alexa-tracking

Belajar bisnis dari pendiri Brightspot Market!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/560225b8642eb6e90e8b456a/belajar-bisnis-dari-pendiri-brightspot-market
Belajar bisnis dari pendiri Brightspot Market!
Agan pengen memulai bisnis? Tapi mandek ide?
Ini nih caranya biar kita ga kehabisan ide bisnis!
Share aja nih gan buat inspirasi emoticon-Toast

5 Cara Tak Pernah Kehabisan Ide Bisnis ala Anton Wirjono

Belajar bisnis dari pendiri Brightspot Market!

Berbincang seputar dunia bisnis dan kreativitas dengan Anton Wirjono, bisa dibilang tak akan pernah kehabisan topik. Banyak ide ‘gila’ mengalir dari Founder Brightspot Market dan The Goods Dept ini. Namun mungkin kamu terkejut kalau ide ‘liar’ Anton tersebut ia dapatkan dari mana saja, dan bahkan lebih seringnya di kamar mandi!

“Saya suka dapat beragam ilham ketika di kamar mandi, kemudian langsung saya catat di ponsel,” katanya. Lalu bagaimana agar kita juga punya ide-ide melimpah seperti Anton? Apa saja yang ia lakukan hingga bisa mencapai kesuksesan? Simak tip darinya berikut:

Tidak henti bereksplorasi

Pernahkah Anton kehabisan ide? Ya, ia mengaku pernah mengalaminya. Namun bukan berarti ia lantas tinggal diam. Anton rajin mencari ide melalui buku, berbincang dengan orang, traveling, atau sekadar berselancar di media sosial seperti Instagram atau Pinterest.

“Hidup di era digital ini seharusnya membuat orang mudah untuk berpikir kreatif. Karena kondisi ini justru berbanding terbalik dengan zaman dulu. Orang dulu susah untuk cari informasi, justru saat ini kita selalu kebanjiran informasi,” ujar Anton.

Bersikap luwes dan peka

Anton yang pernah bersekolah California, Amerika Serikat, dan bertemu dengan beragam kultur, membuatnya menjadi individu yang sangat terbuka akan perubahan. Sifat itulah yang akhirnya membuat Anton selalu memiliki ide brilian dalam berbisnis dan kerap dianggap sebagai pionir kegiatan anak muda kreatif.

Hal ini disebabkan cara berpikir Anton yang selalu siap menerima hal baru. Anton juga pandai merespon apa yang terjadi di sekelilingnya. Dibutuhkan intuisi yang tajam, untuk menjadi pengusaha sukses. Intuisi tersebut perlu diasah dengan luwes dan peka dalam memperhatikan lingkungan sekitar.

Membentuk tim yang solid

Untuk mewujudkan ide besar, butuh tim yang solid untuk mengeksekusinya. Anton merasa bersyukur karena memiliki tim yang berisi sekumpulan anak muda, yang kaya akan ide-ide gila. Ketika idenya mulai terasa ‘datar’, anak-anak muda inilah yang kembali menghidupkannya dengan warna-warna yang mungkin belum terpikirkan oleh Anton. Bagi Anton, bekerja sama dengan anak muda terasa sangat menyenangkan, karena merekalah yang dapat mengubah dunia.

Melakukan sesuatu karena passion, tidak melulu karena uang

Kala aktif menjadi DJ, Anton pernah rela tidak dibayar untuk bermain musik. Sebab memang uang tidak melulu menjadi tujuan utamanya. Anton hanya melakukan apa yang ia cintai dan ia yakin bisa. “Jika saya melakukan sesuatu karena semata uang, biasanya tidak pernah berhasil,” ujarnya.

Perluas jaringan

Dengan memperluas jaringan, kita bisa membangun bisnis nyaris tanpa modal. Itulah yang dilakukan Anton, ketika bermimpi ingin memiliki usaha ritel namun belum punya modal. Akhirnya ia melakukan apa yang bisa dikerjakan terlebih dahulu, yaitu membuat acara berbasis ritel, berbentuk pop-up market yang saat itu bisa dibilang belum marak. Acara yang dibuat Anton ternyata berhasil. Dengan reputasi yang bagus, akhirnya mudah saja bagi Anton untuk mewujudkan usaha retail yang kita kenal sekarang sebagai The Goods Dept.


SUMBER

emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul
yess kalau ntuh si keknya dah pasti gan
ijin nyimak dulu gan
hmm kita memang harus peka pada situasi gan

supaya bisa memaksimalkan bisnis kita