alexa-tracking

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55b8167ce05227c5088b4567/tips-membuat-cv-dengan-standar-internasional
icon-hot-thread
TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
HALLO PARA OPPORTUNITY SEEKERS

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Hallo gans, para opportunity seekers, trit ini merupakan lanjutan dari trit di bawah.
Quote:

TS sarankan bagi para opportunity seekers yang belum membaca bagian pertama dari trit ini agar meluangkan waktunya sejenak untuk membaca trit tersebut terlebih dahulu, baru dilanjut ke trit ini.

PART 2
Quote:

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional


Seperti yang pernah TS tulis di part 1, CV berstandar Internasional itu yang pasti berbahasa Inggris, gak dipasang foto di dalamnya dan maksimal 2 lembar. Ini ada tambahan info dari sesama kaskuser perihal "polemik" perlu tidaknya dipasang foto di CV yang ternyata cukup menimbulkan banyak pertanyaan di part 1 dari trit ini.
Quote:

Dan lanjut mengenai jumlah halaman dalam CV, sebenarnya lebih sedikit lebih baik, tapi itu tergantung juga dari lama pengalaman kerja dan skill yang agan miliki.
Spoiler for Salah satu alasan untuk membuat CV tidak lebih dari 2 halaman:

Ini malah ada yang cukup 1 lembar, nih ane kasih beberapa contohnya dibawah, ane ambil dari dayjob.com,
Spoiler for Sample International CV for Engineer:

Spoiler for Sample International CV for Sales Executive:

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Kalo mau lebih mantep lagi, karena saking banyaknya skill sama pengalaman kerja ya 2 lembar boleh, inget ya gans maksimal 2 lembar, kecuali kalo memang agan udah senior dan expert banget, saking banyaknya pengalaman sama skill yang agan kuasai, yah 3 lembar cincau lah. Ini ada contoh punya kolega ane, yang bersifat pribadi ane sensor ya emoticon-Malu (S)
Spoiler for Real International CV for Test Engineer Page 1:

Spoiler for Real International CV for Test Engineer Page 2:

Nah, itu beberapa contohnya gans. Jadi untuk membuat CV dengan standar Internasional, ada beberapa format yang perlu diketahui.

1. Top of the Page: Contact Information

Nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat email baiknya ditaruh di paling atas sendiri dari CV. Sebenarnya tidak mutlak, tetapi ane sendiri dan banyak consulting agency rekomen seperti itu.

2. Second Section: Profile atau personal summary

Setelah contact information dilanjutkan dengan profile agan. Ingat profile disini bukan data pribadi lebih lanjut seperti jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status perkimpoian dll, tapi rangkuman gambaran diri agan secara profesional. Harap diingat, agan mau ngelamar perusahaan berskala Internasional, bukan mau nyalon jadi lurah emoticon-Big Grin

Dan juga, section ini adalah section yang paling penting, karena section ini adalah section yang paling dilihat oleh para HR recruiter. Dan sekali lagi, rata-rata HR recruiter mempelajari CV agan hanya 5-7 detik saja! Jadi disinilah bagian CV paling penting dari agan untuk 'jualan'. Rangkum semua pengalaman agan, keahlian utama agan baik soft skill maupun hard skill juga sasaran atau tujuan yang agan cari (career objective). Buat semenarik dan se-luar biasa mungkin, namanya orang 'jualan' kudu gitulah biar dagangannya laris emoticon-Malu (S)

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional


Tapi walaupun begitu, harap diingat, ini adalah profile summary, jadi buatlah sesingkat dan sepadat mungkin, karena masih ada section lainnya dari CV agan untuk menjelaskan lebih detail masalah itu.

3. Third Section: Key Skills

Walopun HR Recruiter hanya butuh 5-7 detik untuk screening CV agan, tapi apabila mereka melihat summary agan cukup layak untuk pekerjaan yang dibuka, maka mereka pasti akan lanjut ke section berikutnya. Nah, di section inilah 'dagangan' agan kudu dipoles lebih lanjut biar lebih menarik lagi. Key skill atau keahlian utama adalah keahlian yang agan kuasai dan merupakan nilai jual utama yang agan tawarkan ke employer. Harap diingat, hanya melamar pekerjaan yang sangat sesuai dengan keahlian utama agan, sesuai dengan persyaratan yang dipublish oleh employer, kalau tidak pasti CV agan sudah lewat setelah recruiter baca section ini.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional


4. Fourth Section: Achievement

Di section ini, cantumkan semua prestasi agan yang luar biasa. Untuk fresh graduate bisa dicantumkan prestasi akademik yang menonjol atau pengalaman berorganisasi atau apapun itu yang menunjang profesi yang akan anda lamar di dunia kerja. Untuk yang profesional bisa dicantumkan prestasi-prestasi kerja anda selama ini yang luar biasa, kalo ada emoticon-Big Grin

Kalo enggak ada ya nggak usah dibuat deh section ini dan lanjut ke section berikutnya aja emoticon-Malu (S)

5. Fifth Section: Professional Experience

Untuk fresh graduate, jika ada pengalaman magang atau internship wajib tuh hukumnya dicantumkan. Untuk profesional, cantumkan pengalaman kerja agan mulai yang paling baru dulu ya. Formatnya ikutin aja contoh CV diatas. Pertama jabatan agan, dilanjut periode menjabat, dilanjut nama perusahaan tempat agan bekerja dan terakhir tugas-tugas dan tanggung jawab agan dalam jabatan tersebut.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional


Catatan untuk section ini, jangan gunakan bahasa formal seperti bahasa employer untuk menjelaskan job description di iklan lowongan kerja. Selain menjelaskan tugas dan tanggung jawab agan, buatlah deskripsi tersebut juga mengangkat profesionalitas yang agan lakukan dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut.

Hmmm......iya deh contoh dikit. Yang gampang deh, salah satu tugas sales executive nih.

Instead of,

Answering all incoming calls and enquiries from client.

Kenapa enggak ditambah,

Answering all incoming calls and enquiries from clients promptly and professionally all the time to ensure client's satisfaction.

Ya gitu deh pokoknya, lagian kan udah ada contoh tuh diatas emoticon-Big Grin

6. Sixth Section: Education

Di section ini harap agan mencantumkan riwayat pendidikan agan mulai dari yang terakhir. Formatnya yang pasti nama sekolah atau universitas, jurusan, periode belajar sampai lulus, indeks prestasi akademik dan penghargaan kalau ada (merit atau cumlaude gitu maksudnya).

Buat yang lulusan sarjana, atau bahkan yang S2, harap hanya mencantumkan detail riwayat pendidikan S2 dan S1 nya saja, boleh kalau mau ditambah judul skripsi sama thesis-nya, apabila memang menunjang posisi pekerjaan yang dilamar.

Walopun gak bisa dipungkiri kalo memiliki gelar tinggi bisa memberikan nilai plus banget, tapi buat yang lulusan SMA/SMK, jangan berkecil hati, kalau bisa perbanyak hard skill-nya (nanti ane bahas lebih lanjut deh), kenapa? Baca tuh meme dibawah, soalnya hari gini tuh.....

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional


7. Last Section: References

Jangan lupa, selalu akhiri CV agan dengan tulisan ini,
Quote:


Setiap perusahaan Internasional pasti akan meminta dan akan menghubungi orang yang anda cantumkan sebagai reference agan, baik itu via email maupun via telepon. Ingat, referensi anda BUKAN orang tua atau teman atau saudara anda, tapi rekan kerja, client, atasan ataupun bahkan bawahan anda. Untuk fresh graduate, ingat kalo magang itu sangat penting, karena agan-agan bisa mendapatkan seseorang yang bisa jadi reference agan disini. Buat yang belom pernah magang, yah, minimal dosen pembimbingnya lah emoticon-Stick Out Tongue

Walaupun reference disini bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa merekomendasi kan agan untuk meyakinkan employer seberapa baik dan layak kah agan untuk mengisi jabatan yang agan lamar, tetapi tidak terlepas hal tersebut berupa surat rekomendasi dari atasan agan di perusahaan agan sebelumnya. Sebegitu pentingnya arti reference disini makanya baik-baiklah kalo kerja dimanapun itu biar dapet rekomendasi yang bagus dari para reference anda, biar gak dikasih surat rekomendasi seperti dibawah, atau yang paling parah, malah di blacklist emoticon-Takut (S)
Spoiler for Baik-baiklah bekerja, walopun magang juga, biar gak di kasih recommendation letter kek gini:

Ini ada ringkasan lengkapnya dari tulisan diatas, kalo bisa lebih lengkap lebih bagus gan, kaya nyantumin publikasi dan sertifikasi. Untuk publikasi ane belum ada gan selain trit2 di KasKus emoticon-Big Grin, untuk sertifikasi (biasanya sertifikasi keahlian), nanti ane bahas lebih lanjut di part 3 di section DEGREE vs SKILL.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Nih ada contoh lagi buat referensi agan-agan dimari, CV yang pake full section seperti keterangan diatas, soalnya ybs punya keahlian dan prestasi yang lumayan banyak juga sih,
Spoiler for Standar International CV, Full Section Page 1:

Spoiler for Standar International CV, Full Section, Page 2:

Intinya, nulis CV itu kudu singkat, padat, jelas dan berbobot gans. Dan sekedar mengingatkan fakta penting dari part 1, untuk CV berstandar internasional, jangan sampai ada kesalahan Grammar dan Spelling satu pun! Oleh karena itu gans, jangan buru-buru kalo nulis CV tuh, bener-bener dipikirin secara mateng apa yang agan harus tulis dan cantumkan, sesuai prinsip orang jualan barang online lah, tulis yang paling menarik dari 'barang' yang agan mau jual, gak terlepas juga dari 'mutu' barangnya itu sendiri tapi yaaa....emoticon-Big Grin

Juga karena CV itu adalah modal pertama agan untuk di shortlisted sama recruiter. Jujur aja gan, karena ane tau betapa pentingnya arti CV untuk langkah kita kedepan, ane aja sampai bayar konsultan profesional dari luar negri buat bikinin ane CV yang berkualitas, jelas dan yang pasti bebas kesalahan grammar dan spelling. Bayar gak seberapa tapi hasilnya luar biasa dan karenanya ane bisa keliling dunia emoticon-Malu (S)

Ini ada beberapa tips dari ane kalo agan-agan ada yang berencana mencoba peruntungan di job market dunia,
Quote:

Oh ya, tambahan informasi perihal fakta di part 1 trit ini, rata-rata 427.000 CV baru, di posting setiap minggunya di monster.com. Banyak banget tuh gan, hampir sama dengan populasi rata-rata di Luxembourg! tiap minggu lho inget, dan mungkin bisa lebih banyak lagi di portal lowongan kerja online lainnya. Nah, kalo gak punya CV yang "catchy", gimana mau stand out from the crowd gans!
Spoiler for SUMUR:

Yah udah over character aja emoticon-Hammer (S). Kalo gt nanti ane sambung lagi deh lanjutannya di part 3 (dan) part 4? (habis sering over character nih, bahan kebanyakan ternyata emoticon-Hammer (S)), yang rencananya isinya membahas mengenai:
Quote:

Quote:

Buat yang udah buru2 mau interview dan gak sabar nunggu part 3 dan part 4 nya untuk Tips menjawab pertanyaan wawancara secara Out of The Box, nih gans, ane udah aplotin E-book nya, bahasa Inggris ya. Kalo mau sabar nunggu part 3 nanti ane jelasin poin-poin pentingnya skalian. Anyways, sedot dibawah gan linknya and I wish you the very best of luck bro! emoticon-shakehand
Quote:

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Tambahan gans, karena dulu TS banyak punya kolega (co-workers) orang2 londo sana, dan gak sedikit juga yang mandang sebelah mata TS, walopun udah banyak juga yang jadi 'friend' di facebook, jadi dulu foto profil facebook TS tak ganti begini emoticon-Big Grin
Spoiler for Foto Profil Facebook ane dolo:

Oh ya, gak lupa pesen TS buat agan-agan yang punya pikiran untuk Go International, supaya bisa sukses dan survive,
Spoiler for Syarat utama agar bisa Be Global and Go International and SURVIVE!:

Lanjut ke bawah gans untuk Questions and Answers serta share info dan pengalaman dari sesama KasKuser.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

"Scroll...."

UPCOMING!

PART 3:Cara Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Tersulit Saat Wawancara Secara Out of the Box
PART 4: SKILL vs DEGREE, Which One is Better in the Eye of The Employer?


Sekali lagi TS ingetin, sambil nunggu part 3 dan part 4 nya, mampir di trit-trit ane yang lain gans emoticon-Malu (S)
Quote:


emoticon-I Love Kaskus (S)Questions and Answers emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

emoticon-I Love Kaskus (S)Share Info dan Pengalaman dari Sesama Kaskuser emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Gak lupa terima kasih banyak buat mimin sama momod yang udah appreciate trit ini dan naeikn ke HT pas jam produktif, jadi banyak yang mampir. You guys are the best! emoticon-shakehand. Maaf kalo ane g langsung pasang skrinsut HT nya dan ane taruh bawah pulak, karena ane baru aja pulang terus pejwan atas udah over character, jadi g muat lagi emoticon-Hammer (S). Tks buat para opportunity seekers yang udah antusias ngevote trit ini ke HT, berarti ane udu bikin part 3 nya secepatnya kalo gitu. Weekend ya guys, sementara pelajari E-booknya dolo. Dagangan ane lagi laris nih sekarang masalahnya emoticon-Big Grin
Spoiler for Again, tribute to Opportunity Seekers in KasKus:


wah penting nih buat ngelamar-ngelamar ke perusahaan internasional ya gan
udah lama nih ane ga buat cv emoticon-Malu (S)
isinya gak boleh lebay ye gan, singkat padat dan jelasemoticon-Ngakak
nanya??
kenapa g iupdate di Thread terdahulu saja bray?
Quote:

Gak muat gan, udah over chararter tuh trit

Quote:


mungkin biar bisa nambah koleksi HT nya brayemoticon-Ngakak
Quote:


Ow awkwakwakwa
oke bray , trit terdahulu sangat membantu

Trit yg sekarang ane bantu rate5 lagi
Quote:


hahahaha


Quote:

Cendol emoticon-Malu

wah kenapa gak boleh ada gambar gan kan biar asik haha emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:


belum ISO bray emoticon-Ngakak
Ijin bookmark ya gan, ane perlu ini sepertinya beberapa tahun lagi, thanks
jadi sebenernya foto itu gk usah terlampir di CV gan?
ane coba test apply2 lagi pake format cv di sini

makasiih baanyaak gans..
ane bantu rate emoticon-Sundul..
jadi sebenernya foto itu gk usah terlampir di CV gan?
ane coba test apply2 lagi pake format cv di sini

makasiih baanyaak gans..
ane bantu rate emoticon-Sundul..
hmm dah ga niat nyari kerja lagi sih emoticon-Big Grin
btw makasih infonya gan
Tks gan udah pm gue buat kasih link trit ini, akhirnya kan gue jadi mengurungkan niat untuk ngejang di trit pertama ente itu.

Skalian gue ijin donlot ebook nya sama kasih rate gan emoticon-Rate 5 Star
bookmark trit keren agan ini sekali lagi emoticon-Smilie
Klo di indo perlu cantumin foto,krn di sini msh milih yg enak diliat. Aplg buat assisten emoticon-Stick Out Tongue
wuooo nice tips..
lumayan nih buat referensi kalo ngelamar ke perusahaan internasional
tp keknya gw kudu belajar english lebih giat lagi


seperti biasa nice trit bro uklunk emoticon-Angkat Beer
Quote:

Bahasa Inggris itu termasuk salah satu skill utama gan. For nowadays, Degrees are nice but Skills pay bills emoticon-Smilie

Tks udah mampir gan. Hope the very best of luck for you emoticon-Angkat Beer