alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
minta pendapat donk gan, buat agan yg udah merit
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56044eab902cfe24788b4582/minta-pendapat-donk-gan-buat-agan-yg-udah-merit

minta pendapat donk gan, buat agan yg udah merit

BISMILLAHHIRRAHMANIRRAHIIM

malam agan dan aganwati semua,,
maaf nih ane kembali bikin trit gak mutu, maaf beribu maaf kalau trit ane berantakan, maklum cuma onlen di hp aja..

jadi trit ini ane bikin sekedar meminta pendapat untuk masalah yg lagi dihadepin ama sohib ane,
berhubung ini masalah asmara dan pernikahan, jadinya ane gak bisa banyak ngasih solusi, soalnye ane kan belon nikah juga emoticon-Cape d... (S) emoticon-Ngakak

nah pendapat dan masukan dari agan2 semua akan sangat berarti, terutama bagi agan2 yg udah nikah, khususnya aganwati..

Spoiler for sini gan, di klik ya..:


kalau ane pribadi sih ya, malah berpendapat sebaliknya
menurut ane, temen ane ini termasuk laki2 yg bertanggung jawab, jangankan untuk istri untuk sodara nya aja dia mati2an

nah disini ane mau minta pendapat dari agan2 semua khususnya buat yg udah berumah tangga alias udah merit, kan lebih berpengalaman.
terutama buat aganwati, agansista
menurut gansis, temen ane ini salah gak sih kalau nantinya udah nikah, doi masih membantu sodaranya
gansis kalau punya suami kaya gitu gimana..?

...

sekian trit gak bermutu dari ane ini
kalau kurang berkenan, mohon ane jangan dibata..

WASSALAM
Diubah oleh dhanychaniago
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
no pertamax yaaaa
reservasi buat update masukan dari agan2 semua
Diubah oleh dhanychaniago
sebenernya kondisi sekarang ga masalah ky gtu gan, si A bantu sodaranya, yg salah itu abangnya, ga tau diri dan ga bertanggungjawab sma keluarganya, harusny abangny sadar diri kalo adekny mw merit mesti harus nabung, bukanny bantu malah gangguin keuangan adekny, lagian kan dah berkeluarga, harusnya bisa cari solusi buat memperbaiki ekonomi keluarganya sendiri, sukur2 bisa nanggung orangtuanya juga.

Nah, si cewek juga ga salah kalo marah sma tmen ente gan, emang harus ada ketegasan buat nolak bantu abangny. Bukan masalah pelit ato ga mau nolong sodara, tapi yg namany kalo dah berkeluarga suami punya tanggungjawab sendiri atas keluarganya.
yah kalo ntar nikah uangnya buat nyukupin keluarga dulu, kalo ada sisa yang banyak, baru deh boleh bantu2 kakaknya.
Kakaknya juga jangan maksa minta duit ke adiknya dong. emoticon-Cape d... (S)
Wah pemikiran agan salah, kecuali temen agan duitnya nga terbatas, kalo duit pas2an tapi masih kasih kesaudara berarti temen agan mentalnya nga bisa bilang "tidak" dan org2 seperti ini umumnya sering dimanfaatin sama org sekitarnya

Menurut saya kalo mau rumah tangganya aman lebih baik seudah nikah pindah kota, nga usah kontak lagi sama keluarga si cowok, setiap org punya tanggunh jawab hidup masing2, kenapa selama ini keluarganya yg lain terkesan malas, itu karena pola pikir mereka "ah kalo gw butuh duit ade gw juga bisa bantu", terkadang hal baik itu bisa jadi racun yg mematikan
ane blm merried gan emoticon-Sorry
kalo menurut ane ,teman ente yg terlalu baik, jd dimanfaatin ma abang2nya ,mbantu sih gak papa, tapi kalo terus2an sh parah
Quote:


setuju ama agan ini
emoticon-2 Jempol
tidak masalah kalau membantu apalago dengan sodara sendiri.. tapi bila smua kebutuhan keluarga sendiri udah terpenuhi termasuk dengan tabungan. bahkan jika kita sering membantu rejeki akan mengalir sendirinya.. soal ongkos pernikahan jangan takut untuk menikah. jika kita sudah punya niat.. ada aja rejekinya.. percayalah.. Tuhan Maha adil..
serba salah yah..sekali2 bantu kakaknya sih gpp,tp klo bergantung trus sm adek sndri apa ga punya malu?ane sbagai cwek jg psti bkalan bersifat kek cwek tman agan.psti jg bakalan ragu.bukan apa ya,si cwek psti udh mkir smuanya.mulai dr kbutuhan rmh tangga,biaya anak dll.nabung aja blm ya?susah klo hrs sprti itu trus.saran ane lbh baik tmanmu brsikap tegas dlu.klo kakaknya mnta duit lg,tolak dlu dgn halus.blg duitnya udh msuk tabungan buat nikah.jgn lembek,hrs tegas.klo tmen ts trus menolak dgn halus,otomatis kakak tman ts jg jd tau diri (itu klo sadar diri sih)
smua intinya tegas.biar kakak sendiri jg segan
Abangnya tuh yg ga tau diri.
Tmn ente harusnya bs tegas ma abangnya.
Dah suruh cpt merit aja, pasti abangnya bs insap ga minta2 lagi cz dah ada bendahara keuangan alias bini adiknya..
Saran buat temen ente,, harus belajar tegas dan bisa mengambil keputusan dr sekarang..
Mustahil jg kalo udh merit tetiba lgsg bisa stop kirimin duit ke kakak2nya..kalo utk orang tua sih menurut ane gak masalah utk kirimin uang..
Kalo gak bisa tegas dlm ngambil keputusan sih bisa jadi berantakan nih rmh tangganya, istri marah mulu, berantem, dkk..
Coba deh temen agan suruh nonton film YES MAN
Gatel pengin komen emoticon-Ngakak (S)
Ane udah nikah dan sekedar ingin ungkapin pendapat.

1. Apa2 sekarang mahal ?
Solusinya, nikahlah sesederhana mungkin. Biasanya yg gengsinya gede itu orang tua calon istri, alangkah baiknya diskusi dulu sama calon istri trs ngomong ke camer. Nikah sederhana lebih baik daripada nikah mewah tp setelahnya banyak utang.
2. Ngebantu kakak yg udah keluarga ?
Saran ane jangan mau bantu kakak apalagi yg udah berkeluarga, biarkan mereka urus rumah tangga mereka sendiri. Kalo bantu adek yg belum berkeluarga dan orang tua itu ga masalah, wajib malah krn ngebantu ringanin beban orang tua. Intinya jangan pernah mau bantu sodara (adek,kakak,om,tante,dll) yang udah berkeluarga krn mereka punya tanggung jawab untuk keluarga masing2. Ga perlu takut bakal disumpahin dama kakak atau dianggap pelit, selama masih bantu orang tua ga usah pedulikan hal itu.
3. Takut ga bisa nafkahin ?
Percayalah, setelah menikah rejeki akan bertambah, ane sebut itu rejeki istri dan ketika punya anak rejeki akan bertambah lagi dan ane sebut itu rejeki anak. Masing2 anak udah ada rejekinya masing2.
3. Beramal lah, kalo temen ente muslim minimal 2.5% dari rejeki yg didapat (baik itu gaji dari kantor ataupun dr yg lainnya) karena dari rejeki yg kita dapat itu ada hak milik fakir miskin dan anak yatim.
4. Setiap rumah tangga itu permasalahan utamanya adalah ekonomi. Urus keluargamu sendiri sebelum ngurusin keluarga orang lain.

Sorry kalo kesannya ane ngajarin kurang ngajar ke kakak, tp disini si kakak udh berkeluarga (kalo kakaknya perempuan, dmn tanggung jawab suami? Kalo kakaknya laki, dmn tanggung jawabnya ?)

Udah ct aja dulu, ntar kalo ada tambahan ane tambahin.
Ga perlu nunggu taun depan kalo udh ada restu, nikah itu yg penting sahnya bukan pestanya. Kalo ada yg jawab "tapikan nikah sekali seumur hidup"
Lah emang maunya nikah berapa kali ? Yang paling penting kan sah jd suami istri dan setelah nikah ga dikejar-kejar utang.
Ga salah..tapi setau ane,temen ane yg laki itu ttp brtanggung jawab ke Orang Tua nya walaupun dh menikah,bukan ke Saudara2nya..ane rasa wajar kalo bini nya ngerasa kecewa..kakak2nya ngapain aja,ko udh tua masih ngegantungin hdup ma adek nya??
Kalo tmn ente hdpnya berkecukupan ga masalah,lha kalo pas2an,,sama aja nyelakain diri sendiri..harusnya tmn ente ngmg ke kakak2nya kalo dia g bs d gtuin trs..plg ga mereka jg hrs sadar diri jg..

Tapi beda kasus kaya yg ane alamin..
Yg pertama Om ane,dia anak ke 6 dr 7 bersaudara. dan secara finansial dia sngat mampu d bndingkan saudara2nya,(termasuk ortu ane)..nah om ane ini emg srg di jadiin tumpan bantuan secara finansial,tp saudara2nya yg minta bantuan jg sadar diri,,mereka ga minta,tp minjam,dan uangnya pun ttp d balikin sesuai waktu yg dijanjikan..jadi kejadian kaya diatas ga terjadi..dan istrinya pun paham,trmsk menyadari klo suaminya bs sesukses ini krn kerja keras kakak2nya juga yg bntu dia dl secara finansial. jd ktika mereka ngasih bntuan jatohnya ikhlas..

kasus yg kedua ane sndri yg ngalamin..ane&suami anak pertama dlm kluarga,otomatis kmi jg pnya rasa tnggung jawab untk ortu&adek2kami,krna itu kami selalu punya kesepakatan bahwa kami hrs menyisihkan pendapatan kami (ane jg krja) utk kedua belah pihak(keluarga ane&keluarga suami),tp tentu sja sesudah kami memberikannya setelah kebutuhan wajib rumah tangga dan tabungan rmh tngga(utk stiap bulannya) terpenuhi..jd kmi ga merasa berat..
nyimak
Bantu saudara sih sah, tapi jangan berlebihan, terlalu pemurah itu nga baik ! Kalau udah nikah istri itu yg diutamakan, jangan sampe hak istri diambil saudara, intinya TEGAS
KK kog minta duit sama adek di mana2 adek yang minta duit ama KK. klo ngasih uang ke ortu itu gak masalah yang terpenting jika sudah menikah nanti nafkah istri gak boleh berkurang. ane juga gitu kog.. ane udah nikah tapi tetep masih kasih ke ortu dan adek2 ane tapi ane jujur ama bini dan gak ngurangi jatah doi.. yg ada jatah ane yg ane potong tapi gak pp lah mreka senen ane juga seneng. bahaya juga laki2 udah nikah megang uang banyak2.. tempat karoke buka 24 jam soalnya emoticon-Ngakak (S)
kalo emang cewenya mau nikah yah harus terima sepaket komplit...

kalo ragu ya sudah gak usah nikah....
Quote:


kaya temen ane nikah2 mewah2.. biar kelihatan kaya.. udah nikah sekerang pusing mikirin bayar utang tiap bulan mana duit box gak nutup lagi.
Musti tegas gan temen ente itu.
Bangun keyakinan dalam hati kalo udah nikah itu rejeki jadi berlipat apalagi ntar kalo dikaruniai anak bakal lebih lancar lagi rejekinya dan jauh lebih semangat kerja n lebih kreatif daripada pas single.
Dan satu saran yg penting: Kalo mau nikah nanti bikin bugdet seminimal mungkin ga perlu bermewah mewahan, daripada buat mas kimpoi yang mahal mending uang itu buat beli perabotan rumah n keperluan sehari2 nanti.

Intinya sebelum meyakinkan si cewek, temen agan musti yakin dulu kalau rejeki dah ada yg ngatur.
wah ini bisa jadi masalah pas nikah nanti, karena ujungnya klo si ade bersikap tegas tdk mau membantu dan si kaka tdk bisa memaklumi maka akan di anggap istri adeknya yg pelit.

Sebelum menikah nanti si A harus berbicara dulu dgn kakanya bahwa dia mungkin tidak akan bisa membantu keuangan kakanya lagi, andaipun bisa statusnya menjadi pinjam bukan pemberian cuma2, karena uang yg di milikinya sudah menjadi hak istrinya sedangkan istrinya adalah orang lain untuk kakaknya.
kenapa hal ini harus di bicarakan sebelum nikah, karena supaya si kakak tidak beranggapan bahwa istrinyalah yg menyuruhnya seperti ini. Pernikahan itu sebuah komitmen dan di dlmnya akan ada seribu macam permasalahan, klo permasalahan ini tdk di selesaikan sebelum menikah maka ini bisa menjadi masalah yg akan menambah ruwet masalah lain.
Diubah oleh bangfreeman
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di