alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Langkah yang dibutuhkan untuk membuka usaha sendiri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55c6d09ec2cb17764f8b4571/langkah-yang-dibutuhkan-untuk-membuka-usaha-sendiri

Langkah yang dibutuhkan untuk membuka usaha sendiri

Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang. Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.
Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Membuka usaha sendiri dapat menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang.

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangat mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses tergolong besar. Akan tetapi, resiko yang dihadapi pun jadi jauh lebih besar dibanding menjadi karyawan perusahaan.

Apabila Anda tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.

a. Menganalisis jenis usaha terkait

Anda harus memastikan bahwa usaha yang Anda dirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Hal itu akan lebih baik apabila ditunjang dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha tersebut. Lakukan analisis Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda. Setelah itu jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Sales forecast, analisa arus kas,etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut.

b. Rencanakan Bisnis Anda dengan menyusun konsep yang sesuai

Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business plan proposal adalah sebuah kebutuhan. Jika Anda akan membiayai usaha itu sendiri, rencana usaha juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan di mana Anda tuju.

c. Siapkan Modal

Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, namun tak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal dapat dihasilkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, Anda juga harus memiliki minimal tiga bulan dari anggaran keluarga Anda dalam bank

Anda juga dapat memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang

d. Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Legal dan diakui hukum

Tentukan struktur hukum untuk usaha Anda
Pilih nama yang baik bagi usaha Anda
Daftarkan nama usaha Anda kepada Ditjen HKI sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum
Siapkan dokumen-dokumen organisasi
Uruslah surat-surat perijinan usaha, seperti Akta Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pengakuan dan pengesahan
e. Perluas Networking Anda

Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha Anda. Anda dapat bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda telah memiliki networking yang luas.

Semoga tips ini dapat memberikan pencerahan bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri. Selamat berusaha, semoga sukses!
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
sejujur-jujyrnya menurut ane yang dibutuhkan untuk bangun bisnis baru hanya yang tertera di avatar ane gan, sisanya detail aja.
Quote:


gan boleh tahu lebih dalam tentang istilah "good concept" buat bisnis baru itu apa saja yang mesti dipersiapkan? barangkali ada buku panduan yang agan sudah perdalami ane bisa ikutan baca =)

ato mungkin agan bikin thread baru di forum ini buat kasih pencerahan nubie-nubie semua disini arti "good concept" seperti apa buat menghasilkan side effect berupa profit, apakah cuma perlu pelajari tata niaga nya aja ato perlu hal-hal lainnya. Regards
Quote:


dulu pernah ane jawab di thread lama... bentar ane cari dulu.



Update.

Gak ketemu.. udah kehapus kali gak tau juga deh..

Good Concept Intinya dalam memulai suatu usaha, tetapkan suatu prinsip yang baku bahwa usahanya itu apa, kenapa, dan tujuannya apa.
Kalau sudah terbentuk satu konsep yang matang, masuk akal, solid serta visible untuk berkembang dan tentunya tidak menyalahi tata niaganya... apalagi kalau spektakuler.
itu udah jadi modal yang paling besar dari usaha itu sendiri.
sebenernya lebih panjang dari itu sih cuma susah ngetik di hp.

Modal bisa datang dari mana aja dengan modal tersebut, asal pikiran dan hati terbuka lebar.

Kalau mau contoh bisa sebut maunya usaha apa, kasusnya apa, nanti ane ikut bantu diskusi problem solvingnya di modal (atau di operasional)...... selama menaungi prinsip "good Concept" itu sendiri ya...
Bisa dari Pinjaman, permodalan terbuka, joinan (kalau kalau ane anggap super mungkin juga bisa lewat ane hehe), bahkan lewat transaksi... asalkan memungkinkan secara tata niaganya..
Dengan catatan yah pasti harus ada amortisasinya sebagai pra modal.. untuk yang usaha kecil pulsa harus punya, ongkos bensin ato kendaraan umum harus ada. Untuk usaha gede ya merek dagang siap, perusahaan siap, proposal siap, dsb.

Setelah Lengkap persyaratannya membuat usaha baru ( ada rencananya, ada modalnya, ada kerjaannya, ada kesempatannya ), dengan modal Good Concept itu sendiri, akan menghasilkan profit dengan sendirinya.
Contoh paling baik saat ini adalah Xiaomi.

Ane belajar ini dengan pengalaman dan sudah dilakukan berkali2, jadi memungkinkan untuk terjadi. Detik ini pun lagi ane lakukan lagi untuk yang kesekian kalinya. Just with good concept, I can have all the capital I needed.

I am open for long discussion.. give it a shot.
Diubah oleh crownroadster


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di