alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Etika penjual dan pembeli. Ane butuh pendapat gan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55c87be6d44f9ffc3a8b4567/etika-penjual-dan-pembeli-ane-butuh-pendapat-gan

Etika penjual dan pembeli. Ane butuh pendapat gan

Sebelumnya ane mau maap2 dl nih krn bikin thread ini. Dan dikarenakan masalah yg ane hadapi masih simpang siur jd ane ga bisa kasih tau nama penjual dan os nya. Menghindari fitnah dan salah paham.

Jadi begjni duduk permasalahannya.

16 juli 2015: ane deal beli jam tangan dengan harga 1.xxx.xxx, CoD di suatu tempat. Sudah dilakukan pembayaran dan barang sudah ane terima. Jam tangan matic merk ternama super grade AAA. (Kata si seller)

Setelah ane aktifin jamnya kok mati2 terus. Alhasil laporan ke seller dan seller blg ditunggu aja.

Udah ditunggu masih mati lapor lg ke seller, katanya mau dituker mesinnya. Nunggu abis lebaran krn dia kluar kota.

Sdtelah nunggu beberapa hari ajhirnya barang kita kirim balik untuk dibenerin. Udh agak aneh krn kok mesinnya dituker/dibongkar.. knp ga ganti jam baru aja. Toh rusaknya kan dr sananya.

Setelah nunggu beberapa hari lamanya akhirnya dikirim lg ke ane jam yg katanya sudah ditukar mesinnya. Dan walaaamaakk.. jam yg ane terima salam keadaan tali rantainya putus dan kaca berembun.Packing yg kurang pintar menurut ane. Ane sabar aja dan si seller nawarin biat dikirim balik buat dibenerin rantainya. Ane pikir udahlah cape kirim bolam balik mesti nunggu berapa lama lg. Alhasil ane betulin sendiri.

Setelah ane observasi beberapa hari ternyata mesinnya masih rusak. Mati2 terus. Ngerasa rugi dong ane.

Ane hubungi penjual dan minta refund. Seller menolak dan solusinya disuruh kirim balik lg ke dia buat sibenerin lg. Walah.. berapa kali lg ane harus bolak balik kirim. Seller menolak refund yg notabene nya kesalahan ada di seller. Dan ane sebagai pembeli sudah cukup aabar dan akhirnya muak. Salah di seller bahkan abis dibenerin bukannya jam tambah baik malah tambah runyam.

Pertanyaannya: wajar ga sih ane minta refund? Dan seharusnya si seller refund ga?

Ps: ane kasih solusi, si seller aja yg pake jamnya. seller balikin uang ane 1.000.000.. sisanya ane ikhlasin kasih si seller service itu jam. Hasilnya? No respon.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Lha waktu cod apa nda diperiksa dl barangnya?
Hal seperti ini sering ngalami kok saya. Kalo kasus ente, itu ongkir bolak2 siapa yg nanggung? Kalo seller ya dia masih ada tanggung jawabnya berarti. Cumavkalo ente dah kotak-katik sendiri, logikanya garansi dr selker ga berlaku sih.

Coba aja diajak bicara baik2. Mudah2an ada jalan keluar terbaiknya.
wah ane ga tau gan.
mungkin bawah ane tau emoticon-Ngacir
Quote:


Cod udh diperiksa barangnya. Cuma krn namanya jam matic kan mesti diputer trs dikocok2 dl. Taunya pas abis diaktifin (puter2 kocok2) itu jam sejam kemudian mati.
WAJAR GAN

kan kesepakatan tiap jual beli adalah barang yang mau dibeli kondisinya harus sesuai dengan apa yang seller promosiin

kalo gak sesuai ya seller wajib refund / ganti unit baru

CMIIW

emang gak ada garansinya bray ? barang harga segitu pasti adakan ?

huwalamumba emoticon-Cool
Quote:


Ongkir nanggung masing2 gan. Kotak katik sendiri sih ga pernah gan. Cjma pas rantainya putus ya ane pasang sendiri di tukang jam krn cuma pasang rantai yg putus krn cara packing seller yg kurang pintar. Ane juga hargain niat baik si seller untuk tuker mesin jamnya (bukan tukar jam baru) dan ane kecewa pas dibalikin lg dalam keadaan putus, embun, dan mesin masih ga fungsi optimal. Disuruh balikin lg buat dibenerin.. ane males gan. Yg pertama kali aja udh seminggu. Mau nunggu berapa lama lg. Mending sellernya sigap. Orangnya slow respon.

Ane udh bicara baik2. Ane minta refund tp sellernya ga mau. disuruh kirim balik lg. Tapi ane udh cape gan udh hampir sebulan semenjak beli tapi ga bisa dipake tu jam.
Quote:


Oo kl gt ya wajar aja sih kl ente minta refund soalnya kan ini barangnya termasuk cacat.

Coba dibicarakan baik2 dgn si seller aja, jelasin kl ini barangnya rusak dari asalnya & bkn karena kesalahan pemakaian. Coba minta ganti unit yg baru lainnya & minta pastiin brg penggantinya dlm kondisi normal sblm dikirim (bila perlu ente janji ke seller utk byr semua ongkir yg timbul selama proses klaim & bayarnya stlh ente terima brg pengganti yg baru yg sdh dipastikan ok). Mudah2an si seller mau mengerti.
Quote:


Susahnya bisa jadi kerusakan dr produsennya. Wah repot kalo bolak-balik gitu. Apa ada garansi dari merek jam itu, gan? Kalo ada langsung ke agennya aja minta diperbaiki.
Quote:


Ga ada garansi gan. Kan replika grade AAA. Nah itu dia.. ane udh cukup sabar mau dituker mesin. Klo mesti sampe 2x bongkar ya mndg balikin aja duit ane toh barang rusak yg dikasih ke ane.
Seller ga mau refund. Cuma mau diservice lg. Lah ane beli brg baru rasa second dong brarti klo blm apa2 udh dua kali bongkar.

Quote:


Udah dikasih tau dr kerusakan yg pertama gan makanya dia kasih solusi tuker mesin yg seharusnya hak pembeli buat dituker barang baru. Ane kurang sabar apa coba. Mana sellernya lelet responnya. Dan udh nunggu seminggu service eh dtg2 itu jam talinya putus, kacanya berembun, dan mesin masih mati2 terus. Ane sabar ga lgsg komplain krn ga mau sembarangan ngomong. Taunya setelah beberapa hari mesin tetep mati terus.

Seller mau benerin.. ane nuntutnya refund dikarenakan udh dua kali rusak gan. Seller ga mau refund. Jaminan apa klo jamnya ga rusak lg ya kan gan.

Btw thanks ya gan masukannya...
Quote:


Iya ane maunya sih di refund aja krn ini udh 2x rusak. Ane kasih solusi trakhir balikin duit ane sejuta dan sisanya ambil aja buay si seller service jam dan pake sendiri itu jam rusaknya. Saking ane udh kesel dan ga dibaca bbm ane. Btw thanks ya gan masukannya..
resiko kawe kawe bray
Makanya gan, lain kali jangan beli barang kw. Ya kayak gitu. Satu juta sekian mah udah bisa beli jam brand tertentu di outlet nya. Jam tangan gue aja kurang lebih sama kayak harga jam tangan yg lu beli, dan gue beli di outlet resmi, sampe sekarang ga pernah rusak udah 2 tahun.
Beli yg semampu kocek kita aja gan, ga usah kw kw an. Ada garansi resmi kan lebih enak. Punya lu mau grade super duper extreme premium AAAAA beli semahal apa pun juga kaga ada garansi resmi, pake bentar rusak, or at least lu pake setahunan juga udah keliatan jelek. Coba aja.

Apalagi beli di online, ribet kalo rusak atau ga berfungsi. Mana mau dia refund duit yg udah dia terima,pasti sebisa mungkin dia coba betul in itu jam. Dan mana mau juga dia pake jam itu dan cuma mau dibayar 1 jt.
Apalagi kalo lu udah "observasi" sendiri.
Pendapat saya sih let it go....

Untuk masa yang akan datang, jangan beli yang kawe/supergrade/apalah namanya.

Beli sesuai kocek, atau barang branded asli yang secondhand, lebih terjamin.
Yup setuju sama pendapat sis diorkitty n sis smartbeelzebub.

Terlalu mahal ya harga segitu. Jam yg brand tp udah lumayan juga ada kok yg di bawah 1 jt.
Etika itu cuma buat orang2 yg "menganutnya" aja bray..
Setuju ama "resiko jual-beli + kw2an", apalagi klo ga ada perjanjian & materai.

Lain kali mah ati2 bray.
Quote:


Lapaknya dari fjb kaskus? Kl iya, buat aja surat terbuka. Tp kl ente nda mau bikin panjang masalah ini ya uda ikhlasin aja & jadiin pengalaman.
Sorry gan tpi kalo beli barang kw emang begitu resikonya ~ jdi ente mending beli ori yg second dri pada kw sama ati2 kalo milih seller ,perhatiin jejaknya aftersalesnya bagus apa tidak....kalo ane sebelom beli apapun di fjb kaksus ane telusuri dulu dri social media post sampe kalo perlu ane kontak customer2 seller tsb ~ Tpi karena nasih dah jdi bubur ya coba omongin baik2 lgi sama seller nya sampe ketemu jalan keluar yg paling baik emoticon-Cendol (S) Stay safe and happy shopping emoticon-Smilie
itu sebabnya gw gak pernah beli barang kw klo elektronik/tas/sepatu.
lebih baik beli barang branded tapi diskon daripada beli barang kw.
well, coba bikin surat terbuka aja.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di