alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55f4ee05a2c06ea4708b457c/jadi-atasan-org-yg-lebih-tua-awkward
Jadi atasan org yg lebih tua awkward
Sebelumnya ane mohon maaf kalo ada kurang bagus dalam menjelaskan, namun ane menghargai jika kaskuser sekalian mau dan sudi memberi komen dan saran.

Ane november taun kemarin di rekrut oleh perusahaan multinasional yg lumayan besar menurut ane. Dan ternyata perusahaan tersebut sedang membuka cabang baru. Dan mereka butuh keahlian ane dalam hal ini design produk.

Ternyata di sana sudah ada seorang design, dia jauh lebih tua dari ane dan pendidikan juga lebih tinggi dari ane, jujur saja ane cuman lulusan stm jurusan mesin dan kuliah cuman ampek d1 saja. Dan kira2 nih orang lulus kuliah dan ane baru mau masuk sekolah stm.

Minggu pertama ane ikuti secara senior ane, dan yg ane lihat dia masih bingung cara ngerjainnya. Yg menurut ane padahal itu kerjaan sederhana.

Skip skip 3 bulan ane bekerja ane yg ditunjuk jadi koordinator karena diliat dari hasil kerja ane. Ane juga kaget, dan senior ane ini jadi dieman ama ane. Mulai dari meeting koordinasi, seminar dan training2 serta ketemu klien dan supplier ane yg di pilih. Sedangkan dia seakan jalan ditempat.

Yg ane heran ternyata dia pengalaman sebagai operator saja bukan sebagai design. Dan pekerjaan dasar2 Saja dia baru tau setelah liat ane, kalo ane liat dia gengsi mau tanya sama ane, tapi kadang kalo ane lagi kerjain sesuatu dia kaya nguntit, bikin kesel aja, kalopun dia tanya baik2 pasti ane jawab lah.


Dan baru2 ini ane diikutkan training dan dalam 2 taun gak boleh resign. Disini makin menjauh kayanya. Udah gak ngomong lagi ama ane. Yg merepotkan adalah secara ane sebagai kordinator dan artinya dia bawahan ane, tapi gak pernah laporin kerjaannya dia, kaya kerja sendiri sendiri gitu.

Ane sempet ngomong ama atasan ane kalo dia lambat trus ane mau minta partner. Ane rekomen partner ternyata gak goal.

Yg lucu lagi secara penampilan selalu yg dikira ane anak buah dia. Penampilannya putih badan berisi dan kepala botak dan berkaca mata, keliatan intelek kan? Lha ane kurus tinggi kulit sawo matang dan pakai kaos polo aja, soalnya lebih sering cek produksi langsung agar design di depan memudahkan proses di belakang.

Ane bukan org yg juga ndiemin dia, pernah ane ajak ngobrol, yg dia omongin adalah film kartun?? What??!?! Ane iyain aja deh, trus ngelantur omongin konspirasi amerika timur tengah...emoticon-No Hope. Apa sebenernya yg dipikiran nih orang. Secara ane gak nyambung dan gak maksa buat omongin hal2 yg terlalu muluk2. Yg pasti ane ngerasa aneh dgn yg dia omongin.

Disini ane mulai bingung gimana ane harus ngadepin. Dia gak pernah ajak ane bicara kalo ada masalah ama ane. Terus terang ane sih males banget kalo harus ngajarin kerja orang tua. Secara dia s1 lulus jaman ane masih seneg bolos sekolah. Dan pertanyaannya adalah bagimana nih orang bisa lolos masuk di company ini. Dia lebih dulu masuk setahun dari ane. Ane ga merasa sok pinter tapi org2 yg ane kenal sebelumya biasanya bener2 udah mateng dan pro dalam profesinya di umur segitu.

Secara umur ane skrg 26 taun, ane belajar secara autodidak. Dan kerja sejak umur 18 taun. Dan beberapa kali pindah perusahaan satu ke lain, karena pengen belajar lebih di bidang yg sama. Dan dari sana ane belajarnya.


Bagi yg punya saran mohon bimbingan emoticon-Mewek
sebelumnya pernah jadi koordinator? atau "atasan"lah>.?
klo lu merasa awkward, profesional aja sih klo saran gw.
ya ketahui disana koordinator jobdesknya ngapain aja. ya laksanain itu.
klo dah keluar dari ranah kerjaan ya "ilangin" jabatan itu dari lu.

entah gimana cara dia masuk, mending ag usah dipikirin, urusan perusahaan itu mah.
lagipula, diperusahaan yg ga nganut"sistem senior junior, muda tua:" ya lebih baik lu singkirkan dulu itu dari lu.

masalah ngajarin / engga...
yaa kalau malas, menurut ane, lu kasih aja dia kerjaan yg bikin dia belajar. bagi lu yg dah pro di kerjaan dan belajar otodidak, gw yakin lu ngerti gimana belajarnya dari dasar sampe ke yg puncaknya. nah sekarang ya lu kasih aja dia kerjaan yg bakal bikin dia belajar dari dasarnya.
tp klo malas juga, ya kasih aja kerjaan se"mampu" dia biar ga nge:"rusak" produk.
Sepertinya perlu dirumuskan
tugas dan tanggung jawab bawahan
dengan lebih deskriptif lagi.
Apabila bawahan belum mengerti
ataupun belum memiliki keahlian yg sesuai
dengan tugas2nya, maka perlu dilakukan
briefing dengan lebih intensif,
dan perlu diadakan pelatihan dari dalam atau luar
perush, untuk hal ini perlu kerjasama dengan HRD.
Kerjasama yang baik menjadi faktor penentu disini,
betul2 diperlukan usaha membangun kerjasama
yg lebih baik lagi.
blm pernah kerja gan emoticon-Mewek

kalo liat dari cara dia, ga usah ada rasa gak enak deh gan.
profesional aja. agan di sana kan buat kerja.
jangan bagiin skill dan kerja lu ke dia, sekali dia bisa dan lu die. simpan skill dan pengalaman kerja lu untuk diri lu sendiri. bukan mo ngajarin pelit ilmu tapi ada orang yang pantas untuk diajarin tapi yang lain jangan karna bakalan lu yang sengsara setelah dia bisa.

trus pengalaman dan skill lu lah yang mengantar lu jadi koordinator. sebagai pemimpin, kadang lu harus tegas biar dia hormat. semua koordinator pernah marah, kalo perlu lu harus juga begitu.
ente atasan dia, ya ente kasih tugas dan mintai pertanggungjawaban tugas itu lah. masalah suka atau enggak, lebih tua mana, posisi ente di tempat kerja bukan dirumah atau dikampung.
Umur gak ada urusan nya sama jabatan di perusahaan gan...

Sebagai formalitas aja itu kalo atasan harus lebih tua...
Cuma biar bawahan ada rasa hormat aja terhadap atasan yang umurnya lebih tua...

Ada koq yang setelah lulus sekolah, pas kerja langsung ditaruh di posisi yang punya beberapa bawahan yang udah punya suami/istri bahkan anak...

Tapi yah, perlakukan dengan hormat secukupnya aja gan...

Be a Profesional aja gan, salah bilang salah! deathline kejer ampampee seldeateksai! umur 26 pengalaman udah 8 tahun seharusnya paham la..

Ane umur 18 sekarang udah jadi leader dari S1, S2 padahal ane smk lulusan nya, ane 19 tahun masih detik ini. (Salah satu perusahaan BUMN bagian direktorat konstruksi)

Tegur dengan sopan secara dia lebih tua, tapi tetep lu atasan dia gan. Lu mesti kasih arahan ke bawahan.

Dulu gw pernah ngadu ke GM gw tentang bawahan gw yg susah di atur (S2)
Dia bilang
"Kalo gak bisa di BINA, ya udah BINASAKAN aja".
kayaknya jawaban diatas udah mewakili semua kata profesional,

penelegasiaan job desk mungkin diperdetil dia itu ga boleh ngikuti bosnya tapi harus mampu berkembang sendiri itu pendidikan sarjana dikembangkan seperti itu. Kalo dia ga mampu ya apa dikata ini dia kerja yang mampu yang survive

Tapi coba diberikan juga pendekataan persoanal atau ada waktu man to man talk lah .... Dalam pembicaraan itu kamu sisipkan kata kamu pengen terbaik untuk dia tapi dia harus mampu berkembang bukan sebagai operator atau copycat. Coba TS baca - bca buku manejarial kayaknya mungkin ada ngehadapi masalah seperti ini.
Wah trims berat atas masukan, akan ane jadiin petimbangan setiap komeng, btw ane pernah jd koordinator tapi anakbuah adalah orang2 yg baru bukan org lebih lama, jadi lebih mudah make a shape nya.