alexa-tracking

Bahasa Cina Yang Sering Dipakai Dalam Pergaulan Jakarta

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5602c5f5925233fc588b4567/bahasa-cina-yang-sering-dipakai-dalam-pergaulan-jakarta
Bahasa Cina Yang Sering Dipakai Dalam Pergaulan Jakarta
Waktu zaman dulu, negara kita dijadikan kawasan perdagangan oleh Negara-negara penjajah. Makanya nggak heran, Negara kita banyak kedatangan penduduk asing, bahkan banyak yang menetap, salah satunya penduduk dari China.
Quote:

Nah, tentu tanpa sadar dengan masuknya penduduk mereka itu kita banyak menggunakan bahasa mereka lho. Tapi sekali lagi, kita nggak sadar makenya. Soalnya udah sering didenger. Jadinya ikutan pake deh.
TS adalah orang Betawi pinggiran ( Depok ) emoticon-Hammer (S) dan gak nyangka ternyata banyak kata2 yg Ane pake setiap hari itu bukan bahasa betawi asli...
Nih dia beberapa diantaranya:

Cukong
Spoiler for :


Encang-Encing-Engkong
Spoiler for :


Gua-Lu
Spoiler for :


Kecap
Spoiler for :


Kongkalikong
Spoiler for :


Kue
Spoiler for :


Kongkow
Spoiler for :


Kuli
Spoiler for :


Pisau
Spoiler for :


Lonte
Spoiler for :


Istilah Dalam Makanan
Spoiler for :


Istilah Dalam Uang
Spoiler for :


Kalau dijabarin, ternyata banyak banget ya bahasa kita yang nyerap dari bahasa China. Kebanyakan sih kita nganggepnya itu bahasa Betawi. Faktanya, bahasa Betawi juga banyak yang nyerap dari bahasa China.

Atau klo mau lebih jelasnya silahkan cek di halaman Wikipedia

Hmmm. Ada lagi kata-kata serapan dari bahasa China yang ente tau?

Daftar ini belum lengkap; barangsiapa yang mengetahui kata-kata lainnya silakan menambah.
Spoiler for :


Sumur,,, + Wikipedia

Quote:

Bahasa Cina Yang Sering Dipakai Dalam Pergaulan Jakarta
Buat update ts lg,,, emoticon-Blue Guy Peace
jadi made in china yah emoticon-Bingung (S)
goceng , seceng , goban , ceban emoticon-Hammer (S)
ane taunya cuma amoy ama cungkok emoticon-Hammer (S)

Spoiler for foto hot pamela duo serigala UNCENSORED:
ane pikir dari betawi mah kata kata itu emoticon-Malu (S)
Quote:


Mungkin krn yg biasa bisnis itu orang cina,,, kita sering denger makanya ikut2an...emoticon-Blue Guy Peace
ternyata ada juga yg belum ane tau bahasanya dari china
Quote:


Quote:


Ya,,, beberapa kata mungkin kita udah tau itu bahasa cina,,, tp klo kata Lo, Gua, Encang, Encing, kue, Pisau, Kuli... itu khan kayaknya udah Indonesia banget...emoticon-Hammer (S)
kuat banget ya pengaruh cina di negara ini sampe kata serapannya banyak banget
oiya gan hla kalo yg encang encing engkon, bahasa cina aslinya apa?
sama yg nyebut uang itu?
Quote:


yups ane kira encang encing dari betawi , karena yg gunain orang betawi aja
yang ane tau
baru tau ane gan gua - lu ternyata dari cina emoticon-Bingung (S)
Quote:


E
encang (阿丈) (Om)/(Paman)
encing (Tante)
engkoh (阿哥)(Kokoh)
engkong (阿公)(kakek)
Klo penasaran, Silahkan cek sendiri di wikipedia gan... emoticon-Blue Guy Peace

Iya, yg paling sering sich klo nyebut nominal uang... emoticon-Hammer (S)
Quote:


cek kolor deh om
Quote:


makasi pakde
emoticon-Embarrassment
Quote:


cari pasukan om
kita kejang di lampung
ada kamusna jg ya gan
Quote:


sepi??
kalau sepi ane brani lah
tak berdonat ini saya daripada tenggelam oleh arus
...
ntar carik gandengan kesono
...
hus sekarang cina itu maunya disebut tiongkok, jadi kalau trid ts cinanya diganti jadi tiongkok........ emoticon-Hammer2
Quote:


okee di tunggu om
jangan lupa isi bio yah