alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55b32bb1a2c06ec14a8b4570/tips-dan-trik-mencegah-penipuan-dari-informasi-lowongan-pekerjaan-di-internet
Inspiratif 
[Info] Mencegah Penipuan dari informasi lowongan pekerjaan di internet
Saya mau berbagi informasi kepada rekan2 semua yang sedang mencari pekerjaan dan mendapat informasi lowker di dunia internet. Karena ini adalah thread pertama saya, ijinkan saya yang nubie ini memberikan informasi supaya kelak rekan2 yang lain lebih waspada.
No Junk, No SARA, No Bata, pokoknya “NO” buat hal2 yang bersifat negatif (-). Tapi “YES” buat cendol dan hal2 lain yang bersifat postif (+).

Saya “geremmmmm” dengan orang2 yang mempublish info lowker dengan cara nipu. Kasihan kan,,saya dan rekan lainnya mau cari kerja karena mau dapat uang (cara halal), bukan memberi uang! Gimana seandainya kalau keluarganya mengalami hal yang sama?! Ingatlah! Uang yang didapat karena hasil NEGATIF, maka apapun yang dibeli dengan UANG ITU pasti cepat lenyap dan mengalami celaka! emoticon-Mad (S)

Saya suka mencari informasi tentang lowongan pekerjaan di internet karena paling mudah dan tidak mengeluarkan biaya sepeserpun (kecuali ongkos kendaraan ya..), maklum ngenet dari kantor emoticon-Ngakak (S)
Biasanya saya suka lihat di forum Kaskus tercinta ini emoticon-I Love Kaskus (S) . Beberapa informasinya valid dan beberapa ada yang nipu.
Berikut saya berikan beberapa hal yang perlu dicermati ketika melihat informasi lowker yang dipublish :

1. Cek nama perusahaan dengan teliti

Spoiler for 1:

2. Cek alamat kontak perusahaan
Spoiler for 2:

3. Info lowker yang dipublish karyawannya atau mantan karyawan (private)
Spoiler for 3:

4. Cek kriteria pelamar dalam informasi lowongan
Spoiler for 4:

5. Jangan mau jika ada indikasi “minta uang”
Spoiler for 5:

6. Mendapat pemberitahuan “LOLOS SELEKSI” melalui telpon, sms, email
Spoiler for 6:

7. Pastikan bahwa kita pernah melamar di perusahaan tersebut
Spoiler for 7:


Jika ada dari rekan2 yang mau nambahin lagi, monggo..emoticon-Malu (S)

Jangan komen kl mengatakan “kepanjangan sharingnya” atau apalah itu yang protes postingan saya kepanjangan, males utk membacanya dll.
Postingan ini hanya untuk yang mau membaca saja. Thanks.

Oh iya, kita juga harus berhati2 mengirim informasi data/resume kita seperti CV, Ijazah, Transkrip, KTP, Sertifikat, dll. Pastikan informasi lowker yang kita dapat tadi benar2 valid dan tidak ada unsur TIPU. Supaya data kita tetap safe dan tidak dipergunakan untuk kepentingan yang sifatnya HARAM.

Kalau sekiranya informasi di atas bermanfaat bagi rekan2 semua, boleh donk diberi rate yang bagus untuk thread saya ini emoticon-Malu (S)

*Silahkan disebar tapi tolong cantumkan ID Kaskus saya dan link Thread ini.emoticon-Kiss (S)
agan ts pernah kena tipuan loker yg minta duit ya gan? smpe marah2 begitu.. sabar gan..

jadi inget dulu wktu ane lulus kuliah, fresh graduate, masih polos dan baru melek ngeliat dunia luar.. modusnya begini gan:

wktu itu ane apply kesana kemari, perusahaan yg nipu biasanya bikin iklan loker di koran atau stiker yg isinya butuh banyak pegawai utk perusahaan baru, perusahaan multinasional, walk in interview tgl.. bawa cv dan lamaran lengkap

pernah ane 3x diinterview di loker kyk begitu dan saat itu juga ane diterima... emoticon-Bingung

ane girang setelah dikasih tau klo ane langsung diterima dan ditawarin gaji yg lumayan buat fresh graduate kyk ane.. tapiii ada syaratnya supaya bisa mulai kerja:

- harus bayar uang training / pendidikan calon pegawai, dikasih waktu deadline paling telat sore ini, klo ga bayar bakalan dicancel penerimaan kita, dan orang lain yg akan diterima kerja (perusahaan yg bener ga mungkin minta duit training ke calon pegawainya)

- harus beli salah satu produk perusahaannya, pake harga diskon (ini sih jelas perusahaannya emg kere alias ga laku alias lagi cuci stok gudang, jd mereka pake segala cara trmasuk penipuan loker spya produknya dibeli org dan perusahannya tetap bertahan)

3x ane kena modus kaya gitu... saking lugunya ane dulu, yg modus pertama ane panik krna takut kehilangan kesempatan kerja yg dtgnya sekali seumur hidup.. ane udh blg ke hrd ga punya duit utk bayar training, tp staf hrd dsana saranin ane utk pinjem duit dulu di keluarga.. pas ane mau pinjem duit ke nyokap dan ane ceritain semuanya ke kakak ane.. ane disadarin sama kakak ane.. akhirnya ane cuekin tuh sms dan telepon org hrd yg ngebet banget ngejar2 ane utk transfer ke rek mereka..
klo yg disuruh beli produk, pulang interview ane ijin mau ke atm ambil duit utk beli produk mereka, tp ane langsung cabut.. rugi ongkos sih.. tp anggap aja buat pelajaran dan pengalaman


perusahan outsourcing sekalipun ga bakalan mintain duit dari pelamar kerja.. perusahaan outsourcing biasanya akan dapet komisi dari perusahaan rekanan setelah dapetin calon pegawai.

waspadalah gan... emoticon-Cool
Sampai saat ini, saya belum pernah kena tipu dalam hal mendapat panggilan kerja yang saya apply dari internet. Dan berharap engga akan pernah kena tipu (PD dikit ahhh emoticon-Malu (S)) Saya cuma share aja, karena saya sering membaca komen dari beberapa orang yang kena tipu, kasihan kan mereka emoticon-Berduka (S)
Kl punya pengamalan pribadi atau temannya atau masukan lainnya, boleh donk dishare di sini Gan emoticon-Malu (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
nice thread bray, bermanfaat nihh emoticon-I Love Indonesia (S)
Aku berlindung pada Tuhan dari mafia tenaga kerja dan tukang tipu
Harusnya sticky nih gan

Ane baru tau LinkedIn bisa abal-abal juga lokernya, untung gak pernah liat disitu. Sukanya di Jobstreet, gampang nyarinya sesuai preferensi kita.