alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55b8167ce05227c5088b4567/tips-membuat-cv-dengan-standar-internasional
icon-hot-thread
TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
HALLO PARA OPPORTUNITY SEEKERS
TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Hallo gans, para opportunity seekers, trit ini merupakan lanjutan dari trit di bawah.
Quote:TIPS Sukses Wawancara di Perusahaan Internasional LIKE A BOSS! (Part 1)
TS sarankan bagi para opportunity seekers yang belum membaca bagian pertama dari trit ini agar meluangkan waktunya sejenak untuk membaca trit tersebut terlebih dahulu, baru dilanjut ke trit ini.

PART 2Quote:CV Berstandar Internasional
TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Seperti yang pernah TS tulis di part 1, CV berstandar Internasional itu yang pasti berbahasa Inggris, gak dipasang foto di dalamnya dan maksimal 2 lembar. Ini ada tambahan info dari sesama kaskuser perihal "polemik" perlu tidaknya dipasang foto di CV yang ternyata cukup menimbulkan banyak pertanyaan di part 1 dari trit ini.
Quote:Original Posted By shafanya

Alasannya bukan gitu gan, alasan foto tidak dicantumkan dalam CV adalah untuk menjamin tidak ada unsur subyektifitas para HRD dan Project manager untuk menerima pegawai (seleksi CV lebih objektif) kasihan donk kalo di foto wajahnya "kurang ganteng/kurang cantik" tapi skill dan pengalaman OK gak dipanggil wawancara kerja, toh juga nantinya bener nggaknya CV dia kan bergantung hasil wawancara juga. Lain halnya untuk pekerjaan yang menuntut penampilan fisik pasti ditambah cantumkan foto separuh badan dll.


Dan lanjut mengenai jumlah halaman dalam CV, sebenarnya lebih sedikit lebih baik, tapi itu tergantung juga dari lama pengalaman kerja dan skill yang agan miliki.
Spoiler for Salah satu alasan untuk membuat CV tidak lebih dari 2 halaman:

Ini malah ada yang cukup 1 lembar, nih ane kasih beberapa contohnya dibawah, ane ambil dari dayjob.com,
Spoiler for Sample International CV for Engineer:

Spoiler for Sample International CV for Sales Executive:

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Kalo mau lebih mantep lagi, karena saking banyaknya skill sama pengalaman kerja ya 2 lembar boleh, inget ya gans maksimal 2 lembar, kecuali kalo memang agan udah senior dan expert banget, saking banyaknya pengalaman sama skill yang agan kuasai, yah 3 lembar cincau lah. Ini ada contoh punya kolega ane, yang bersifat pribadi ane sensor ya emoticon-Malu (S)
Spoiler for Real International CV for Test Engineer Page 1:

Spoiler for Real International CV for Test Engineer Page 2:

Nah, itu beberapa contohnya gans. Jadi untuk membuat CV dengan standar Internasional, ada beberapa format yang perlu diketahui.

1. Top of the Page: Contact Information

Nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi dan alamat email baiknya ditaruh di paling atas sendiri dari CV. Sebenarnya tidak mutlak, tetapi ane sendiri dan banyak consulting agency rekomen seperti itu.

2. Second Section: Profile atau personal summary

Setelah contact information dilanjutkan dengan profile agan. Ingat profile disini bukan data pribadi lebih lanjut seperti jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status perkimpoian dll, tapi rangkuman gambaran diri agan secara profesional. Harap diingat, agan mau ngelamar perusahaan berskala Internasional, bukan mau nyalon jadi lurah emoticon-Big Grin

Dan juga, section ini adalah section yang paling penting, karena section ini adalah section yang paling dilihat oleh para HR recruiter. Dan sekali lagi, rata-rata HR recruiter mempelajari CV agan hanya 5-7 detik saja! Jadi disinilah bagian CV paling penting dari agan untuk 'jualan'. Rangkum semua pengalaman agan, keahlian utama agan baik soft skill maupun hard skill juga sasaran atau tujuan yang agan cari (career objective). Buat semenarik dan se-luar biasa mungkin, namanya orang 'jualan' kudu gitulah biar dagangannya laris emoticon-Malu (S)

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Tapi walaupun begitu, harap diingat, ini adalah profile summary, jadi buatlah sesingkat dan sepadat mungkin, karena masih ada section lainnya dari CV agan untuk menjelaskan lebih detail masalah itu.

3. Third Section: Key Skills

Walopun HR Recruiter hanya butuh 5-7 detik untuk screening CV agan, tapi apabila mereka melihat summary agan cukup layak untuk pekerjaan yang dibuka, maka mereka pasti akan lanjut ke section berikutnya. Nah, di section inilah 'dagangan' agan kudu dipoles lebih lanjut biar lebih menarik lagi. Key skill atau keahlian utama adalah keahlian yang agan kuasai dan merupakan nilai jual utama yang agan tawarkan ke employer. Harap diingat, hanya melamar pekerjaan yang sangat sesuai dengan keahlian utama agan, sesuai dengan persyaratan yang dipublish oleh employer, kalau tidak pasti CV agan sudah lewat setelah recruiter baca section ini.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

4. Fourth Section: Achievement

Di section ini, cantumkan semua prestasi agan yang luar biasa. Untuk fresh graduate bisa dicantumkan prestasi akademik yang menonjol atau pengalaman berorganisasi atau apapun itu yang menunjang profesi yang akan anda lamar di dunia kerja. Untuk yang profesional bisa dicantumkan prestasi-prestasi kerja anda selama ini yang luar biasa, kalo ada emoticon-Big Grin

Kalo enggak ada ya nggak usah dibuat deh section ini dan lanjut ke section berikutnya aja emoticon-Malu (S)

5. Fifth Section: Professional Experience

Untuk fresh graduate, jika ada pengalaman magang atau internship wajib tuh hukumnya dicantumkan. Untuk profesional, cantumkan pengalaman kerja agan mulai yang paling baru dulu ya. Formatnya ikutin aja contoh CV diatas. Pertama jabatan agan, dilanjut periode menjabat, dilanjut nama perusahaan tempat agan bekerja dan terakhir tugas-tugas dan tanggung jawab agan dalam jabatan tersebut.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

Catatan untuk section ini, jangan gunakan bahasa formal seperti bahasa employer untuk menjelaskan job description di iklan lowongan kerja. Selain menjelaskan tugas dan tanggung jawab agan, buatlah deskripsi tersebut juga mengangkat profesionalitas yang agan lakukan dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut.

Hmmm......iya deh contoh dikit. Yang gampang deh, salah satu tugas sales executive nih.

Instead of,

Answering all incoming calls and enquiries from client.

Kenapa enggak ditambah,

Answering all incoming calls and enquiries from clients promptly and professionally all the time to ensure client's satisfaction.

Ya gitu deh pokoknya, lagian kan udah ada contoh tuh diatas emoticon-Big Grin

6. Sixth Section: Education

Di section ini harap agan mencantumkan riwayat pendidikan agan mulai dari yang terakhir. Formatnya yang pasti nama sekolah atau universitas, jurusan, periode belajar sampai lulus, indeks prestasi akademik dan penghargaan kalau ada (merit atau cumlaude gitu maksudnya).

Buat yang lulusan sarjana, atau bahkan yang S2, harap hanya mencantumkan detail riwayat pendidikan S2 dan S1 nya saja, boleh kalau mau ditambah judul skripsi sama thesis-nya, apabila memang menunjang posisi pekerjaan yang dilamar.

Walopun gak bisa dipungkiri kalo memiliki gelar tinggi bisa memberikan nilai plus banget, tapi buat yang lulusan SMA/SMK, jangan berkecil hati, kalau bisa perbanyak hard skill-nya (nanti ane bahas lebih lanjut deh), kenapa? Baca tuh meme dibawah, soalnya hari gini tuh.....

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

7. Last Section: References

Jangan lupa, selalu akhiri CV agan dengan tulisan ini,
Quote:REFERENCES – Available on request.

Setiap perusahaan Internasional pasti akan meminta dan akan menghubungi orang yang anda cantumkan sebagai reference agan, baik itu via email maupun via telepon. Ingat, referensi anda BUKAN orang tua atau teman atau saudara anda, tapi rekan kerja, client, atasan ataupun bahkan bawahan anda. Untuk fresh graduate, ingat kalo magang itu sangat penting, karena agan-agan bisa mendapatkan seseorang yang bisa jadi reference agan disini. Buat yang belom pernah magang, yah, minimal dosen pembimbingnya lah emoticon-Stick Out Tongue

Walaupun reference disini bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa merekomendasi kan agan untuk meyakinkan employer seberapa baik dan layak kah agan untuk mengisi jabatan yang agan lamar, tetapi tidak terlepas hal tersebut berupa surat rekomendasi dari atasan agan di perusahaan agan sebelumnya. Sebegitu pentingnya arti reference disini makanya baik-baiklah kalo kerja dimanapun itu biar dapet rekomendasi yang bagus dari para reference anda, biar gak dikasih surat rekomendasi seperti dibawah, atau yang paling parah, malah di blacklist emoticon-Takut (S)
Spoiler for Baik-baiklah bekerja, walopun magang juga, biar gak di kasih recommendation letter kek gini:

Ini ada ringkasan lengkapnya dari tulisan diatas, kalo bisa lebih lengkap lebih bagus gan, kaya nyantumin publikasi dan sertifikasi. Untuk publikasi ane belum ada gan selain trit2 di KasKus emoticon-Big Grin, untuk sertifikasi (biasanya sertifikasi keahlian), nanti ane bahas lebih lanjut di part 3 di section DEGREE vs SKILL.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Nih ada contoh lagi buat referensi agan-agan dimari, CV yang pake full section seperti keterangan diatas, soalnya ybs punya keahlian dan prestasi yang lumayan banyak juga sih,
Spoiler for Standar International CV, Full Section Page 1:

Spoiler for Standar International CV, Full Section, Page 2:

Intinya, nulis CV itu kudu singkat, padat, jelas dan berbobot gans. Dan sekedar mengingatkan fakta penting dari part 1, untuk CV berstandar internasional, jangan sampai ada kesalahan Grammar dan Spelling satu pun! Oleh karena itu gans, jangan buru-buru kalo nulis CV tuh, bener-bener dipikirin secara mateng apa yang agan harus tulis dan cantumkan, sesuai prinsip orang jualan barang online lah, tulis yang paling menarik dari 'barang' yang agan mau jual, gak terlepas juga dari 'mutu' barangnya itu sendiri tapi yaaa....emoticon-Big Grin

Juga karena CV itu adalah modal pertama agan untuk di shortlisted sama recruiter. Jujur aja gan, karena ane tau betapa pentingnya arti CV untuk langkah kita kedepan, ane aja sampai bayar konsultan profesional dari luar negri buat bikinin ane CV yang berkualitas, jelas dan yang pasti bebas kesalahan grammar dan spelling. Bayar gak seberapa tapi hasilnya luar biasa dan karenanya ane bisa keliling dunia emoticon-Malu (S)

Ini ada beberapa tips dari ane kalo agan-agan ada yang berencana mencoba peruntungan di job market dunia,
Quote:1. Format File CV

Selalu kirim file CV anda dengan format pdf, karena lebih rapi dan lebih profesional, kecuali memang diminta untuk mengirimkan dengan format word.

2. Ukuran File CV

Usahakan ukuran file dari CV anda sekecil mungkin gans, kalau bisa dibawah 100kb. CV ane aja ukurannya cuma 44kb. Kalo ane gini caranya, bikin via MS Word, tapi convert ke pdf pake aplikasi pihak ketiga semisal do pdf gt. Soalnya kalo save as pdf pake MS Word, ukuran file-nya jadi gede, diatas 100kb an.

3. Lamaran via Email

Jika agan melamar via email yang dikirimkan ke alamat email recruiter, di email lamaran kerja anda cukup lampirkan CV saja!, tidak usah dilampirkan embel-embel lain seperti sertifikat, reference letter dll. Itu urusan nanti. Apabila recruiter men-shortlisted agan, maka mereka akan memintanya nanti. Juga untuk antisipasi, takutnya kalo tuh recruiter abal-abal, bisa disalah gunakan pulak dokumen kita nanti, kecuali kalo agan-agan ngelamarnya via portal resmi perusahaan yang bersangkutan, atau portal job market online terpercaya.

4. Hati-hati, banyak penipuan via on-line

Jangan lupa jadi opportunity seeker yang SMART gans. Karena banyak pihak-pihak yang tak bertanggung jawab di job market dunia. Jangan gampang "kalap" kalau ternyata ada recruiter menghubungi anda, entah itu via email ataupun by phone. Selalu cross check latar belakang perusahaannya.

Abaikan jika:
- Domain email recruiter gratisan, atau gak jelas.
- Mengirimkan pertanyaan wawancara via email.
- Tiba-tiba mengirimkan offer letter, padahal interview aja belum emoticon-Hammer (S)
- Meminta uang untuk biaya kepengurusan visa.

Intinya be smart dan selalu cek dan ricek background employer yang menghubungi anda. Gunakan fasilitas Google untuk riset, ampuh banget itu.

Apapun itu, dijaman serba instan seperti sekarang ini, kalau dapet sesuatu yang "too good to be true", kemungkinan besar pasti penipuan itu, kecuali emang rejeki anak saleh emoticon-Malu (S)

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional

5. Wajib punya akun skype.

Kebanyakan interview online itu via skype, jadi agan wajib punya akun skype. Info lebih lanjut masalah ini ada di part 3 nanti.

Oh ya, tambahan informasi perihal fakta di part 1 trit ini, rata-rata 427.000 CV baru, di posting setiap minggunya di monster.com. Banyak banget tuh gan, hampir sama dengan populasi rata-rata di Luxembourg! tiap minggu lho inget, dan mungkin bisa lebih banyak lagi di portal lowongan kerja online lainnya. Nah, kalo gak punya CV yang "catchy", gimana mau stand out from the crowd gans!
Spoiler for SUMUR:

Yah udah over character aja emoticon-Hammer (S). Kalo gt nanti ane sambung lagi deh lanjutannya di part 3 (dan) part 4? (habis sering over character nih, bahan kebanyakan ternyata emoticon-Hammer (S)), yang rencananya isinya membahas mengenai:
Quote:- Jawaban-jawaban Out of The Box untuk sukses menaklukan wawancara di perusahaan Multi or Internasional (Part 3)
- Tips sukses wawancara jarak jauh via Skype, Phone Conference dan direct phone call (Part 3)
- Kenapa skill lebih penting ketimbang gelar? (Part 4)
- Grammar gak penting, yang penting tuh conversation skill Bahasa Inggris (Part 4)

Quote:Seperti biasa, ane bakalan bikin trit sambungannya kalo ternyata banyak yang ngerate sama rekomen nih trit ke HT emoticon-Big Grin
(Link for Rekomen HT)

Buat yang udah buru2 mau interview dan gak sabar nunggu part 3 dan part 4 nya untuk Tips menjawab pertanyaan wawancara secara Out of The Box, nih gans, ane udah aplotin E-book nya, bahasa Inggris ya. Kalo mau sabar nunggu part 3 nanti ane jelasin poin-poin pentingnya skalian. Anyways, sedot dibawah gan linknya and I wish you the very best of luck bro! emoticon-shakehand
Quote:DOWNLOAD LINK
How to Answer The 64 Toughest Interview Questions

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Tambahan gans, karena dulu TS banyak punya kolega (co-workers) orang2 londo sana, dan gak sedikit juga yang mandang sebelah mata TS, walopun udah banyak juga yang jadi 'friend' di facebook, jadi dulu foto profil facebook TS tak ganti begini emoticon-Big Grin
Spoiler for Foto Profil Facebook ane dolo:

Oh ya, gak lupa pesen TS buat agan-agan yang punya pikiran untuk Go International, supaya bisa sukses dan survive,
Spoiler for Syarat utama agar bisa Be Global and Go International and SURVIVE!:

Lanjut ke bawah gans untuk Questions and Answers serta share info dan pengalaman dari sesama KasKuser.

TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
"Scroll...."
UPCOMING!
PART 3: Cara Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Tersulit Saat Wawancara Secara Out of the Box
PART 4: SKILL vs DEGREE, Which One is Better in the Eye of The Employer?


Sekali lagi TS ingetin, sambil nunggu part 3 dan part 4 nya, mampir di trit-trit ane yang lain gans emoticon-Malu (S)
Quote:Para Mama Kucing yang Bertaruh Nyawa Demi Anak-Anaknya TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Papa Pinguin, Bapak Terbaik di Dunia! TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Saat Bayi yang Terlahir Tuli Mendengar Suara sang Ibu Untuk Pertama Kalinya TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Momen Terkeren Anime Saat sang Jagoan Datang dan Jadi Penyelamat! TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
English is a CRAZY language, Period! TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Hal-Hal Positif yang Diajarkan Para Karakter One Piece ke Kita TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional
Sang Malaikat Penyelamat Ratusan Orang yang Mencoba Bunuh Diri TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalSebuah Kecupan Penyelamat NyawaDon't be an IDIOM: You Should Know These Sh!t TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional13 Foto yang Mencerminkan Arti Sebenarnya dari Kata "JANGAN MENYERAH" TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalFakta Menggelikan Tentang Panda Yang Bisa Bikin Agan Tersenyum TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalTIPS Sukses Wawancara di Perusahaan Multi dan Internasional LIKE A BOSS!! TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalTIPS Membuat CV dengan Standar Internasional TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalJadi Ini Toh Yang Bikin Mata Kita Cepet Rusak? TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalBahkan Superman Pun Belum Tentu Bisa Menyelamatkan Nyawa Manusia Akibat Serangan Ini! TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalTernyata Ini Gan, Hewan Paling Berbahaya di Indonesia! TIPS Membuat CV dengan Standar InternasionalKisah Yang Bisa Menginspirasi Agan Untuk Menjawab Pertanyaan Hidup TIPS Membuat CV dengan Standar Internasional


emoticon-I Love Kaskus (S) Questions and Answers emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By pckaleng
emoticon-Hammer
gw biasa application letternya kacau gitu,mirip sama postingan TS worst letter everemoticon-Hammer

thanks :beer bermanfaat bener ni emoticon-Big Grin edit cv gw dulu dah, kebetulan mau apply dah lama off emoticon-Ngacir

btw misal kirim CV ke agen atau hdr company langsung, sebenarnya application letter wajib ditulis ngak? atau kirim email kosong plus attachment CV kita aja?

Quote:Original Posted By uklunk

Jangan pernah kirim Email kosong hanya dengan lampiran saja gan, gak sopan dan dah pasti gak bakal dibaca sama recruiter.

Secara via email ya cover letter itu lah apa yang harus ditulis di emailnya. Tar deh dipart selanjutnya ane bahas dikit tentang gimana cara nulis cover letter yang baik.

Quote:Original Posted By rezapickless
isinya gak boleh lebay ye gan, singkat padat dan jelasemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By uklunk

Apalagi yang pake warna warni gak jelas sama hiasan bunga2an, emang situ mau pake buat ngelamar kerja atau ngelamar pacar gan? emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By bramantyonagas

Jadi intinya kita disuruh berubah jadi baja hitam dulu ye gan biar bisa go internasional? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By uklunk

Iya gan, di eropa masih banyak gorgom yang berkeliaran emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By okajeve108
Makasih banyak infonya gan!
Walaupun ane baru mau kuliah, tapi manfaatnya bakalan terasa nanti.
Boleh minta tips magang gan? Kalau bisa dalam bentuk thread, dari cara mulai sampai jalaninya, soalnya tadi ane baca magang jadi permulaan yang bagus buat ngelamar kerja.
Sekali lagi Makasih gan!
Maaf kalau ada tulisan yang menyinggung.

Quote:Original Posted By uklunk

Udah ada contributor di SF dunia kerja dan profesi yang buat gan, cekidot nih tritnya,

10 Tips sukses jadi Karyawan Magang

Ini Kaskus gan, apa aja ada. Coba ketik "magang" di kolom search. Rasanya ane dulu pernah liat ada trit yg banyak kasih tips buat magang, bahkan sampai ke Jepang pulak.

Anyways, wish you have a very best of luck gan. Salam sukses selalu emoticon-shakehand

NB: jangan lupa baca part 1 nya dulu gan


Quote:Original Posted By madkhandez

kalau di Indonesia, file yang perlu dilampirkan selain CV, apa aja gan biasanya?


Quote:Original Posted By uklunk

Sekarang udah banyak perusahaan multinasional yang punya portal sendiri untuk tempat para pelamar untuk ngisi aplikasi lamaran kerja via online. Biasanya semua dokumen yang dibutuhkan dikasih tau disitu. Tapi yang pasti, yang biasa diminta untuk diupload ke portal tersebut yaitu:

- CV (jelas itu, tapi kadang kita juga disuruh bikin lagi CV online di portal tersebut, capek deh, serasa kerja 2 x emoticon-Hammer (S))
- Cover Letter (optional, atau bisa dibikin sendiri di portal tersebut)
- Photo, biasanya 3x4 atau 4x6 dengan ukuran dibawah 200kb
- Sertifikat-sertifikat, seperti educational certificate dan keahlian
- Reference letter

Semoga membantu gan emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By capcayholic
thanks gan, bookmark n rate dulu.
bisa kali ya kalo format cv ini dipake buat apply scholarship ke LN? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By uklunk

Malah harus pake format seperti ini gan, namanya juga standar Internasional


Quote:Original Posted By frozenvenom
masih agak kurang paham dengan CV berstandar nasional ngga boleh menggunakan photo, kenapa y gan..? okelah kalau misal kita bekerja di luar negeri, menggunakan CV harus sesuai standar Inter, tp kalau di Indonesia..? apakah para recruiter diluar sana sudah memahami kalau CV standar Inter g pake photo...? nanti malah dibuang lagi CV kita karena gara2 g ada photo

"ini niat g sih bikin CV photo aja g ada.." dan terlebih klo diliat dari contoh CV diatas kan simpel banget ya,

kan kita bingung saat ngirim CV harus yang standar CV Internasional apa yang seperti biasa ga mungkin kan harus nanya dulu ke perusahaan..? apa dia pake standar CV yg mana.. emoticon-Hammer

tapi untuk referensi boleh deh, ane buat deh CV standar internasional, tp ya perbaikin grammar dulu hahaha emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By uklunk

Untuk melamar ke perusahaan Internasional di luar negeri, CV gak perlu dicantumin foto di dalamnya. Ada fakta tersebut di part 1. Tapi ada baiknya kita punya CV lebih dari 1 gan, tergantung keperluan, okelah ada yang dikasih foto didalamnya kalau mau coba melamar di dalam negri. Intinya sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi.


Quote:Original Posted By giopatoz
gan, cv lulusan s1 , gk ush nyantumin riwayat edukasi nya dari smp kan? ijazah smp ane ilang, atau hrus lngkap dri sd? ane msih polos~

Quote:Original Posted By uklunk

Ya, di CV cukup pendidikan terakhir aja. Menuh2in tempat aja di CV emoticon-Big Grin

Ijazah smp hilang asal masih inget aja nama sekolahnya emoticon-Stick Out Tongue karena biasanya nanti disuruh ngisi form sendiri untuk riwayat pendidikan lengkap kalo dipanggil wawancara, yang paling penting ijazah terakhir jangan sampe hilang, walopun hilang juga bisa diurus kq.

Tips, scan ke file semua dokumen penting


emoticon-I Love Kaskus (S) Share Info dan Pengalaman dari Sesama Kaskuser emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:Original Posted By teloaditya21
emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Toast emoticon-Toast
ane juga lagi persiapan S2 di luar gan , ane rajin baca contoh CV anak yg ketrima di kampus top kyk MIT ,
  • rata2 mereka emang bener gak lebih 2 halaman tapi bener2 detail gan ,
  • proyek di kampusny dulu yg berhubungan sama jurusan yg dia apply dicantumin ,
  • singkat tapi detail,
  • plus tambahan diawal biasanya dikasih motto hidup ,
  • biasany nyantumin 2 email personal sama profesional ,
  • biasanya kata2nya agak melebih2kan terkesan sombong tapi emang gitu tradisi barat kita gak boleh rendah diri emoticon-Jempol

  • sama di ahkir ada referensi profesor


disitu ane simpulkan bahwa CV gak boleh panjang2 , singkat tapi detail , cuma ditulis hal2 yg bersangkutan sama posisi/jurusan yg mau di apply

Page one gk nolak emoticon-Blue Guy Peace

Quote:Original Posted By jeng.ayu
kalo mau bikin CV yg template nya mirip ama yg di kasih TS, bisa klik https://europass.cedefop.europa.eu/en/home

itu template CV standar eropa, bisa di coba utk nglamar2 kerja atau beasiswa..

page one ya gan hehe emoticon-Betty (S)

Quote:Original Posted By BANNED.USER
Sharing pengalaman gw sebagai interviewer akhir (user) di salah satu perusahaan Jepang yg bergerak di bidang logistics di Jakarta :
- Dalam memilih kandidat gw selalu menitik beratkan :
1. Kemampuan
2. Pendidikan
3. Personal detail (usia, status keluarga, dll)
4. Penampilan (cara bicara, wajah, dll)

Kesimpulannya :
- Yang memiliki keahlian khusus sangat disarankan untuk tunjukkan di CV (negotiation, communication, dan soft skill lainnya)
- untuk yang memiliki penampilan menarik (cantik / ganteng) silahkan tambahkan foto karena itu akan menjadi nilai lebih
- Jika anda adalah pelamar berpengalaman dan melamar untuk posisi Managemen (Junior Manajer keatas) silahkan tunjukkan current salary dan expected salary di CV, jadi perusahaan abal-abal tidak akan menghubungi anda...

Saran :
- Fresh graduate disarankkan tidak terlalu pemilih, setidaknya ente punya 2 tahun pengalaman kerja di bidang yg ente kuasai maka akan ada banyak lowongan kerja dengan gaji sesuai harapan menanti
- untuk posisi manajemen (manager keatas) rasanya tidak perlu lagi apply lowongan kerja, karena jika anda emang bagus pasti ada aja head hunter yg mencari anda utk di hire dengan gaji yg pantas (Pengalaman pribadi)

Quote:Original Posted By SuryaOxx
Wah kebetulan, ane pake cv Standar International CV yang page one. Tapi ane dapet dari website, lupa dah nama website nya apa. Itu juga berlaku lho buat ngelamar di Multi National Cooperation macem freeport dkk emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By chowe
buat cv yang sesimple padat jelas, jangan panjang lebar, bosen dibacanya, yang baca juga kan kebanyakan banyak kerjaan, mana harus ngecek ratusan lamaran tiap hari.

sebelum buat cv tanya tanya dulu atau cari informasi perusahaan yang mau dilamar, tipikal cv nya kayak gimana, kadang kadang perusahaan A berbeda bentuk lamaran dengan perusahaan B. kalo gaktau infonya, yaa pake yang umum aja.. yang penting padat jelas dan menampilkan jualan kita..

Quote:Original Posted By acid90
Mau Share Gan tentang Mekanisme seleksi CV pas agan kirim ke perusahaan buat yg fresh graduated, Mungkin agan-agan yang senior udah pada tahu emoticon-Malu (S)

Menurut temen2 ane di HRD
Setiap CV yang mereka terima dalah satu hari bisa sampai dengan 100 ~ 300 (contoh perusahaan multi nasional/ asing)
Waktu pemeriksaan CV (1~3 Detik) saja... kalo gak sesuai spec langsung dibuang gan....

Hal yang dicek di awal

1. IPK ( Kalo gak sesuai spec lngsung buang) --> 1 Detik
2. Lulusan Kampus Mana Qualify / Not Qualify (perusahaan punya track record dan minimal lulusan yang akan mereka ambil) -->1 Detik
3. Tampilan CV tidak ringkas dan menarik 1 -->Detik


Setelah itu mereka cek point ini gan

1. Kemampuan bahasa (B.Inggris) dll.
2. Kegiatan Organisasi + Soft Skill
3. Certifkat Pelatihan + Seminar2

Semakin banyak aktifitas dan kreasi yang agan lakuin pas ngampus
chance agan dipanggil interview semakin besar...


So Berkarya lah para agan/aganwati yang masih kuliah....


[/SPOILER]

Gak lupa terima kasih banyak buat mimin sama momod yang udah appreciate trit ini dan naeikn ke HT pas jam produktif, jadi banyak yang mampir. You guys are the best! emoticon-shakehand. Maaf kalo ane g langsung pasang skrinsut HT nya dan ane taruh bawah pulak, karena ane baru aja pulang terus pejwan atas udah over character, jadi g muat lagi emoticon-Hammer (S). Tks buat para opportunity seekers yang udah antusias ngevote trit ini ke HT, berarti ane udu bikin part 3 nya secepatnya kalo gitu. Weekend ya guys, sementara pelajari E-booknya dolo. Dagangan ane lagi laris nih sekarang masalahnya emoticon-Big Grin
Spoiler for Again, tribute to Opportunity Seekers in KasKus:


wah penting nih buat ngelamar-ngelamar ke perusahaan internasional ya gan
udah lama nih ane ga buat cv emoticon-Malu (S)
isinya gak boleh lebay ye gan, singkat padat dan jelasemoticon-Ngakak
nanya??
kenapa g iupdate di Thread terdahulu saja bray?
Quote:Original Posted By coba.ngethread
nanya??
kenapa g iupdate di Thread terdahulu saja bray?

Gak muat gan, udah over chararter tuh trit

Quote:Original Posted By coba.ngethread
nanya??
kenapa g iupdate di Thread terdahulu saja bray?


mungkin biar bisa nambah koleksi HT nya brayemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By uklunk
Gak muat gan, udah over chararter tuh trit


Ow awkwakwakwa
oke bray , trit terdahulu sangat membantu

Trit yg sekarang ane bantu rate5 lagi
Quote:Original Posted By rezapickless
mungkin biar bisa nambah koleksi HT nya brayemoticon-Ngakak


hahahaha


Quote:Original Posted By coba.ngethread


Ow awkwakwakwa
oke bray , trit terdahulu sangat membantu

Trit yg sekarang ane bantu rate5 lagi


hahahaha



Cendol emoticon-Malu

wah kenapa gak boleh ada gambar gan kan biar asik haha emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By uklunk
Cendol emoticon-Malu


belum ISO bray emoticon-Ngakak
Ijin bookmark ya gan, ane perlu ini sepertinya beberapa tahun lagi, thanks
jadi sebenernya foto itu gk usah terlampir di CV gan?
ane coba test apply2 lagi pake format cv di sini

makasiih baanyaak gans..
ane bantu rate emoticon-Sundul..
jadi sebenernya foto itu gk usah terlampir di CV gan?
ane coba test apply2 lagi pake format cv di sini

makasiih baanyaak gans..
ane bantu rate emoticon-Sundul..
hmm dah ga niat nyari kerja lagi sih emoticon-Big Grin
btw makasih infonya gan
Tks gan udah pm gue buat kasih link trit ini, akhirnya kan gue jadi mengurungkan niat untuk ngejang di trit pertama ente itu.

Skalian gue ijin donlot ebook nya sama kasih rate gan emoticon-Rate 5 Star
bookmark trit keren agan ini sekali lagi emoticon-Smilie
Klo di indo perlu cantumin foto,krn di sini msh milih yg enak diliat. Aplg buat assisten emoticon-Stick Out Tongue
wuooo nice tips..
lumayan nih buat referensi kalo ngelamar ke perusahaan internasional
tp keknya gw kudu belajar english lebih giat lagi


seperti biasa nice trit bro uklunk emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By elefana
wuooo nice tips..
lumayan nih buat referensi kalo ngelamar ke perusahaan internasional
tp keknya gw kudu belajar english lebih giat lagi


seperti biasa nice trit bro uklunk emoticon-Angkat Beer

Bahasa Inggris itu termasuk salah satu skill utama gan. For nowadays, Degrees are nice but Skills pay bills emoticon-Smilie

Tks udah mampir gan. Hope the very best of luck for you emoticon-Angkat Beer