alexa-tracking

Polri BISA menghapus peraturan pemerintah (PP) ?? Mantap gan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55ff260e94786853118b4567/polri-bisa-menghapus-peraturan-pemerintah-pp--mantap-gan
Polri BISA menghapus peraturan pemerintah (PP) ?? Mantap gan
Polri BISA menghapus peraturan pemerintah (PP) ?? Mantap gan

Entah apa dasar hukumnya polri punya kemampuan dan wewenang begitu besar untuk menghapus peraturan pemerintah alias pp

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi, sebagai turunan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1992, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yang intinya memberikan batas toleransi perpanjangan SIM hingga satu tahun, kini peraturan tersebut akan dihapuskan.

Hal ini mengacu pada Peraturan Kapolri Pasal 28 ayat 2 Nomor 9 tahun 2012 tentang SIM.Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlaku berakhir. Pada pasal Pasal 28 ayat 3, jika perpanjangan dilakukan setelah lewat waktu, maka harus mengajukan SIM baru sesuai golongan yang dimiliki, dengan memenuhi persyaratan.

sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2013/...rpanjangan-sim

Kok ga ada yang protes gan, kapolri boleh seenaknya berbuat begitu? Buat keputusan sendiri ? Hapus pp? Keren ga sih?
Peraturan Kapolri Pasal 28 ayat 2 Nomor 9 tahun 2012 ini dibuat oleh polri sendiri tanpa hasil rapat dengan pihak lain? berarti kekuatan polri besar banget ya di negeri ini. Terus peraturannya tanpa studi banding ke negara-negara lain? Negara-negara maju aja kasih toleransi lumayan lama, ada yang 1 tahun bahkan ada yang 10 tahun baru seorang warga negara diharuskan buat ulang sim baru yang mereka sebut new driver.


Ini beberapa peraturan di negara lain

http://mahatranscom.in/renewlicence.aspx

The driving licence cannot be renewed after the period of five years when it has ceased to be effective.

http://www.citizensinformation.ie/en...g_licence.html
You are entitled to apply to renew your driving licence if:

You hold a driving licence that will expire within 3 months
You held a driving licence that expired less than 10 years ago
If your driving licence expired 10 years ago or more, you must complete a Driver Theory Test and then apply for a learner driver permit.

http://www.drivetest.ca/EN/licencing...xpired-DL.aspx

For drivers whose invalid (expired, cancelled or suspended) for less than a year:

You may visit any Driver and Vehicle Licence Issuing Office to renew your licence.
You will be required to present your expired driver's licence and/or acceptable identification and pay the licencing fee.

A Singapore driving license expired for >3 yrs is of no use. Even a local has to re-apply and do the theory & practical again.
image-url-apps
waduh sim ane belum di perpanjang nih emoticon-Takut (S)
image-url-apps
waduh anu ane belum di perpanjang nih emoticon-Takut (S)
KASKUS Ads
Quote:


Quote:


sama gan emoticon-Big Grin


btw koq postingan kalian koq sama ya emoticon-Bingung (S)
image-url-apps
Ane lum punya sim.
image-url-apps
Quote:


waduh. anu ane malah kepanjangan gan emoticon-Takut (S)
Daripada protes begituan ya mending urus aja.
Ga sampe 2 jam ko kalau kosong 1 jam kurang juga beres di sim keliling.
Pengalaman ane perpanjang sim C
*ga usah diambil pusing lah
Quote:


hi hi hi, apanya yang belon di perpanjang ??emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
yakin polri yg ngapus ? itu mah pp yg udah jadul sangat emoticon-Ngakak (S) pp buat pelaksanaan UU LLAJ taun 90an nah kan UU LLAJ ada yg baru yg taun 2009 yg tentunya bakal ada pp yg baru buat undang2 LLAJ taun 2009 itu buat ngatur hal2 teknis. jadi mungkin aja emang masa perpanjangan itu udaj diubah di uu oleh legislatif atau udah dirubah di pp atas pelaksanaan undang2 llaj yg dibuat pemerintah
ditambah lagi ada asas2 hukuk yg mengatakan bahwa undang2 yang baru mengenyampingkan undang2 yg lama
kemakan berita yg editornya gak ngwrti hukum nih. redpelnya bisa begitu ya tribunnews
image-url-apps
Quote:


panjang tapi peltu emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


nganu gan aset masa depan emoticon-Malu (S)
mungkin Polri nganggep pemerintah skrg ngga ada apa2nya... jd bisa gitu... emoticon-Ngakak
image-url-apps
ea mantau aja gan
×