alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55de3096947868b1558b4568/share-informasi-penting-para-pencari-kerja-tolong-baca-ini-ya
SHARE INFORMASI PENTING: Para Pencari Kerja, Tolong Baca Ini, Ya :'(
Note:
Sekiranya bisa, mohon kiranya Kaskus berkenan agar thread ini di-sticky :'(

TO THE POINT, YAH

Saya selama ini menerima surat lamaran kerja yang masuk dan mempelajari semuanya, saya lebih banyak menghela napas.

1. Surat Lamaran Kerja yang Terlalu Kaku dan Formal

Saya beri satu rahasia di dunia HRD: surat lamaran yang kaku dan terlalu formal itu yang masuk ke meja HRD setiap hari bisa ratusan. Maka jika ingin kans diterima lebih besar, buatlah surat lamaran yang kasual, yang bercorak sosial dan akrab. Para HRD adalah orang-orang yang sudah lelah dan stress membaca surat lamaran yang kaku. Cobalah membuat surat lamaran seolah-olah kita itu ngobrol dengan pihak HRD.

Quote:Salam hangat,
Semoga ketika surat lamaran ini sampai ke tangan Anda, Anda berada dalam keadaan rileks/santai/senggang/luang/prima emoticon-Smilie


Atau buatlah pembuka yang tidak lazim.

Quote:Selamat hangat,
Pak/Bu, saya mohon, jika Anda saat ini sedang suntuk, tidak mood, Bapak/Ibu ambil surat lamaran yang lain dulu saja ya, punya saya ini dikesampingkan saja dulu. Nanti jika sudah Ibu/Bapak sudah baikan, sudah good mood dan fresh kembali, silakan, surat lamaran saya ini dibuka kembali


Buatlah orang yang akan menerima surat lamaran Anda tertawa!
Teknik break the ice, carilah teknik komunikasi ini di Google.

.
.

2. Surat Lamaran Kerja yang Mengandalkan Dokumen Anu dan Itu

Serius. Ini bagian paling membuat sedih bagi kami :'(
Sekarang adalah era meritokrasi, keahlian spesifik lebih dicari oleh hampir semua perusahaan.

Quote:Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini saya lampirkan:
- Scan ijazah SD SMP SMA D-1/D-3 S-1
- Scan fotokopi
- Scan SKCK
- Scan Kartu Kuning
- Scan...


Noo... Put it aside, kesampingkan atau akhirkan dokumen-dokumen tersebut sepenting apapun. PD-kan diri untuk bragging yourself. Langsung cuatkan citra dan kesan positif dan percaya-diri sejak awal dengan pengalaman atau kemampuan praktis yang dimiliki.

Quote:Sebagai bahan pertimbangan, saya ngerti betul, psikologi orang, khususnya customer yang komplain dan marah-marah. 4 tahun saya bersinggungan dengan customer di berbagai posisi. Saya pikir kemampuan dan pengalaman saya ini bisa Anda pertimbangkan. Saya yakin Anda juga tahu, mempertahankan customer itu jauh lebih sulit dibanding mencari customer baru.

Thats. Belajarlah menjadi seorang negosiator ulung tatkala menulis surat lamaran kerja. Apa-apa saja kemampuan kita yang bisa ditukar dengan jabatan atau posisi tertentu di tempat kerja yang kita bidik.

.
.

3. Ketikan Lamaran Banyak Typo

Ah, kalau lamaran seperti ini masuk via e-mail dan terlampir dalam bentuk DOCX/PDF, langsung kami Alt+F4. Next.
*Bagaimana mau menjadi kandidat paling unggul, jika ketelitian dalam pengetikan saja minus. Jika ketelitian dalam menulis surat lamaran saja tidak diperhatikan, bagaimana nanti jika di-hire?

.
.

4. Menyisipkan Informasi yang Tidak Penting & Tidak Relevan

Nama e-mail yang kekanak-kanakan (chayankhubby99383@gmail.com, contoh), hobi listening music, sampai info berat badan, serius... cobalah sesekali menampilkan suatu informasi yang lain dari yang lain, yang tidak banyak dilakukan pelamar lain:

Quote:Posisi pekerjaan ini benar-benar saya cintai sepenuh hati, dan kebetulan di bawah ini adalah 3 (tiga) buku terakhir yang saya baca berkaitan dengan dunia Sales & Marketing:
1. Magic Selling, karya XYZ, cetakan pertama tahun sekian
2. The Psychology of Buying, karya XYZ, cetakan sekian tahun sekian
3. Deadly Content Marketing, karya ...


Betapa serius dan berbedanya seorang pelamar jika bisa demikian!

.
.

5. Menulis Surat Lamaran Banyak-Banyak dengan Format yang Sama dan Dikirim ke Banyak Perusahaan dalam Waktu Bersamaan

Jika Anda melakukan ini via e-mail, di mana Anda lupa BCC (Blind Copy Carbon), bersiaplah Anda di-black-list oleh banyak perusahaan. Satu e-mail lamaran dikirim sama ke banyak perusahaan, itu adalah ketidak-sopanan terbesar seorang pelamar kerja.

Mohon dicatat, surat lamaran kerja adalah surat yang pribadi, personal, dan harus one-on-ne, bukan one-for-all! Bayangkan Anda memiliki 5 perusahaan yang berbeda, dan dalam satu waktu, datang surat lamaran ke 5 perusahaan Anda tersebut, dan kebetulan Anda yang menjadi penerima surat lamaran tersebut. Anda kaget, karena surat lamaran kerja tersebut kelima-limanya sama! Head suratnya hanya tertera: "KEPADA HRD PERUSAHAAN DI TEMPAT". Anda tentu tersinggung, sudah Anda di-blast dengan surat lamaran yang sama dengan isi yang sama (dari orang yang sama pula!), nama perusahaan Anda pun sama sekali tidak disebut! Apa tidak kurang-ajar?!

.
.

6. Menyebutkan Gaji yang Diharapkan di Surat Lamaran Kerja

Jika seorang pelamar kerja menggunakan logikanya, bagian ini amat tricky dan berbahaya. Diri belum pasti diterima, bagaimana sudah bisa berani menyebutkan nominal harga/gaji? Akan lebih safe/aman apabila kita menahan diri di bagian ini. Tunggu hingga surat lamaran kita berhasil menarik perhatian perusahaan. Lalu tunggu hingga kita dipanggil interview. Lalu tunggu hingga kita lolos interview. Dan ketika kita sudah lolos interview, tahan diri lagi jangan menyebutkan nominal, tapi sodorkan pertanyaan dan pernyataan ini:

Quote:"Kalau boleh saya tahu, berapa budget salary perusahaan ini untuk posisi IT Manager? Saya saat ini mencari gaji di range/kisaran 10-15 juta"

You're proving yourself as a professional and real negotiator.

.
.

Informasi krusial dan critical seperti ini nyaris tidak pernah ada di buku-buku seputar lamaran kerja dan teknik mencari kerja di manapun. Saya harap informasi di atas yang baru saja Anda baca bisa benar-benar Anda manfaatkan dan Anda bagikan kepada orang-orang terdekat Anda. Sungguh, saya ingin agar semua job-seeker di Indonesia cerdas-cerdas.

.
.

Dian
Makasih tips tips nya kak, semoga ilmu nya berkah emoticon-Smilie
Wah, keren banget tips-tipsnya, gan... thank you....
point no.1
ada juga hrd yang ga suka dgn surat lamaran yg ada lelucon nya gtu gan.
karakter hrd kn beda2. beda hrd beda selera gan.
bisa gawat kalo hrd nya kaku jg. yg ada lamaran agan dianggap main2.gmana ntar kerjanya kalo ngelamar aja uda ga serius.
THANKS YAAA, bermanfaat infonya
Quote:Original Posted By lndera
point no.1
ada juga hrd yang ga suka dgn surat lamaran yg ada lelucon nya gtu gan.
karakter hrd kn beda2. beda hrd beda selera gan.
bisa gawat kalo hrd nya kaku jg. yg ada lamaran agan dianggap main2.gmana ntar kerjanya kalo ngelamar aja uda ga serius.


idem gan.. ngga semuanya suka yang seperti itu gan.. emoticon-Smilie
tapi gan, kalo emang si hrd minta cantumin gaji yg diminta ditulis di surat lamaran, gimana tuh? emoticon-Bingung (S)
satu lg gan. kadang tinggi dan berat badan dperluiin juga. apalg kalo posisinya CS atau pelayanan seperti waiters.
Makasih banget gan tipsnya, tp bener juga kata yg udh komen di trit ini gan, gak semua hrd suka juga kan yang bahasanya casual? Salah2 bahasa nanti kita dianggap gak sopan? Saya pencari kerja, kdg juga suka bingung ma tulis surat lamaran kerja yang baik kayak gmn, yang udah saya buat sih biasa yang formal. Tp kalo msalnya hrd udh bosan format yg formal kayak gt kan kita ga tau juga emoticon-Big Grin

Btw mksh skali lagi infonya gan emoticon-Big Grin sukses
gooodemoticon-Blue Guy Cendol (S)
nice inpo gan
Bermanfaat banget buat newbie yang ingin memasuki dunia kerja bagaimanapun email salah satu langkah apabila perusahaan tsb tidak men inginkan format lamaran yg manual (tulis)
Ane juga sebenernya lebih suka email selain hemat kertas juga lebih praktis .
Thanks gan infonya emoticon-Smilie
Semua poinnya ane apresiasi, break the ice yang inspirasional buat kalangan yang anti-mainstream kaya ane.
Do it or leave it !
Think out of the box ! emoticon-Smilie
seandainya semua HRD di negara kita sesuai dengan TS ................... emoticon-angel
Yang penting mah cv itu isinya alias pengalaman kerjanya, track record nya . trus dipanggil interview liat orangnya, gagap apa kaga. Kalo di tes liat hasilnya. Gitu aje repot amat jir. Lagian bukannya udah ada trit kaya gini, kok minta di sticky -_-
buat no.1 fatal banget gan

ngirim surat lamaran kayak gitu mah langsung dibuang ke tong sampah gan, yang begitu mah cocoknya pas lagi interview

mana ada surat resmi pake bahasa gaul