alexa-tracking

Derita Cinta Beda Agama (True Story)

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55d01a90925233f82c8b4592/derita-cinta-beda-agama-true-story
Derita Cinta Beda Agama (True Story)
Ane cewek usia 24 tahun. 3 tahun yg lalu ane ngalamin hal2 sulit dan serba susah saat kuliah, merantau, jauh dari orang tua. Saat itu ane masih semester 6, tanggung bgt kalo harus ninggalin kuliah, tp duit n smangat uda kagak ada, maklum anak orang gak punya.. Ane sejak remaja uda bergaol ama lingkungan rawan, ngeband, rokok, minum, freesex, kongkow, dan yg gak berguna lainnye. Saat itu ane dah berusaha ninggalin dunia kyk begituan untuk fokus kerja n kuliah. Tp gan rasanye pait deh berjuang sendirian, nangis sendirian, mau meraih cita2 aje godaan byk bener dah.. Waktu itu ane mendekatkan diri sama yg di atas biar diberi kekuatan.. Ane jg berdoa biar ane punya temen yg setia, entah cewek atau cowok, sahabat yg katanya selalu ada n tulus ga minta imbalan. Karena ternyata buayaknya temen ane di perantauan tapi tai semua, makanya ane pengen punya sahabat yg bener2 sahabat.

Setelah itu ane ketemu tetangga sekampung ane, se RT, beda gang doank.. Terakhir ketemu ane masih SMA, sebelumnya lagi ketemu waktu ane SD. Dia 8 taun lebih tua. Saat ini dia keliatan suka n kagum sama ane yg sekarang jd cewe cantik. Karena sebelumnya ketemu ane yg masih SMA ane masih tomboy jelek n kucel gitu..

Sebenernya ane ama dia uda paham kita tetangga n beda agama. Dia islam ane katolik. Walau naksir kyk gimane..mending gausah pacaran karena bakal repot.. Tp namanya jg cowok dia mepet ane trs dengan cara dia bantu ane kuliah.. Waktu itu dia 2 taun sudah kerja n tergolong sukses jadi duitnye tumpeh2.. nah dia kasian liat ane banting tulang buat selesaiin kuliah, ditambah lingkungan yg rusak.. Selain dia bantu biaya kuliah n makan ane,dia jg jagain ane walau dia sibuk kerja.. Tiap weekend dia nyamperin ane diperantauan walau harus nempuh 3jam naik mobil, ngabisin waktu bareng tiap weekend. Dengan pengalaman dia di jaman kuliahnya yang juga serem sampe jd bandar narkoba n jatuh bangun selesaiin kuliah smpe jadi orang bener kek sekarang, dia pinter bgt cara jagain ane n bikin ane ikutin cara dia berubah lebih baik n fokus ama kuliah.. Ane belajar banyak dari dia. Uda setaun LDR, dia akhirnya pindah kerjaan di kota ane merantau. Dia tinggalin kerjaan yg uda bikin dia sukses n mulai dr nol lagi di kerjaan baru sambil jagain ane. Ane sebenernya ga suka keputusan dia pindah tp dia keras kepala. Ane sendiri juga keras kepala n ga suka dikekang.

1 tahun ane sm dia lalui hidup bersama merantau di kota orang.. Dengan keadaan yang beda jauh kek sebelumnya, sekarang duit pas2an. Kagak bisa makan di restoran, nongkrong, shoping, nonton konser, nonton film, apa lagi dugem.. Membuat kami terpaksa berpola hidup sehat dan hemat. Satu kost n satu kamar pun kami lakukan karena duit mepet. Kebayang kan kehidupan yg bebas kayak gimana..

Uda ga bisa dipungkiri kita udah "kejeron". Bahasa jawa yg artinya terlalu dalam. Iya hubungan yg mau tidak mau harus dijelaskan dan punya masa depan. Karena tidak ingin seperti cerita2 tmn2 yg beda agama n susah buat bersatu, ane berkomitmen sm dia kalo ane bakal ngalah n masuk islam nantinya. Walau sadar bokap ane seorang prodiakon (seperti pendeta/ustad) yg mempimpin doa n jg kotbah dijemaat katolik, ane pikir semua bakal baik2 aja, setelah ane lulus ane bakal kerja n bener2 kerja biar ortu ane bangga, dan setelah itu ane yakin ortu ane biarin ane pada pilihan hidup ane nanti, termasuk pindah agama..

Waktu skripsi semangat ane menggebu2 n pgn cepet2 kerja, dia kerja keras n ga brenti semangatin ane. Kebayang kan so sweetnya sampe tmn2 iri sama ane punya cowok sebaik dia. Cobaan mulai muncul. Setaun yg lalu ane jatuh terduduk krn terpleset sehabis boker di wc. Sekarang mulai terasa sakit dari dampak jatuh itu, yaitu syaraf terjepit di lumbal tulang belakang. Nama medisnya HNP, kepanjangan dari hernia nucleus pulposus kalo ane gak salah, yaitu penonjolan pada diskus yg luka yaitu bantalan antara ruas2 tulang belakang dan penonjolannya menjepit syaraf lain. Selama 3 bulan ane menderita sakit pinggang, pantat sampe kaki n susah buat jalan. Setelah MRI n divonis dokter seperti itu, katanya cuma oprasi solusinya karena level sakit ane sudah parah n terlambat n sampe tulang belakang ane jd skoliosis sampe miring 30 derajat ke kiri karena ga kuat jalan tp dipaksa. Ane dah nyoba penyembuhan alternatif kemana mana. Dia yg selalu setia n selalu ada paling ngerti masa2 sakit ane waktu itu sampe skripsi selesai. Namun akhirnya duit habis n defisit karena buat berobat ane. Ga kuat dan uda dikuat2in ternyata kita berdua menyadari uang ga cukup lagi buat hidup berdua, sampe banyak utang n jualin barang2 yang kami punya. Karena ortu ane juga kawatir, akhirnya ane mutusin istirahat dirumah di kampung halaman mumpung skripsi dah selesai. Ane sama dia jadi LDRan lagi tp kebalik tempatnya, ane yg di rumah, dia yg merantau, setidaknya ane gak bebani uang makan dia lagi.. Nyesek broh...

Karena karakter dia yang keras kepala n ga bisa jauh dari ane, dia pindah kerja lagi di kampung halaman. Sampe saatnya wisuda ane masih sakit n makin ga bisa jalan n berdiri lama2. Jalan ane bungkuk n miring, muka ane dah keliatan orang sakit banget. Ane tau harusnya ane pake kursi roda tapi ane ogah n berusaha pengen jalan walau bentuk badan ga karuan. Temen2 satu kampus jd pada tau semua kalo ane sakit. Waktu jalan nerima ijazah dari rektor aja ane harus dipapah panitia. Mereka pada kaget karena ane orang yang mreka kenal adalah tomboy, rocker, ga bisa diem, aktiv, populer, banyak relasi, tersohor sebagai org gokil lah di kampus.. Dan mampuslah ane setelah wisuda ane ga bisa kerja, ane down dan mengalami hal terburuk dalam hidup ane berjuang sama sakit HNP yg uda parah. Gimana kagak gila, mau oprasi, kalo gagal bisa lumpuh, terapi sana sini uang uda kagak ada.. Semua orang merasa kasihan tp bingung mau nolong gimana.. Bersyukur ane punya ortu yg sabar ngerawat ane.. Anak pertamanya yg sarjana n diharapkan sukses n bikin bangga malah bikin nelangsa.. Sakitnya tuh di sini vroh..

Hari demi hari pil pahit sudah menjadi semanis permen.. Cobaan terus datang, sebenernya ini cobaan lama tp dikubur akhirnya bangkit lagi, yaitu masalah beda agama. Saat seperti ini dimana semua orang2 kampung dah rame ngomongin hubungan ane sm dia yg beda agama. Karena sudah serumah sama bokap nyokap, cepat lambat akhirnya bokap angkat bicara juga. Bokap ngrasa salah uda biarin n nyuekin ane pacaran sm org beda agama. Bokap ane juga nyadar klo anaknya uda dibantu mati2an sampe lulus. Tp bokap juga sebagai kepala keluarga juga punya prinsip. Misal mau serius n nikah, harus nikah pemberkatan di greja, walau dia masih islam n tanpa pindah agama, tanpa merubah KTP, gereja memperbolehkan pernikahan katolik dg agama lain, begitulah kata bokap ane. Tp apa mau dikata, seperti imposibel jika dia n keluarganya mau nikah gereja. Ane bilang mau pindah agama n nikah ijab aja malah terciptalah perang mulut n airmata antara ane n bokap ane. Rumah jd kayak neraka buat ane. *petirmenyambarduerrrr

Renungan n hening yg menemani hari2 berat ane.. Ane harus fokus sama kesembuhan ane n semangat buat sembuh. Saat terapi pake nuga best (ranjang pijat khusus tulang belakang) yang diharapkan memberikan kesembuhan, setiap hari ane harus terapi pake alat itu dan sakitnya minta ampun gan.. Tiap terapi ane nangis kejang kesakitan sampe yg liat ga tega n ikut takut n bingung pasrah. Terapi model apapun n sakitnya mau gimanapun ane uda terbiasa.. Terapi sakit, jalan sakit, tidur sakit, duduk sakit, apalagi kimpoi gan.. Ane bener2 uda down n susah buat mikir positif, banyak info dari temen2 kalo sakit ini susah sembuh, ane bener2 ngerasa dpt azab dari Tuhan.. Dengan kepiluan n ketakutan hanya bisa nangis tiap malam di kamar. Ane uda ngrasa ga kuat hadapi semua ini, ati ane campur aduk rasanya, menderita ane rasain.. Depresi n frustasi pasti. Tiap malam ane harus minum obat penenang n penghilang rasa sakit dr dokter biar bisa tidur. Kalo ga minum obat itu bakal melek sampe pagi bahkan 3 haripun kuat karena kesakitan. Saat2 rapuh seperti ini siapa lagi yg ane cari kalo ga Tuhan.. Ane cuma bisa mohon ampun n mohon jangan siksa hamba seperti ini.. Ane bener2 nata ati ane untuk Tuhan yang udah lama ane remehin kebesaranNya. Ane serahin semuanya sama Dia, ane tau ini pantas buat ane, ane uda byk lakuin dosa saat sehat, ane ga pernah jagain badan ane sendiri malah ane sia2in. Sakit ini jadi penebusan dosa ane. Ane ga tau arti semua ini, kenapa ane dikasih sakit. Ane cuma pasrah sama yang di atas.. Sampe ane merasa siap mati saat ini..

Hanya bisa berdoa di setiap hari2 ane, tobat n mohon ampun..Yg psti jg bersyukur yg tiada henti karena banyak yang lebih menderita.. Ane katolik, ane punya kepercayaan. Ane tau ane salah n sudah PHP sama pacar ane. Ane yg rencana mau pindah agama tapi ane jd berubah pikiran karena ane sakit. Dia jg sadar ane ga bisa disalahin, dia terpukul, marah dan buntu tak tau harus gimana. Dia jg pernah ngalamin hal serem yg sama, yg hampir mati n bikin dia percaya adanya Tuhan n iman. Dia jg punya iman n prinsip kuat, dia ga mau punya istri beda agama, dia juga sulit n ga bisa perjuangin ane lagi. Hancur banget ati ane dengar n liat dia nyerah.

Saat ini kami berdua tengah pilu dan galau segalau2nya manusia..Tak tau harus berbuat apa.. Dia masih berjuang keras banting tulang bekerja untuk cicilan ini itu, dah didesak untuk cepet nikah karena dia anak terakhir dan 3 sodaranya udah berkeluarga n punya anak. Usianya saat ini 32 tahun dan belum nikah jadi bahan olok2 temen2 kerjanya di kantornya. Dia ngerasa kehilangan banyak waktu n sulit untuk dapet jodoh. Ane yang uda ditungguin 2 taon n jadi harapannya malah menjadi penghancur masa depannya.. Begitulah kata dia yang terus menyalahkan ane.

Ane sedang berjuang sama penyakit ane.. Rencana yang baru2 kemarin diputuskan keluarga ane yaitu menembuh jalan oprasi untuk sakit ane. Serem ane denger kata oprasi, kalo masalah biaya ada BPJS yang katanya membantu, bukan biaya tapi masa depan yang dipertaruhkan untuk hal ini.. Ada2 aja masalah baru2 ini soal BPJS haram yang bikin kaum susah seperti ane deg2an, gimana kalo ane kagak jadi oprasi karena BPJS trouble. Entahlah ane nurut apa kata bokap aja..

Karena bokap ane orang yg penuh perhitungan, sampe sekarang ane belum dioprasi, mulai konsultasi ke dokter tentang oprasipun belum. Kata bokap ane lagi ga ada uang. Walau oprasi biaya terjamin BPJS namun transport, makan, rawat jalan diawal dll, bokap pikir belum mampu n harus nabung dulu.. Padahal dilogika mustahil untuk nabung karena pensinunannya udah mentok buat makan bertiga sehari2 n bayar listrik.. Belanja lain2pun ga mampu apa lg berobat. Entahlah kemana pikiran bokap ane saat ini, ane cuma di rumah tanpa aktivitas cuma tidur, makan, mandi, boker, tidur lagi, sambil mainan hp. Ane coba jualan online biar pikiran ane positif daripada ane fusing n cuma bisa update status galau doank di sosmed.

Saat ini ane hanya bisa sabar dan berdoa.. Kepingan kekuatan sedikit demi sedikit ane bangun untuk diri ane agar ikhlas n tetep kuat hadapi hari esok walau pahit.. Ane percaya Tuhan punya rencana indah buat ane..

Dia juga fokus sama kerjanya.. Kontak n telepon uda jarang, cuma kalo perlu penting.. Manggil sayang aja uda enggak. Sesekali ketemu melepas kangen, pelukan, ciuman, tiduran, namun setelah itu pikiran n ati ane kacau balau lagi. Seneng tapi menyakitkan. Ane cuma ngerasa sedih n kesepian, sahabat ane ya cuma dia, keluh kesah cuma sama dia, memang hanya dia yang selalu ada. Ane masih berharap dia berjuang n mau nikah gereja. Walau ati ane berperang hebat sama iman ane tapi ane bersedia masuk pindah agama setelah nikah gereja nanti. Tp dia tetep ga mau, dia maunya ijab karena ogah punya akta nikah gereja. Dia bilang kalo perlu nikah lari atau bilang ke bokap ane kalo ane uda ga virgin biar dia tanggung jawab. Ane bingung dia merjuangin cinta apa cuma surat nikah, ane tambah fusing karena bukan perkara ane jadi pindah agama atau tidak tapi keegoisan orang tua masing2. Ane juga bingung uda usaha hamil tp ga hamil2. What d hell..

Mending diam n tak membicarakan soal nikah. Kalo buka percakapan cuma bisa perang n adu argumen, saling egois bela agama n keluarga..Itu pasti.. dan selalu begitu. Sudah tak ada sisa kekuatan ane buat debat.. Saat ini ane semakin jauh n kehilangan dia, semakin hancur namun semakin ane sadar ane begitu kuat. Kesehatan ane aja belum kelar, entah bisa sembuh atau tidak ane uda pasrah n serahin semua sm Tuhan. Setidaknya ane bisa siap kalo bentar lagi ane mati, memang ga ada habisnya mengharapkan kebahagiaan duniawi, yang ada cuma kekecewaan. BERHARAP ITU SAMA TUHAN AJA, dijamin kagak pernah ada kecewanya, di dunia maupun akherat.

Demikian sharing ane gan, ane juga penasaran ending dari kisah hidup ane ini.. Kagak mau tau juga endingnya gimana karena ane bukan Tuhan. Silahkan kalo mau ngasih masukan atau cacian.. Kalo temen2 n sahabat ane uda pada pergi, mental n ogah komen apa2 lagi, mereka cuma bisa doain kesembuhan ane n semangatin ane..

Semoga bermanfaat utk pelajaran hidup kita masing2.
God bless u all gan emoticon-Smilie
berjalan di jalan yang berbeda dg orang lain emang butuh banyak sabar dan cuma lu doank yg bisa nguatin diri.
berharap pd orang lain juga susah, mereka ga ngerti gimana dirimu. kenapa km begini, berbeda dg mereka.
well... klo dah beda, yaa mending ga usah pikirin org yg berusaha jatuhin jelekin menghina dll.

image-url-apps
mudah2an ane jangan sampai dapat azab dari Allah SWT emoticon-Frown

ngeri juga ya penyakit HNS cuma karena terjatuh di wc dengan terduduk

mudah2an ts bisa sembuh amin emoticon-Smilie
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:

gk nyambung gk bca smw ya ? emoticon-Nohope
image-url-apps
kapan rencana operasi?
image-url-apps
g ngerti
image-url-apps
Agama itu Tuhan ciptakan bukan untuk menyusahkan manusia... Tapi ego manusia lah yang membuat masalah2 kaya gini terjadi... Buat apa seiman kalo perilaku buruk... Pernikahan beda agama juga bukan masalah asal bisa saling toleransi dan tidak merasa agamanya lah yg plg benar..

Kutipan dari dalai lama :

”Agama yang paling baik adalah agama yang membawamu terdekat dengan CINTA (Tuhan).
Agama yang membuatmu menjadi orang yang lebih baik”

Apa yang membuat saya menjadi lebih baik?”

Beliau jawab:
“Apapun yang membuatmu lebih berwelas asih, lebih masuk akal, lebih
terlepas, lebih mencintai, lebih memiliki rasa kemanusiaan, lebih
bertanggung jawab, lebih etis. Agama yang melakukan semua itu terhadapmu
adalah agama terbaik”.

Semoga bisa membantu

image-url-apps
kasian
mau dugem aja ga bisa sedangkan ane tiap hari sampe gotong2 orang kalo plng
image-url-apps
Quote:


Setuju emoticon-shakehand
image-url-apps
*pukpuk* turut prihatin, Sis. Saya doakan untuk kesembuhan ente ya.

Baca cerita ente bikin saya pengen share walau pokok masalah beda, tapi ada kesamaannya. Dulu waktu saya pacaran, saya ngotot mempertahankan hubungan saya karena naif. Berpikir sudah komitmen, jadi walau ga bahagia karena sering bertengkar, ya saya jalani. Tapi ternyata kemudian saya dapat sakit, lalu berobat. Orang lain yg penyakitnya sama, sembuh, saya engga. Padahal doa ya ga putus-putusnya. Akhirnya saya diputusin karena itu. Dia memilih yang lain dan meninggalkan saya yg sedang sakit.

Sesudah beberapa waktu berselang, ayah saya dapat info obat dan saya minum obatnya. 3 bulan sesudahnya saya sembuh.

Kalau saya melihat ke belakang, sesudah saya pikir2, sepertinya saya kena sakit karena itu 1-1nya cara untuk membuat pacar saya meninggalkan saya. Padahal seharusnya, dulu saya bisa memutuskan dia, entah karena menangkap basah dia berselingkuh atau sesederhana karena benar2 tidak cocok dari awal.

Berpasrah pada Tuhan, Sis. Biar Dia memberi damai di hati. Kalau memang jodoh, sesulit apa pun, bahkan sampai harus menembus api, akan lewat juga. Tapi kalau tidak jodoh, biarpun berusaha tidak akan sampai.
image-url-apps
kenapa ya dogma2 agama kok cenderung pada eksklusif? jadi sekat utk nikah campur susah sekali,apalagi di negri ini
ps: ane jg lg pacaran beda agama emoticon-Frown
image-url-apps
Quote:



Gak nyambung ente bray emoticon-Big Grin
Langsung ngejar pertamax ya..cieeee

amin..thx ya :)

image-url-apps
Quote:

thx sharingnya sist.. :* :)

image-url-apps
Quote:

Membantu bgt gan.. thx ya gan :)

image-url-apps
Quote:
...............
image-url-apps
Dr pertama baca post lu sist, mnurut gw kesalahan lu yg pertama adalah mengandalkan manusia, lu lupa utk mengandalkan Tuhan, kita pasti kecewa kalo mengandalkan manusia,

Trus kalo emg lu ngerasa bersalah n mau berubah,jgn lakukan lagi kesalahan yg sama, berbalik arah 180° dan lakukan yg sebalikny, hal2 yg blm pernah lu lakuin sebelumnya, dan mendekatkan diri sm Tuhan

Di katolik pakeny Puji Sykur yh, mgkn ada baikny klo Sist baca Alkitab, bisa didowload aja, dr situ lu bs mengalami terobosan2 Tuhan (bnyk kesaksian sperti itu yg udh ngalaminnya), ada cerita perempuan samaria yg ketahuan berzina dan dibwa kehadapan Tuhan, kalo menurut hukum pd saat itu perempuan yg ketauan berzina hrs dilempari batu sampai mati, tapi Tuhan membebaskannya,menyuruhnya pulang,dan jgn melakukan kesalahan lagi, jd Sist, gw percaya sebesar apapun kesalahan yg udh lu perbuat kalau lu mengaku salah bertobat dan minta ampunan sm Tuhan pasti akn di ampuni,dan jgn mengulangi kesalahan yg sama lagi,

Utk penyakit dan keadaan keuangan kluarga yg lu hadapi, berat sekali pastinya di posisi lu, tp gw percaya disitulah kemuliaan Tuhan akn dibuktikan dlm hidup lu, mgkn ada baiknya kalo lu rajin doa puasa, doa puasa itu ibarat org mau nyampai ke tujuan tp lewat jalan tol jd lbh cepet nyampenya,

Utk skr cowo beda agama lu, gak usah dipikirin dlu, yg udh terjadi yg sdh terjadi,pengorbanan yg dia lakukan udh sewajarnya karna dia mau serius sm lu pd saat itu,tp klo dia nyalahin lu, well hello..gak ad yg mau ada di posisi lu saat ini,lu jg mngharapkn kbahagiaan sm dia, Sist mgkn aja Tuhan pny rencana lain utk lu,wlupun lu hrs pisah sm dia,

Lebih baik fokus hadapi masa skr, gak usah berpikir ke masa depan ataupun melihat ke masa lalu, jgn jg menyalahkan keadaan org tua yg krg mampu, smuanya udh trjadi,

Ini ada cara lain jg, katany confess (mengaku, diucapkan dgn kluar suara) kalau sakit ini akn sembuh dan sdh sembuh krna lu sdh ditebus dan oleh bilur2nya, oleh kuasa darahNya sakit lu sembuh, sambil disalibkan di daerah yg sakit smbil di sebut dlm nama Tuhan Yesus.

Lu percaya atau nggak yh, bnyk kok yg mengalami mujizatNya,dgn imanmu km sembuh dan apa yg km minta.dlm namanya akn dikabulkan (klo utk kebenaran n kebaikan yh).

Gbu yh Sist n
Keep strong in God
image-url-apps
semua keputusan memiliki resiko masing2 dan pastinya akan dimulai dari 0 kembali ketika pilihan telah diputuskan, entah melanjutkan perjuangan cinta atau kembali dengan keluarga

1 poin aja sist, renungkan masak2 karena agama akan kehilangan esensi nya saat kepentingan manusia menjadi dasar pilihan
image-url-apps
liat thread ane kemarin gk?

kita senasib sist

kenapa tuhan nyiptain hati klo cuma untuk di patahkan emoticon-Turut Berduka.

tp gw skrg udh move on. serius udh move on emoticon-Mewek. . kok ada yg naro bawang di mari dah ah emoticon-Traveller
image-url-apps
Kalo ane mungkin kasih pendapat aja Sis, coba berdoa sesuai kepercayaan Sis, mintalah petunjuk jalan mana yang sebaiknya diambil: apakah tetap berjuang bersama doi atau mungkin ada jalan lain yang lebih indah. Juga yang ga kalah penting, tetap berdoa dan yakin bahwa Tuhan akan segera beri kesembuhan untuk Sis. Emang sih, kelihatannya kok aturan agama ini mengekang apa yang kita mau dan rasakan, tetapi yakin aja bahwa dibalik semua ini, ada rencana Tuhan yang indah buat Sis dan dia, juga keluarga masing-masing.

Ane mungkin cuma bisa turut doakan, semoga Sis bisa segera sembuh, juga Sis dan doi sama-sama mendapatkan jalan terbaik dan terindah dari Tuhan.