alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Jika orang berbuat salah, bagaimana syaratnya agar ia dapat diampuni ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55bd78c9a2c06e14418b456f/jika-orang-berbuat-salah-bagaimana-syaratnya-agar-ia-dapat-diampuni

Jika orang berbuat salah, bagaimana syaratnya agar ia dapat diampuni ?

Jika orang berbuat salah, bagaimana syaratnya agar ia dapat diampuni ?
Jika orang berbuat salah, bagaimana syaratnya agar ia dapat diampuni ?
bertobat
25.00%
bertobat sekaligus tidak mengulangi lagi perbuatan yg sama
0%
bertobat, tidak mengulangi lagi, sekaligus diganjar dgn perbuatan baik
75.00%
bertobat trus diberi hukuman
0%
tobat gak tobat diberi hukuman trus diampuni
0%
tetep kagak diampuni walau telah bertobat
0%
tetep diampuni walau kagak tobat sekalipun
0%
apakah orang tersebut harus bertobat ? atw bertobat sekaligus tidak mengulangi lagi perbuatan yg sama ? atw bertobat, tidak mengulangi lagi, sekaligus diganjar dgn perbuatan baik ? atw bertobat trus diberi hukuman ? atw tobat gak tobat diberi hukuman trus diampuni ? atw mau ngapain jg kek (termasuk tobat, gak ngulangin, diganjar kebaikan, dlsb) tp tetep kagak diampuni sama sekali ? atw kagak tobat sekalipun tapi tetep diampuni
Urutan Terlama
semua trgantung dri sbesar apa kesalahan lo...
dan kpada siapa lo brbuat salah...emoticon-Cool
kata tuhan mu seperti apa?
well, gw ga bisa nentuin sih, harus yg pertama atau yg ke atau2 selanjutnya.
diampuni atau engga kan yaa tuhan doank yg bakal mutusin
karena itu, ikutin aj kata tuhan mu seperti apa.

Ikutin kata hati loe aja gan.
Toleransi hukum antar negara saja beda-beda, apalagi antar manusia.
Banyak faktor yang mempengaruhi, jadi soal ampun mengampuni gak bisa digeneralisasikan menurut gue.

Quote:
Klo aturan gue,

Dia harus dapet konsekuensi dari kesalahannya..

Perkara dia mau tobat atau enggak, itu urusan dia..
manusia harus saling memaafkan

meskipun berat tapi ttep memaafkan

kalo masalah tobat ato kagak itu urusan dia ama yang diatas
kalau taubat semestinya memang ga boleh ngulangin lagi kan? sebab itulah esensinya taubat, memahami bahwa yang dilakukannya salah, menyesali dan berjanji pada dirinya sendiri dan pada Allah untuk tidak mengulanginya lagi.

adapun perbuatan baik itu sudah jadi kewajiban. dan disaat pikiran kita disucika dengan taubat yang sebenar2nya, maka kita akan makin terdorong untuk berbuat baik.

mengenai hukuman, ya tergantung hukuman dari siapa? kalau dari manusia, jelas ini adalah ganjaran. dan jika menyangkut hukum, memang sebaiknya begitu supaya ada efek jera, supaya pelaku dipaksa bertaubat. dan ini pun ga selalu berhasil. maksudnya banyak juga orang yang sudah dihukum tapi ga jera, ga taubat. hukuman jelas bukan hanya untuk pribadi tersebut, tapi supaya orang lain tidak melakukannya. artinya, akan ada PUBLIKASI. bahwa orang yang dihukum akan dibuka aibnya di depan orang banyak, dan diumumkan hukumannya. dan sebaiknya memang metode ini dihindari. berdamailah dengan korban, minta maaf yang sebesar2nya. tapi kalau korban tidak bersedia, maka pelaku mau ga mau harus menerima aibnya dibongkar.

kalau hukumannya dari Allah? hati2, Allah kalau ngasih azab sangat pedih dan ga akan ada yang bisa selamat darinya.



ini urusannya kompleks. setiap orang punya standar masing2. jauh lebih baik si pelaku memperbaiki diri dan situasi dulu, dan menyesalinya sepenuh hati. maka taubat akan tercipta, yang akibatnya pelaku akan jera untuk melakukannya lagi, akan muncul keinginan berbuat baik dan menebus kesalahan, tapi jika korban tidak terima dan/atau perbuatannya memang menyalahi hukum dan diketahui oleh pihak berwajib, maka pelaku tetap saja harus terima aibnya dibongkar dan diberikan hukuman. dan ini ga berarti otomatis dimaafkan juga sesudahnya oleh korban.

singkatnya begitulah. saya tidak bisa ngisi poin2 di atas, karena apa yang terjadi di lapangan tidak menjamin pelaku akan diberikan pengampunan juga. lebih baik fokus pada perbaikan diri, lakukan yang terbaik untuk memperbaiki situasi, mudah2an Allah dan korban mengampuni.



btw, maaf/pengampunan dan penerimaan kembali itu beda ya. hanya karena pelaku dimaafkan, ga mesti korban akan menerimanya kembali ke pergaulan mereka. ibarat suami yang kedapatan selingkuh sama istrinya dimaafkan, tapi proses cerai tetap dijalankan.
Diubah oleh DJ Kuahh
Menyesal.
Satu hal yang masih blm gue punya.




Ya paling gitu aja sih dari gue.
Quote:


semua pertanyaan mu itu jawabannya kembali keiklashan mu.

dulu kata kitab suci, tuhan aja maha pemaaf, koq lu gak mau maafin?
(dalam hati gw jawab "gw bukan tuhan" )

di kitab suci, nabi memaafkan kesalahan kaum yg menyakiti dia.
(dalam hati, gw bilang gw bukan nabi)

dan selalu gw bilang, cobaan orang beriman itu berat makanya jangan mau jadi orang beriman.
hahahahahahaha
Klo ente punya salah dengan manusia trgntung orang trsbut maafin ente atau tidak, tpi Tuhan pasti akan ampuni setiap dosa para Umat - Nya agama appn itu gan ,..tpi tetep akan adanya seleksi alam gan
Mengakui sejujur2nya, minta maaf. Kalo diampuni atau engga terserah yg dimintai maaf. Diampuni atau engga harus tobat dan ga melakukan kesalahan yg sama lagi. Berubah jadi kebih baik.
ga ada yg menjamin lu bakal ngelakuin hal itu lagi..
kalo buat lu ma Tuhan itu urusan pribadi lu.. lu suatu saat pst ngulangin hal itu lagi.. ga ada yg tau.. tp cuma Tuhan yg tau.m

kl lu vs hukum.. lu bs aja blg tobat ga ngelakuin lg asal ke depannya kl lu ngelakuin lg jgn smp ketauan..

jd dr diri lu yg ambl keputusan..
amitabaahhh.. Jika orang berbuat salah, bagaimana syaratnya agar ia dapat diampuni ? ...

sebab ke'baik'an tak'kan pernah menang me'lawan ke'jahat'an tulen...
oleh karena itu....
yang baik di'balas ke'baik'an, yang jahat di'balas ke'jahat'an.

ingat, gan,.... ingaaattt,.. TULEN !!.....emoticon-Ngacir
Quote:

tergantung yg merasa dirugikan, ad yg dimaafkan cuma2 ada yg hrs memenuhi syarat tertentu...
jangan marah gt dong aku ga maksud apa apa... jangan sedih
Jd ingat crt yg ada di kitab suci,
Ada perempuan yg kedapatan berzinah, dan perempuan itu dibw menghadap Tuhan, kalau menurut hukum ada di daerah itu, perempuan yg kedapatan berzinah hrs dilempari batu sampai mati,tapi Tuhan mengampuni perempuan itu dan menyuruhnya pulang dan jgn melakukan kesalahan lagi.

Jika org brbuat salah kalau mau diampuni, pertama ampuni dulu dirinya sendiri biar tdk mengulangi kesalahan yg sama (ada org kn mikirny udh nyemplung sekalian aja, jgn mikir bgtu kalau dah slh yh bangkit).
Minta ampun sama Tuhan, berdoa, puasa.
Segera berbalik 180° (lakukan tindakan yg sebaliknya, yg benar).

Setelah itu org mau mengampuni/gak mah haknya masing2 org, tetapi pembalasan itu hny miliknya Tuhan
Diubah oleh fun234
Ga boleh diulangi lagi, itu namanya taubat
Menurutku kalo kpd Tuhan,ya mengaku salah,minta ampun,bertobat,berusaha berubah/berbuat baik/tdk mengulangi lg.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di