alexa-tracking

gan ane mo nanya masalah jual beli

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5602bda79e740434428b456e/gan-ane-mo-nanya-masalah-jual-beli
gan ane mo nanya masalah jual beli
Jadi maaf klo salah kamar ane bingung bingit mo naroh dimana

jadi gini gan . Paman ane ini tahun 2010 beli sebuah rumah dari sahabatnya dan ditempati sampai sekarang

sejarah rumah :
Nih rumah sebelum dibeli paman ane. Bekas milik sahabatnya paman .nah karena sahabat nya ini cerai ama bini nya trus karena punya utang banyak dan gak sanggup bayar ke tetangganya jadilah sertifikat rumahnya dikasih ama tuh tetangga yang ngasih utang buat jaminan .

Permasalahan .....
1. Jadi intinya paman ane tuh beli rumah udah di cash dari sahabatnya tanpa sertifikat. Paman ane percaya aja soalnya beli disohibnya sendiri
2. Sohib paman ane udah meninggal . Tapi sertifikat masih belum ditangan paman ane ..
3. Sang tetangga yang ngasih hutang ke sohibnya paman (yg megang sertifikat tuh rumah ) mo bawa kasus ini ke pengadilan

yang ane tanyakan bagaimana status paman ane di dalam hukum. Posisinya tuh rumah uda ditempati dan udah dibayar tapi sertifikatnya belom dikasih (masih dipegang ama tuh tetangga nya sohib paman )

Bantuin gan . Minta sarannya kasihan paman ane beli rumah pake duit beneran jadinya malah runyam mau urusan ke pengadilan nih emoticon-Frown
Cb posting di SF melek hukum gan
sp tau ad yg bs bntu jwb emoticon-Big Grin
kekeluargaan sih gan klo gini mah enaknya, cuma mungkin yang komen selanjutnya bisa jabarin lg emoticon-Shakehand2
duh kagak ngerti dah....

bawah ane mungkin bisa bantuin...
Wuih susah bgt tuh kalo rmh dibeli sementara tanpa sertifikat..harusnya tuh kalo beli rmh pakai notaris atau ada saksi dan jgn lupa surat2nya harus lengkap..bukti2 kalo dah gini ane juga gak tau gan.coba tanya ke forum melek hukum
sertifikat yg menang gan..
bawah ane tau banget nih ganemoticon-Blue Guy Peace
Kalau sahabat paman ente sudah ngasih sertifikat ke tetangga sebagai jaminan utang piutang dan sah secara hukum (ada perjanjian diatas materai yg menyatakan bahwa sertifikat ini sebagai jaminan pembayaran utang piutang) serta ditandatangani oleh kedua pihak beserta para saksi dan jika isi / ada pasal di perjanjian tersebut yang menyatakan bilamana yang terutang tdk sanggup membayar lunas maka sertifikat rumah menjadi hak sepenuhnya pemberi utang, ini yang memberatkan posisi paman ente dan masalahnya serah terima sertifikat dari sahabat paman ente ke tetangga dilakukan sebelum terjadi transaksi antara paman ente dgn sahabatnya.

Apalagi paman ente tdk memegang bukti sah yang membisa memperkuat kepemilikan sertifikat rumah. Tapi jangan berkecil hati, coba mungkin ada celah atau ada hal yang bisa dimusyarawarahkan walaupun memang sangat sulit posisi paman ente.
sepertinya sudah ada ahlinya

ane emoticon-Sundul
Quote:Original Posted By dhidadi
Kalau sahabat paman ente sudah ngasih sertifikat ke tetangga sebagai jaminan utang piutang dan sah secara hukum (ada perjanjian diatas materai yg menyatakan bahwa sertifikat ini sebagai jaminan pembayaran utang piutang) serta ditandatangani oleh kedua pihak beserta para saksi dan jika isi / ada pasal di perjanjian tersebut yang menyatakan bilamana yang terutang tdk sanggup membayar lunas maka sertifikat rumah menjadi hak sepenuhnya pemberi utang, ini yang memberatkan posisi paman ente dan masalahnya serah terima sertifikat dari sahabat paman ente ke tetangga dilakukan sebelum terjadi transaksi antara paman ente dgn sahabatnya.

Apalagi paman ente tdk memegang bukti sah yang membisa memperkuat kepemilikan sertifikat rumah. Tapi jangan berkecil hati, coba mungkin ada celah atau ada hal yang bisa dimusyarawarahkan walaupun memang sangat sulit posisi paman ente.


Kmrin tuh uda ketemuan sih ....
Si tetangga yg pgang sertifikat udah di lunasin ama anak almarhum sohibnya paman yg pnya rumah.
tapi tetep nggak mau klo nggak dibayar 2kali lipat dari jumlah duit yg dipinjam . Klo nggak mau byar masalah ini dia minta dibawa ke ranah hukum ...
gtu gan ... dan paman ane yg was was deh secara doi takut aja klo sampek urusan ama polkish
posisi paman ente n tetangga sama2 g kuat sih,krn sama2 dibawah tangan..
masalah tetangga yg minta gnt rugi mpe 2kali ky nya g masuk akal jg,harusnya disesuaikan dengan harga emas/dollar wktu itu..
klo misalnya masalah sertipikat yg di tetangga tuh dah kelar lgsg aja gan dbwa ke notaris,itu nanti make persetujuan isteri n keterangan ahli waris dr sahabatny paman ente itu..
ane ga tau gan
bawah ane tau mungkin
×