alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
ane yang salah apa suami ??? tlong bantu gan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55a532ec98e31ba3238b456e/ane-yang-salah-apa-suami--tlong-bantu-gan

ane yang salah apa suami ??? tlong bantu gan

emoticon-Mewek
emoticon-Mewekemoticon-Mewek
Diubah oleh: runiawan
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Tolong komen dan kasih saran ke ane gan .
ente yg salah emoticon-Ngacir
bentar gan. gw baca dulu pelan2, bingung bacanya.

emoticon-Mewek
Buseng ga ada enter apa gaiz? Sepet ini mata. emoticon-Nohope
Ane belom nikah jd ga bisa ngasih solusi. Mungkin bawah ane paham masalah ente. emoticon-Blue Guy Peace
Mnrt saya ya gan, ini bukan soal salah siapa n siapa yg bener..

Kebetulan saya juga perempuan, juga baru tiga tahun (hampir sih) nikah, and punya anak satu juga..
Juga masih tinggal sama ortu (ortu saya)..

Diliat dar tulisan sista kayanya lg mumet banhet ya, ga ada enternya sama sekali...hehe..

Pertama sist, jgn cr siapa yg salah atau sesuatu untuk disalahkan..
G akan jadi soluis, justru tambah mumet..
Trust me...!

Saya jg bukan expert masalah pernikahan..
Jadi saya ga bisa kasi nasehat..
Mungkin saya sharing aja ya..mana tau bs jd pertimbangan n bikin sista brpkr dr perspektif lain juga..

soal mertua dan para ipar yg ga salat
ga perlu ngusik
beribadah itu hubungan personal diri sendiri sama Tuhannya
ga ada yg berhak ngatur2 soal itu
Klo prihatin ya ajak aja salat bareng klo pas papasan mau salat
Tapi pasti susah. klo terbiasa ga salat sampe bangkotan biasanya bakal susah bgt dilurusinnya emoticon-Hammer (S)
tapi yah sekali lagi, itu urusan mereka.

Ngomong2 sudahkah disetiap salat mendoakan suami?
biar rezeki dan kedewasaannya ditambah.
disetiap salat ya. jangan cuma sesekali aja

klo mau ngontrak bujuk dulu suaminya sampe berhasil.
jangan coba2 kabur tanpa izin dari dia.
dr trit ts ane simpulkan ts taat beragama
tau kan dalam hukum islam seorang istri dilarang pergi tanpa izin dr suaminya.

klo tiap ditanya ts dia ngambek,
ortu ts udah coba negur suaminya?
biar mertua dia yg bicara dan tanya pendapat dia;
gimana rencana masa depan dia sama anaknya (ts),
masa iya ditanya mertua yg ditumpangin dia bakal ketus? emoticon-Hammer
ya walau jawabannya ngambang seenggaknya dia mikir dlm hati,
jadi ngeh dan malu klo terus2an numpang
Bingung mau kasih saran kl persoalan ekonomi rumah tangga. Dulu ente memutuskan utk nikah dgn suami karena kasihan & tergerak utk bikin dia maju kan? Tp ternyata setelah dijalani, kenyataannya nda semudah yg ente bayangin & berniat cerai.

Klo menurut ane pilihan cerai itu tdk tepat, seharusnya ente ingat2 kembali motivasi ente menikah dgn suami. Trs jg rajin2lah berdoa buat suami supaya dibuka pintu rejeki & kalian diberi jalan keluar utk semua masalah ini.
Saya juga nikah muda kok sist, ga muda2 amat juga sih, 24,,satu tahun stlh lulus kuliah,,
Suami saya wirausaha, punya bisnis sendiri..
Bukan bisnis gede lho ya..
Cuma jualan bibit tanaman aja..

Saya juga punya usaha waktu itu, bkn souvenir pernikahan, jg freelance writer..

Lumayanlah..

Ada masanya, dalam waktu tiga tahun yg singkat ini keadaan jadi ga menentu..
Pemasukan tidak ada krn bisnis lg sepi, dll..

Dan waktu itu saya sadar bahwa kalau kita tidak berpandai2 mmg masalah uang bs jd akar semua masalah.. Tpi karena semua bisa dibicarakan baik2 masalah berlalu dan keadaan ttp damai..

Saya paham sist ingin mandiri, punya rumah sendri dll..
Bukannya menghakimi, tp mnrt saya 'rumah' adalah tuntutan yg besar untuk pasangan yang baru nikah tiga tahun lho..

Well, kecuali kalo kita n pasangan udh mapan sejak sebelum nikah dan sudah ada budget untuk itu..

Mungkin suami sista merasa tertekan dg tuntutan rumah ini dan karena itu dia jdi ketus..

Pada dasarnya ya, kalo mnrt saya, suami sista bukannya ga mau memenuhi tuntutan istri dan anaknya..
Tapi dia belum sanggup. Ketidaksanggupan ini membuat dia jd tak berdaya. Takutnya makin sista tekan dia makin menjauh..

Percayalah sist, saya juga sudah merasakan susahnya..tapi alhamdulillah skrg baik2 aja krn kami berusaha berkomunikasi baik2..

Masalah keluarga suami sista saya ga bisa komentar,
Tapi ttp saja Perceraian adalah hal terakhir yang harus sist pertimbangkan..

Quote:



klo emang ga kuat, ya udh cerai aj.
ga usah nyesal nikah muda.
yg kurang menurut ane, bukan karena nikah muda ny. tp karena ga terlalu tau gimana dia dan kehidupan dia.
ntar juga klo dah cerai dan cari suami baru, tapi tetap ga mengenali dia dan kehidupan dia gimana, mungkin bakal begini lagi.

tp klo masih blm mau cerai.
yg ga sholat2 atau lain2nya.
kewajibanmu hanya mengingatkan.
klo mereka blm mau yaa udh, jangan dipaksa,
berdoa aja ke Allah biar mereka sadar. toh yg ngubah mereka itu hanya Allah. km ga bakal mampu mengubah mereka selain izin Allah.

rumah kotor?
ya sudah, klo orang rumah ga mau bersih2, km aja yg bersih2 sendiri.
capek? ya capek lah.
tapi jangan nyerah.
yg gw ngerti sih, klo orang itu blm biasa, dia bakal susah berubah.
nah coba km terus dan terus nge bersihin.
gw yakin, klo km mampu bikin rumah dlm keadaan bersih tiap hari selama setahun.
bakal ad pengaruh ke orang2 rumah.
gimana engga, selama setahun mereka dah biasa ngeliat yg bersih dan rapi.
gw juga bukan org yg bersih dan rapi, tp klo gw dah berada dekat org yg bersih dan rapi, gw sering ikut2an dia.
apalagi gw bakal harus dekat dg dia terus menerus.

itu dulu deh.emoticon-Smilie
Begini sist ane mau tanya ente nikah umur berapa dan sekarang umur berapa?
Menurut ane, ente udah janggan mikirin salah siapa sist, masalah ngontrak rumah sendiri mah ditunda aja dulu sist, dan coba cari tau mungkin suami ente punya masalah yg ente ngk tau/ngk mau suami ente kasi tau makanya ketus.
Trus ente liat dulu perkembangan suami ente bejimane beberapa taun ke depan, ada perubahan kaga tuh idup ente, kalo makin susah ya terpaksa sist cari papah baru emoticon-Smilie kasian anaknya.
Dan ane doa'in semoga ente dimudahkan segala jalan dan urusan ente, aminnnn.
coba ajak ibadah bareng,ajak sholat berjamaah bareng.
klo masalah duit,gak coba bantu2 lamar kerja?
anak, titip aja ke eyang.
Quote:


Iya sis sya udah buntu bgt mau ngapain,tiap hri brantem terus .dan msalah ekonomi lg ,kdang ttg msalah kluarga dia yg bkin malu kluarga sis .dijudge ttngga kluarga gak baik ,sya si ga pduli tp sya malu sm ortu sya ,krn mreka ga prnh didik sy jd org yg pnuh msalah .
Quote:



Salah ane dmn nya ya gan ???,
Quote:


Udah doain suami tp ps inget ajja gan,ps tahajud .ibu ane jg blg sruh doain ajja . ,jujur ane sholat blum bsa kusyu .
Tp sis tau kan kalo kluarga yg trouble mker bgaimna ,mertua ane pernh di pnjara sis 3 bln an ,msalh judi .dstu ane lbh down lg krn suami ngsh nafkah cm ckup buat beli susu ,dia bnting tulang krja uangnya diksh buat bpaknya .dia ga pdduli sm ane dan anaknya ,yg dia prioritaskan selalu keluarga dia ,kalo ane ngsh tau kluarga km blablabla ane mlah yg di mrahin .dia mrah ke ane .ane tau seorg istri hrs patuh ke suami dn suami hrs patuh ke ibu ,tp nfkah suami apa hrus buat ibu jgq sis ...pdhal istri dan anaknya blm trcukupi kebutuhannya ..
Ane cba blg ke ortu ane ,tp ktanya mreka mertua itu gak baik bcara sm menantu nti ndak jadi salah paham ,mlah dia nanti pergi dr rumah tkutnya .krena suami ane ni orangnya keras bnget kaya batu .gak bsa di nasehati wlaupun bpak kandungnya sendiri ,(ane punya mertua 4 ,yg selalu gak bisa akur satu sma lain .)jd serba salah an sis ..
Quote:



Saya ajak dia buat jd muslim yg taat gan ,krn sya pun mrasa sya jg blm baik jd seorg muslim .
Tp agan tau ,dia tiap pulang kerja dgn muka yg bkin sya serba salah .mgkin dia lelah sya ngerti ,tp kalo sya tnya jwbnya ketus terus ,sya mrsa udh ngrepotin dia trus ,dia kerja cri uang buat sya sm anak tp sperti tdk ikhls pdhal sy blang sm dia kalo km sma aja jihad di jlan Allah .dia mgkn gak pham mksud sya krn pngetahuan agama yg kurg .
Sya hrs sbar terus ,apa iya srumah tp komunikasi buruk terus .dan mslah pun mncul kalau dia mengeluh dia capek ,sya jg tau sya kasian lihat suami spt itu .kerja tenaga bnyak tp uang yg didapat gak seberapa ,sdgkan mertua sy bpak tri nya bisa mkan enak" tiap hri,bli bju mhal" .tp gak pduli anak gmn ,cpek apa enggak gaji ckup apa enggak ,yg dia tau cm msih numpang di mertua itu enak ..
Sya jg crita kan mnyuruh dia pindah kerja tetpi sya dianggap mlah sya yg slah ,dia mrah ke saya .pdhal sya pduli ska dia ,sya kasihan lihat dia kerja kers tp gak da uangnya gan .hati nta dia keras bget ,mgkin kah cinta nya dia cuma buat keluarga dia aja .tp jujur aja kalo dia bnyk uang mukanya jg ga empet sprti itu ,dia klihatan lbh senang . tp sya jga gak tau gan mau mlangkah bgaimana lg krn suami pun diberi madukan enggak mau .
Quote:


Iya sis ,sya dan suami pernah buka usaha breng wktu itu dgn duit tabungan saya ,dan ortu sya nabahin dkit .ga bnyak waktu itu ,tp bru jalan seminggu lbh sdkit uang modal di pake mertua yg gak tau diri ,dia pake uang modal buat foya" sis .saya sakit bgt waktu itu .tp sista tau respon suami ,dia mlah mrah" ke sayaa pas sya blg msalah modal itu ,dia membela Bpak tirinya yg make uang modal usaha kami .ortu sya mrah ke sya Tp sya cm bisa blg gak tau .ya krn memng gak tau duit modal dipke buat apa sm mertua .sya terpuruk krn suami menganggur slama 1 bln .gak ada pemasukan,untung biaya mkan msih numpang ortu sis .suami saya hnya bcara sesuatu yg ga dia jalankan ,dia hnya snag berandai" tnpa mau berusaha .susah sis kalo sperti itu ,cm brkata ingin usaha sdr tp modal ga punya .
Sbnrnya bukan mslah rumah juga sist,sya cuma ingin dia bisa berpikir tnpa hrs mngandalkan orang tua terus ,kalo pkiran gak maju mau apa lagi sis . dia hnya memprioritaskan klurga dia ,seolah tdk bsa hdup tnpa mreka .lalu sya jg yg susah krn gaji dia kecil tp msh mngurusi klurga dia .kdang sya hya bisa pasrah sis .
Memang ini mgkin jalan hdup sya ,tp sampai kpan sya nggak tau .
Quote:



Udah kalo sholat suami sya tp kalo dsan sya nggak tau gan dia sholat apa enggak .kalo sya tny jwbnya mlah mrah .ktanya sya ga prcya suami gtu .
Sya juga bntu dia kog ,jualan di kampus adek sya lumyan dpet tmbhn dkit ,tp ini kmpus lg libur gan .
Orangtua ga sanggup kali sruh momong anak ,krn kerjaan bnyk lgian anak sya aktif bgt .kalo titip ke penitipan nti mlah gaji nya hbs buat byar penitipan .
Rencana sya pgn usaha kuliner ,dgang apa gtu .tp suami kali diajak rembugan jwbn nya cm terserah ,pdhal sya ingin cba bntu dia ..
Tnpa ijin suami apa iya bsa jalan gan .
Semua yang sis alami itu bagian dari skenario Allah sis. Maaf ane bukannya mau sok suci. Tapi apa yang sis alami itu ada kaitan dengan masa lalu. Cobaan hidup itu alasannya cuma dua sis: COBAAN atau ADZAB. Ciri-cirinya gimana? kalau itu cobaan, biasanya nggak lama-lama. Paling lama satu-dua tahun trus ada arah perbaikan.

Tapi kalau ADZAB, bisa jadi lama sekali, bisa puluhan tahun. Tapi itu semua bukan hambatan. Bisa disiasati kok. Caranya sista taubat nasuha dulu alias tobat dari dosa-dosa yang bisa jadi dulu pernah dilakukan. Karena manusia tentunya nggak luput dari dosa.

Tapi, ada tapinya lagi nih. Tobat itu butuh syarat yang berat sis : SABAR dan SHOLAT. Sabar ini yang peling berat. Benahi yang wajib dulu. Kalau selama ini sholatnya sudah rajin, perbaiki lagi waktunya, tambah sholat sunnahnya. Bisa jadi sholat kita selama ini masih belum baik, masih sekedar menggugurkan kewajiban saja, belum menjadi kebutuhan.

Kalau kita sudah bersabar mendekat kepada Allah, ditandai dengan pasrah dan ikhlas terhadap segala sesuatu (karena segala sesuatu itu sesuai dengan kehendakNya). Dan sista sudah bisa menerima cobaan yang sangat berat ini, Insha Allah, Allah akan membuka jalannya.

Segala sesuatu terjadi karena Allah menghendaki. Bukan karena keinginan kita.
Semoga memberi pencerahan. Ane bantu doakan agar semua kembali baik, Insha Allah.
Quote:


Keluarga mertua sist punya "pengaruh" thd keputusan ga?

Kalo agama yg solat ato apa, setau ane dakwah itu wajibnya sekali sisanya sunah kalo ane ga salah lho. Ngasih tau cukup sekali tapi bener2 ngasih tau selebihnya di doakan saja.

Kalo di judge tetangga, tetangga ente tukang gosip ga?kalo iya mah cuekin aja.

Jgn berpikiran cerai sis, kasian anak ente. Ini cobaan berumah tangga. Ente muslim toh. Banyakin sunah2nya. emoticon-Big Grin
Quote:



nyentuh bgt komenannya emoticon-Berduka (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di