alexa-tracking

(Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55b6f9c3642eb606438b4568/bagian-2--ini-15-pertanyaan-yg-paling-sering-ditanya-ketika-interview-kerja
Thumbs up 
icon-hot-thread
(Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
Hai Agan dan Sista!

Kembali lagi bareng ane, Maya Arvini. Buat yang belum tau siapa ane silahkan klik link ini ya. Beberapa bulan ini ane udah nulis tips-tips buat agan dan sista di kaskus seputar karir. Penasaran sama apa aja yang udah ane tulis? Bisa langsung search username ane @mayaarvini untuk baca thread-thread yang udah pernah ane tulis.

Sebelum kita mulai ane mau perjelas aturan sharing dan diskusi di thread ane ini :
1. Ane baca dan reply thread setiap hari jam 8 – 9 malem kecuali hari sabtu & minggu.
2. Untuk yg mau nanya boleh banget tapi ane ga akan jawab pertanyaan yg bersifat komplen, beraura negatif, bikin semua yg baca jadi bete.
3. Ane ga melayani pertanyaan konsultasi seputar produk Microsoft, IBM dan pertanyaan-pertanyaan seputar pribadi ane.
4. Ane hanya akan jawab agan yg nanya dengan sopan. Sopan adalah syarat wajib kita berdiskusi. Kalau thread ane atau jawaban ane ga memuaskan ga perlu di hina apalagi sampai kasar menghina pekerjaan ane atau numpang nampang di thread ane. Kita harus menghargai orang lain supaya orang lain menghargai kita.

Sebelumnya ane udah bahas tentang (Bagian 1) : Ini 10 Hal yang perlu dilakukan sebelum wawancara kerja. Yang belum sempet baca, bisa klik link ini ya.

Kali ini ane akan membahas tentang (Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja. Cekidot ya.

(Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja

Sumber : http://www.vanilla-beans.in/wp-conte...ions_large.jpg

Kenapa kita harus persiapan penuh sewaktu interview kerja ? Jawabannya sudah pasti supaya bisa keterima kerja. Interview juga merupakan skill atau kemampuan jadi perlu latihan. Maksud latihan disini bukannya sering-sering iseng interview lantas agan dan sista jadi jago interview. Memang makin sering interview agan pasti akan jadi lebih jago tapi memang ketika kita sudah berada pada proses interview kerja sebaiknya kita memang tertarik untuk menjalani prosesnya sampai akhir. Ini tips ane setiap mau interview :

1. Kunci sukses adalah persiapan yg baik. Mau kita merasa pinter atau memang pinter pun, ga ada org yg sukses ga pakai persiapan. Persiapan penting untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan.

Quote:


2. Jangan lupa bikin contekan alias cheat sheet seputaran pertanyaan-pertanyaan yg kira-kira akan ditanya sewaktu interview. Banyak banget yg suka meremehkan bikin kertas contekan karena merasa yakin sudah tau jawabannya. Betul begitu tetapi terkadang yg namanya lagi interview agan mendadak lupa jawabannya. Itulah kenapa bikin contekan itu penting sebenarnya buat bahan belajar.

3. Setelah contekan dibuat agan masih harus latihan untuk mastiin agan inget jawabannya. Selain itu sekarang sudah sering interview dalam Bahasa Inggris walau suka dicampur dengan Bahasa Indonesia. Buat agan yg ga terlalu menguasai Bahasa Inggris, agan masih harus latihan ga Cuma pakai Bahasa Indonesia tetapi juga latihan pakai Bahasa Inggris.

Berikut ini list pertanyaan yg sering ditanya ketika interview kerja. Ada pertanyaan yg ditanya oleh bagian HRD atau SDM (sumber daya manusia), ada juga yg ditanya oleh calon bos agan nanti. Biasanya kalau dengan bagian HRD atau SDM pertanyaan yg dilontarkan lebih ke motivasi agan keluar dan join perusahaan mereka. Pertanyaan lebih detil biasanya banyak ditanyakan oleh calon bos agan atau bosnya bos agan. Cekidot.

1. Nervous atau gugup hal yg wajar, yg penting agan sudah persiapan. Dengan persiapan sebaik-baiknya akan mengurangi nervous atau gugup agan.

2. Sebelum sampai ke tempat interview pastikan agan sudah makan, ga perlu terlalu kenyang dan jangan mepet. Ini untuk menghindari panggilan alam kali aja perut agan mules karena makanan.

3. Agan datang maksimal 15 menit sebelumnya, sebaiknya ke kamar kecil untuk buang air, cek pakaian dan atau touch up make up (buat sista) supaya kelihatan rapi.

4. Tunggu di tempat atau ruangan yg telah disediakan. Jika ditanya mau minum apa, keep it simple dengan air Putih saja. Ini untuk ngurangin risiko kalau agan minum kopi atau teh yg rasanya ga cocok sama perut agan. Kalau memang ditawarin buat disediain minum sebaiknya agan pesen, karena kita ga pernah tahu berapa lama sesi interview belum lagi kalau agan masih harus nunggu, supaya bibir ga kering aja.

5. Ketika orang yg interview agan datang, agan berdiri dan jabat tangan dengan percaya diri. Ketika berjabat tangan bisa katakan :”hello pak/bu, apa kabar ? Perkenalkan saya Maya. Terima Kasih untuk waktu yg diberikan.” Ane yakin orang yg interview agan akan langsung merasa nyaman.

(Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja

Sumber : http://www.cornonthejob.com/wp-conte...erviewer11.jpg

6. Jika orang yg interview meneruskan dengan chit-chat santai, ane sarankan agan jawab dengan santai juga tetapi tetap formal. Beberapa hal yg mungkin aja ditanya :”gimana tadi macet ga kesini” atau “mau minum apa?” atau hal-hal lain yg tidak berhubungan langsung dengan konten interview. Yg pasti agan jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan santai juga, tapi jangan nunjukin misalnya agan bete abis gara-gara macet atau misalnya kelaparan krn ga sempat makan sblm interview. Ga penting soalnya.

7. Terkadang sebelum interview agan akan diberitahu akan ketemu dengan siapa yg interview agan. Ada perusahaan yg proses interviewnya satu-satu system gugur, ada juga yg proses interviewnya beberapa kali secara terpisah. Tapi ada juga yg sekali interview semua orang yg berkepentingan langsung hadir disitu, disebut panel interview. Ane sendiri sewaktu interview di IBM, prosesnya satu-satu dan system gugur, ane inget jaman itu ane diinterview 2 orang Country Manager (selevel dengan Director) dikesempatan terpisah. Setelah ane lulus, ane dipanggil untuk interview terakhir oleh President Director IBM Indonesia saat itu, Ibu Betti Alisjahbana. Kalau di Microsoft, ane di interview secara panel, jadi ada 7 orang Director yg interview ane selama sekitar 1,5 jam dimana interview itu sendiri dipimping langsung oleh President Director Microsoft Indonesia jaman itu, Pak Tony Chen.

Buat ane sih yg mana aja sama aja, sama susahnya. Kalau satu-satu biasanya makan waktu dan stress karena ga beres-beres, sedangkan yg panel cuma skali stress tapi pas interview seperti dikeroyok. Intinya sih mau yg mana aja yg penting kita persiapan.

(Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja

Sumber : http://affairstoday.co.uk/5-ways-to-...-in-interview/

Biasanya setelah sedikit chit-chat santai orang yg interview agan akan mulai dari list pertanyaan dibawah ini.

8. “OK, terima Kasih untuk kehadirannya. Saya sudah baca resume (CV) anda. Anda bisa ceritakan sedikit tentang diri anda ?”

Menjawab pertanyaan seperti ini, agan harus siapkan jawaban yg tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, maksimal 2 (dua) menit. Dimana agan menceritakan latar belakang pekerjaan agan sebelumnya beserta prestasi yg pernah agan raih. Ane biasanya cerita latar belakang dan prestasi ane, ane juga cerita hobby ane (yg positif tentunya), sedikit juga tentang latar belakang pendidikan dan prestasi selama kuliah. Hal-hal yg ga penting dan ga berhubungan dengan pekerjaan atau prestasi ga perlu disebutin.

9. “Kenapa anda ingin bergabung dengan kami?”

Menjawab pertanyaan ini, agan harus jawab dg jawaban yg jujur. Misalnya “Setahu saya perusahaan ini terpilih sebagai perusahaan yg paling diminati karena suasana kerja yg sangat kondusif” atau misalnya “Saya ingin menjadi bagian dari tim penjualan terbaik” atau “Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan yg menjual produk terbaik” atau “Saya membutuhkan tantangan baru” dan lain sebagainya. Hindari jawaban yg seperti menjelekkan perusahaan sebelumnya seperti “Saya tidak cocok dengan bos saya”, “Saya tidak suka suasana kerja dikantor saya”.

10. “Kenapa anda mencari tantangan baru, apakah perusahaan anda yg sekarang membosankan buat anda?”

Pertanyaan seperti ini biasanya jebakan, jadi agan jangan terjebak untuk menjawab “Ya”, walaupun misalnya emang agan bosen. Jawaban yg tepat seperti, “Suasana di kantor saya sekarang cukup menyenangkan, akan tetapi dengan prestasi yg sudah saya raih saya merasa sudah saatnya saya mencari pengalaman baru untuk lebih meningkatkan kemampuan saya.”

11. “Kenapa anda resign dari perusahaan sebelumnya? Apa motivasi anda untuk pindah kerja?”

Pertanyaan ini juga sama, agan harus menjawab dengan jujur tapi ga perlu sampai mengungkapkan masalah pribadi seperti, “Gaji yg sekarang tidak mencukupi jadi saya harus pindah kerja”. Agan sebaiknya menjawab dengan jawaban seperti yg saya tulis di poin no 8 atau 9.

12. “Anda punya banyak prestasi. Kalau menurut anda sendiri apa kelebihan dan kekurangan anda?”

Pertanyaan ini hampir selalu ditanyakan ketika interview. Orang yg interview agan ingin tahu bagaimana cara agan menilai diri sendiri. Mau sebagus apapun prestasi agan pasti setiap manusia punya kekurangan. Cara menjawabnya, cukup jawab dengan jujur yg bersifat perilaku positif misalnya saya pekerja keras, orangnya positif dan bisa bekerja sama dalam tim dengan baik. Apapun jawaban agan selama agan bisa menjelaskan dengan detil apa yg dimaksud dengan pekerja keras, orangnya positif dan bisa bekerja sama dalam tim dengan baik, itu cukup untuk diketahui orang yg interview agan.

Dan sebaliknya agan juga harus bisa menilai kekurangan diri sendiri. Cukup sebutin 3 kekurangan agan dengan jujur dimana agan bisa menjelaskan seperti apa dan agan sendiri sudah berusaha memperbaiki selama beberapa waktu trakhir. Walaupun jujur ga perlu agan sebutin yg jawabannya bisa bikin ilfil. Biasanya ane jawab dengan, “Saya orangnya sangat excited dengan pekerjaan saya. Terkadang saya ingin pekerjaan saya selesai dulu sebelum saya pulang, jadinya ketika bekerja dalam tim saya berharap tim saya juga merasakan hal yg sama. Padalah org lain punya prioritas yg berbeda”. Agan jangan jawab,”Saya orangnya malas.” Jawaban begitu agan engga bakal diproses lebih lanjut.

13. “Apa yg bisa kamu berikan org lain tidak bisa beri?”

Pertanyaan ini maksudnya dengan dia bertanya agan ini punya kelebihan yg unik yg ga banyak dimiliki orang kebanyakan apa saja. Agan harus menjawab dengan jujur juga, karena biasanya org yg interview bisa menilai sifat agan dari cara agan menjawab ketika interview. Ane sendiri biasanya jawab dengan,”Saya punya jiwa kepemimpinan yg tinggi dan dapat diandalkan. Banyak jawaban untuk pertanyaan ini yg penting agan bisa menjelaskan lebih detil seperti apa contohnya karena pasti akan ditanya lebih detil lagi.

14. “Apakah anda bisa bekerja sama dengan baik dalam satu tim? Bisa ceritakan suatu kondisi dimana anggota tim anda punya latar belakang yg berbeda-beda dimana anda harus beradaptasi ?”

Pertanyaan ini diajukan untuk memastikan agan bisa kerja dalam kelompok. Mau kyk gimana pinternya agan, kalau agan pinter sendirian percuma, jadi perusahaan mau mastiin agan bisa kerja dengan baik walaupun berkelompok. Biasanya orang yg pinter suka males kerja berkelompok dan rentan konflik. Untuk menjawab pertanyaan ini, agan harus menjawab “Iya”. Jangan lupa siapin cerita detilnya ttg bagaimana agan bisa kerja dengan baik dalam satu tim yg berbeda latar belakang. Beda latar belakang bisa artinya secara usia rentangnya jauh atau bisa juga berbeda latar belakang. Jaman Microsoft dulu di tim saya ada orang-orang non IT yg terkadang kita harus cukup sabar menjelaskan kalau di industri IT itu seperti apa. Karena itu agan harus bisa menceritakan bagaimana agan bisa berkomunikasi dengan baik walaupun berbeda usia, senioritas atau latar belakang.

15. “Apa pendapat anda tentang bos anda?”

Pertanyaan ini ingin mengetahui apakah agan ada konflik dan bisa bekerja sama dengan baik dengan atasan agan. Misalnya agan menjawab dengan,”Atasan saya saat ini sangat baik, beliau mau mengajarkan berbagai hal kepada saya. Selain itu beliau juga cukup responsive ketika saya dan tim banyak bertanya mengenai pekerjaan. Hal yg perlu di improve dari atasan saya saat ini bahwa beliau tidak terlalu kuat analisisnya sehingga saya lebih banyak fokus membantu beliau untuk analisa beberapa hal.” Jawaban seperti ini cukup netral, hindari jawaban-jawaban yg menjelekkan atasan agan sebelumnya seperti, “Atasan saya sebelumnya ga becus”, atau seperti “Saya ga tahan kerja sama atasan saya yg sekarang karena pemarah dan bau ketek.” Hehehe…Kalau agan menjelekkan atasan sendiri nanti orang yg interview agan bakal mikir, ntar agan kluar dari sini bakal jelek-jelekin perusahaan ini juga.

16. “Berapa lama waktu yg anda perlukan untuk memberikan kontribusi jika anda anda diterima di perusahaan kami?”

Ini pertanyaan susah-susah gampang karena kita ga akan pernah tahu berapa lama kita bisa kontribusi selain kerja langsung disitu. Tapi biasanya kalau pekerjaannya sendiri pekerjaan yg agan sudah biasa lakukan biasanya dalam 3-6 bulan agan sudah bisa berkontribusi. Lain halnya kalau type pekerjaannya berbeda, atau agan dipromosi dan lain sebagainya maka agan sendiri perlu waktu lebih lama untuk beradaptasi dahulu.

17. “Apa yg menjadi target jangka pendek dan jangka panjang anda?”

Perusahaan ingin memastikan kalau agan ini orang yg punya tujuan hidup. Target jangka pendek dan jangka panjang yg ditanya biasanya yg relevan dengan karir. Target jangka pendek biasanya 1-3 tahun, sedangkan target jangka panjang itu diatas 5 tahun.
Ane sendiri biasanya menjawab dengan, “Dalam 3 tahun kedepan saya berharap bisa terus berprestasi secara konsisten diperusahaan ini, selanjutnya saya bisa mendapat kepercayaan untuk naik jenjang satu level dari posisi saya saat ini.”
Kalau untuk target jangka panjang, ini tergantung diri agan sendiri, agan sendiri apakah kerja punya target jangka panjang atau engga. Agan bisa menjawab menjadi Manager atau Head di perusahaan ini atau selevel dengan itu. Yg penting memang itu target yg agan pingin raih.

(Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja

Sumber : http://bagindaery.blogspot.com/2013/...-dan-cara.html

18. “Menurut anda seberapa Sukses anda saat ini?”

Pertanyaan ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah agan bisa menilai diri agan sendiri. Faktor apa yg membuat agan sukses dan apakah agan org yg bersyukur atau tidak terhadap apapun pencapaian agan saat ini. Jawaban ini juga harus agan jawab dengan jujur, jika agan merasa pencapaian agan saat ini sudah sesuai dengan yg agan harapkan maka agan bisa jawab seperti itu, jangan lupa sampaikan rasa terima kasih agan dengan menyampaikan pihak-pihak mana saja yg membantu agan bisa sampai di posisi saat ini.

19. “Jika anda di terima, anda memiliki rencana berapa lama anda akan berada di posisi ini?”

Pertanyaan ini sudah pasti mau memastikan agan ga ada rencana untuk pindah dalam waktu dekat. Ane sendiri akan menjawab dengan,”Selama saya bisa berkontribusi diperusahaan ini dan terus Belajar saya melihat diri saya bisa dalam waktu yg cukup lama di perusahaan ini.” Jawaban seperti itu adalah jawaban netral dan bisa diterima cukup baik oleh orang yg interview agan. Hindari jawaban seperti,”saya ga berencana lama”, atau “Tergantung, kalau ada perusaahaan lain bayar saya lebih baik saya pasti langsung pindah.” Ini sih namanya gali lubang kubur buat diri agan sendiri.

20. “Berapa gaji yg anda harapkan?”

Saran ane dari awal agan kerjain PR agan dengan cari tahu berapa gaji yg diposisi tersebut. Agan bisa tanya sama temen-temen agan yg mungkin ada kenalan di perusahaan itu. Ga harus dapat angka pasti, range gaji saja sudah ok. Informasi ini untuk agan supaya yakin ketika mau proses lebih lanjut. Dan ketika ditanya sewaktu interview sebisa mungkin agan ga sebut angka. Agan bisa Tanya kembali orang yg interview agan,”Berapa gaji yg ditawarkan untuk posisi ini?” Biarkan orang yg interview agan yg jawab duluan mengenai gaji.

21. “Apakah anda melamar perusahaan lain selain disini?”

Untuk menjawab pertanyaan ini saran ane agan harus jujur. Tapi siapa tahu nih agan melamar pekerjaan sampai 20 perusahaan agan juga ga perlu Kasih tahu. Agan cukup Kasih tahu misalnya agan lagi diproses di 1-2 perusahaan lain. Biasanya pertanyaan ini akan ditanyakan diakhir interview. Tujuannya untuk mengetahui seberapa serius agan mencari pekerjaan. Apalagi kalau agan merasa interview agan berjalan lancar, ada kemungkinan orang yg interview agan mau mastiin apa mereka bisa cukup cepat menyelesaikan seluruh proses rekrutmen.

22. “Apakah ada hal yg ingin anda tanyakan?”

Biasanya ini pertanyaan penutup. Orang yg interview agan mau mastiin agan juga punya persiapan mengenai perusahaan ,posisi ataupun bisnis mereka. Saran ane agan harus setidaknya bertanya 1-2 pertanyaan bermutu untuk memberikan kesan agan sudah persiapan sebelumnya. Biasanya ane bertanya mengenai posisi persisnya yg sedang dicari. Atau mengenai kondisi bisnis atau produk dari perusahaan tersebut.

Quote:


Sekian tips dari ane, semoga agan bisa persiapan dengan baik dan dihired oleh perusahaan! Jangan lupa hasilnya pasti akan tergantung doa dan usaha agan. Good luck!!

emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2

Twitter & Instagram : @mayaarvini
Facebook : Maya Arvini & Career First
www.mayaarvini.com

(Bagian 2) : Ini 15 Pertanyaan yg paling sering ditanya ketika interview kerja
Sumber : http://www.cameronherold.com/blog/in...iew-questions/

Penting banget nih untuk dibahas bareng-bareng.
Sering kali di bagian inilah (interview) seseorang kurang memiliki persiapan matang.
Sehingga ya hasilnya mudah ditebak (baca : gagal masuk)
misalna bw contekan cr nyontekna gmn?
Quote:


sorry saya ga ngerti bahasa alay.
Quote:


mungkin maksudnya contekan buat sebelum interview gan, misal saat lagi nunggu giliran di panggil, daripada bengong mungkin lebih baik baca contekan yang udah disiapkan...
sangat baik gan atas penjelasannya semoga bermanfaat bagi saya dan orang lain
mbak maya thanks atas tips dan infonya emoticon-Smilie, saya ingin tanya satu pertanyaan nih mbak,

bagaimana dengan pertanyaan tentang lamanya menganggur, seperti kenapa menganggur lama? atau selama menganggur ngapain aja?
katakanlah periode menganggur lebih dari 1 tahun, selama menganggur si pelamar sibuk melamar/tes/interview sana-sini, pernah juga mengikuti kursus sesuai latar belakang studinya, namun sekian lamanya belum dapat juga pekerjaan, nah menurut mbak, respon jawaban apa yang tepat tanpa membuat si pelamar down?
thanks mbak.
pentingbgd nih buat persiapan interbview.. ane biasanya gugup klo udh interview dan cenderung memberikan jawaban yang kurang bagus

thx infonya gan emoticon-Cendol (S)
Quote:


Ini konteks menganggur : utk anak2 baru lulus kuliah (fresh grad) susah dpt kerjaan lantas nganggur atau sblmnya kerja lantas resign tapi belum ada kerjaan baru lantas nganggur?

Khusus utk case kamu, alasan kamu nganggur (lama) apa ya?
“Preparation is the key to success.” – Alexander Graham Bell

terimakasih mbak maya atas wejangannya..

kebetulan ane ada rencana buat pindah karir dari tempat sekarang kerja..
sekarang lagi update cv + lirik2 perusahaan lain..
izin gelar tiker gan
mantap dah emoticon-Smilieemoticon-Malu (S)
tips no.1 "Kunci sukses adalah persiapan yg baik" .. Tips penting yang sering kali kita lewatkan. Terima kasih untuk mba mayaarvini mengenai sharing informasinya.
Sis, ane mau tanya.
kalau ane dalam proses resign, terus kebetulan ada panggilan dari perusahaan yang kita apply, sedangkan posisi perusahaan kita itu jauh, semisal beda pulau dengan perusahaan yang kita apply, dan kita minta untuk menjadwalkan ulang sesi wawancaranya.

Gimana yah cara jawab yang enak supaya kita dapet kesempatan untuk wawancaranya di kesempatan berikutnya ?
Apakah sopan kiranya kalau ane di bulan berikutnya telpon tuh perusahaan dan menanyakan kelanjutan proses wawancaranya ?
Terima Kasih. emoticon-Malu (S)
Quote:

thanks for reply nya mbak maya,
untuk konteks casenya sudah bekerja, resign, trus nganggur lama krn susah dapet kerjaan serta pemilih dan idealis, yang akhirnya pertanyaan seperti yg mbak tanya "alasan kamu nganggur (lama) apa ya?" menjadi dealbreaker pas interview,
setuju dengan poin 8 s/d 11 yang mbak jabarkan untuk jujur dengan memilih jawaban yg baik/normatif namun sulit menahan diri jika diinterogasi pertanyaan2 jebakan yg akhirnya terjebak memberikan jawaban yg tidak perlu (too much information).

thx mbak.
Sist, kalo misalkan seorang candidate ditanya sama HRD :

"Saat ini posisi anda sedang bekerja di sebuah multinasional company di Jakarta, yang sepengetahuan saya memberikan jaminan pengalaman dan bonafite yang cukup baik serta kesempatan berkembang sangat besar.
Mengapa anda berencana resign...?
Apa yang menyebabkan perusahaan kami begitu menarik buat anda...?"


Pertanyaan seperti itu sebaiknya dijawab seperti apa ya sist ?
Note :
Alasan dasar si candidate adalah jenuh hidup di jakarta dan ingin bekerja di daerah asalnya yang notabene dekat dg keluarganya.

Thanks sist, cek kulkas emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Quote:


Ini logika kamu terbalik.

Kalau sudah bekerja lantas resign tanpa ada pkerjaan baru tentu saja akan sulit mendapat pkerjaan krn itu jdnya nganggur lama.
Perusahaan kalau mau rekrut org lalu melihat kandidat tsb sblmnya resign tanpa ada pkerjaan baru biasanya hanya krn 2 alasan :1) ada masalah ditmpt kerja sblmnya 2) tidak kuat pressure. Yg manapun alasannya tdk akan diperceive baik oleh perusahaan manapun.
Yg hrs diperbaiki adalah kita itu tidak semestinya resign tanpa ada pkerjaan baru. Cari kerja itu sulit, cari kerja sesuai dg yg kita mau berlipat2 lbh sulit lagi.

Milih atau idealias is ok, saya juga sangat idealis dan perfeksionis tetapi yg penting kita itu hrs tahu kemampuan diri.

Kalau sdh terlanjur nganggur lama (nganggur lama itu diatas 3 bulan) biasanya agak sulit direcovery, saran saya during interview : akui saja kalau sblmnya anda make wrong decision utk resign tanpa ada pkerjaan krn anda idealis (harus anda jelaskan dg details maksud idealis itu apa). Dari sini anda belajar bahwa alasan kita resign itu hanya satu : ada offering lain yg lebih baik. Karena itu anda minta diberi kesempatan utk bisa menunjukkan kemampuan anda diperusahaan yg baru ini. Jika mjawab spt ini pun hrs didukung oleh bukti akan skill, prestasi dan atau hal lain yg mendukung (misalnya good attitude or character). Selain itu anda juga harus bisa menjelaskan selama nganggur anda mengisi wkt anda dg produktif misalnya ambil les, training, atau mengerjakan hal2 positif lainnya (nulis atau hal2 lain yg menaikkan kemampuan/skill anda).

Anyway kita juga hrs bisa membedakan yg namanya idealis vs realistis. Kalau sdh nganggur lama mgkn sebaiknya dipertimbangkan ulang yg dianggap prinsip idealis itu tadi.

Semoga dari kejadian ini bisa diambil hikmahnya. Good luck!
Quote:


Saya kok bingung baca ptnyaan kamu: maksudnya kamu proses resign trus ada panggilan kerjaan? Jd kamu resign ini blum ada kerjaan baru?

Anyway, menjawab pertanyaan kamu : ga usah di reschedule minta interview by phone saja. Sangat jarang perusahaan mau nunggu sampai bulan berikutnya. Kalau memang pkerjaan ini penting, memang dari kitanya yg hrs extra usaha.

Good luck!
Quote:


Cek kulkas apa ya?

Lho itu sudah kamu jawab sendiri.
Prioritas kamu adalah keluarga.

Mengenai jenuh, sebaiknya ga usah disebut kalo disebut nanti dianggap anda kurang kuat mental utk kerja di Jkt, apalg alasannya mau pindah ke daerah asal yg biasanya akan diperceive less stress dibanding Jkt.
Baiknya ada alasan lain slain klg, bisa krn posisinya, perusahaannya, produknya dan lainnya. Kalau enga ada alasan lain nanti bisa diperceive anda mau pindah ke company apaan aja yg penting di daerah itu.

Semoga membantu.
Quote:


Reputasi sist, bahasa kaskusnya cendol (ternyata disable reputation id nya emoticon-Hammer (S) )

Thanks sist untuk penjelasannya, dimengerti dengan baik.
Ijin share tulisannya yak emoticon-shakehand