alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55d30074925233bd158b4593/yg-punya-ibu-tiri-tolong-merapat-ane-butuh-saran
Yg bijak tolong merapat (butuh saran)
Langsung aja dah yaa
Jadi gini, ortu gw cerai waktu gw masih kecil. Gw 3 bersaudara dan gw paling bungsu, kami bertiga dibawa ama bokap dan nyokap gw pun gatau gw dmn.

Lanjut cerita jadi kmrn ni bokap gw kena penyakit berat, pas bokap lg sakit eh si nyokap tiri ini ribut tntng warisan ini,sedangkan disurat warisan yg ditulis bokap gw semua harta diserahin ke abang, tp ini setan malah nyolot. Jadi bokap gua ni kerja dipt namanya chevron gan sis, jadi uang pensiunnya lumayan.

Mnrt agan ama sista bagusnya gmn ni? Bawa kehukum atau gw kasih aja seperempat kenyokap tiri gw? Tp gw mohon didoain bokap gw cepat sembuh, gw baru tau kalo dia tumor otak baru" ni

Tanpa basa basi

Langsung aja ke ahli nye yaitu hukum . Urusan ginian nga bisa di selesaikan dgn opini/obrolan warung kopi .

Moga membantu
Quote:Original Posted By zonda3
Langsung aja ke ahli nye yaitu hukum . Urusan ginian nga bisa di selesaikan dgn opini/obrolan warung kopi .

Moga membantu


Jadi gini gan, bokap gw punyak anak dari nyokap tiri gw itu.
Sdikit" itu mulu dibahasnya, malahan itu adek gw disuruhnya nelvon bokap gw.

Sekedar info gan skrng bokap gw uda mulai mendingan, dan gw ama bokap tinggal dirumah abng gw yg paling gede

Doa sent

Moga2 bpk nt sembuh krn itu yg terpenting . Nt udah bilang kalo warisan jatuh ke abang nt tapi sejujur nye brur mending nt konsultasi ke pengacara/notaris atau yg sejenis nye minta opini atau pandangan ttg situasi nt biar nga ada keraguan . Ane yakin mrk lebih memuaskan memberi masukan yg adil . Kalo memang nyokap tiri hrs dpt kenapa ? Alasan nya ? Dan berapa? Kalo nga dapat pun apa alasannya ? Dan nyokap tiri hrs nerima keputusan itu . Hrs hitam di atas putih brur . Hrs nya bisa sih nanya bokap tapi ngeliat sikon dia nga enak pusingin harta sedang beliau baru aja melewati masa kritis . Jadi baiknya cari orang hukum yg bisa kasih input dari kaca mata hukum agama n negara .
Quote:Original Posted By zonda3
Moga2 bpk nt sembuh krn itu yg terpenting . Nt udah bilang kalo warisan jatuh ke abang nt tapi sejujur nye brur mending nt konsultasi ke pengacara/notaris atau yg sejenis nye minta opini atau pandangan ttg situasi nt biar nga ada keraguan . Ane yakin mrk lebih memuaskan memberi masukan yg adil . Kalo memang nyokap tiri hrs dpt kenapa ? Alasan nya ? Dan berapa? Kalo nga dapat pun apa alasannya ? Dan nyokap tiri hrs nerima keputusan itu . Hrs hitam di atas putih brur . Hrs nya bisa sih nanya bokap tapi ngeliat sikon dia nga enak pusingin harta sedang beliau baru aja melewati masa kritis . Jadi baiknya cari orang hukum yg bisa kasih input dari kaca mata hukum agama n negara .


Iya gan makasih masukannya. Bokap gw skrg pelupa bgt, biasanya ultah gw inget skrg kaga

Sama2 brur

Kasihan bpk nt ya urus dah brur dia dgn baik selama masih di kasih kesempatan Tuhan . Krn kalo dah pergi kpn lagi nt bisa liat wajah nya ?? Selain sekarang .

Cari orang hukum yg kredibel jgn yg kw , andai nt kurang puas dgn mrk dgn berbagai alasan cari opini ke dua dan bandingkan 😀
Quote:Original Posted By alfinreyn
Langsung aja dah yaa
Jadi gini, ortu gw cerai waktu gw masih kecil. Gw 3 bersaudara dan gw paling bungsu, kami bertiga dibawa ama bokap dan nyokap gw pun gatau gw dmn.

Lanjut cerita jadi kmrn ni bokap gw kena penyakit berat, pas bokap lg sakit eh si nyokap tiri ini ribut tntng warisan ini,sedangkan disurat warisan yg ditulis bokap gw semua harta diserahin ke abang, tp ini setan malah nyolot. Jadi bokap gua ni kerja dipt namanya chevron gan sis, jadi uang pensiunnya lumayan.

Mnrt agan ama sista bagusnya gmn ni? Bawa kehukum atau gw kasih aja seperempat kenyokap tiri gw? Tp gw mohon didoain bokap gw cepat sembuh, gw baru tau kalo dia tumor otak baru" ni



Wew Chevron.. Gajih pensiunannya setara gajih manager di perusahaan pemerintah.. emoticon-Big Grin

Well, secara hukum jelas nyokap agan gak bisa apa-2 dan harus gigit jari, tapi bagaimana kalau dilihat secara kekeluargaan / hati nurani??

Kurang jelas sih dari cerita agan apakah nyokap agan akan dapat aja atau apakah benar-2 gak dapat apa-2 dan ditelantarkan begitu saja, tapi yang jelas walau bagaimanapun, nyokap tiri agan adalah istri dari bokap agan, dan sebagai suami, jelas bokap agan punya kewajiban menafkahi dan memastikan masa depan beliau.. Dan bagaimanapun juga dia adalah ibu agan yang walau tak punya hub. darah namun secara kekeluargaan agan tetap punya hubungan dengan beliau dan wajib menjaga beliau.. Sehingga saran saya, kalau emang ibu agan tidak punya penghasilan untuk mencukupi kebutuhan nya sehari-2, bagilah sedikit harta bokap agan kepada nyokap karena itu jg memang haknya dan sudah kewajiban agan untuk menjaga dan menghormatinya..

Bagaimana secara agama? Saya tidak tahu agama agan apa, tapi saya coba mengulas dalam sudut pandang agama Islam.. Dalam Islam hal-2 seperti ini sudah jelas diatur dalam Al Quran, apabila suami meninggal, maka untuk Istri yang sudah punya anak wajib mendapatkan bagian seperenam dari total harta suaminya, kalau tidak ada kakek dan nenek dari keluarga bapak, sisanya dibagi adil kepada anak-2 nya (dimana laki2 dua kali dari bagian perempuan). Dari sana sudah jelas, maka nyokap agan harus dan wajib diberikan seperenam dari total warisan bokap agan, sisanya dibagi kepada agan dan saudara-2 agan. Simple kan? Tegas dan adil juga, oleh karena itu apabila semua orang mau berpegang teguh pada Al Quran Insya Allah gak akan terjadi konflik2 dan perebutan harta seperti kasus keluarga agan.

semoga bokapnye cepet sembuh....
aamiin
hmm,
ini menyangkut pembagian harta, erat kaitannya dengan hukum..
setahu saya, ada 2 jenis hukum yang bisa berlaku dan mengatur ini:
1. hukum (jika menikah di pengadilan agama), dan;
2. hukum (jika menikah di pengadilan sipil).
...
kalau dia hukum waris (secara islam), ada hitungan dan pembagi nya om..
kalau yang satu lagi (saya lupa istilah hukumnya), semua harta yang diperolah sebelum menikah dengan istri ke-2, dianggap sebagai harga pribadi (bawaan), dan akan kembali ke masing2 pemilik..
contoh: A memiliki harta senilai 200jt, B memiliki harta 100jt, keduanya menikah dan memiliki usaha dll dengan total 100jt, maka ketika bercerai atau salah satunya meninggal:
1. harta 200jt si A sebelumnya tetap milik si A..
2. harta 100jt si B sebelumnya tetap milik B..
3. harta bersama senilai 100jt lah yang akan dibagi sesuai kesepakatan..
...
mohon koreksinya dari kaskuser2 yang mendalami jurusan hukum apabila ada penyataan saya yang salah..
terima kasih..
gile chevron bukannya 30-40jt yah sebulan?

Yah ngapain bagi emak Tiri, bukannya mikir jagain. Malah bahas warisan, udah keliatan lah busuknya
iya. bener kata agan atas ane

bapak ente aja belon (maaf) meninggal (dan semoga aja lekas sembuh), masa nyokap uda bahas warisan sik emoticon-Cape d...
bukannya doain emoticon-Cape d...
keliatan sifat aslinya emoticon-Big Grin

mending dibicarain sama ahli hukum saja.


kalo agan Islam, pembagian harta warisan itu boleh tanpa menggunakan perhitungan ilmu faroid. asal semua pihak sama2 rela.
ente agamanya apa? kalo islam pake hukum islam, dijamin selesai, bebas dosa gan
Quote:Original Posted By yudhimaelk
Wew Chevron.. Gajih pensiunannya setara gajih manager di perusahaan pemerintah.. emoticon-Big Grin

Well, secara hukum jelas nyokap agan gak bisa apa-2 dan harus gigit jari, tapi bagaimana kalau dilihat secara kekeluargaan / hati nurani??

Kurang jelas sih dari cerita agan apakah nyokap agan akan dapat aja atau apakah benar-2 gak dapat apa-2 dan ditelantarkan begitu saja, tapi yang jelas walau bagaimanapun, nyokap tiri agan adalah istri dari bokap agan, dan sebagai suami, jelas bokap agan punya kewajiban menafkahi dan memastikan masa depan beliau.. Dan bagaimanapun juga dia adalah ibu agan yang walau tak punya hub. darah namun secara kekeluargaan agan tetap punya hubungan dengan beliau dan wajib menjaga beliau.. Sehingga saran saya, kalau emang ibu agan tidak punya penghasilan untuk mencukupi kebutuhan nya sehari-2, bagilah sedikit harta bokap agan kepada nyokap karena itu jg memang haknya dan sudah kewajiban agan untuk menjaga dan menghormatinya..

Bagaimana secara agama? Saya tidak tahu agama agan apa, tapi saya coba mengulas dalam sudut pandang agama Islam.. Dalam Islam hal-2 seperti ini sudah jelas diatur dalam Al Quran, apabila suami meninggal, maka untuk Istri yang sudah punya anak wajib mendapatkan bagian seperenam dari total harta suaminya, kalau tidak ada kakek dan nenek dari keluarga bapak, sisanya dibagi adil kepada anak-2 nya (dimana laki2 dua kali dari bagian perempuan). Dari sana sudah jelas, maka nyokap agan harus dan wajib diberikan seperenam dari total warisan bokap agan, sisanya dibagi kepada agan dan saudara-2 agan. Simple kan? Tegas dan adil juga, oleh karena itu apabila semua orang mau berpegang teguh pada Al Quran Insya Allah gak akan terjadi konflik2 dan perebutan harta seperti kasus keluarga agan.


Bukan ane jelek"in ya gan. Kmrn ni abang gw liatin buku judulnya kalo ga salah"sifat istri soleha". Dia gini gan, jadi anaknya selama kuliah bokap gw sekolahin ampe tamat. Nah pas test chevron itu anak dikasih tau trik ampe berhasil masuk dan kerja skrng, al hasil dia ga tau diri gan dlm arti kata ga ngehargai bokap gw. Nah yg nyokap tiri gw suka nyebarin yg buruk" soal keluarga gw termasuk bokap, dia jg suka komporin bokap gw jadinya gw ama bokap kurang deket. Main blakang dia pokoknya dengan mulut manisnya gan
Quote:Original Posted By edah5418
semoga bokapnye cepet sembuh....
aamiin


Amin, makasih bnyk gan
Quote:Original Posted By romsSchmeichel
hmm,
ini menyangkut pembagian harta, erat kaitannya dengan hukum..
setahu saya, ada 2 jenis hukum yang bisa berlaku dan mengatur ini:
1. hukum (jika menikah di pengadilan agama), dan;
2. hukum (jika menikah di pengadilan sipil).
...
kalau dia hukum waris (secara islam), ada hitungan dan pembagi nya om..
kalau yang satu lagi (saya lupa istilah hukumnya), semua harta yang diperolah sebelum menikah dengan istri ke-2, dianggap sebagai harga pribadi (bawaan), dan akan kembali ke masing2 pemilik..
contoh: A memiliki harta senilai 200jt, B memiliki harta 100jt, keduanya menikah dan memiliki usaha dll dengan total 100jt, maka ketika bercerai atau salah satunya meninggal:
1. harta 200jt si A sebelumnya tetap milik si A..
2. harta 100jt si B sebelumnya tetap milik B..
3. harta bersama senilai 100jt lah yang akan dibagi sesuai kesepakatan..
...
mohon koreksinya dari kaskuser2 yang mendalami jurusan hukum apabila ada penyataan saya yang salah..
terima kasih..


Gw kurang ngerti sah gan soal hukum tp setau gw bokap gw nikah sirih. Dan nyokap tiri sblm nikah ama bokap kerjanya *maaf ga bermaksud merendahkan* pembantu dirumah gw, dan karna gw nyaman dia pun dulu baik jadinya gw sebagai anak bungsu yg polos jg perlu belaian seorang ibu. Nah pertama dia baik aja gan, ampe dia bawa anaknya kalau ga salah gw kelas 6 sd, waktu itu langsung nampak sifat aslinya gan
Quote:Original Posted By Masahide
gile chevron bukannya 30-40jt yah sebulan?

Yah ngapain bagi emak Tiri, bukannya mikir jagain. Malah bahas warisan, udah keliatan lah busuknya


Jujur gan gw ga ngejar banget harta bokap, soalnya gw pernah tinggal ama nyokap gw 2 tahun pas kelas 4-5 sd,kerja nyokap gw cuma buat ketupat doang. Gw yg sakit hatinya gan gegara dia kedua abang gw jadi amburadul gan, dan dia jg suka dulu adu domba keluarga gw. Tp skrng semua keluarga bokap gw uda tau sifat dia
gimana klo kita culik ibu tiri lu, kita buang ke pulau tak berpenghuni emoticon-Mad (S)

moga cepat sembuh bokap lu
Quote:Original Posted By equator.bear
iya. bener kata agan atas ane

bapak ente aja belon (maaf) meninggal (dan semoga aja lekas sembuh), masa nyokap uda bahas warisan sik emoticon-Cape d...
bukannya doain emoticon-Cape d...
keliatan sifat aslinya emoticon-Big Grin

mending dibicarain sama ahli hukum saja.


kalo agan Islam, pembagian harta warisan itu boleh tanpa menggunakan perhitungan ilmu faroid. asal semua pihak sama2 rela.


Islam gw gan, kata abg gw dia aja yg ngurus soal pengacara. Tp skrng bokap uda mulai kerja, kata bokap kalo udah 1 th ga kerja berturut baru dikasih uang pesiun tambah 80%, lagian mnrt gw seberapa bnyk bener itu uang ujungnya abis jg gan
Quote:Original Posted By addien.suarez
ente agamanya apa? kalo islam pake hukum islam, dijamin selesai, bebas dosa gan


Islam gw gan, nah kakak bokap gw nyaranin cara ntu. Tp gw mah ngikut aja, gw yg penting kesehatan bokap. Kmrn ikut terapi alhamdulilah uda mulai mengecil tumornya.

Kata dokter kalau bnyk mikir ntr sakit kepala dia dan makin besar gan, nah abang kedua gw ni bertingkah gan. Kuliah dijkt 5th lebih ga tamat", pas disuruh jujur kiranya ga kuliah, disuruh plg baik" gamau
Quote:Original Posted By alpin123
gimana klo kita culik ibu tiri lu, kita buang ke pulau tak berpenghuni emoticon-Mad (S)

moga cepat sembuh bokap lu


Gw kalau ga mikirin dosa tanpa pikir panjang langsung gw kebiri gan. Amin gan, kalau dapet sembuh total