alexa-tracking

Uang Pecahan Rp20.000 Menjadi Uang Terunik Di Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5601afb414088d864c8b4567/uang-pecahan-rp20000-menjadi-uang-terunik-di-dunia
Uang Pecahan Rp20.000 Menjadi Uang Terunik Di Dunia
Quote:Uang Pecahan Rp20.000 Menjadi Uang Terunik Di Dunia

Berbagai warna, desain, dan potret pada uang menjadi wadah untuk menghormati pahlawan, sekaligus mengenalkan budaya dan sejarah bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui, semua uang kertas rupiah memiliki gambar pahlawan dan gambar kebudayaan atau tempat yang berasal dari daerah yang sama.

Quote:Namun, tahukah Anda bahwa uang pecahan Rp20.000 menjadi uang ‘terunik’ di dunia?

Quote:Dilansir dari laman moneychoice.org, dari 10 daftar uang terunik di dunia, pecahan Rp20.000 termasuk di dalamnya. Menurutnya bahwa lembaran uang Rp20.000 kita memiliki kombinasi unik dari segi warna dan figurnya. Figur Ki Hajar Dewantara, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, tampil di halaman depan dengan ekspresi yang sedang bingung.
Uang Pecahan Rp20.000 Menjadi Uang Terunik Di Dunia


Quote:
Faktanya, uang Rp20.000 ini terbit dan diedarkan pada 1998, ketika Indonesia mengalami krisis moneter. Semenjak Inflasi itulah banyak toko di Indonesia sudah jarang atau bahkan tidak menggunakan lagi nominal Rp100. Hingga saat ini, banyak toko di Indonesia yang membulatkan harga tanpa menghiraukan satuan terkecil rupiah dan kadang menggunakan permen sebagai kembalian.

Quote:Sayangnya, peredaran uang Rp20.000 ini tidak berlangsung lama. Pada 2004, Bank Indonesia mengeluarkan denominasi pecahan Rp20.000 baru dengan potret Otto Iskandardinata sebagai halaman depan dan gambar pemetik teh di bagian belakang.
Uang Pecahan Rp20.000 Menjadi Uang Terunik Di Dunia


Quote:Sejak 2 November 1949, Indonesia menetapkan rupiah sebagai mata uang kebangsaannya. Nama rupiah sering dikaitkan dengan rupee (mata uang India). Namun sebenarnya, menurut Adi Pratomo, salah satu sejarawan uang Indonesia, rupiah diambil dari kata rupia dalam bahasa Mongolia yang berarti perak. Rupiah sendiri merupakan pelafalan asli Indonesia, yakni di tambahkah huruf “h” di belakang kata asli.

Yang ane sesali, ane sudah tidak menyimpan uang Rp20.000 edisi Ki Hajar Dewantara. Adanya yang edisi Otto Iskandardinata emoticon-Cape d...

Agan sendiri gimana? Apa masih ada yang menyimpannya? Kalau iya, jaga uang itu baik-baik ya! Biar anak cucu kita tahu kalau ada uang yang seunik ini emoticon-Peluk

Kalau boleh emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star



Sumber
walah dah nggak ada ane gan
tapi sempet megang emoticon-Big Grin
uang langka tu gan emoticon-Big Grin
udah gak punya lagi skrg gan emoticon-Cape d... (S)
entah ane seperti pernah baca emoticon-Cape d... (S)
dulu sempat punya, tapi hilang ntah kemana emoticon-Big Grin
jujur ane gagal paham, yang unik itu apanya sih???

figur: gambar sketsa, gak ada yang aneh.
warna: biasa aja, gak ada yang aneh juga.

baru tau gue gan
sudah hilang dari peredaran tuh
Wah dulu ane nyimpen nih
Tapi raib sama dompet² nya
ane gagal paham sama ini thread. keunikan didunianya apaan
dulu ane smpet nabung d celengan
lebih unik uang rp 100.000 yg ada plastiknya
Quote:Original Posted By minori2
jujur ane gagal paham, yang unik itu apanya sih???

figur: gambar sketsa, gak ada yang aneh.
warna: biasa aja, gak ada yang aneh juga.



Quote:Original Posted By GERTAC
ane gagal paham sama ini thread. keunikan didunianya apaan



kalo menurut moneychoice yang unik ekspresi muka ki hajar dewantaranya. mukanya kelihatan bingung.
Quote:Original Posted By f1refly
lebih unik uang rp 100.000 yg ada plastiknya



itu juga unik gannemoticon-Matabelo
uang 20k dari dulu juga unik emoticon-Big Grin
dulu prnh punya,tapi udh abis dibelanjain emoticon-Ngakak (S)
Ki hajar bingungemoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Menteri pendidikan tp pke ekspresi bingung, hrus nya pke expresi smart gitu ya gan??
Kan dlu foto nya lg narsis mode on. emoticon-Big Grin
wow uang terunik emoticon-Belo ntar cari ah buat koleksi...
yg ini kynya gampang di cari drpd uang kertas 500 gambar monyet gelantungan th 1991