alexa-tracking

[Help] Galau, pilih menetap atau merantau. Karena..

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55a2c420529a452c5a8b4567/help-galau-pilih-menetap-atau-merantau-karena
[Help] Galau, pilih menetap atau merantau. Karena..
Selamat malam..
Ane mau curhat dan butuh masukan buat saran serta solusi dari agan-aganwati yang bijaksana dan baik hati

Ane sekarang baru saja lulus dari universitas swasta tidak terkenal di daerah, di sumatera utara.
Sebelumnya ane pernah kuliah di universitas negeri terkenal di daerah ciputat.
Tapi ane ditarik dari universitas negeri, kenapa?
Abang ane masih kuliah dan belum kelar 6 tahun lebih dan satu kampus dengannya.
Sedang bokap ane sudah masuk pensiun PNS pas ane baru lulus SMA.
Tapi sekarang dia masih belum lulus
Dan sebelum di DO dia dah ditransfer ke universitas swasta didaerah ane dan beda kampus.
Selain itu juga banyak kebiasaan yang jelek dari dia.
Dia sudah sangat membuat ane dan bokap sering marah sama dia
Karena tidak lulus dan ketidakjelasan dia tentang kuliah.
Namun selain faktor tidak kuat membiayai kuliah,
karena bokap butuh ane buat nemenin dia di kampung sama nyokap tiri waktu itu.
Itupun ane didorong dari sanak saudara disana yg berkunjung ke tempat ane,
Sekarang ane dirumah tinggal berempat bareng abang ane.

Tapi ane ingin pergi keluar merantau dari rumah ini setelah lulus gan.
Tinggal sendiri di kost/kontrakan, mengurus sendiri, berjuang sendiri dan selain itu juga faktor gengsi.
Gengsi karena bokap ane mantan Pejabat,
sedang kakak ane yg kerja dijakarta sekarang sudah mau masuk golongan kerja pejabat.
Itupun mereka berjuang sendiri tanpa ada bantuan.
Ane gak mau ngalah
Ane lulusan agroteknologi dari akreditasi C dengan IPK 3.49 .
Murni hasil kerja keras ane selama kuliah, sambil mengambil pengalaman berorganisasi.
Dan punya skill dasar komputer dan bahasa inggris dan attiude baik.
Karenanya ane percaya diri, buat melamar kerja di perusahaan ataupun dapat di pemerintahan bila merantau keluar kota.

Tapi bokap ane gak rela melepas ane untuk pergi sendiri gan.. emoticon-Frown
Bokap ane ingin ane kerja disini.
Syukur-syukur jadi PNS
Sekalian ngurus aset-asetnya yang sudah terkumpul selama jadi pejabat.
Mulai dari tanah, kebun, dan propertinya yang sudah banyak.
Tapi ane gak mau gan, ane mau pergi merantau dan mengurus diri sendiri.
Belajar untuk dewasa dan mencari kebebasan pikiran.
Selain itu juga ingin memasang imej yg sudah tertanam dalam di pikiran bawah sdar ane.
Seperti bokap ane dan kakak ane yg kerja dikantor.

Tapi usia bokap ane sekarang sudah lewat 60 tahun gan.
Walau sudah terkena diabetes,tapi dapat terurus sama nyokap tiri ane.
Dan masih terlihat sehat wal afiat.
Selain itu bokap ane kaki kirinya bengkok, karena waktu disini bawa motor pernah ditabrak sama anak kurang ajar.
Karena itu bokap gak bisa ngurus aset ke sana sini karena kakinya sakit.
Bokap ane gak percaya sama abang ane.
Karena dia sangat bermasalah dan khawatir dengan kebiasaan jelek dia buat ngurus aset-nya.

Gimana nih gan? Ini dah termasuk Dilema buat ane yang gak bisa diputuskan mau kek gimana.
Ane rasanya mual kalau mikirin ini terus gan, ampe niat minum susu 3-4 gelas sampe sembelit tadi. emoticon-Hammer (S)
Minta tolong kasih masukan dan solusi dari yang menurut agan-aganwati terbaik.
Makasih buat agan-aganwati yang sudah berkunjung, baik yang cuma ngintip maupun ninggalin solusi. emoticon-Smilie







Sebenernya niat lu bagus, pengen mandiri, pengen berusaha sendiri, tapi bokap udah naro kepercayaan besar sama lu, dia pengen elu yg ngurus semua aset-aset punya dia.

kenapa enggak diturutin kemauan orang tua, kasian loh dia udah tua, kalo bukan sama anaknya, dia mau percaya sama siapa lagi?
Niat ente bagus sih, tapi ente mikir perasaan ortu juga. Ente yg dipercaya ngurus aset. Ga usah terlalu idealis gan, ntr ente repot sendiri.
KASKUS Ads
rada2 ngeri ngasih masukan soal aset, apalagi urusannya sama keluarga.
takut ada kecemburuan dari kakaknya situ, sensitive banget urusan beginian.
ane nyimak aja dulu deh, sambil belajar soal beginian emoticon-Peace
wa pmbgian wrisannya kok gtu pla ya emoticon-Big Grin
Dengerin dan ngertiin dulu bokap lu.. Itu aje sih saran gwe.. Hehehe.. emoticon-Hammer2 he he

Thanks sudah mampir..

Quote:


Thanks pujiannya gan.. Ehe.. emoticon-Malu (S)
Bokap ane dulu cuma anak petani dikampung ini,
Tapi agan pasti udah banyak dengar cerita orang sukses yg berjuang dr masa muda dulu yg gak sebaik sekrang gan?
Ane lihat perjuangan bokap dan kakak diposisi mereka saat ini udah menginspirasi ane..
Sekarang bokap ane emang udah tua..
Ane dah terlalu sering bergantung sama dia sampe sekarang.
Dan itu dah bikin ane gengsi dan harus bisa nyamain posisi ane sama bokap ane.

Maunya aset-aset itu diurus sama abang ane sampai masa pembagian.
Tapi abang ane diliat rada kek ga peduli gmn nasib aset bokap ane.
Sampai sekarang pun masih bergantung padahal dah kepala tiga.
Meski dia bilang berusaha untuk berubah, bokap ane sering curhat dan pesimis soal dia ke ane.. emoticon-Frown

Ane nanti akan ngubah imej diri ane dimasa depan klo memang hidayah-nya ngarah ke saran agan.. emoticon-Frown

Btw,klo agan diposisi ane, agan mending pahami diri sendiri atau orang tua?
Ane jujur, mending pahami diri sendiri kemana kebahagiaan itu didapat.
Karena klo udah dpt kebahagiaan kita sendiri,orang tua juga pasti ikut bahagia kan.? CMIIW
Tapi melihat bokap ane yg dah tua, udah cukup nambah membelah hati ane jadi makin dilema gan..

Makasih dah mampir dan ngasih masukannya gan.. emoticon-Smilie

Quote:


Ada saudara sepupu ane sama seperti agan sarannya,
"gak usah terlalu idealis dek klo hidup dimasa sekarang. Mending realistik dan pragmatis, mana yang lebih cepat dan mudah. Itu jalan yg diambil...."

Thanks buat masuk tambahan dari agan ya..emoticon-Smilie

Quote:


Hubungan ane sama kakak tuh dah kek hbungan ibu dan anak.
Semenjak nyokap kandung ane sakit pas ane msh kecil,kakak ane yg ngurus ane.
Sekarang sih nyokap alhamdulillah dah sembuh dan bisa diajak berbicara dengan baik..emoticon-Smilie
#kok_jadi_curcol?emoticon-Hammer (S)
Ane rasa keknya gak bakal ada cemburu masalah aset.
Ane sering komunikasi dan saling memahami ja sama kakak dan abang ane gan.emoticon-Malu (S)
Tapi topik-nya bukan tentang warisan aset nih gan.. emoticon-Ngakak (S)
Ini tentang pilihan ane merantau atau ngurus aset-nya sampai ada masa pembagian warisan..
Makasih gan dah mampir dan mau gelar tikar disini...emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Topik thread ini gak ke arah pembagian aset warisan gan... emoticon-Bingung (S)
Ane masih galau mo gmn pilihan ane, ngurus asetnya atau kerja sendiri dan merantau...
Atau tulisan ane yg agak absurb sama agan. Maaf..emoticon-Bingung (S)
Thanks dah mampir...emoticon-Smilie

Quote:


Iya gan, ane dah berusaha memahami pikiran dan perasaan bokap ane.
Disaat itu juga, ane coba paham sama diri sendiri.. emoticon-Ngakak (S)
Ujung2nya jadi dilema mau ngikutin kata bokap ane atau hati ane sendiri. emoticon-Hammer (S)
Thanks dah mampir ya gan emoticon-Smilie
Quote:


iya paham, pembahasannya ga tentang warisan.
tapi tetep aja itu urusan aset.
kelak nanti kalo situ yang handle trus sukses, dan misalkan kedua orang tua udah ga ada, perlahan akan muncul nganu nganu.
temen ane ada yang kasusnya hampir sama kayak gini, tapi mungkin kondisi keluarganya berbeda.
antara kakak dan adik kurang akur pas bokapnya ga ada.
kakaknya merantau ke ke negeri paman sam, alih alih biar keliatan lebih wah dari adiknya yang memilih stay ngejalanin bisnis keluarga.
dan saat orang tuanya sisa satu, percikan percikan api mulai dinyalakan.
dalihnya si adik terlalu sibuk mikirin bisnis keluarga sampe lupa ngurusin orang tua.
tuh bisnis mau diambil sepenuhnya dan si adik di suruh jagain ibunya, orang tua satu satunya yang udah mulai sakit sakitan.
adiknya ga terima dituduh lalai ngurusin orang tuanya yang tinggal se rumah sama dia.
dan duaaar, adu argument ini itu yang berakhir pada orang tua yang kena dampaknya.
ibunya kena serangan jantung mendadak, dan pergi meninggalkan kedua anaknya.


ya semoga keluarga situ jauh lebih baik dari temen ane ini.
padahal mereka chinese lho emoticon-Nohope
harta bisa menggelapkan mata siapa saja.
lulusan agroteknologi, punya kebun & sawah di kampung, dipercaya ortu ngurus asset.
apa lagi coba buat lu mengaplikasikan ilmu yg lu dapat di kuliah?
gak byk lhoooo mahasiswa yg kerja beda dengan background pendidikannya.
kampus negri diciputat 6 tahun ga lulus kayaknya ane tau nih univ emoticon-Hammer2

ett mending sholat istikhoroh gan kali aja allah memberikan agan jalan yg terbaik diantara yg terbaik, btw kenapa ga ikutin kemauan ortu aja gan kali aja itu jalannya emoticon-Cool
Solusinya gampang gan:

Agan bikin usaha sendiri yang berbasiskan aset yang udah ada. Contoh nih ortu agan punya kebun. Agan tinggal ajuin proposal ke ortu agan untuk bikin bisnis kelapa sawit atau durian (durian asal sumut enak kali, hahahaha). Karena agan minta aset, otomatis harus ada perpindahan kepemilikan dari ortu ke agan (ditandai dengan perubahan akte) supaya gak bermasalah ke belakangnya. Ente kan lulusan agroteknologi, itu pas banget dengan skema bisnis pertanian. Biar gaya dikit "impor" lah hasil pertanian agan ke jawa.

Ane kasih tau ya gan, seenak-enaknya pejabat kalo masih jadi "babu", gak seenak punya usaha sendiri. Percaya deh.
nge'kos, hidup ndiri, ber'juang ndiri.. emoticon-Bingung (S)
koq enak banged yak pilih'an ente emoticon-Cape d... (S)
"ndak boleh", kudu tinggal di rumah sodara, emoticon-Smilie
dan tentu'nya sodara yang udah stress berat..emoticon-fuck3
uang saku se'hari "goceng", uang makan langsung di'titip'in ke sodara.emoticon-Stick Out Tongue
ke mana2 naek sepeda ontel bwat ngirit bensin. Titik.
Klo sudah bisa cari duid ndiri baru.. naek motor.emoticon-Cool
emoticon-Ngakak
hidup cuma sekali gan, silahkan saja kalo mau bebas. emoticon-Big Grin

toh ngurus properti gk susah-susah banget, ayah ibu lo sepertinya masih bisa kok.
yang penting lo tetep inget kampung dan sesekali pulang sekalian kontrol aset-aset orang tua lo. emoticon-coffee

hidup terlalu singkat untuk dikekang dan disesali emoticon-Big Grin
Quote:


Oh, masalah argument antar saudara dipicu karena meninggalnya ortu dan komunikasi tidak sejalan, dan juga kakak yg modus-an?
Atau ortunya jarang ngasih kabar dan nasehat baek tentang adek ke kakaknya emoticon-Nohope
Jangan kejadian deh dikeluarga ane..
Masalah warisan paling sensitif emang klo dibahas didalam keluarga.
Apalagi punya saudara yg gengsi karena harta kelewat batas kek kakaknya
Tapi abang ane rasa keknya masuk kategori itu..
Motor ane h*nda suprafit, abang ane? CBR....
Ampun, kok jadi parno abis baca cerita agan dah... emoticon-Takut (S)

Quote:


Iy gan, ane waktu baru masuk ke jur. itu awalnya emang niatnya ke situ.
Sawah ada, saking gak keurus, Di sama bagi hasilkan yg ngolah sawah itu..
Kebun ada, tapi kebun salak lho gan.
Itu duri-duri dipohonnya bikin rada nyesek ampe berdarah klo ketancap pas kerja disitu. emoticon-Hammer
Sayang, ane kurang termotivasi ke arah sana.
Karena dikeluarga ane kebanyakan jadi orang sukses berdasi...emoticon-Frown
Salahkah orang tua ane? karena figur orang sukses itu dah tertanam...
Makasih gan dah mampir dan ngasih masukan emoticon-Malu

Quote:


Hheheh.. Disitulah ane awal kuliah setahun gan diciputat,
Jadi teringat macetnya setelah jalan fly over
dan capeknya naik tangga ke lantai teratas klo lift rusak bkin wajah semakin tirus..:
Gak kepikiran shalat istkhoroh.. emoticon-Cape d... (S)
Mungkin ane perlu mendekatkan diri dulu ke tembok ratapan dikamar biar dapat hidayah sambil berzikir setelah shalat istikhoroh... emoticon-Hammer
Thanks masukannya y gan emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:


Jadi entrepenuer ya maksud agan... emoticon-Belo
Selalu kepikiran ke situ, bikin olahan salak selama kuliah disini.
Secara kota tinggal ane tuh terkenal dengan nama Kota Salak.
Jarang2 orang bikin olahan salak yg variatif, baru dua pabrik aja yg berdiri yg ane tahu.
Tapi produknya sama-an ane lihat.. emoticon-Nohope
Apadaya, orangtua ane dan ane sendiri juga ragu sama kemampuan marketing dan sosial ane...emoticon-Hammer
Ane tipe homebody, jarang keluar buat kegiatan sosial..emoticon-Frown
Ane pertimbangkan jugalah buat tinggal di sini
kemana arahnya yg ane minati didunia entrepenuer itu nanti emoticon-Belo
Thanks dah mampir buat ngasih masukan penting..emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:


Secara ane masih baru stabil, mungkin memang benar harus tinggal dulu dirumah saudara...emoticon-Hammer
Takut kenapa2, ntar malah kebablasan masalah kehidupan ane klo sendirian.
Ok-lah tinggal sama saudara klo jadi pergi merantau..
Makan ati terus sampe dapat kerja dan gendutan karena mapan
Baru nanti kasih makan ati ke saudara itu emoticon-Ngakak (S)

Quote:


Setuju emoticon-army
Ane pengen bebas milih jalan yg ane lalui sesuai prinsip
Ane sering merasa menyesal, pilihan ane sering gak tepat dengan diri ane.
Kebanyakan pilihan itu buat orang lain ketimbang buat ane.
Karena pilihan ini jangka panjang..
Ane tersadar, seenggaknya ane belajar untuk bisa membawa diri ane ke apa yang ane mau sebelum menyesal terlalu lama...emoticon-Frown
Thanks dah kasih support buat hidup bebas berprinsip dan mandiri.. emoticon-Malu
muliakan dulu orang tua lu gan, bantu bapak ente dulu. itu yang terbaik.. nanti bakal banyak berkahnya buat ente dan keluarga. insya allah gan. ikuti dulu apa yg orang tua loe pengen gan emoticon-Jempol mumpung masih ada orang tua loe,.
dua kali ngunjungin trit orang hari ini
dan dua2nya ceritanya mirip ane.

bedanya ane belom lulus, gak kek agan. sementara kakak ane udah kerja dan ikut suaminya tinggal di jawa tengah.
gue 6 bulan yll sempet dihadapi sama masalah kek gini, bokap nyuruh gue balik ke tempat domisili bokap skrg (wlpun bukan kampung halaman kami), karna kami udh tinggal disana hampir 10 taun, dan disana syukur bokap bikin usaha dan berkembang, sehingga ane disuruh ngelanjutin, makanya disuruh balik ke rumah.

awalnya ane keras juga, ane mau merantau lah. secara kuliah aja ane di luar kota, masak ane balik lagi, ane lebih senang keluar merantau rasanya. tapi ortu gue blg wktu itu, ortu ane mudanya dulu di perantauan. gak pernah menetap di kampungnya sendiri (kalimantan), smenjak merantau waktu kuliah di jawa. dan penyesalan bokap nyokap gue adalah, mereka gak bisa merawat ortu mereka masing2 pas udh tua. walaupun bisa menafkahi dgn uang dan segala fasilitas. tapi sedih rasanya apalagi pas meninggal baik bokap n nyokap gue cuma bisa dtg pas menjelang hari kematian ortu mereka.

atas dasar itu, ane mikir. maaf bukan kasar, cuma ini juga kesimpulan yg diucapkan sama nyokap ane.
org tua itu cuma kangen. ketika kita remaja, kita mulaimenjauh dengan mereka, mereka pingin kita merawat mereka. terlebih gue cowok, decision maker di keluarga nantinya. dan gue dipercaya nantinya ngurus usaha dan aset2 milik ortu. toh kata nyokap gue, mereka juga gak akan lama (sorry no offense) jadi mungkin kalo nanti mau merantau, merantaulah sesudah kami gak ada.

gitu kuranglebih kata bokap nyokap ane. dan akhirnya ane pun memilih buat balik lg ke kampung nanti.
dan saran gan, karna agan punya sodara, jelasin dah sama bokap ente, masalah aset kudu di clearkan. biar gak ada pertikaian dan iri dengki nantinya.

selamat berjuang gan emoticon-Big Grin
ane juga mau cerita.

ane jengkel bgt sama bokap ane, fyi ane umur 20an waktu itu. bokap ne suka nelponin ane klo lagi keluar terus agak malem ga pulang-pulang, suka nyuruh ane makan, mandi dan lain lain. ane diperlakukan kayak anak kecil

tp ternyata itu bntuk kasih sayang dia buat terakhir kalinya, tak berapa lama dari itu beliau meninggalkan ane untuk selamanya...

semoga paham maksud cerita ane. bokap ente itu sayang dan pengen disayang ente
Ane jd inget cerita ane dulu.. pernah dapet beasiswa ke singapore.. Cm ujung2nya ane tolak karena mikirin nyokap ane yg cm tinggal sendiri.. Tp Ujung2nya malah dpt rezeki yg lbh gede disini gara2 booming properti dan beli tanah... Cb dl ane di singapore dan ga beli properti disini.. Ane ga akan dpt aset yg lumayan..

Intinya rezeki ga akan kemana gan.. Apa lg ente kalo mau rawat orang tua pasti rezeki akan ngalir terus..
rezeki jgn dtolak bray, gw slalu smngt klo mndgr aset emoticon-Genit: gni ja stiap org pnya hak tuk mmilih tpi jln yg dbrikan oleh ortu ts tu jln yg trmuda bwt ts kedepannya jika da plihan yg mudah knpa plih jln yg brbelok ? emoticon-Cape d... (S)

stu lgi org yg sukses dri jln yg susah tu biasanya keadaan mreka yg krg mndukung bkn krna niat mreka mw hidup susah2, cba tnya sma kakak ente yg mw jdi pejabat ekselon tntang khidupannya, lagipula mnolak rezeki mngingkari nikmat loh emoticon-Malu (S)
wah kalo gw sih bakal galau nih
setidaknya lu bakal punya masa depan dgn imajinasi gw :
1. Lu ngurus aset bokap, idup enak, nikah dengan cewe lokal yg cantik, bahagia punya anak cucu banyak di kampung halaman
2. Lu berkelana mencari arti hidup, mungkin hidup lo agak ter ombang ambing untuk beberapa saat, tapi akhirnya dgn modal skill dan kerja keras lu, lu bakal sukses, nikah dgn orang luar, bahagia punya cucu banyak. emoticon-Big Grin
gw baru lulus SMA, karena kondisi yg gak terlalu rumit kayak agan, dan punya keinginan berpetualang kayak agan, gw mutusin lanjut di ibukota, pengen cari pengalaman hidup, gw udah terlalu lama bermalas malasan dan terlalu nyaman dgn comfort zone gw selama ini,
ya gw pikir merantau seperti ini perlu banget untuk membentuk karakter, gw selalu membayangkan diluar sana masih banyak yg perlu dicoba dan dijelajahi, dunia ini emang luar biasa emoticon-Big Grin
×