alexa-tracking

[ASK] Kuliah apa musti keluar daerah gan?minta pendapat dong.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55a32f84de2cf2b51e8b4567/ask-kuliah-apa-musti-keluar-daerah-ganminta-pendapat-dong
Smile 
[ASK] Kuliah apa musti keluar daerah gan?minta pendapat dong.
Halo gan , anebray . maaf sebelumnya ane dopost dimari ,karena trit ane yang di lounge di close momod.ane cuma mau mau denger pendapat agan-agan dan mudah-mudahan bermanfaat bagi semua orang yang seumuran sama ane yang lagi pusing nyiapin mau kuliah..emoticon-I Love Indonesia (S)

Jadi gini gan , ane salah satu siswa SMK kelas XII yang mungkin bisa dibilang pusing sendiri mau masuk PTN,entahlah . setiap ane mau lupain masalah ini , ane ga bisa bisa . mulai dari "anak SMK bisa gak ya masuk PTN ? , mau masuk PTN aja susah apalagi lulusnya?? .belum lagi kalo Saingan masuk PTN itu rata2 anak yang pinter,nanti kalo udah lulus bisa kerja apa ? , emang yakin jurusan yang dipilih bakal menghasilkan? , Bapak ane punya usaha di bidang Pariwisata masa ane ambil jurusan IT emang nyambung? , daaaaannn lain lain ...emoticon-Bingung (S)

ane udah ubek2 gugel,kaskus tentang pengalaman anak SMK masuk PTN . yah rata2 bilangnya "BISA KOK" tapi tetep aja gan , ane masih kepikiran.emoticon-Cape d... (S)
ane mau denger pendapat agan-agan .. Kuliah apa musti keluar daerah gan ? orang yang lebih tua dari pada ane pada nyaranin ane untuk kuliah di luar daerah dengan alasan akan lebih bisa memaknai kehidupan.tapi mamah ane nyuruh ane untuk kuliah tetep disini.dengan alasan "kamu kuliah jangan jauh jauh , abis kuliah kamu nikah.lupa dah sama mama" emoticon-Hammer (S) .. wahh..tapi jujur gan , sulit skali bagi ane untuk memutuskan.. secara ane suka kumpul juga sama keluarga .emoticon-Malu (S)

trus yang kedua apa bener kalo kuliah didaerah sendiri kita gabakal bisa maju? huh , ini nih yang bikin ane dilema gan.sebenernya ane pengen merantau gan , bapak ane juga dulu orang perantauan disini dan alhasil dia sukses memakmurkan ane dan keluarga.. ane ga mau jadi orang yang gagal gan,ane juga pengen hidup tenang nantinya . mohon maap gan kalo ane kesannya terlalu berlebihan .tapi inilah yang bener2 ane pikirkan .. terimakasih banyak warga kaskuser emoticon-I Love Kaskus (S) emoticon-Blue Guy Peace
image-url-apps
Kuliah apa musti keluar daerah?? jawabannya enggak, selama di daerah lu itu punya banyak kampus yang bisa dibilang cukup baik dan punya akreditasi nasional yang baik pula...

Kuliah didaerah sendiri gak bakal bisa maju?? kata siapa?? bisa atau gaknya lu maju bukan berdasarkan lu kuliah dimana, tapi berdasarkan kemampuan, kemauan dan kerja keras lu untuk menggapainya... Lu kuliah diluar negeri tapi gak punya kemauan untuk maju ya gak bakal bisa maju... lu kuliah di daerah lu, trus lu punya kemauan dan kemampuan, gw yakin lu bs maju kok...
Quote:


hmm , oke deh gann .. terimakasih banyak sarannya emoticon-2 Jempol
KASKUS Ads
image-url-apps
Tergantung sh gan,kbetulan PTN didaerah ane blum ada jd ane emang pnginnya bsa masuk PTN di luar daerah.
Kalo ada ptn di daerah sndiri silahkan bandingkan.

Masalah jurusan jg tergantung lagi,masa nt mau masuk jurusan hukum kalo nt sndiri nggak kepengin.

Masalah orang tua jg tergantung lagi,IMO agan harus cb ngobrol deket + ngeyakinin ortu. Dan tebakan ane nt blum keliatan meyakinkan buat tinggal sndirian di luar daerah di mata orang tua.
Ini masalah sudut pandang yg berbeda,jd mending dibicarakan.

Dan lagi2 sukses itu jg tergantung kitanya lg bray,so mumpung msih ada waktu belajar gih buat bersaing masuk PTN.

#UnOfficialTricksbutWorks emoticon-Big Grin
musti mah menurut gw enggak bro, ya tergantung elu milih jurusan apa di univ apa

yang lo liat itu bukan lokasi, yang penting mah ptnnya aja dulu ama prodinya

kalau lu ngambil ugm dan lu orang jogja, gak keluar daerah kan? emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Oke, ane coba jawab.. Soale sedikit menggelitik masa lalu saya.. emoticon-Big Grin

Dua pertanyaan mu ini "Kuliah apa musti keluar daerah gan?" & "Apa bener kalo kuliah didaerah sendiri kita gabakal bisa maju?" sebenernya satu pertanyaan, karena pertanyaan kedua bisa jadi penegasan dari pertanyaan pertama..

Kalau agan mau jawaban singkatnya, jelas "TIDAK", ini sebenarnya adalah pertanyaan retorika, karena gak ada satupun yang pasti didunia ini, dan semua itu tergantung oleh banyak faktor.. Sebenarnya udah sampai situ aja cukup jelas kalau TS mau mikir sendiri, tapi gapapa, gua coba jelaskan secara singkat..

Apa MUSTI/HARUS/WAJIB kuliah keluar daerah?? Seperti yang sudah gua bilang jelas-sangatjelas-superjelas TIDAK.. Tergantung berbagai faktor, salah satunya antara lain:
1. Universitas dan jurusan yang dituju
Kalau ada universitas/kampus sesuai dengan jurusan yang diinginkan di daerah sendiri yang lebih bagus kenapa harus keluar daerah?? Ini satu yang saya kira sudah sangat jelas, agan harus tahu sebagus apa universitas atau jurusan di daerah agan dibandingkan dengan universitas di luar daerah.. Cara cari tahunya?? Gampang, google dan sering-2 survey aja, tanya jg alumni2 nya udah pada kerja dimana aja, karena di daerah agan pasti banyak kan temen-2 atau tetangga yang punya kenalan disana.. Nilailah suatu universitas dari lulusannya, dah kerja dimana aja, seberapa besar dan mudah dapat kerja dsb, karena terkadang akreditasi aja tidak cukup untuk menilai suatu kampus..
2. Kemampuan Finansial
Ini mungkin salah satu faktor yang sering dilupakan, tapi terkadang cukup menentukan, kalau di luar daerah, tentu banyak yang harus diperhitungkan terkait pengeluaran, dan biasanya tidak sedikit.. Mampukah ortu membiayai agan?? Ini adalah pertanyaan yang harus agan jawab sendiri, karena tidak dijelaskan lebih lanjut..
3. Kemampuan diri agan
Dan faktor terakhir yang menurut gua paling berpengaruh, adalah kemampuan diri sendiri.. Buat apa kita kuliah di luar daerah yang bagus apabila kita sendiri tidak punya kemauan dan tidak percaya diri?? Dan sebaliknya, kenapa kita harus takut kuliah di daerah kalau kita percaya diri kita punya kemauan dan kemampuan untuk maju?? Memang banyak hal - hal yang diluar perkiraan kita, tapi intinya disini adalah saya pingin agan bener-2 yakin dan percaya diri dulu dengan kemampuan dan kemauan agan, sebelum memilih universitas, terlepas di universitas manapun agan nantinya..

Terakhir, mungkin sedikit cerita dari saya untuk memotivasi agan, saya juga dulu seperti agan, agak bingung mau kuliah di daerah saya (kalimantan) atau di kuliah di salah satu PTN di jawa.. Tapi anehnya saya lebih pengen kuliah di jawa karena dulu saya orangnya ambisius dan mungkin agak sombong, karena jujur saya salah satu lulusan terbaik di sekolah saya dulu, dan dulu saya bener-2 tidak memikirkan ketatnya persaingan kuliah di Jawa, entah terlalu polos atau ambisius haha.. Dan akhirnya Alhamdulillah saya diterima di salah satu PTN di Jogja, awal-2 masuk ketemu banyak temen dan lumayan beradaptasi, dan hasilnya?? Dua semester IPK saya sukses jebluk 2 koma hampir nasakom.. Bayangin dari lulusan terbaik SMA saya dulu menjadi yang tergoblok seangkatan kuliah.. emoticon-Big Grin Kebayang kan persaingan / kualitas pembelajarannya?
Yup, saya sempet down dan merasa menyesal sudah kuliah di Jawa, tapi saya menyadari bahwa tidak ada orang goblok atau jenius hanya dengan lahir dari ibunya didunia ini.. Dua semester saya down, tapi saya langsung bangkit dan berusaha keras mengejar ketertinggalan, mulai dari pindah tempat kos, mengubah pola belajar dari individual menjadi kelompok, dsb2.. Hasilnya cukup drastis, semester selanjutnya saya tidak pernah dapat IP dibawah 3 dan dalam waktu singkat sudah bisa mengejar ketertingalan dan bersaing dengan teman-2.. Alhamdulillah akhirnya saya bisa lulus dengan normal dan IPK yang lumayan, dan sekarang sudah bekerja di salah satu BUMN yang cukup terkenal.. emoticon-Big Grin

Agan masih muda, jangan terlalu takut dengan berbagai macam pikiran yang bahkan belum jadi kenyataan, yakinlah semua orang pasti bisa asal mau berusaha dan jangan pernah lewatkan berbagai kesempatan yang bisa agan ambil.. Karena mungkin nanti agan seperti saya ini, punya masa lalu yang agak miris, tapi sekarang hanya bisa mengenangnya dengan tersenyum dan tertawa lebar.. emoticon-I Love Indonesia (S)
image-url-apps
1. SMK bisa masuk PTN? bisalah, cuma yakin otak lu bisa? bukan masalah smk ato sma nya, yg sma juga kalo bego ya kagak di terima. Cuma SMK lebih cocok masuk politeknik. Apalagi jurusan IT.

2. Bokap pengusaha pariwisat tp mau ambil IT? why not? banyak yang selesai kuliah banting stir, gak masalah.

3. Lebih baik jauh apa deket? ya asal duit ortu mu banyak, kuliah jauh gak masalah, kan duit buat perbekalan udah terjamin, kalo soal mandiri ya jelas kalo jd anak kost otomatis harus mandiri, kecuali ya td di fasilitasin kost an mewah, cuci laundry, makanan delivery order terus emoticon-Ngakak (S)

enaknya deket alias bisa pulang pergi (PP) gk usah mikirin cucian, lauk buat dimakan, telat karena gak ada yg bangunin emoticon-Ngakak (S)
ke luar daerah aja bray
biar kerasa petualangannya
Terserah ente gan, banyak suka dukanya. Sukanya, pengalaman ane jadi lebih mandiri, bisa ketemu orang selain daerah sendiri, pergaulan juga dimana-mana soalnya kan anak kos bebas dan temen-temen dari mana-mana. Banyak hal-hal yang nggak bisa ditemuin kalo kuliah di daerah sendiri. Dukanya, kangen rumah. Kadang kesehatan nggak keurus, terutama kangen rumah yang bikin gabisa ilang tuh
image-url-apps
brakakakakakkakak.
klo mutu pendidikan tiap daerah sama buat apa keluar daerah?
pertanyaannya kualitas pendidikan di daerah mu gimana?
klo gw yg dari kalimantan, gak perlu gw jelasin lagi gimana mutu pendidikan di daerah.
emang ada yg bagus tapi tetep jomplang antara yg bagus dgn yg jelek.
d pulau gw, univ negri yg bagus cuma 2 klo gak unlam ya unmul.
itu pun tidak semua mata kuliah terakreditasi unggulan.
swasta?mendingan gw merantu pendidikan di pulau jawa.
yg univ negri bermutu byk kyk kacang goreng.
sama aja, waktu gw ngobrol ama teman gw dari papua nugini (pgn), intinya why mereka mau kuliah di kampus gw?
dan jawabannya karena d t4 mereka mutu pendidikannya jelek dibandingkan ama di jawa.
gw gak mau mikirin biaya kuliah lu, karena asumsi gw ortu lu udah mempersilahkanlu kuliah berarti mereka punya tabungan buat elu kuliah.

saran gw, mumpung belum kuliah mendingan kamu explore diri mu, kamu suka nya apa, mampu gak kamu kuliah di jurusan idaman mu?mampu ini makna nya luas ya, mampu otak,mampu biaya, mampu sehat.
dan tujuan/niat mu kuliah itu apa? soalnya kuliah itubanyak godaannya,godaan game,teman,duit,organisasi dll.

kuliah beda kota itu ada konsekswensi jauh dari ortu.
lu siap gak jauh dari ortu?
lu siap gak ketemu ortu 2x setahun saat liburan?
jangan kayak temen2 kampus gw yg kuliah di surabaya tapi beda kota, tiap minggu pulang ke kampungnya di sidoarjo,gresik,mojokerto,lamongan,kediri.
sampai2 gw ejek gini,"lu kangen masakan emak lu ya tiap minggu pulang?"
kenapa gak sekalian ajak emak lu ke surabaya?
wkwkwkwkwkwk
klo gak ada urusan urgent, buat apa numpang tidur/makan di rumah ortu klo lagi kuliah?
image-url-apps
Quote:


setuju skali gan sama pendapat ini,karena hidup itu bukan tentang 1 variabel saja yg nilainya bagus2an sama nilai orang lain,melainkan kumpulan variabel2 yg jumlahnya nggak kehitung(aka. Banyak faktornya).
image-url-apps
gak harus gan. tp tergantung kualitas universitas ditempat lu. klo gak ada yg bagus. terpaksa kuliah di luar.
image-url-apps
di luar daerah aja gan
biar kalo baikk sm pacar ga kedengeran sm orang rumah
image-url-apps
Pertimbangan ente bisa sukses atau nggak bukan dilihat dari jurusan apa kamu kelak ketika kuliah nanti tetapi seberapa jauh kamu bisa menekuni bidang tersebut. Jangan takut kamu kuliah nanti, let it flows. Banyak yang menyangka bahwa kuliah itu sulit, memang, tetapi ya sudah jalani saja. Justru tempaan dan tekanan ketika kuliah itu merupakan bekal untuk kamu agar tau dan cepat beradaptasi dengan sikon ketika sudah kerja nanti.

Bagaimana dengan kuliah di wilayah sendiri? Banyak toh kuliah swasta yang akreditasinya bagus. Kuliah di manapun, kesuksesan akan datang sendiri kalau kamu tekun dan serius untuk belajar.

Bagaimana dengan biaya? Biaya itu gampang. Hanya sepersekian persen dari total keseluruhan tanggungan kuliah ko. Jangan takut, beasiswa bertebaran di kampus baik dari dikti maupun swasta. Jangan pernah berpikiran biaya menjadi penghalang kamu untuk kuliah, justru dengan biaya menjadi semangat kamu berprestasi lebih dari orang2 sekitar kamu.

Tau? Gelar sarjana bukan faktor kamu bisa sukses ketika berkarier nanti. Akan tetapi lingkungan perkuliahanlah yang merubah pola pikir dan mindset kamu menjadi seorang cendekiawan yang bermoral, cerdas, berdaya saing, serta kreatif. Lingkungan perkuliahan bukan hanya kelas dan gedung fakultas. Tetapi mencakup organisasi kampus, kompetisi kampus, UKM, serta lembaga yang bisa meemperkuat skill kamu.

Ingat ya, kuliah yg sukses itu bukan hanya masuk dan keluar kelas tetapi lebih dari sekadar dalam zona nyaman emoticon-Big Grin

So don't be afraid
kuliah itu bukan soal dimana, tapi soal minat dan bakat.
dengan 2 point itu, situ akan jauh bisa berkembang, karena situ awalnya udah senang dan punya potensi, jadi ngejalaninnya lebih efektif.
Emang kenapa dengan PTS gak ? Apa gak enak ya ditelinga kalau didengar kata swasta emoticon-Big Grin
Bukanya apa2 ane dulu jg pengen di PTN tapi akhir jg ke PTS , emang awal2 minder sama temen temen ane yg kuliah di PTN, pernah ane waktu nongkrong sama temen2 SMA yang PTN dan ane bilang , " Yah enak kmu kuliah di negeri pasti pinter-pinter orangnya" dan omongan ane dibalik " Enakan jg kmu kuliah di swasta, dosen di negeri tanpa ampun , ini itu deadline gak wajar, blablabla" dan ane merenungi waduh masih mendingan di swasta berarti (kemampuan otak ane mngkin kurang mumpuni untuk di negeri)

Kalau kuliah musti di luar daerah itu optional gan. Kalau iya di kota ente ada univ univ yg baik kenapa musti jauh2 ke luar kota.
Kalau ane pribadi kuliah di luar kota itu wajib, karena di daerah ane masih daerah berkembang yg univnya cuma ada beberapa dan itu dibidang kesehatan stikes gitu lah, dan ane sukanya di teknik emoticon-Big Grin

Tpi kalau menurut ane kuliah di daerah sendiri jga gak mslah ," Gak bisa maju " ??semua itu tergantung dengan orangnya.
Tapi kalau kuliah masih di daerah sendiri, pasti kurang tau rasanya suka duta mahasiswa dari kos kosan, uang pas pasan, rasa rindu keluarga , dll.
di daerah sendiri aja gan jgn keluar2 takut nya nanti kalo agan fokus sih bagus
kalo ga fokus bisa2 agan diluaran sana cuma main aja pikirannya
Quote:


wahh,sip deh gan makasih banyak pencerahannyaaa .. agak tenang dah pikiran saya gan,makasih banyak emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Quote:


hmm ,oke gan.. jadi intinye let it flow ye gan emoticon-Malu (S) ,makasih banyak gan emoticon-Shakehand2
Quote:


hmm oke gan , ane mulai nangkep skrg. tp ane sendiri ga tau gan lebih cenderung suka yang mana. karena ane punya dua kesukaan gan (Komputer di bidang Jaringan ama Belajar Bahasa asing) tapi ya gitu dah gan ,jadinya ane nguasainnya setengah setengah.makanye ane mau denger pendapat agan2 dimari,supaya ane bisa mendalami 2 hal kesukaan ane gan.. makasih gan jawabannya emoticon-Blue Guy Peace
×