alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55cbf6e79478689a538b456e/my-samsung-fame
Poll: Your Opinion with this thread
Nice 50.00% (1 votes)
Bad 50.00% (1 votes)
My Samsung Fame
Halo, kali ini ane akan me-review android ane yaitu samsung galaxy fame GT6310
My Samsung Fame
Handphone ini menawarkan fitur yang cukup komplit namun dengan tingkatan spesifikasi yang rata-rata. seperti telah mendukung 3G HSDPA, kamera dengan kekuatan 5 MP + kamera depan, penggunaan sistem operasi terkini yaitu android Jelly Bean dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Fame S6810 berdasarkan spesifikasinya di bawah ini


Kelebihan Samsung Galaxy Fame S6810

Samsung Galaxy Fame S6810 telah mendukung jaringan 3G HSDPA yang menawarkan akses internet cepat, selain fitur 3G, tentunya juga tersedia 2G atau GPRS dan Edge

Tersedianya dua buah slot kartu sim (dual SIM) yang bisa aktif secara bersamaan, * dual sim untuk seri GT-S6812

Ukuran yang sangat mungil, sangat ringkas untuk dimasukkan dalam saku pakaian, yaitu 113.2 x 61.6 x 11.6 mm

Kapasitas internal yang cukupan untuk kategori handphone kelas menengah dari merk tenama Samsung yaitu 4 GB

Adanya slot microSD, yang bisa digunakan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 64 GB

prosesor dengan kecepatan yang cukupan yaitu 1 Ghz

Adanya fitur WIfi, yang selain bisa untuk akses internet bisa untuk untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain

Adanya Bluetooth versi 4, yang menawarkan kemampuan transfer data lebih cepat dan hemat konsumsi daya

Kamera berkekuatan 5 Mp, dengan resolusi maksimum 2592х1944 pixels, dilengkapi dengan fitur autofocus, dan lampu LED flash. Memiliki fitur touch focus, face detection

Adanya kamera depan namun kualitas VGA

Menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Android Jelly Bean atau V. 4.1.2

ADanya fitur radio, dilengkapi dengan fitur FM recording, sehingga selain untuk mendengarkan siaran berita atau musik dari stasiun radion, bisa juga untuk merekam suara dari radio.

ADanya fitur GPS, dengan fitur ini pengguna bisa mengetahui koordinatnya dengan tepat dan real time


Kekurangan Samsung Galaxy Fame S6810

Layar sentuh tipe standar yaitu jenis TFT kapasitif, bukan IPS ataupun Amoled

Layar yang begitu mungil yaitu 3,5 inci

Kapasitas ram yang hanya 512 Mb

Kamera utama yang mampu melakukan perekaman jenis VGA

Prosesor yang hanya single core

Kapasitas baterai hanya 1300 mAh di bawah rata-rata, namun mampu melakukan panggilan selama 8 jam 40 menit untuk mode 2G, dan 5 jam 10 menit untuk mode 3g

Tidak ada fitur Video Ouput, sehingga tidak bisa menampilkan gambar atau video pada layar tv

Nah kali ini ane masih akan ngelanjutin review nya oke langsung saja...

Performa
Navigasi di atas layar Fame yang memiliki respons hingga 5 titik sentuh secara bersamaan terasa lancar tanpa hambatan. Termasuk saat mengetik di keyboard virtualnya meski ini tergantung pada kebiasaan penggunanya. Tentunya ini berkat dukungan prosesor 1GHz yang ditanamkan Samsung serta RAM 445MB, sehingga kinerjanya tak terasa berat. Yang menarik, sebagai ponsel kelas menengah ke bawah, Fame kompatibel dengan game Real Racing 3 yang memiliki beban grafis tergolong berat, meski memang tampilan dan performanya akan kurang sempurna.

Mari kita coba dengan beberapa aplikasi benchmark untuk mengujinya lebih teknis. Quadrant Standard Edition menempatkan Fame di posisi ketujuh di bawah LG Optimus 2X dan di atas HTC Desire HD dengan poin 1052. AnTuTu hanya memberikan poin 4714 yang mencatatkan posisi Fame kedua dari bawah, di atas kakaknya Samsung GALAXY Nexus. Pengujian kemampuan browsing internet menggunakan Vellamo memberikan poin 1224 – sayang perbandingan poin tersebut dengan perangkat lainnya tidak dapat ditampilkan.
Soal kamera, performanya tergolong cukup oke untuk kelasnya. Apalagi sudah disertakan pula lampu kilat yang akan membantu Anda memotret di kondisi cahaya temaram. Fitur yang disertakan mencakup pilihan ISO alias kepekaan terhadap cahaya. Untuk lebih mudahnya, set saja ke otomatis.
Pemutar musik pada Fame menggunakan bawaan Google sehingga fitur yang dimiliki juga standar, seperti berbagai pilihan ekualiser pada Play Music serta antarmuka dengan tampilan album art dari lagu yang dimainkan. Keluaran suaranya terbilang oke, cukup bertenaga saat didengarkan via speaker eksternal yang berada di sisi belakang, maupun via headphone. Untuk hasil terbaik, mainkan ekualisernya.
My Samsung Fame

Sementara pemutar videonya gagal memainkan file video beresolusi tinggi, baik HD apalagi Full HD. Cukup dapat dimengerti sih, apalagi layar Fame hanya beresolusi 320×480 piksel saja. Video yang bisa dihasilkan dari kamera Fame juga hanya sebatas VGA 640×480 pixel. Wajar, bukan? Untungnya, untuk memutar video dari YouTube, Fame cukup dapat diandalkan.
My Samsung Fame

Desain
Bagi Anda yang sudah terbiasa bergaul dengan berbagai ponsel Android, terutama seri GALAXY dari Samsung, akan dapat langsung menebak bahwa Fame merupakan ponsel kelas menengah bawah. Namun bagi pengguna secara umum, bisa jadi akan mengira bahwa Fame termasuk ponsel yang harganya cukup mahal dan masuk di kelas Galaxy S3 Mini. Paduan kelir putih di bodi sisi depan dan belakang, dipisahkan dengan lis berwarna perak keemasan sukses membuatnya terlihat lebih mahal dari harganya.

Di atas layar selain hadir kamera depan, juga dua buah sensor yang akan membantu ponsel mengenali cahaya di sekitarnya, sekaligus mematikan layar secara otomatis saat Anda mendekatkan ponsel ke telinga ketika menelepon. Samsung masih menghadirkan tombol Home atau Beranda di bawah layar dalam rupa fisik, diapit tombol sentuh sensitif Opsi di kiri serta Kembali di sisi kanannya. Dua tombol tersebut memiliki lampu latar sehingga memudahkan Anda mengaksesnya di tempat gelap. Tombol fisik lainnya adalah tombol daya di sisi kanan dan volume di sisi kiri.

Sementara di belakang berjejer rapih speaker eksternal, lensa kamera dan lampu kilat. Gunakan kuku untuk mencungkil casing belakang Fame melalui celah kecil yang terdapat di sisi atas, dekat dengan jack audio 3,5mm, maka Anda akan menemukan slot microSD yang bersifat hot swap. Ini berarti Anda dapat mengganti microSD card tanpa perlu mematikan ponsel dan mencopot baterai.

Fitur
Tampilan antarmuka Fame sangat bercita rasa Samsung karena memang ponsel ini tetap menggunakan TouchWiz UI, seperti ponsel Galaxy lainnya. Untuk masuk ke dalam menu, Anda tinggal menyentuh simbol persegi 4×4 di pojok kanan bawah dari layar Beranda. Posisi tombol ini tak dapat diubah. Beda dengan tiga tombol di sampingnya yang bisa Anda kostumisasi sesuai selera dan kebutuhan.
My Samsung Fame

Tampilan layarnya cukup cerah namun harus diakui tidak istimewa, sekali lagi sesuai dengan harga yang ditawarkan. Saat masuk ke dalam menu, beberapa aplikasi dan fitur sudah tersedia. Sebut saja ChatON yang merupakan aplikasi messenger milik Samsung, peramban internet Chrome, Dropbox tempat Anda menyimpan data di “awan”, Game Hub yang layanannya kini telah tersedia di Indonesia, Memo, Navigation, QuickOffice, Radio FM dengan tetap masih mengandalkan handsfree sebagai antena, S Planner alias kalendar untuk mengatur berbagai jadwal, Samsung Apps, Talk hingga Google Settings. Secara keseluruhan, deretan aplikasi bawaannya cukup berguna.
My Samsung Fame

TouchWiz versi terbaru juga memberikan akses langsung ke beberapa fitur dari layar penguncian. Secara default, tiga fitur tersebut adalah akses cepat ke ChatON, pencarian Google serta kamera. Karena ditujukan untuk anak muda, maka pada paket pembelian Fame, Anda akan mendapatkan kupon Garskin untuk mempersonalisasi tampilan fisik Fame secara gratis. Anda hanya perlu menginstal aplikasi khususnya terlebih dahulu di Samsung Apps, FameSkin, memilih desain yang diinginkan, lalu stiker dengan gambar pilihan akan dikirimkan ke alamat Anda dalam 5-7 hari kerja. Sayangnya, saat kami coba cari aplikasi tersebut di Samsung Apps maupun Google Play Store, hasilnya nihil.

Kesimpulan
Smartphone Android di kelas Rp1 juta – Rp2 juta merupakan segmen yang menggiurkan bagi vendor. Sebagai pemimpin pasar, tak heran jika Samsung memasarkan GALAXY Fame dengan harga sedikit lebih tinggi dibanding kompetitornya yang memiliki spesifikasi serupa. Namun paduan desain menarik, performa oke, dan hasil foto menawan yang dimiliki Fame sepertinya akan mampu menarik minat Anda yang mengidamkan smartphone Android berukuran imut dan tidak mahal. Tentunya itu jika Anda dapat menerima kualitas layarnya yang standar. Anda bisa memiliki Samsung Galaxy FAME seharga Rp1.999.000.

Yang canggih:
(+) Desain menarik
(+) Kamera dilengkapi dengan lampu kilat
(+) Performa keseluruhan tergolong baik
(+) Bonus voucher Garskin pada paket penjualan

Yang kurang:
(-) Kapasitas baterai relatif kecil
(-) Lapisan kaca layar mudah kotor oleh sidik jari
(-) Aplikasi FameSkin belum tersedia
(-) Tak ada handsfree dalam paket penjualan
(-) Kualitas layar biasa-biasa

emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Blue Guy Cendol (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Shakehand2 emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
×