alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
perantau galau minta masukan dong
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55f20c1660e24b8f408b4569/perantau-galau-minta-masukan-dong

perantau galau minta masukan dong

Numpang curhat gan sis, ane udah mentok kalo musti mikir sendiri atau menanggung semua ini dalam batin sendiri. Mungkin terlihat cengeng dan lemah bagi cowok. Tapi jika kalian di posisi ane mungkin rasa yang sama bakal kalian rasakan juga.

Ane seorang perantauan selama 2tahun dan ini jalan di tahun ke tiga disebuah pulau yang tidak pernah ane bayangkan dalam hidup ane bisa berada di tempat ini. Ane bekerja di tempat usaha joinan sodara kandung ane sendiri dengan ipar ane di sebuah toko.

Ane bisa nyasar sampai di tempat rantau karena dulu di minta bantu sama kakak ipar untuk membantu kakak kandung saya di tempat perantauan. Dan saya mau karena dulu saya pernah di biayai kuliah sama ipar ane (berasa berhutang budi). Ane kluar dari tempat kerja ane dan berangkat merantau. Tanpa ane nego gaji dan tanpa ane pikir apa2 lagi jawaban yang bisa ane kasi cuma "YA".

Oke ane sudah di tempat rantau selama 2 tahun dan gaji ane 1.500.000 /bulan. Ane tidak protes sama sekali meski ane tau berapa omset yang masuk tiap bulan yang menyentuh angka ratusan juta bersih yang di bagi hasil, serta andil kerja ane yang hampir handle semua proses bisnis di toko.

Ini sudah memasuki tahun ketiga dan ane merasa tidak ada kemajuan untuk pribadi ane. Ane jauh dari keluarga teman dan kerabat, dan juga jati diri ane serasa tak tau arah. Ane merasa secara pribadi ane sudah cukup untuk membayar budi ane dengan membantu menjalankan bisnis tersebut dengan gaji yang "wow" sedikitnya. Ane pengen keluar dari pekerjaan ini tapi ane hanya kepikiran ane musti mulai semua dari 0 jika mencari pekerjaan lagi di jawa. Without skill, without exp, (ane kuliah di bidang sistem informasi dan syukur nya ane lupa dengan smua ilmu yang ane dapet karena ane gak pernah asah selama ini). I think its ok, ane masih punya mulut untuk bicara, ane punya tenaga, ane punya kemauan untuk bekerja dan ane bisa cepat belajar untuk melakukan suatu hal.

Hanya 2 hal yang mengganjal dalam pikiran ane
1. Orang tua ane
2. Respon sodara ane

Ane manusia biasa yang punya mimpi dan cita2. Ane pengen bahagiakan ortu selagi mereka masih hidup. Ane juga punya mimpi untuk mendapatkan pendamping hidup. Ane juga pengen punya kehidupan yang mudah di kemudian hari. Tapi jika ane disini terus ane seperti katak dalam tempurung. Ane tidak tau perkembangan di luar sana. Ane merasa jauh dari setiap impian ane. Ane merasa ane cuma korban kesuksesan sodara ane sendiri. Ane merasa depresi kalau memikirkan ini semua. Ane masih ragu dalam setiap langkah yang akan ane ambil. Kadang ane sampai tertekan but i am crying in silent, i am laught in my broken heart, i am strong in my ruin dreams.

Jika agan atau sista di posisi ane apa yang akan kalian lakukan? Mohon masukan dari kalian karena ane sangat membutuhkannya. Mungkin ane gak kenal siapa kalian dan sebaliknya tapi ane akan sangat berterima kasih atas setiap perhatian kaskuser sekalian untuk +1 di trit curcol ane ini.

nb: hari ini ulang taun ibu ane dan ane cuma bisa kirim uang 200rb buat masak mie doang..gak tau deh sodara ane ngucapin aja kek nya blm hingga saat ini sudah jam 10 WIT. ane ngrasa gak berguna banget jadi anak
Diubah oleh perantaugalau
Urutan Terlama
saudara kandung ya gan?

selama beberapa tahun di sana tdk ada peningkatan dari segi karier maupun gaji ya kan?
ditambah tidak sesuain dgn passion agan.
keputusan paling tepat sih mundur emang. cara ngomongnya ini yg bikin serba salah.

bilang aja sm saudara agan kl agan pengen nyalurin ilmu yg didapet ke bidang yg sesuai. kalo ujung2nya cuma nerusin usaha keluarga kan mubazir dikuliahin kemarin. mending bayar orang lain.
Quote:



iya gan ane ngrasa gak ada artinya juga kalau ane terus2 in ane yang remuk sendiri emoticon-Sorry makasi gan sarannya bisa buat pertimbangan ane satu tahun ini nanti lanjut atau gak..
bilang aja kamu pingin kerja dekat keluarga inti.
awalnya utang budi hahaha ga ada makan siang yg gratis, klo gitu makan siangnya beli sendiri aja?y lo kira kira aja udah cukup ga pengabdian lo?klo udah cukup y knp agan ga nyoba rintis usaha yg sama kaya sodara ente, gw rasa kan 2 thn dah cukup pengalamannya, modalnya dari sodara lo bilang aja bagi hasil lumyanan kan naik pangkat jadi owner walaupun masih 50% klo ga mau sodara lo y cari modal lain, kerja dulu sementara sm orang atau pinjam di bank
Pernah ngomong ke kakak n kakak ipar ente? Kalo memang sudah ngomong dan tetep ga dinaikkan gajinya, bilang aja minta cari orang lain. Terus ente sambil cari kerjaan yg lebih baik gaji n prospeknya, terus bilang mau kerja di tempat lain. Bilang aja terus terang gajinya ga cukup. Kalo mereka punya hati n bisa mikir mestinya maklum. Tapi kalo engga, ceritain ke ortu biar ortu ngerti duduk masalah sebenernya dan biar ente ga disalahin kalo kemudian hari keluar n kerja di tempat lain.
di omongin aje gan baik baik ungkapin semua unek2 ente selama ini jangan di pendem ntar nyesek sendiri. pasti sodara ente ngertiinlah untuk sesuatu yang lebih baik buat diri ente..
kalo ente pendem sendiri tuh unek2 ye mungkin sodara ente ngiranye ente baik2 aje ..
1. ya omongin aja semua ke inginan lu ke saudara.
bilang aja kalau punya ke inginan buat cari pengalaman kerja baru.
kalau lu dah tau mau kerja dimana, ya tinggal lakuin. entah melamar atau membuka usahanya.
namun kalau lu blm tau mau kemana. ya bilang ke saudara, lu mau kerja dibidang lain, cari pengalaman di tempat lain, tapi karena blm ad tempat, ya sekarang kerja dulu di tempat saudara, ntar klo dah ketemu langsung berhenti.
klo butuh "pengganti lu di toko" ya cek aja saudara lain. ad ga yg blm kerja, klo ad bilang aj, org itu yg gantiin, biar org itu dpt pengalaman kerja juga. klo ga ada bilang aja, coba cari yg mau kerja, ntar lu keluar klo dah ad org yg gantiin.

2. no exp no skill.
ya coba aja cari kerjaan yg ga butuh org yg dah berpengalaman. biasanya sih mereka ntar nyediain training dulu.
dan
membaca curhat lu. gw berpendapat, lu kerja di tempat saudara lu ga asal2an. yg mungkin bisa dibilang dah punya "cara kerja yg baik". yaa buat masalah ini aja lu simpan sendiri, apalagi lu coba2 kerja asal2an di tempat saudara lu emoticon-Stick Out Tongue
ya walaupun no exp no skill, tapi lu dah punya "cara kerja yg baik".

ga usah takut ambil "hidup baru". mau baik/buruk yg penting lu coba dulu. terkadang naik turunnya kondisi hidup bakal menuntun lu "ini cara hidup yg gw pengen". "gw harus jadi begini / begitu."
dan ga usah takut "no epx no skill" kalau lu emang daftar di tempat yg ga cari org berpengalaman, gw yakin mereka lebih terima org yg "mau belajar" dari pada yg "sok tau."
ntar habis di training, lu jd hutang budi lagi ke perusahaan itu.emoticon-Stick Out Tongue
bilang jujur sama saudara ente gan kalo ente kurang gaji segitu diomongin dah tuh kalo kaga di gubris juga cabut aja gan dari sana toh lu udah mencoba, sayang ijazah gan sama ilmu lu gan kaga dipake
karna ini bisnis sodara, ya diomongin lah
masa ga berani ngomong ma kakak sendiri
sambil bercanda aja, pasti mereka bakal mikir
cth:"kak, omset lo segede gaban, masak gw cuma
digaji segini? masa depan gw nanti gimana?"
(sambil cengengesan) "kpn gw bisa sekaya elo?"

atau lo minta dibukain cabang biar bisa lo kelola
sendiri, klo mereka mampu sih..
intinya omongin aja semua unek2 lo
ngomong sama sodara kandung tu lebih enak
daripada sodara sepupu, pakde, bude, om, tante
dll..
Quote:


kalau makan sih memang di tanggung makan seadanya aja kalo ane gak gitu gagas makan nya gan. kalau kau minta modal rasanya gak sampai hati gan. thx gan dah mampir

Quote:


ane pernah nyindir aja bulan lalu gan. karena pernah ada satu masalah dan ane emosi. waktu itu ada hal kecil tapi ane di perintah nya kek kacung. ane sindir aje gaji gak seberapa lo nyuruh kek nyuruh babu lo. kalo crita ke ortu ane gak tega gan, ntar juga malah bikin ribut keluarga. mgkn ane kalau gak kuat ini tahun terakhir ane kerja di sini gan. masih banyak yang mau hargai ane, dan lagi kalau sampe ada kisruh nya ane gak segen karena bukan keluarga ane sendiri.thx gan

Quote:

rasanya kalau mereka ngertiin mereka punya kalkulator kok gan bisa di hitung sendiri kalau mereka di posisi ane gaji segitu nutup apa kagak. mreka sih sering janjiin ini itu buka usaha ini itu tp gw kek di main2 in aja.thx gan

Quote:

hehehe boleh juga sarannya gan ane pertimbangin thx ya

Quote:


iya gan thx gan udah mampir ane pertimbangin gan saran ente
Love what you do, or do what you love.

Cintai pekerjaan ente sekarang, jangan kerja karena alasan bales budi ke sodara, nikmati kerjaanny, ane yakin bisa berkembsng kok gan, kalo ente kerjanya bagus dan sungguh-sungguh sodara ente juga bakal tergerak kok hatinya. Do it happily and you never suppose how amazing what you have doneemoticon-Smilie

Jelasin semuanya dengan jujur ke sdr ente, menurut ane alasan agan bwt keluar dr kerjaannya cukup masuk akal kok, pingin ngembangin diri sendiri, cari kerjaan yg lbh menantang. Dont be affraid to begin againemoticon-Smilie
Sorry ye bray.. fisik lu ngerantau tapi mentalnya disitu2 aja..

Kejar mimpi & cita2 lu.. dunia telalu singkat kalo cuma buat penyesalan emoticon-Hammer (S)
Lu kaya yg mau hidup 1000 taun aje..

Let's go ngacir bray, gudluck.. emoticon-Ngacir
Yup,dunia luar memang ga kelihatan gan kalau kita berada dalam tempurung,saya juga dulu seperti itu gan,selama 8 tahun saya merantau,blum dapat apa2 gan.

Saran saya adalah apa yg saya jalani selama ini gan,manfaatin setiap kemampuan dan keahlian yg kita miliki. Kalo ga punya keahlian,tiru cara ane,tiap pagi ane bangun jam 5,belajar animasi selama 2jam,ini sudah berlangsung selama hampir 2 tahun,jam 8 brngkt kerja di kerjaan yg gajinya pas2an,manfaatkan waktu gan,kurangi tidur,berhemat gan,gw niru gaya org2 cina di kota ane,pantang makan dan menghabiskan uang lebih dari yg sudah dibatasi mereka.

Alhamdulilah,sejak setahun terakhir,saya dapat rejeki dari klien2 di singapore,bos saya melihat kinerja saya bagus,sekarang saya sudah tenang di sebuah rumah di tengah kota di kota batam,penghasilan yg sangat besar dibandingkan pendidikan saya yg hanya tamatan sma,dan insya allah tahun depan saya melamar pacar saya gan.

Yg saya lakukan hanya berusaha memperbanyak skill,rajin browsing inet buat tau job2 freelance di luar,saya tidak pernah kecewain klien,dan satu yg penting gan, ane ga pernah kasihani diri sendiri.


Semoga sukses gan
ane ngerti bgt gan apa yg agan rasain skrg..
karna skrg jg ane ngrasain jauh dari tmen jauh dari kota jauh dari hiburan dan jauhla dari segalanya .
kisah kita 11,12 kekny gan curhat dkit ya.
ane skrg jg ikut usaha kluarga jg dengan upah gaji UMP yg ga seberapa tapi hati dan jiwa tertekan.. karena ada aja omongan ungkitan klo ga ada mereka(keluarga ane ) ane pasti ga keruan .. ane tau gan mereka berjasa bgt bagi ane sendiri dgn gaji segini ane bersyukur dan apa mesti ane cium kaki mereka atas pertolongan yg mereka kasih ke ane.. ane jg manusia gan bukan binatang .. parah lg ane sllu dikecilin dibanding"in sm sodara ane yg lebih berhasil lebih dpet pekerjaan yg bagus..
ane sadar diri ane cuma tamatan sma..
jadi ane skrg jg sama kayak agan pengen lepas dari kondisi apa yg terjadi saat ini.. bln dpn niat ane rantau lg kekota lain dgn modal pas"an tanpa bantuan siapapun. ane ga mau stuck dsini aja, ane mau ngrubah idup ane, ane pengen tunjukin kesmua yg udh nghina ane yg udh mandang ane sebelah mata klo ane bisa jadi orang!! nekat ajala gan.. klo ane berhasil sukur klo ga ya paling mati ditanah kelahiran orang.. pantang pulang gan!! tapi yg mesti diinget gan pasti ada" aj jalan buat org yg berusaha . inget tuhan rajin berdoa gan (saling ngingetin gpp kali y) follow ur dream gan.. diatas langit msih ad langit dan ane dibawah agan. agan punya ijazah kul ane gak punya. .. sukses utk kita berdua gan .. dan smuanya *cheers*
3 tahun diperas sekarang umur udah berapa?
dah keluar aja
pake aj alesan ;
mau ngembangin diri
mau nyari modal buat nikah
(dia jg pasti mikir kan gaji dr dia mana cukup buat nabung).

jangan sampe lah ya stuck disitu ampe kepala 3 / kepala 4, masa depan suram emoticon-Takut (S)
Bilanh aja kalo agan pengen mencari pengalaman baru, apapun itu. Sukur2 bisa sejalan ama jurusan kuliah.

Kalo cari kerja sejurusan kuliah ya gak papa mulai dari awal. Dari level terbawa gaji jua ga bakal langsung tinggi. Kalo langsung tinggi namanya bukan realita. Setidaknya UMK karena saingan juga banyak. Ga ada salahnya mulai dari awal utk cari pengalaman dan ilmu.!

Kalau masalah ortu ama sodara, itu harus ditunjukan dengan tegas kalau anaknya / adeknya pengen maju. Masa iya gak mau liat agan maju.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di