alexa-tracking

[Technology and Innovation Start-up] S-Curve atau Kurva S

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55ca0b51642eb6ad448b456e/technology-and-innovation-start-up-s-curve-atau-kurva-s
[Technology and Innovation Start-up]
(hmm kenapa thread gw didelete ya Mod?? gw kan kgk ngespam)

OK melanjutkan thread yg kemaren. Di Indonesia sendiri telah berdiri berbagai macam technology start-up, mulai dari murni produk lokal sampai membawa brand dari luar. Ada banyak konsep dan methodology yg harus dipahami oleh Technology Entrepeneur. Salah satunya adalah konsep S-Curve.

Mari kita bahas mengenai S-Curve atau Kurva-S

Kurva S, model matematika yang juga dikenal sebagai kurva logistik, menjelaskan pertumbuhan satu variabel dalam hal variabel lain dari waktu ke waktu. Kurva S ditemukan di bidang biologi dan fisika untuk bisnis dan teknologi. Dalam bisnis, kurva S digunakan untuk menjelaskan, dan kadang-kadang memprediksi, kinerja perusahaan atau produk selama periode waktu.

Anatomi Curve S

Sistem, baik dalam bisnis atau embriologi, yang mengikuti kurva S memiliki bentuk khas dari S rata, meskipun lereng gunung curam yang dataran tinggi di puncak mungkin deskripsi yang lebih akurat. Kurva S mulai dengan pertumbuhan sederhana dan dangkal, digambarkan dengan istilah matematika "asimtot lebih rendah." Kemudian pertumbuhan mempercepat cepat dan lengkungan lereng atas hingga mencapai pertumbuhan maksimum. Ini titik pertumbuhan maksimum adalah titik infleksi. Setelah titik infleksi pertumbuhan mengecil ke yang matang di mana ada sedikit atau tidak ada pertumbuhan. Tahap matang ini dari kurva S disebut asimtot atas.
Kurva S dan Bisnis

Bisnis, atau produk dari bisnis, yang mengikuti kurva S ditandai dengan awal yang dangkal, di mana hanya awal adopters dan ceruk pasar membeli produk atau berinvestasi di perusahaan. Kemudian mereka mengalami pertumbuhan yang cepat, dan produk atau bisnis memiliki posisi dominan di pasar. Setelah pertumbuhan yang cepat, bisnis ini mempertahankan tingkat kinerja yang tinggi tetapi dengan pertumbuhan kecil, yang sering sinyal pasar yang matang tapi jenuh.

[Technology and Innovation Start-up] S-Curve atau Kurva S

Teknologi

Bisnis teknologi, seperti komputer, software dan produsen elektronik sering menampilkan siklus hidup kurva S. Satu penjelasan untuk ini, adalah bahwa kemajuan awal lambat karena prinsip-prinsip teknologi yang kurang dipahami. Setelah peneliti mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari teknologi, kemajuan mempercepat cepat. Namun, seiring berjalannya waktu, usaha yang dibutuhkan untuk memperbaiki teknologi mencapai tingkat seperti peningkatan yang melambat dan kurva pertumbuhan mendatar. Bisnis dan teknologi dengan siklus pertumbuhan kurva S didokumentasikan termasuk mobil, semikonduktor, mesin uap dan disk drive.

Ini mungkin tampak mengejutkan seperti berbagai fenomena dan bidang, dari pertumbuhan ukuran sapi sampai dengan kinerja produsen hard disk, mengikuti kurva pertumbuhan yang sama. Alasannya adalah mereka semua dibatasi oleh beberapa jenis faktor pembatas. Misalnya, populasi organisme hidup dibatasi oleh daya dukung lingkungannya, sedangkan pertumbuhan bisnis dibatasi oleh permintaan pasar atau kelayakan keuangan dari produk yang dijualnya. Ini adalah konsep yg sangat penting untuk para Entrepeneur untuk memahami pada stage apakah usahanya, sehingga dapat mengaplikasikan strategi yg tepat utk stage yg berbeda.

×