alexa-tracking

Trik Membuat Situs Portal untuk Newbie

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55e8217da2c06ee56e8b4568/trik-membuat-situs-portal-untuk-newbie
Trik Membuat Situs Portal untuk Newbie
Saat ini, Anda mungkin sedang mencari layanan hosting murah yang tepat untuk menunjang kebutuhan dalam membangun situs portal. Selain menentukan harga hosting yang sesuai budget, ada baiknya Anda ,para newbie untuk menyimak tips dalam membuat situs portal berikut ini.

Konsep Website

Sejatinya, website diciptakan untuk menampilkan sebuah informasi. Sementera situs portal sendiri umumnya dipakai untuk membangun komunitas, baik secara luas maupun spesifik. Jika Anda ingin menyampaikan informasi umum, Anda dapat membuat situs seperti Yahoo atau MSN. Sedangkan untuk portal bertema spesifik, Anda perlu menentukan siapa target visitor Anda. Untuk tema spesifik contohnya adalah WebMD, dikhususkan untuk masyarakat yang ingin mencari informasi seputar kesehatan.

Pilih CMS yang Tepat

Jika sudah menentukan hosting murah dengan harga hosting yang pas dengan kantong, sekarang waktunya Anda memilih CMS (Content Management System) yang sesuai dengan kriteria situs portal. Pertama-tama, Anda dapat menggunakan CMS berbasis open-source yang memberikan layanan gratis, kemudian Anda dapat mengembangkan situs melalui bantuan komunitas yang aktif menggunakan CMS tersebut.

Optimasi Template dan Script

Disamping banyak sekali CMS gratis yang dapat digunakan, Anda pun perlu mengoptimalkan situs buatan Anda dengan menambahkan template dan script. Untuk memperoleh template gratis, Anda dapat mengakses situs freewebtemplates(dot)com dan mencari template dengan memasukkan keyword ‘portal’ pada kolom ‘search’.

Untuk optimasinya, Anda dapat membuat page berdasarkan web template, memodifikasi halaman berdasarkan template yang sudah ada. Sementara untuk script, Anda dapat mencarinya melalui berbagai situs, seperti dynamicdrive(dot)com yang dikhususkan untuk javascript atau hotscripts(dot)com yang menyediakan untuk PHP, CGI, Perl, JavaScript dan ASP.

Sediakan Layanan Interaktif

Setelah mengerjakan langkah diatas, selanjutnya Anda dapat menyediakan layanan yang paling dibutuhkan pengunjung portal, sehingga pengunjung tersebut dapat tertarik untuk kembali membuka situs Anda. Contohnya, Anda dapat menyediakan fitur komentar, polling, ataupun showcase. Untuk portal berita, Anda pun sebaiknya menampilkan galery yang memuat foto sesuai informasi yang ditampilkan.

Nah, tips diatas dapat Anda lakukan saat ingin membuat situs portal. So, saatnya menentukan hosting murah yang menawarkan harga hosting terjangkau, serta lakukan sejumlah langkah di atas agar situs Anda berjalan dengan prima dan dikunjungi oleh banyak visitor. Selamat mencoba!
×