alexa-tracking

18 Film Indonesia yang Menorehkan Sejarah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56011c9ec0cb17c7178b456b/18-film-indonesia-yang-menorehkan-sejarah
18 Film Indonesia yang Menorehkan Sejarah
18 Film Indonesia yang Menorehkan Sejarah

Perfilman Indonesia punya sejarah panjang. Berbagai film sudah pernah diproduksi. Tiap pekan selalu ada film Indonesia yang dirilis. Generasi sekarang termasuk beruntung karena tak sempat mengalami masa ‘mati suri’ perfilman Indonesia. Sejak tahun 1993 sampai 2002 film Indonesia yang berkualitas bisa dihitung dengan jari.

Untungnya, masih ada sineas-sineas yang optimis dan berhasil membuat film Indonesia bangkit kembali di awal tahun 2000 sampai dengan sekarang. Apa saja film-film yang masuk catatan emas atau bahkan catatan kelam dalam sejarah perfilman Indonesia? Apa saja film yang membuat industri perfilman bangkit kembali dan membuat FFI kembali dihelat?

Lalu, apa film pertama Indonesia, kenapa tanggal 30 Maret diperingati sebagai Hari Film Nasional? Apa film superhero pertama Indonesia, film apa saja yang pantas disebut fenomenal dalam berbagai aspek? Banyak film yang berhasil membuat terobosan, namun setidaknya ke-18 film ini sudah cukup untuk memaparkan hal-hal bersejarah di perfilman Indonesia. Kita simak daftarnya berikut ini.

1. Film Indonesia Pertama
Quote:Film Indonesia pertama yang dicatat dalam sejarah adalah Darah & Doa atau Long March of Siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail. Film ini dinilai sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia. Selain itu film ini juga merupakan film pertama yang benar-benar disutradarai oleh orang Indonesia asli dan juga diproduksi oleh perusahaan film milik orang Indonesia asli yang bernama Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia) dimana Usmar Ismail tercatat juga sebagai pendirinya.
Spoiler for :


2. Film Berwarna Pertama
Quote:Sembilan adalah Film Indonesia berwarna pertama. Film ini diproduksi tahun 1967 dengan disutradarai oleh Wim Umboh serta dibintangi oleh Gaby Mambo dan W.D. Mochtar. Ini menjadi film bersejarah karena merupakan film berwarna pertama yang seluruhnya dibuat oleh tenaga Indonesia, kecuali proses laboratoriumnya di Tokyo, Jepang.
Spoiler for :


3. Film Indonesia Paling Banyak Ditonton Anak Sekolah
Quote:Film "Pengkhianatan G30 S/PKI" mulai tayang pada rentang waktu 1984 hingga 1997. TVRI menjadi stasiun televisi yang rutin menayangkan film yang dijuluki sebagai propaganda orde baru itu. Pemerintah Orde Baru memproduksi film G 30s/PKI sebagai propaganda. Anak sekolah terutama siswa SD diwajibkan untuk nonton film ini. Tak bisa dibayangkan berapa anak sekolah yang sudah nonton film ini selama bertahun-tahun lamanya.
Spoiler for :


4. Film Peraih Piala Citra Terbanyak
Quote:Film Indonesia memiliki Festival Film Indonesia (FFI) yang digelar setahun sekali. Peraih penghargaan film ini berhak mendapatkan Piala Citra. Sepanjang sejarah film Indonesia, film Ibunda mendapat 9 Piala Citra pada FFI 1986. Film yang disutradari Teguh Karya ini adalah cara penggambaran sosok Ibu. Sosok Ibu justru hadir paling misterius di antara sosok anak-anaknya.
Spoiler for :


5. Film Paling Banyak Diprotes dan Memicu Pengembalian Piala Citra
Quote:Sejarah film Indonesia pernah diwarnai protes dan pengembalian Piala Citra. Hal itu terjadi sebentuk protes sekelompok sineas muda yang secara spontan tergabung dalam Komunitas Masyarakat Perfilman Indonesia (KMPI). Mereka kecewa dengan keputusan dewan juri yang memenangkan film Ekskul Film Terbaik tahun 2006. Kontroversi kemenangan film Ekskul dalam FFI 2006 berlanjut dengan adanya surat somasi ke produser Ekskul soal pembajakan musik.
Spoiler for :


6. Film Pertama Paling Laris di Luar Negeri
Quote:The Raid: Redemption merupakan film Indonesia pertama yang masuk box office Amerika Serikat (AS) dan pernah bertengger pada urutan 11 sebagai film yang paling banyak ditonton di bioskop AS. Film yang menonjolkan beladiri asli Indonesia yakni Pencak Silat ini diputar di 875 bioskop di AS. Selain di AS, film ini juga diputar dibeberapa negara lainnya.
Spoiler for :


7. Film Superhero Pertama
Quote:Rama Superman Indonesia menjadi film bertema superhero pertama di Indonesia. Film yang rilis pada 1974 ini dibintangi oleh August Melasz (Rama), Yenny Rachman (Lia), dan Boy Shahlani (Boy). Rama diceritakan seorang penjaja koran yang tiba-tiba mendapatkan kekuatan seperti halnya superman. Film garapan Frans Totok Ars ini tak dapat ditayangkan secara internasional karena pelanggaran hak cipta nama Superman.
Spoiler for :


8. Film Pertama dengan 4 Sutradara
Quote:Jika biasanya film disutradarai oleh satu orang saja, tidak dengan 'Kuldesak (1998)'. Film yang pertama kali rilis pada era Reformasi ditangani oleh tangan dingin empat sutradara yaitu Riri Riza, Nan Achnas, Mira Lesmana, dan Rizal Mantovani. Musisi Ahmad Dhani sudah digaet untuk mengisi soundtrack film. 'Kuldesak' dibintangi oleh Oppie Andaresta, Bianca Adinegoro, Wong Aksan dan Sophia Latjuba. Film ini diputar terbatas di beberapa bioskop karena dinilai kurang menjual.
Spoiler for :


9. Film Terbanyak Dibuatkan Sekuel
Quote:Sosok Boy (Onky Alexander) dan Emon (Didi Petet) menjadi sangat fenomenal sejak kemunculan pertamanya di film 'Catatan Si Boy (1987)'. Seperti tradisi perfilman pada umumnya, film yang sukses biasanya dibuatkan sekuel atau sambungannya. Film yang diangkat dari program radio ini menghasilkan lima film atau lima sekuel lagi di tahun 1988, 1989, 1990 dan 1991 dengan judul Catatan si Boy 2 Catatan si Boy 3, Catatan si Boy 4 dan Catatan si Boy 5.
Spoiler for :


10. Film Paling Kontroversial
Quote:Masih teringat jelas, kasus yang melibatkan artis seksi Julia Perez dan Dewi Perssik. Kedua artis ini terlibat kasus kekerasan akibat perannya di film 'Arwah Goyang Karawang (2011)'. Film produksi Sentra Mega Kreasi ini memasangkan keduanya sebagai lawan main. Tapi mereka justru terlibat perkelahian di lokasi syuting. Bahkan, keduanya harus sama-sama merasakan tidur dibalik jeruji besi.
Spoiler for :


11. Film Komedi Terlaris
Quote:Komedi menjadi salah satu genre film yang paling diminati masyarakat Indonesia. Konsep cerita yang ringan membawa penonton terhanyut dalam suasana dalam film. Warkop DKI (Dono, Kasino, Indro) menjadi yang paling sering membintangi film komedi. Setidaknya, sudah 34 judul film komedi yang mereka bintangi. 'Maju Mundur Kena' menjadi film komedi terlaris Warkop.
Spoiler for :


12. Film Musikal Pertama (3 Dara, 1956)
Quote:Saat ini, kita sangat jarang menemui film bertemakan musikal. Siapa sangka, Indonesia telah memproduksi film musikal di jaman awal kemerdekaan. '3 Dara' menjadi film musikal pertama Indonesia. Film yang pertama kali rilis 1956 ini disutradarai oleh mendiang Usmar Ismail. Film inidibintangi oleh Chitra Dewi (Nunung), Mieke Wijaya (Nana), dan Indriati Iskak (Neni). Tak hanya ketiga aktris muda ini, Rendra Karno, Bambang Irawan, dan Fifi Young juga turut memperkuat film ini.
Spoiler for :


13. Film Format Digital Pertama yang Diputar di Bioskop
Quote:Jelangkung termasuk film fenomenal. Jargon ‘Datang tak dijemput pulang tak diantar’ kembali populer dan membuat film ini semakin dikenal. Film yang dirilis pada 2001 ini awalnya tidak direncanakan diputar di bioskop. Film horror besutan Jose Poernomo dan Rizal Mantovani ini dibuat dalam format digital karena rencananya akan ditayangkan di sebuah stasiun televisi swasta yang waktu itu baru akan launching. Namun salah seorang produser film ini, Erwin Arnada, memberanikan diri memutuskan memutar Jelangkung di bioskop. Karena termasuk film Indonesia pertama yang memakai format digital, baru satu bioskop yang siap memutar Jelangkung.
Spoiler for :


14. Film Pertama yang Sukses Saat Perfilman Indonesia Mati Suri
Quote:Perfilman Indonesia sempat mengalami masa suram di awal 1990-an sampai tahun 2000. Ada beberapa film yang diproduksi selama era ‘mati suri’ tersebut, seperti Kuldesak (1998) dan Bintang Jatuh (2000). Namun kebanyakan diputar secara terbatas sehingga kurang sukses secara komersil. Baru di pertengahan 2000 beredar film Petualangan Sherina yang merupakan film musikal. Di tengah lesunya film Indonesia, tanpa disangka film yang disutradarai Riri Riza dan Mira Lesmana ini ternyata berhasil meraih sukses.
Spoiler for :


BERSAMBUNG KE BAWAH,,,, DI COMMENT PERTAMAX...
15. Film dengan Soundtrack Paling Fenomenal
Quote:Di perfilman Indonesia, album soundtrack yang menjadi pionir adalah Badai Pasti Berlalu (1977). Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya Marga T. Sutradara Teguh Karya meminta Eros Djarot untuk membuat musik dan lagu-lagu yang bisa mewakili cerita filmnya. Lagu-lagu yang dibawakan Chrisye dan Berlian Hutahuruk ternyata banyak disukai. Dampak album itu egitu luar biasa, melebihi filmnya sendiri.
Spoiler for :


16. Film yang Memicu Diadakannya Kembali Festival Film Indonesia
Quote:Siapa yang belum menyaksikan film Ada Apa Dengan Cinta? (AADC?). Film yang dirilis pada 2002 ini kembali membuktikan tangan dingin dynamic duo Mira Lesmana dan Riri Riza. Namun kali ini mereka hanya sebagai produser. Kursi sutradara diduduki Rudi Soedjarwo. Idola baru pun lahir yaitu Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Puisi-puisi lama karya Chairil Anwar kembali mengemuka. Kabarnya, AADC? ditonton lebih dari 2 juta orang saat tayang di bioskop.
Spoiler for :


17. Film Biografi Terlaris
Quote:Film berdasarkan biografi dari tokoh-tokoh terkenal sudah banyak dibuat. Namun yang terlaris sampai saat ini adalah film Habibie & Ainun tentang kisah cinta BJ Habibie, Presiden Ketiga Republik Indonesia. Film yang dirilis pada Desember 2012 ini ditonton lebih dari 4 juta orang di bioskop. Habibie & Ainun diangkat dari buku atau memoir berjudul sama yang ditulis sendiri oleh Habibie. Kisah cinta Habibie dan Ainun yang diselingi berbagai peristiwa politik ternyata disukai banyak orang.
Spoiler for :


18. Film Terlaris
Quote:Laskar Pelangi adalah film yang luar biasa. Bukan saja punya kualitas bagus tapi juga sukses secara komersil. Bahkan sampai saat ini masih menjadi film Indonesia terlaris. Laskar Pelangi yang dirilis pada September 2008 disutradarai Riri Riza dan diproduseri Mira Lesmana. Mereka mengulang kesuksesan Petualangan Sherina (2000) dan bahkan lebih baik lagi. Laskar Pelangi sudah ditonton sekitar 4,6 juta orang di bioskop dan diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Andrea Hirata.
Spoiler for :


Udah nonton smua film itu gan??emoticon-Blue Guy Peace emoticon-I Love Indonesia (S)


SUMUR,,,


Quote:
18 Film Indonesia yang Menorehkan Sejarah
Thread ane yg jd HT: emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Kaskus (S)
Sensasi Naik KRL Jadebotabek Yang Kini Gak Bisa Di Rasakan Lagi,,, ™
Foto-foto & Cerita Perbedaan STM dengan SMK,,, Gak Tauran Lagi... ™
20 Anime Jepang Yang Mengandung Unsur Indonesia
Alasan Kenapa Karyawan Indonesia Tidak Maju-Maju
Singapura Negeri Terbersih, Indonesia Bahkan Tidah Butuh Tempat Sampah
Gaya Mahasiswa Berpenampilan Berdasarkan Bidang Studinya
Karya Mencengangkan di Jalanan Berlubang
Perilaku Atasan Yang (Bakal) Membuat Pegawai Terbaiknya Sekalipun Resign
Motor Konsep Terbaik Dari Honda, Yamaha Dan Suzuki
10 Alasan Era 90-an Jadi Dekade Terbaik Sepak Bola
KEBIASAAN DI JEPANG YANG BIASANYA KITA ANGGAP TAK LAZIM
dan HT pertama yang kayaknya udah terhapus dari kaskus bersumber dari sini=
Kematian Beberapa Orang Ini Mirip Seperti Kisah Film Final Destination



Quote:Thread Menarik yg lain:
Tempat Wisata Yang Buat Orang Mempertaruhkan Nyawa Demi Mengunjunginya
18 Film Indonesia yang Menorehkan Sejarah
14 Seni Bela Diri Mengagumkan Yang (Mungkin) Belum Pernah Anda Dengar
Kemampuan Paranormal Paling Mengagumkan Di Dunia
5 DRONE PALING BERBAHAYA
Studio Pembuat Anime Populer Ini Ternyata Ada di Indonesia!
Cuplikan GIF ini akan buat agan 'TERKESAN' dengan film India
20 Anime Jepang Yang Mengandung Unsur Indonesia
14 tahun Serangan 11 September, Banyak pertanyaan belum terjawab
Niko Tesla, Ilmuwan Jenius yang Dilupakan Dunia
Alat-alat Tulis Jadul Ini Dulu Melegenda
Pohon Kemenyan, Pohon Mistis Asli Indonesia
Inilah yang Terjadi Jika Setelah Makan Langsung Merokok
Sukses dan Bahagia Adalah Hal Yang Berbeda? Ini Jawabannya
10 Penyanyi Indonesia yang Paling Terkenal di Malaysia
Sejarah: Kamu Tau Nggak Kampus Pertama Di Indonesia?
Orang yang Hobi Sarkasme Adalah Orang yang Keren
MASIH JOMBLO?... INI PERILAKU KITA YANG BIKIN LAWAN JENIS MALES NGEDEKETIN...
Tips Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja
Cara Menawar Ala Emak-emak Yang Seringkali Berhasil Menurunkan Harga
Alasan Mengapa Tingkat Pelanggaran Lalu Lintas Tinggi
Hal Yang Sering Dirasakan Oleh Anak Manusia Yang Sedang Jatuh Cinta
Faktor Teknis & Non-Teknis Yang Bikin Kendaraan Boros Bahan Bakar
9 Alasan Indonesia Terlihat Mengagumkan di Mata Orang Asing
11 SENJATA RAHASIA JEPANG SELAMA PERANG DUNIA II
Hal Yang Pernah Diajarkan Oleh Mantan, Terimakasih Untuk Semuanya Selama Ini
Sekilas Perjalanan Kutu Buku Bangsa, Bung Hatta
Fenomena Kendaraan Umum Yang Bikin Penggunanya Geleng-Geleng Kepala
Ini Arti (SEBENARNYA) kata 'Terserah' dan 'Tidak' dari Seorang Wanita
4 Perbedaan Cowok dan Cewek Dalam Memilih Pasangan
Profesi Keren yang Bikin Daya Kreativitasmu Tak Memudar
Hal Menyakitkan Setelah Putus
Anak Anak Ini Calon Valentino Rossi Masa Depan Indonesia
Hal Paling Nyebelin yang Sering Dilakuin Pasangan Baru
10 Jalan Paling Mengagumkan Dengan Pemandangan Indah Di Dunia
SDM Unggulkah yang Biasa Menjadi Pimpinan?
Hal Aneh Ini Dapat Menular Tanpa Kita Sadari
Berbagai cara cabut gigi dengan cara yang ekstrim,,,


18 Film Indonesia yang Menorehkan Sejarah
Quote:Original Posted By brandy007
dulu jaman ane masih SD, sebelum reformasi tiap tanggal 30 september pasti ditayangin tuh film G30S/PKI..emoticon-Matabelo

Hahaha,,, ketauan tua-nya dech gan... emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By chevil
ilm superhero pertama, 'Rama Superman Indonesia.
jadi inget jaman bocah emoticon-Ngakak (S)

Agan jg pasti dah tua banget yach, ane gak pernah tau ttg film itu emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By ViceroYounGunS
Petualangan Sherina emang ga pernah bosen gan ditonton. bener2 film anak2 yg keren. emoticon-2 Jempol

Agree... emoticon-Cendol (S)
maju perfilman indonesia emoticon-I Love Indonesia
mantabh , tambahin lagi dong ts emoticon-I Love Indonesia (S)
Mantab gan... Ijin nyimak dulu gan..
mejeng di ht
dulu jaman ane masih SD, sebelum reformasi tiap tanggal 30 september pasti ditayangin tuh film G30S/PKI..emoticon-Matabelo
wahh semoga film2 Indonesia selanjutnya kembali 'hidup' seperti film2 diatas emoticon-I Love Indonesia
ilm superhero pertama, 'Rama Superman Indonesia.
jadi inget jaman bocah emoticon-Ngakak (S)
Petualangan Sherina emang ga pernah bosen gan ditonton. bener2 film anak2 yg keren. emoticon-2 Jempol
emoticon-I Love Indonesia
Kugadaikan cintaku emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By chevil
ilm superhero pertama, 'Rama Superman Indonesia.
jadi inget jaman bocah emoticon-Ngakak (S)


Udah tua mbah emoticon-Ngakak
serina ntuh gan
dulu ane liat nobar
ya moga nambah dah yg bagusnya
quote paling memoriabel : darah itu merah jendral emoticon-army:
Warkop DKI gan emoticon-Angkat Beer
nonton berkali kali slalu bikin ngakak,, emoticon-Ngakak (S)
emang gokil nih film,, dono kasino indro legenda gan emoticon-Cendol (S)
AADC film jaman smp,, aktingnya tante dian sastro emg emoticon-Kiss (S)
yang superman indonesia malah baru tau emoticon-Big Grin klo g 30s ane rasa krn diputer setahun sekali jd ya gk heran
wuih
banyak judul yang ane belum nonton

makasih
×