alexa-tracking

Mancing Bagan Mania

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55bf4eef96bde63e5b8b4576/mancing-bagan-mania
Inspiratif 
Mancing Bagan Mania
Mancing Bagan Mania


Memancing dibagan/bagang ditengah atau pinggir laut bukanlah hal yg baru buat para pemancing, bagan mancing dapat kita temui di hampir seluruh pesisir laut Nusantara. Pada umumnya bagan dibuat dari susunan bambu menjadi bentuk persegi panjang dan berada ditengah/pinggir laut (pantai) dengan bantuan tiang bambu yg dibenamkan didasar laut. Adapun bagan mancing memiliki bentuk yg unik mewakili ciri khas dari masing masing daerah. Berbeda dgn memancing di pantai atau perahu, memancing dibagan ini menjanjikan sensasi tersendiri bagi para pemancing, dimana selain memancing, kita juga dapat melakukan aktiftas lain dgn leluasa, misalnya memasak, bercengkeraman dgn keluarga atau sahabat tanpa harus dihantuin oleh "penyakit" mabuk laut yg biasanya menjadi momok bagi sebahagian orang yg belum terbiasa berperahu dilaut.

Ikan yg diperoleh dari mancing dibagan ini juga ternyata tidak dapat dipandang sebelah mata dalam hal jumlah atau ukurannya, tidak kalah dengan hasil yg kita peroleh bila kita menggunakan perahu. Dengan biaya yg relatif ringan, kita bersama sama keluarga atau sahabat bisa menikmati rekreasi mancing sambil menikmati segarnya hembusan angin laut, sensasi matahari terbit/terbenam dan indahnya bulan purnama dimalam hari. Perlu sobat ketahui, bahwa memancing dibagan ini bisa kita lakukan seharian (pagi sore) atau bermalam (sore pagi), terkadang sekelompok mancing mania melakukan trip dari sore sampai sore pada hari berikutnya.

Peralatan dan tehnik memancingnya tidak jauh berbeda dengan yg biasa digunakan pada umumnya (Salt Water), demikian pula halnya soal umpan, selain umpan tiruan (lure), umpan asli (baik hidup atau mati) yg berupa udang, cacing laut, ikan kecil dan lain menjadi andalan mancing mania dalam upaya memperoleh ikan target favoritnya, pepatah "mancing ikan kecil utk ikan besar" juga berlaku disini. Tidak jarang ikan ikan kecil (srinding, pepetek, selar, anak belanak/bandeng, kerong2, kuniran, kacang2 dan lain lain) sengaja dipancing atau diserok utk dijadi umpan, biasanya menggunakan kontrekan atau diserok dimalam hari dgn bantuan sinar lampu (petromak). Oh iya, sobat mancing mania juga jangan lupa utk membawa serokan/gancu yg ekstra panjang utk membantu mengangkat ikan mengingat jarak bagan sekitar 2-3 meter dari permukaan air laut.


Foto Bagan :
Spoiler for :


Yg Mau Ngintip.....Silahkan
Spoiler for :



Nah sobat mancing mania, gimana menurut kalian ?
Atau mau berbagi cerita dan pengalamannya ?



Bagan Tanjung Kait (Banten)

Biaya Bagan (1 X Mancing)

Bagan Jalan/Pantai...................................................................................Rp15.000/orang
Bagan Pinggir, Tengah dan Pulau...............................................................Rp 35.000 s/d Rp 60.000/orang
Biaya tsb sudah termasuk biaya antar jemput dgn perahu (kecuali Bagan Jalan/Pantai)

Peta Lokasi
Spoiler for :


Pemilik Bagan
Spoiler for :


Umpan yg biasa digunakan
Spoiler for :

Sebagian jenis umpan dapat juga dibeli disekitar lokasi, serta didaerah Ketapang atau pelelangan sekitarnya.
Ikan2 kecil utk umpan bisa juga diperoleh dari hasil memancing (misalnya dgn kontrekan) atau dgn cara diserok (malam hari), contohnya ikan kacang2/Julung2 (Ballyhoo, Hoo, Halfbeak), karena ikan ini tertarik dengan cahaya/sinar lampu, maka bbrp pemancing menggunakan lampu (petromak misalnya) dimalam hari untuk mengundang ikan ini datang mendekati sinar lampu. Cara nya tdk terlalu susah, dekatkan lampu (petromak) sekitar 1 meter diatas permukaan air atau sorotkan sinar lampu senter/sorot disekitar bagan, tunggu bbrp menit, maka ikan tsb akan datang menghampiri sinar lampu/senter, jika ikan kacang2 sdh dalam jangkauan, maka mudah saja bisa kita peroleh dgn cara diserok (menggunakan serokan bertangkai panjang)

Tapi karena dagingnya gurih dan enak.........membuat ikan ini tdk hanya menjadi umpan, tetapi juga menjadi santapan angler nya.
Guru saya ini sdh sering melakukannya, agan mau mencoba ?

Silahkan
Spoiler for :


Nais share emoticon-thumbsup
Jaga n urus thrreadnya.. update selalu ditunggu,
Selama ini tahunya bagan kek gitu hanya di fress water semacam warung apung, petakan dst emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
mantap nih buat yang suka saltwater,,
emoticon-2 Jempol baru bisa ngimpi mancing kayak gitu emoticon-Malu
@all both diatas...
Penghuni setia bagan air tawar wk..kk.. emoticon-Ngacir
image-url-apps
josss emoticon-Matabelo
Quote:


kalau ada waktu luang boleh coba2 gan..................

Quote:


biar ga bosen mancing diperahu atau pantai trus

Quote:


kog ngimpi gan........emang tdk ada bagan deket daerah agan ?

Quote:


bisa aja agan 1 ini, tak kenal maka tak sayang.....................begitu pepatahnya gan

Quote:


sdh pernah nyoba ya gan ?

image-url-apps
Quote:

aangung tuh master penghuni bagan fress water.. emoticon-Hammer
b4yu70 tinggal di Bekasi, ada ga ya bagan daerah situ emoticon-Thinking
AnekaUPS tuh masternya Pasiran Pantai selatan pulau Jawa emoticon-Takut (S)
emoticon-Ngakak
Quote:


yang pada posting diatas semua pemburu jaer gan
silahkan sekali-sekali ngobrol
http://www.kaskus.co.id/thread/55786...solo---part-2/
Quote:


bekasi jauh2 deket gan..........ada yg dari bogor dan karawang, biasanya ke bagan Tanjung Kait/Pasir tuh

Quote:


siap gan.............nubi ke TeKaPe

image-url-apps
Quote:


ak masih setia dengan freshwater,, belum berani nyoba saltwater,,
peralatan.juga belum punya buat mancing ikan laut yang tenaga nya terkenal waooouuwww,, emoticon-Embarrassment
Quote:


arsenalnya mah sama gan............................

5 jam yg Lalu
Spoiler for :


Quote:

Mantab om emoticon-2 Jempol
Quote:


agan lokasi Solo toh gan ?

Quote:


wooh josss emoticon-2 Jempol
Quote:


dia mah lurahnya solo gan emoticon-Malu
Quote:


wah....boleh mampir nih kalo kapan2 ke SOLO
btw....salken Gan Bayu

image-url-apps
Quote:


lah arsenalku tegek Om,, kalo di bagan ak lihat itu arsenal joran dan reel kelas berat tuh.. emoticon-Belo
biaya juga gede ya kalo di laut??
image-url-apps
mantab, bagan daerah mana gan? ikannya besar2. bagan di pasuruan jatim kita biasa mancing selar, baronang atau kadang ada leather jacket. yah, iwak cilik2 lah.

apesnya, gara2 angin besar bbrp. minggu. lalu, 80% bagan rubuh dan hampir semua rusak. belum bisa dinaiki dulu.

×