alexa-tracking

Apakah Harus Mengugurkan Kandungan?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55cc11d4642eb64a148b456c/apakah-harus-mengugurkan-kandungan
Apakah Harus Mengugurkan Kandungan?
Assalamualaikum wr.wb
Agan dan sista, sebelumnya perkenalkan ane pria berusia 24 tahun yg sudah menikah selama 2 tahun, dan alhamdulillah sudah di kasih momongan anak perempuan yg cantik.
Walaupun ane dan istri ane sudah menikah dan di karuniai seorang anak, tetapi ane dan istri ane tidak tinggal satu rumah, kecuali hari libur.
Istri ane tinggal di kota A bersama orang tuanya, dan sayang nya ane harus tinggal di kota B dengan alasan tutntutan pekerjaan. dan setiap hari libur kerja ane pulang ke kota A untuk bertemu istri dan anak ane tercinta.

Ane mau share masalah yg ane sedang hadapi saat ini, dimana istri ane sekarang sedang hamil lagi anak yg kedua karena gagal KB. Sudah di Testpack dan di USG hasilnya positive hamil 6 minggu.

Masalahnya, ane bingung senggang usia dari anak ane yg pertama sampai calon anak ane yg ke dua tidak berbeda jauh. anak ane yg pertama sekarang berusia 10 bulan dan sedang lucu lucu nya. dari sisi istri ane juga belum siap kalau harus hamil lagi, pasalnya kelahiran anak ane yg pertama melalui operasi sesar, dan sampai sekarangpun luka sesarnya masih suka sakit. dan kalu sampai istri ane hamil lagi dalam jangka waktu dekat ini pasti akan sangat beresiko. Ane dan istri sepakat untuk mengugurkan kandungan istri ane yg masih berusa 6 minggu, mengingat luka bekas sesar istri ane belum benar2 sembuh dan kasihan anak ane kalau harus punya adik lagi di usia sekarang.
Akhirnya ane dan istri pergi ke dokter kandungan setempat dan konsultasi tentang masalah yg ane alamin saat ini, dan dokterpun menolak untuk menggugurkan kandungan istri ane. dokternya bilang "Lanjutkan saja bu hamilnya, banyak2 berdoa untuk kelancaran kehamilan nya sampai nanti proses lahirannya". ketakutanpun mulai mendera, mulai dari takutnya belum siap nya rahim istri ane untuk di isi karna luka sesar yang belum benar2 sembuh sampai bagaimana nanti anak ane yg pertama ke depannya harus berbagi kasih sayang ibu dan ayah nya dengan adik nya.

Syetan pun berbisik, apa sebaiknya di gugurkan saja kandungan nya dengan menggunakan obat penggugur kandungan tanpa mematuhi saran dokter untuk melanjutkan kehamilan. lagi lagi istri ane pun setuju saran ane untuk mengugurkan kandungan dengan obat pengugur kandungan.
sempat ane cari2 di internet tentang obat tersebut, sampai2 ane berniat untuk membelinya tanpa memikirkan efek samping dari obat tersebut. berbagai upaya telah ane dan istri ane lakukan untuk mengugurkan kandungan istri ane, dari mulai meminum minuman soda, sampai skiping sebanyak2nnya, mengingat mumpug usia nya baru 6 minggu dan janin nya pun baru sebesar biji jagung, tidak akan jadi masalah apabila di gugurkan. upaya ane dan istri ane pun gagal. istri ane tidak sama sekali mengalami keguguran, dan janin yg ada di dalam rahim istri ane terus berkembang.

Ane yg putus asa saat itu tidak tahu lagi harus bagaimana selain pasrah atas kehendak-NYA, dalam hati ane berdoa "Ya allah jika kehendak engkau menitipkan kembali se orang anak pada kami itu baik, maka permudahlah segaglanya".
ane sadar yg ane lakuin untuk mengugurkan kandungan istri ane sangatlah berbahaya dan beresiko, di samping itu ane berdosa jika sampai melakukannya.
akhirnya ane sadar, bahwa kehendak-NYA tidak ada yang salah, semua sudah di atur, tinggal kita yg menyikapi nya dengan bijak.

Walaupun ane sudah sadar bahwa mengugurkan kandngan istri ane bukanlah solusi yg terbaik, tapi tetap saja ane suka terfikirkan untuk melakukannya. Apalagi kalau sudah melihat anak ane, dalam hati kasihan juga anak ane umur segini udah harus punya adik.

Barangkali agan dan sista memunyai pengalaman yang sama dengan yang ane alamin. mohon masukannya apa yang seharusnya ane lakukan.

Terimakasih agan dan sista, sudah berkenan membaca

Wassalamualaikum Wr.Wb


UPDATE
Terimakasih agan dan sista atas masukan nya.. sekarang ane sadar bahwa nggegugurin kandungan itu bukanlah solusi dlm masalah ini. mulai sekarang dan ke depan nya, ane dan istri ane bertekad untuk melanjutkan kehamilan istri ane apapun resiko yg akan kami hadapi.
Mohon do'a nya dari agan dan sista semua, semoga kehamilan istri ane yg ke 2 ini tidak mengalami banyak kendala, dan di lancarkan sampai proses persalinan nya.. amien ya rabb..

Insya allah ane akan update terus tiap bulan tentang kondisi istri ane dan calon bayi ane sampai istri ane melahirkan.

Sekali lagi, terima kasih agan dan sista yg udah ngasih masukan.
image-url-apps
Banyak yang ingin punya anak, sampai bertahun2 ga punya anak. Ada yg sampai program bayi tabung segala. Kok ente malah mikir nau gugurkan anak? emoticon-Hammer2

Anak itu anugrah, Gan. Ya anak ente kali seneng2 aja dapet tenen main nanti kalo sudah besar.

Tolong dijaga anaknya dan bersyukur dipercaya Tuhan dengan anak ke-2.
Kalau tetap dilanjutkan, istri beresiko karena barusan saja selesai melahirkan.
Kalau digugurkan, beresiko juga karena salah-salah bisa menimbulkan efek samping yg berbahaya.

Menurut saya ikuti saja saran dokter.
Toh disebutkan diatas kalau hanya ada dua masalah kan?
Pertama, takut istri kenapa-kenapa karena baru selesai melahirkan, Yang kedua, kasihan anak anda karena masih kecil sudah punya adik.

Jadi tidak ada masalah ekonomi kan?
Kalau masalah istri takut karena baru saja selesai melahirkan, percaya saja dengan dokternya. Kalau sudah it's ok ya sudah. Kalau belum yakin coba ganti dokter lain.
Untuk masalah kedua, kasihan masih kecil sudah punya adik. Gapapa juga toh bisa jadi teman main dan saling jaga.

Terlepas dari itu semuanya dikembalikan ke agan sendiri sebagai kepala RT.
Lebih baik berdoa sesuai agama agan, dan tanyakan pada ortu / orang yang lebih pengalaman.
KASKUS Ads
image-url-apps
emoticon-Mewek Ya Allah gan, itu darah daging ente sendiri
janin itu punya dosa apa sampe ente tega punya niatan kayak gitu
banyak yg bertahun" gak punya anak sampe ikut program bayi tabung ngeluarin dana gak dikit aja rela, sampe yg ngangkat anak saking pengennya punya anak
ente yg dikasih mlh tega mau ngebunuh janin itu
lagipula dokter uda bilang gakpapa kan, napa ente gak percaya sih
banyak yg anak pertamanya blm usia 1th tp ibunya hamil lg
image-url-apps
inget dosa mahmen emoticon-Cool
image-url-apps
Gan,percaya aja ama YANG KUASA,agan uda dibri keprcayaan buat nambah lagi anak,knapa ga..emang scara medis sangat beresiko utk oprasi caesar jika anak pertama blom gnap 2 taun untuk hamil lagi..
Smpat dpat pngalaman dr teman yg bininya 2 kali oprasi caesar,jaraknya dekat2 gan,bisa normal dan sehat kok..agan percaya aja sama kuasa Tuhan ktimbang agan gugurkan,dosa gan..
image-url-apps
kalo janin yg sekarang ente matiin emang yakin ente masih bisa punya anak lagi?
Ente pikir ente bisa mendikte Tuhan? emoticon-Blue Guy Peace
image-url-apps
Coba search deh di jakarta cuma 1 rmh sakit yg menerima mengugurkan kandungan. Cuma gw lupa rs mana, kalo ga salah rs. Dharmais atau rs apa yh, lupa banget..
*tahu karn sepupu juga kondisinya kasusnya seperti itu dan berhasil.
image-url-apps
istilah siap gak siap itu relatif kalau ente bilang gugurin karena rentang bulannya pendek lah bagaimana dengan ibu yang berhasil anak kembar yang rentang waktunya beda beberapa menit emoticon-Smilie

kalau soal kematian dikarenakan lahir anak, orang lagi sholat juga bisa meninggal emoticon-Smilie
image-url-apps
tega bener anak sendiri mau dibunuh emoticon-Mewek
kalo gak mau kenapa bikin brey emoticon-Mewek
image-url-apps
innalillahi.. Miris ane baca nya
alesannya karna anak masih umur 10bulan
Lha, ntar kalo baby nya lahir kan si kakak udah 19bulan, udah bisa jalan juga.
Trus luka bekas operasi, ane rasa seiring jalannya bulan juga gak kenapa kenapa tuh, agan n istri aja yg terlalu parno.

Banyak2 bersyukur gan! Istigfar
Astagfirullah

Segala udah coba obat gugurin kandungan, hadeehhhh.. Gak sayang anak, gak sayang bini, gak sayang diri.
Untung gak kenapa kenapa tu bini ente minum obat peluntur.
image-url-apps
Saran saya singkat aja: pertahankan kehamilan istri kamu.

Suatu saat, setelah anak kedua kamu lahir, kamu akan menangis ketika menggendongnya karena teringat pernah berniat mengugurkannya. Namun di sisi lain, kamu akan merasa lega & bersyukur bahwa kamu tetap mempertahankannya.
Sekedar cerita,
ini mirip kasus temen ane gan,
kebetulan dia menginginkan seorang anak laki-laki,
dia juga mengalami dilema seperti ini mengingat usia anaknya masih dibawah 1 th dengan kelahira caesar,
Entah apa yang mempengaruhi pikiranya hingga ia & istrinya bertekat mempertahankan janin itu,
Begitu lahir dengan keadaan ibu dan bayinya selamat, ternyata berjenis kelamin laki laki seperti yang ia harapkan selama ini.

ane ga punya banyak saran, keputusan ada ditangan ente & istri,
dan semoga keputusan kalian adalah mempertahanya

Seandainya ambil keputusan mepertahankan,
mengingat begitu beresikonya kandungan itu,
sebaiknya sesering memonitor kondisi kehamilan dengan konsultasi dokter emoticon-I Love Indonesia (S)

image-url-apps
Quote:


Sependapat sama sist ini...

Anak itu anugrah gan... ane dan istri aja sampai saat ini menginginkan seorang anak, namun belum bisa... agan yang diberikan malah ingin membuangnya begitu saja...

Masalah anak dalam kandungan, dokter sudah memberikan pendapat kalo bisa dipertahankan, dan apabila mengancam nyawa sang ibu dokter pasti sudah mengambil tindakan lain... jadi ketika dokter memberikan pendapat untuk mempertahankannya, artinya tidak ada masalah serius yang akan dialami sang ibu saat melahirkan nanti....

Masalah anak pertama, itu kan tinggal tergantung agan dan istri menyikapinya... jangan berat sebelah kepada anak2 kalian... anak pertama atau kedua harus mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang sama...

Kalo pendapat ane, pertahankan saja anaknya gan... kasian kalo harus dihilangkan gitu aja... selain itu, beda anak 1-2 tahun itu bagus gan... kalo dipikir kedepannya, biaya untuk sekolah gak berat bila dibandingkan anak beda 3 taon yg anak pertama ke SMU, anak kedua ke SMP, dst nya...
image-url-apps
kok tega siiiiiiih? emoticon-Turut Berduka
ga tega ama anak pertama
tapi tega sama anak kedua?! emoticon-Mewek
mereka sama2 darah daging agan emoticon-Mewek

ane punya temen yg jaraknya cm setahun bersaudara.
ga tau ya kecilnya gimana
yg jelas gedenya mreka kayak kembar
lengket bgt
wong sepantaran
mainnya ya bareng mulu
saling jaga n nemenin deh
kayaknya enak bgt saudara sepantaran gt
Baru 6 minggu? belum "ditiup" dah jd anak nggak diinginkan emoticon-Berduka (S)

dedek bayi semangat yaks! emoticon-Kiss (S) bapake cuma binggung, ga jahad kok.
image-url-apps
Udehh rawat ajee ntar jga gede sendiri
image-url-apps
semoga kau dikutuk dewa naga.

bakar menyan dulu emoticon-doctor

KGDMHTGJAPGJGJDGK

Quote:


Quote:
image-url-apps
Quote:

Dokternya aja bilang gapapa kok, lhah kok malah ketakutan menderaemoticon-Hammer (S)

Jangan2 jangan2.... emoticon-Embarrassment
Hmmmmm............. emoticon-Ngacir
image-url-apps
bah.. pakai salam tapi mau gugurin kandungan.
ente gak percaya kalau rejeki Allah yg atur?
ente gak percaya kalau maut Allah yg atur?
ingat dosa bro...
×