai. Kepercayaan pada roh yang sekaligus jadi simbol pemberontakan pada penjajah dan menjadi simbol pemersatu. Maka tak heran, hingga kini Voodoo merupakan agama resmi yang ditetapkan oleh pemerintah Haiti!

"Voodoo menembus setiap aspek budaya Haiti, baik itu lukisan, patung, musik atau tari," ujar Jean Cyril Pressoir, pemilik Haiti Tour kepada Johnson, salah satu operator tur di Port-au-Prince.

VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam Afrika!!!

Johnson kemudian bertanya-tanya, mengapa bisa suatu ilmu hitam menjadi kepercayaan yang dianut oleh jutaan orang di Haiti? Bukankah, Voodoo begitu identik dengan yang mistis-mistis?

"Tidak ada korban dan bukan untuk suatu kejahatan. Semua itu hanya rekayasa film saja," kata Jean-Baptiste Jean Joseph, salah satu seniman terkenal dan tokoh masyarakat sana sambil tertawa.

Joseph lalu mengajak Johnson ke tempat ibadah bagi pemeluk Voodoo. Asal tahu saja, ternyata Voodoo juga mengenal imam atau pendeta, bagi seseorang yang memimpin doa.

Joseph menjelaskan, mereka berdoa kepada roh untuk diberi kesehatan, keselamatan dan rezeki. Tidak ada boneka-boneka ditusuk di sana yang seperti ada di film-film.

"Inti dari Voodoo adalah kebahagiaan untuk membuat Anda makmur, sukses bekerja dan lain-lain", tegasnya.

VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam Afrika!!!

Namun ternyata, beberapa tempat ibadah lainnya begitu gelap serta tak jauh dari patung-patung, topeng, lukisan hingga tengkorak manusia. Sedikit membuat merinding, tapi ada makna yang dalam.

"Gelap ini adalah simbol kematian sebagai pengingat untuk menghargai kehidupan. Ketika Anda berpikir tentang kematian, Anda akan memahami makna hidup di segala sisi," paparnya.

Masyarakat Haiti pun percaya, Voodoo membawa berkah karena dapat mendatangkan turis. Tak heran juga sih, Voodoo memang jadi daya tarik yang unik dan juga sering diadakan festival atau upacara ritual. Namun saat melihatnya, siap-siap tercengang dengan tarian dan atraksi pemujaan rohnya ya!

VOODOO (Bukan) Ilmu Hitam Afrika!!!


sumur : http://travel.detik.com/read/2015/09...u-hitam-afrika

trit ane nyang lain

Intip Megahnya Bandara di Korea Utara #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/560e7...177ea40a8b4588

8 Camilan Unik Bandara Haneda Jepang!!! #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/5608e...5163741b8b4576

cerita traveller yang diganggu "hantu" saat liburan #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/560de...741081268b459b

8 Kepintaran Anak Versi Multiple Intelligence #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/560d0...177e3e198b456f

Inilah Hal-hal Seru yang Wajib Kamu Lakukan di Kota Medan #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/56080...99751e1e8b4585

Kim Jong Un terima Penghargaan Soekarno #ForumKaskus
http://www.kaskus.co.id/thread/5607f...c06e52078b457c
image-url-apps
vodoo bukanya grup musik
image-url-apps
Quote:



ini Voodoo gan emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
kalo di film2 voodoo identik dengan mistik tu gan :serem
oh gitu, jadi santetnya komersil buat film aj ya gan
kirain beneran yang dimasukin ke film emoticon-Cape d... (S)
image-url-apps
ane tahunya malah boneka voodoo..
ternyata ada agamanya juga
voodoo itu artinya tidak pintar emoticon-Hammer2
image-url-apps
rukiyah ala aprika
image-url-apps
Tetap aja tu ilmu hitam.. emoticon-Takut
image-url-apps
Ouw gitu yee gan??
Quote:


emang bruuhh



image-url-apps
Quote:


yah namanya juga pelem holiwut gan, suka2 mereka ajah. contoh lain ya kayak pelem nyang suting di arab sono ato mesir. pasti isinya digambarin pasir melolo, onta melolo padahal mah arab sono uda maju buanget....

Quote:


yes gan, temennya vegoo ya?

Quote:


Ilmu tuh gak ada yg itam ato putih gan kalo menurut ane. tergantung org ato oknumnya aja gmn praktikkan caranya.

pisau dapur akan sangat membantu pekerjaan sehari hari namun bisa juga membahayakan pd saat bersamaan
nikmati kopi hitamemoticon-Hammer (S)
image-url-apps
Oohh jadi yang bener itu voodoo agama apa ilmu hitam, kalo kata joseph itu rekayasa film, tapi kenapa bisa ke ilmi hitam emoticon-Bingung
image-url-apps
serem gann
image-url-apps
tetep serem gan emoticon-Takut
image-url-apps
Quote:



Quote:


kalo pemahaman ane mah voodoo itu kepercayaan animisme jaman dulu sebelum mereka mengenal yg namanya agama.

dianggep ilmu hitam bagi yg percaya kalo itu ilmu hitam tp kalo bagi yg gk percaya mah biasa2 aja sih gan

Quote:



Quote:


lebih serem koruptor, teroris serta kejahatan manusia gan
image-url-apps
blacksabbath dan led zepelin ikut aliran ini bukan ya? emoticon-No Hope
image-url-apps
Quote:



wah kurang tau ane gan emoticon-Ngakak
image-url-apps
oalah trrnyata selama ini salah emoticon-DP
×