alexa-tracking

begini tindakan tegas pemerintah, tiga perusahaan sawit dibekukan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5604aaa49e74046b0f8b456a/begini-tindakan-tegas-pemerintah-tiga-perusahaan-sawit-dibekukan
begini tindakan tegas pemerintah, tiga perusahaan sawit dibekukan
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) membekukan izin tiga perusahaan perkebunan. Pembekuan izin dilakukan karena ketiganya terlibat pembakaran hutan dan lahan. Pembekuan dilakukan setelah Kementerian LHK menurunkan tim investigasi di dua wilayah. Tim menemukan bukti kuat keterlibatan ketiga perusahaan dalam pembakaran hutan.

Ketiga perusahaan yang izinya dibekukan PT Langgam Inti Hibrindo (Riau), PT Tempirai Palm Resources (Sumatra Selatan), dan PT Waringin Agro Jaya (Sumatra Selatan). PT Langgam Inti Hibrindo merupakan anak usaha PT Provident Agro Tbk milik Sandiaga Uno.

Kementerian LHK juga mencabut izin usaha pemanfaatan hasil hutan kayu-hutan alam (IUPHHK-HA) PT Hutani Sola Lestari di Riau. Sekretaris Jenderal Kementerian LHK Bambang Hendroyono mengatakan, dengan pembekuan izin tersebut ketiga perusahaan harus menghentikan operasi usaha sampai proses pidana selesai.

"Ketiga perusahaan harus memenuhi kewajiban di antaranya pengembalian lahan eks area kebakaran kepada negara paling lama 60 hari kalender," ujar Bambang di Jakarta, Rabu (23/9/2015).

Kewajiban lain yang harus dipenuhi antara lain melakukan perubahan dokumen lingkungan dan upaya lain untuk mengendalikan pencemaran dan kerusakan lingkungan dan hutan.

"Sebagai terobosan baru untuk menimbulkan efek jera, perusahaan harus meminta maaf kepada publik melalui media massa nasional," tegasnya.

Untuk perusahaan yang dicabut IUPHHK-HA, selain menghentikan semua kegiatan dalam bentuk apa pun di areal kerjanya, juga harus memenuhi semua kewajiban finansial yang belum terselesaikan.

"Perusahaan wajib membuat laporan kepada pemerintah sebagai pertanggungjawaban yang meliputi seluruh aspek kegiatan teknis dan finansial yang telah dilaksanakan," tambah Bambang. Kementerian LHK akan menurunkan tim pengawas untuk mengawasi perusahaan lain yang terindikasi arealnya terbakar.

Di tempat terpisah, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) membantah perusahaan perkebunan sawit membuka lahan dengan cara membakar. Menurut Ketua Umum Gapki Joko Supriyono, perusahaan telah menanamkan modal triliunan. Tidak ingin dicabut izinnya gara-gara membakar hutan dan lahan.

Pada bagian lain, Polda Jambi menetapkan 28 orang sebagai tersangka pembakar lahan dari 13 kasus kebakaran hutan dan lahan di sejumlah kabupaten di wilayah itu.

Kasubid Penmas Bidang Humas Polda Jambi Komisaris Wirmanto mengatakan, kasus yang ditangani merupakan akumulasi temuan kasus kebakaran hutan dan lahan sejak awal tahun hingga September ini.

Bencana asap menyebabkan maskapai perintis di Kalimantan Timur rugi ratusan juta rupiah karena pesawat gagal beroperasi.

Adapun, di Bangka Belitung, siswa sekolah di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, diliburkan akibat kabut asap. Di Bengkulu, kabut asap dari Jambi dan Sumsel telah menyebar di enam kabupaten.
sumur : http://news.metrotvnews.com/read/201...iwa%29&ref=yfp

saya sendiri tinggal di kalimantan gan, uda 2 minggu an ini kami setiap hari menghirup asap. tiap pagi biasa nya ada embun pagi, tapi kali ini bau asap pekat gan. parah, moga2 bisa teratasi secepatnya. Sakit dada saya kalau terus menghirup asap, saat ini sering2 buang lendir dan ingus sama seperti rekan2 kerja saya. ga kebayang deh di negara tetangga spt malay, singapore bahkan sampe thailand.
mohon dikomen, jangan dibata ya gan
Yoman
baguslah gan semoga cepet kelar dan dihukum seberat-beratnya para perusak alam demi kepentingan pribadi/perusahaan.
abis di bekukan, bikin baru dengan management yg sama, kayanya sama aja bohong....
Numpang nyimak gan... ngebahas pemerintah gak akan ada habisnya...
dulu kaga dukung jokowi jk sih
Ditempatku jg berasap gan, untung ga tebal2 banget...
menurut ane ini paling parah di jaman ane
Lumayan lah 3 perusahaan .. Aslinya berapa perusahaan yaaaa emoticon-Bingung (S)
Wah keren pemerintah
Memang harus dibekulan tuh
dibekukan dan benar2 di blacklist setiap perusahaan dengan sistem macam itu
baru deh bisa kelar masalah ginian emoticon-Big Grin
Kok di bekukan. Denda je 1000T. Kalo dibekukan ya tinggal bikin perusahaan baru dengan izin baru.
bagus2...

sekalian dipindakan seberatnya oknum2nya...

Kipas uang jg beres
Mampus tuh emoticon-Marah
Quote:

Iya juga sih, rezim dok dok emoticon-Malu
Presiden selaku supervisor kepala daerah harusnya marahin tu gubernur, klo perlu pecat klo ga bisa atasi asap, bikin hujan buatan donk, jgn cuma siram air
Ga ckup pak, jgn bikin statemen sabar - sabar, saudara saya di palangkaraya dah sesak nafas tuh
Sekolah2 diliburin, mau warga negaramu bodoh2?
sukur deh kalo gitu emoticon-Big Grin
Quote:


Dah umum tuh mbah
Quote:

Kebiasaan ya gan, SDM gak mutu emoticon-DP


Jones kebelakang aja
×