alexa-tracking

All about Kusen Alumunium, Kaca, Curtain Wall, Canopy Kaca, Pintu Frameless dll...

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55d2ae1edc06bd36518b456e/all-about-kusen-alumunium-kaca-curtain-wall-canopy-kaca-pintu-frameless-dll
All about Kusen Alumunium, Kaca, Curtain Wall, Canopy Kaca, Pintu Frameless dll...
Selamat pagi, siang, malem gan...

Yuk gan kalo ada yang mau tanya2 atau sharing mengenai all about alumunium dan kaca kita sharing disini...
Kebetulan dulu ane bekerja dikontraktor alumunium & kaca, ya sedikit banyak tau masalah beginian walaupun tidak ahli2 banget emoticon-Wink
Insyaallah thread ini ane akan update dengan info2 seputar alumunium dan kaca yang mudah2an bisa bermanfaat, menambah pengetahuan bersama.
Bagi rekan2 yang sama2 bergerak dibidang yang sama boleh ikut nimbrung disini gan, kita sama2 diskusi dan berbagi pengalaman..

emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Peace
Pilih Kusen Kayu atau Kusen Alumunium...???

Bagi agan2 yang punya rencana bangun rumah mungkin ada pertanyaan lebih baik pake kusen Kayu atau Alumunium?
Nah sebenarnya sih sama saja gan, tergantung dari agan lebih condong kemana maksud dan tujuannya.
Buat lebih memudahkan agan ane coba berikan sedikit pertimbangan ya gan..
1. Artistik
Kusen dari bahan kayu bagi kebanyakan orang menganggapnya lebih artistik gan, lebih alami apalagi jika ada motif serat kayunya. Namun hal ini kembali ke selera personal masing2 juga sih, bukan berarti yang lebih prefer menggunakan bahan alumunium juga tidak artistik, apalagi untuk bahan alumunium juga ada yang warnanya motif urat kayu.

2. Harga
Untuk harga lebih mahal kayu atau alumunium...? Ini juga tergantung kayunya pake jenis apa? Meranti, merbau, jati dll. Alumuniumnya juga mau pake yang merk apa? YK*, Indal*x, H*metal, Ale*indo dll.
Kalau alumunium harga terpengaruh juga dari: (Ane bagi yang alumunium aja ya.. )
a. Ketebalan (thickness) ada yang 0.9mm, 1mm, 1.3mm, 1.35mm, 1.7 dll
Tapi yang tersedia/ready dipasaran biasanya adalah 0.9 dan 1.1mm. Sedangkan tebal yang lain biasanya harus pesan dulu ke pabrik dan ada minimum quantity nya..
b. Finishing.
Finishing alumunium ada 3 macam, CA (silver), Anodize (Coklat, hitam), Powder coating (Terserah... yg ready dipasaran warna putih)
Untuk powder coating ini sebenernya sama spt agan milih cat gan, warnanya banyak, tapi biasanya jika agan pilih2 warna yang tidak lazim, misal orange, hijau dll itu pemesanannya butuh waktu yang lama gan dan harganya pasti lebih mahal.
c. Perawatan
Untuk bahan alumunium perawatannya mungkin hanya dibersihkan saja, tidak ada cat/politur berkala seperti halnya kayu.
d. Waktu produksi
Kalo agan mempertimbangkan waktu produksi, maka alumunium lebih cepat gan.
Jadi dari segi harga agak susah juga membandingkan lebih mahal atau lebih murah, tergantung jenis dan finishingnya juga..

3. Kekuatan/Daya tahan
Kalau kekuatan dan daya tahan sebenarnya juga tergantung juga, pada jenis2 kayu2 tertentu misalnya jati yang kualitas super daya tahannya juga luar biasa. Kalau bahan alumunium pastinya sih anti rayap, karena sampai saat ini belum ditemukan rayap yang doyan makan alumunium emoticon-Big Grin
Masalah cuaca..? Nah klo agan budgetnya terbatas ane sarankan pake yang bahan alumunium, terutama untuk posisi eksterior pasti tahan lama jika dibanding pake kayu (kecuali jenis2 kayu super ya..).

Mungkin ini bisa jadi sedikit pertimbangan gan.. Silahkan bagi agan2 yang lain mau menambahkan atau koreksi.
wah menarik juga nih infonya gan..
kebetulan orang tua ane ada 1 set jendela dari bahan alumunium..
pertama ane pikir ringan... ternyata berat juga ya...

nah yang jadi pertanyaan ane... apakah semua toko alumunium bisa pasang jendela/pintu alumunium?
soale pas ane tanya ke toko deket rumah, si tukangnya bilang belum pengalaman pasang dengan engsel spt yg org tua ane punya.

mungkin agan ada saran ?
atau ada rekomendasi tukang...
trims sebelumnya
KASKUS Ads
Quote:


Ya klo sdh digabung sama kaca ya berat juga gan.. hehe...
Biasanya jenis engsel jendela alumunium umumnya pake yg jenis engsel casement (coba googling penampakannya), jadi ya umumnya klo tukang alumunium sih sdh paham pemasangannya...
Emang tinggal dimana gan..?

Quote:

cimanggis
Gan, ane punya ruang kamar mandi. mau ane bikin kaya shower box gitu ukuran sekitar 1.5m x 1m, mau pakai kaca frameless yang tempered. kayak di hotel2 itu bos.. kira2 rekomend buat aksesorisnya apaan ya? kaya engsel2 buat pintu nya, dan buat dudukan ke tembok/lantainya pakai apa? thanks bos.. oiya, posisinya nantinya di pojokan bos, jadi kaca framelessnya nyiku / letter L gitu bos..
Quote:


Kalo untuk aksesories banyak pilihan merk gan, ane lbh prefer ke dekson, harga menengahlah.. secara kualitas mnrt pengalaman ane blm pernah ada komplain tuh..
Kalau jenih aksesoriesnya menyesuaikan layout, kondisi tempatnya gan, beda2 soalnya. Biar tidak salah agan gambar dulu aja layout, posisi pintu, pertemuan ke tembok dan lantai mau seperti apa, nanti dikasih pilihan sm tokonya.
Kalau kaca, umumnya untuk kaca shower adalah 10mm, harus ditempered ya gan, kalau tidak, ngeri pecah, soalnya kan itu kacanya ada yg dilobangin, dicoak juga, jadi mutlak harus diproses tempered dulu. Perlobangan dan coak harus benar2 presisi gan..
Harga mnrt perkiraan ane, dgn ukuran segitu sekitar 5-6 juta gan, termasuk ongkos pasang, kaca, aksesories dan sealant...
gan, ane ada jendela alumunium gede. ukuran lebar 120cm n tinggi 150cm
Spoiler for penampakan:

nah... karena tu jendela gede n cuma di kasih engsel atas doank 2 biji kiri kanan, tu jendela bukaannya jadi cuma kecil n gampang nutup lagi. soalnya kan berat tu jendela gan.
nah yang mau ane tanyain harusnya gimana tu gan... dikasih engsel tambahan di bawah buat nahan tu jendela biar bisa kebuka gede atau bisa dikasih macam hak angin gitu? ada ga sih hak angin buat kusen alumunium?? yg ane tau si biasanya itu buat kusen kayu.
ditunggu gan jawabannya, kalau bisa tolong dikasih gambar atau foto biar lebih jelas. thx u
image-url-apps
Quote:


Bantu jawab
Itu sepertinya engsel casement ya kurang besar gan jadi ga mampu nahan berat dari jendela tersebut..bisa dicoba ganti ja gan yg ukuran engsel casement yg ukuran 24" mungkin tapi yg merknya bagus
Quote:


untuk jendela seukuran gitu kira2 abisnya berapa ya gan? Ane pengen ganti kusen jendela ma pintu pake aluminium semua. Kalo bisa ada perincian biaya & ukurannya. Lokasi Tangerang.
kalo yg difoto itu kira2 brp inch gan?
misal ganti yg 24 inch bisa kuat dia gan, tanpa ada tambahan apa2 lagi?? merk apa yg bagus n harga brp?
kalo misal mau ane kasih macem hak angin gitu ada ga sih gan? bentuknya kayak gimana ya? n harga brp an?
thx u emoticon-Cendol (S)
Quote:


kalo ane saranin si mending di bagi dua aja gan. bukaan kiri kanan. lebih enak. anginnya juga lebih gede. ga ribet juga sama engselnya.
model gitu harus pake engsel yg kuat dia kalo ga suka ketutup terus...emoticon-Cape d... (S)

soal harga ane ga ngerti gan. mungkin bawah ane tau emoticon-Malu (S)
Quote:


Ane bantu2 sikit ya, kebetulan ane buka toko aluminium. (bukan promosi loh ya).

Dengan tinggi 150cm, hitungan dengan engsel casement windows 24" (Kurang lebih 60cm) sudah mencukupi daya tahan jendela. Tinggal di setel di skrup di bagian engsel untuk lebih longgar atau ketat. Kalau soal merk, yg harga ok dan kualitas terjamin bisa pake D*ks*n atau jg ada yg merk2 polos tapi ketebalan hampir sama dengan harga yg jauh lebih murah.

Salam. Kalau ada kata2 yg salah ane minta maaf dulu. emoticon-Blue Guy Peace
Wah ada thread mengenai aluminium nih, asik.
gan mau nanya, rencana saya mau pasang sendiri kaca paten dgn list aluminium, ukuran 180 x 80 cm, bahan2 yg diperlukan apa aja ya dan kira2 biayanya berapa? trims.
pas banget ada tread yang bahas masalah almunium,
kebetulan mau renov rumah..
kalau buat kusen almunium ukutan tinggi 210 lebar 84, plus pintunya.
kwalitas standart aja kira-kira kena berapa ya puh..?
image-url-apps
Quote:


Maaf nih, ane yg buat trit tp gk pernah ditengokin... emoticon-Big Grin
Iya betul kata agan diatas, sepertinya engsel casementnya kekecilan, paling tidak pake 24" aja, tp pake yg merk d*ks*n yah... emoticon-Big Grin
Sori bukan promosi merk, tp paling tdk itu sdh standartlah... Jgn yg polosan soalnya jendelanya gede..
image-url-apps
Quote:


Maaf gan agak kurang ngerti nih maksudnya.. Kaca paten yg gmn ya? Trus list yg spt apa..? Soalnya profil alumunium itu banyak bgt.. Bisa ribuan jenis..

image-url-apps
Quote:


Klo untuk harga, banyak faktor yg mempengaruhi gan.. Jadi lbh baik tentukan dulu spesifikasinya.
Contoh, kusen ada yg 3" ada yg 4". Finishnya ada yg anodize, powder coating, urat kayu. Merk abcde (banyak). Ini harganya jg beda2, perhitungannya biasa pake meter lari, misal (2.1 x 90) berarti kusennya adalah 5.1 m1.
Kemudian kaca, banyak jenis dan ketebalannya, tentunya harga macam2. Biasanya perhitungan P x L = m2.
Berikutnya sealant, perhitungan ada yg m1 ada pake satuan tube. 1 tube (300ml) bisa untuk sekitar 6-8 m1, harga macem2 tergantung merk dan jenisnya..
Selanjutnya aksesories, misal handle, lockcase, engsel dll.. Banyak macamnya, harganya variatif..
Yg terakhir mungkin quantity yah, sm spt yg lainnya quantity sangat menentukan harga, jd jgn heran klo misal agan denger disana per m1 segini kok disini lbh mahal.. Yah banyak pertimbangannya pasti gan, yg pasti samakan dulu spek baru bandingkan harga, biar fair..
Jd sekali lg banyak faktornya.
Kapan2 saya update cara perhitungannya diatas yah.. emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Gpp gan saling berbagi, tukar informasi, biar rame trit ini... emoticon-Big Grin
Quote:


Singkatnya ada harga ada kwalitas ya puh..emoticon-Blue Guy Peace
Takutnya entar kena penjual yang ga jujur, harganya mahal tapi kwaitasnya jelek...emoticon-Cape d... (S)
Maaf bukan buruk sangka ke penjual ya puhh...
Ane tunggu cara perhitungannya..
Terima kasih pencerahannyaemoticon-Shakehand2

×