alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / REGIONAL / All / ... / Japan /
Bahasa Jepang - Dialek Kansai
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5600fe76a09a3988058b4567/bahasa-jepang---dialek-kansai

Bahasa Jepang - Dialek Kansai

みんなさん、こんにちは!
Minna san, konnichiwa!
Halo Semuanya!

お久しぶりですね!
Ohisashiburi desune!
Udah lama banget yah!

最近忙しくて、なかなか書けなくて、ごめんなさい
Saikin isogashikute, nakanaka kakenakute gomennasai
Akhir2 ini aku sibuk banget, jadi ngga bisa tulis banyak. Maaf yah!

今回ですね、みんなさんに関西弁について書きたいと思っております!
Konkai desune, minna san ni kansaiben ni tsuite kakitai to omotteorimasu!
Kali ini, aku pengen tulis tentang kansaiben (dialek kansai) nih

では、早速始めましょう!
Dewa, sassoku hajimemashou!
Ayo dimulai!

日本では、いろんな方言があります。
Nihon de wa, iron na hougen ga arimasu.
Di Jepang, banyak banget dialek daerahnya

その一つは、関西弁です!
Sono hitotsu wa, kansaiben desu!
Salah satunya, dialek kansai!

関西弁は、普通の日本語と違うんですね。
Kansaiben wa, futsuu no nihongo to chigaun desune
Dialek kansai beda banget sama bahasa Jepang pada umumnya

私は、書くときに普通の日本語を書くんですが、喋るときに関西弁を使います(笑)
Watashi wa, kaku toki ni futsuu no nihongo to kakun desuga, shaberu toki ni kansaiben wo tsukaimasu
Kalau aku tulis bahasa Jepang biasanya pakai bahasa Jepang biasa, tapi aku ngomong pake dialek kansai ^^

では、どんな言葉ですかね?
Dewa, donna kotoba desuka ne?
hmmm. ada kata2 apa aja yah

普通:だ
Futsuu: da
関西弁:や
Kansaiben : ya
Ini bentuk informal dari [Desu]

普通:よ
Futsuu: yo
関西弁:で
Kansaiben: de

普通:ね
Futsuu: ne
関西弁:な
Kansaiben: na

普通:しない
shinai
関西弁:せへん・しひん
sehen/shihin

普通:だめ
dame
関西弁:あかん
akan

普通:ありがとう
arigatou
関西弁:おおきに
ookini

普通:いいよ
ii yo
関西弁:ええで
ee de

普通:だろう
darou
関西弁:やろう
yarou

普通:一度
ichido
関西弁:いっぺん
ippen

普通:居る
iru
関西弁:おる
oru

普通:いない
inai
関西弁:おらん
oran

普通:できない
dekinai
関西弁:できひん
dekihin

普通:言わない
iwanai
関西弁:言わん
iwan

普通:~しまった
~shimatta
関西弁:~しもた
~shimota

普通:~ている
~shiteiru
関西弁:~とる
~toru

普通:来ない
konai
関西弁:来へん
kohen

普通:どれだけ
doredake
関西弁:どんだけ
dondake

普通:寒くない
samukunai
関西弁:さむない
samunai

普通:仕方が無い
shikata ga nai
関西弁:しゃ~ない
sha~nai

普通:~しないと
~shinaito
関西弁:~せんと
~sento

普通:~しないで
~shinaide
関西弁:~せんで
~sende

普通:~じゃない
~janai
関西弁:せやない・やない
seyanai/yanai

普通:だよね~
dayone~
関西弁:せやな~
seyana~

まだまだありますが、書き切れないですね!
Mada mada arimasuga, kakikirenain desu ne
Ada banyaaaak banget tapi aku gk bisa tulis semuanya sekarang

また書きますので、みんな待っててくださいね!
Mata kakimasu no de, minna mattete kudasai ne!
Aku bakal tulis lagi, jadi ditunggu yah ^^

では、ごきげんよう~
De wa, gokigen you~
Urutan Terlama
Oosaka ben daisuki yade
Heiji Hattori di anime Detective Conan kalo ngomong pake dialek Kansai tuh. emoticon-Big Grin
ああ…、なんかとってもおもしろいそうですよね…。あのね、みんなさん、このスレッドの中で私と一緒に話し合いてみましょうね…。
emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S) susah krna ga terbiasa kali ya gan emoticon-Malu (S)
こんにちは…、あなたたちみんなさん。久しぶりですね。ところで、皆が元気だったのかな?
waaaah logat kansai
seru nih


pada belajar dimana nih
wakaran ore wakakakaakakakaka
Halo gan, ntar kan gue mau masuk sekolah bahasa untuk persiapan ke universitas. Nah sekolahnya bahasanya itu di Kyoto. Kalo awal belajarnya disana ntar kita jadi kebawa pake dialect sana ga? emoticon-Big Grin Soalnya pasti dari interaksi sehari-hari selama gue belajar disana kan orang2 (diluar sekolah) pake logat sana. Apa ntar kalo mau ke Tokyo jadi susah?
Diubah oleh NothinPersonal
Quote:


harusnya sih ngga yah, soalnya di sekolah pasti diajarin dialek Kanto, bukan dialek Kansai. Dan jangan sampe kebawa dialek Kansai yah, soalnya pasti jadi bahan olok2an kalo ke Tokyo. 頑張ってください^^
ここに日本で勉強する予定人は多いですね。。私なら、不可能です。。emoticon-Matabelo
Quote:


無理なことなんかじゃありませんよ!
頑張ってください!
Quote:


話しましょう!
Quote:


ああ…、ありがとうございます。えっと…、そう言えば、どんなから商談しますか?
だれもおらんなあ
honma ni ee na kore ya
tsugi wa maji tanoshimi ya
maido ookini


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di