alexa-tracking

Butuh saran ▶Kemampuan komunikasi rendah 😞

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/55a0959ca2c06e00598b457c/butuh-saran-kemampuan-komunikasi-rendah
Butuh saran ▶Kemampuan komunikasi rendah 😞
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Agan dan aganwati, saya minta sarannya ya..

Begini gan/sist terkadang saya iri dengan mereka yang komunikasinya sangat baik. Bisa berbicara di depan umum dengan baik, tanpa grogi. Sedangkan saya masih gemetaran, grogi, tidak bisa diam. Hal yang sudah matang ingin saya sampaikan seketika malah jadi kabur dan bingung saat saya berbicara. Mungkin belum terbiasa. Saya berpikir bagaimana nanti jika saya menghadapi sidang skripsi dan membayangkan saat dosen menguji saya.😞
Bagaimana caranya agar saya dapat berbicara banyak dan mudah menjelaskan sesuatu?

FYI saya memang cenderung introvert, pendiam. Saya berbicara seperlunya tapi kadang blak-blakan. Saya memang lebih suka banyak bekerja dibandingkan banyak berbicara.

Mohon tips dan sarannya.
Terima kasih 😄
iya sih ngobrol via cyber tp klo real ga bsa ngmg sama aja boong

klo punya duit ikut klas speaking aja

klo ga punya mulai lah unt menyapa org , biarin aja dblg sksd , lbh baik diblg sksd drpd ga ada usaha sm sx toh buat diri sendiri kan hasilnya
bisa komunikasi itu yaa punya info yang ingin dibagi.
menurut gw, yg ad dipikiran org2 yg bisa komunikasi banyak itu, menomor 2kan performa dia. dia lebih me no 1 kan info yg dia bagi

klo masalah presentasi sih.
klo gw,
1, tulis yang pengen lu ucapin.
2. hafalin tulisan lu.
3. coba presentasiin didepan teman2 lu. 1-100x atau klo mau sendiri aj, gpp.
4. banyak baca + dipahami tentang apa yg pengen lu presentasiin.

se tau gw, pas sidang skripsi itu, pertama lu presentasi, jadi, no 1 + 2 yg bakal melancarkan jalan ny sidang. jd lu ga keliatan grogi.
setelah itu di tanya2, yaa berarti ke no 4, se tahu dan se paham apa lu menguasai yg sedang lu skripsiin.

terakhir, face the fact.
belajar ngobrol dengan baik sama temen dulu.
introvert gag berarti gag bisa ngomong kok.. bisa asal mau usaha.. Butuh saran ▶Kemampuan komunikasi rendah 😞
Wkt sidang skripsi jgn terlalu kaku, spontan aja utarain apa yg ada di pikiran km ttg skripsi yg km buat. Anggap aja itu seperti sebuah diskusi biasa yg diawali dgn penjelasan dr km dl. Coba ente liat videonya steve job wkt dia presentasi produk apple, dia begitu spontan & fleksibel.
Latihan, that's all.

Banyakin ngobrol ama temen entah dumay atau dunat, and that's it
Quote:Original Posted By cithatha
belajar ngobrol dengan baik sama temen dulu.
introvert gag berarti gag bisa ngomong kok.. bisa asal mau usaha.. Butuh saran ▶Kemampuan komunikasi rendah 😞


Hai cantik godain aku dong emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By dellahurahura
iya sih ngobrol via cyber tp klo real ga bsa ngmg sama aja boong

klo punya duit ikut klas speaking aja

klo ga punya mulai lah unt menyapa org , biarin aja dblg sksd , lbh baik diblg sksd drpd ga ada usaha sm sx toh buat diri sendiri kan hasilnya


Kelas public speaking mahal gan 😂
Kadang bingung apa yang ingin kita ucapkan. Maklum lah biasa jadi pendengar yang baik. 😁

Akan ane usahakan gan.
Terima kasih sarannya 😄
Quote:Original Posted By nanletsbegin
bisa komunikasi itu yaa punya info yang ingin dibagi.
menurut gw, yg ad dipikiran org2 yg bisa komunikasi banyak itu, menomor 2kan performa dia. dia lebih me no 1 kan info yg dia bagi

klo masalah presentasi sih.
klo gw,
1, tulis yang pengen lu ucapin.
2. hafalin tulisan lu.
3. coba presentasiin didepan teman2 lu. 1-100x atau klo mau sendiri aj, gpp.
4. banyak baca + dipahami tentang apa yg pengen lu presentasiin.

se tau gw, pas sidang skripsi itu, pertama lu presentasi, jadi, no 1 + 2 yg bakal melancarkan jalan ny sidang. jd lu ga keliatan grogi.
setelah itu di tanya2, yaa berarti ke no 4, se tahu dan se paham apa lu menguasai yg sedang lu skripsiin.

terakhir, face the fact.


Pengen banget melakukan hal no 3 gan. Nanti teman kita bisa kasih saran tentang hasil presentasi kita.

Tipsnya bagus semua gan. Terima kasih banyak atas sarannya 😄
Quote:Original Posted By missjeje
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Agan dan aganwati, saya minta sarannya ya..

Begini gan/sist terkadang saya iri dengan mereka yang komunikasinya sangat baik. Bisa berbicara di depan umum dengan baik, tanpa grogi. Sedangkan saya masih gemetaran, grogi, tidak bisa diam. Hal yang sudah matang ingin saya sampaikan seketika malah jadi kabur dan bingung saat saya berbicara. Mungkin belum terbiasa. Saya berpikir bagaimana nanti jika saya menghadapi sidang skripsi dan membayangkan saat dosen menguji saya.😞
Bagaimana caranya agar saya dapat berbicara banyak dan mudah menjelaskan sesuatu?

FYI saya memang cenderung introvert, pendiam. Saya berbicara seperlunya tapi kadang blak-blakan. Saya memang lebih suka banyak bekerja dibandingkan banyak berbicara.

Mohon tips dan sarannya.
Terima kasih 😄

banyak2 bicara aja ke orang2 , lama2 juga ente akan terbiasa dengan sendirinya emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By cithatha
belajar ngobrol dengan baik sama temen dulu.
introvert gag berarti gag bisa ngomong kok.. bisa asal mau usaha.. Butuh saran ▶Kemampuan komunikasi rendah 😞


Iya sist. Ane akan berusaha. Terimakasih ya 😄
Quote:Original Posted By Echizen.Ryoma
Wkt sidang skripsi jgn terlalu kaku, spontan aja utarain apa yg ada di pikiran km ttg skripsi yg km buat. Anggap aja itu seperti sebuah diskusi biasa yg diawali dgn penjelasan dr km dl. Coba ente liat videonya steve job wkt dia presentasi produk apple, dia begitu spontan & fleksibel.


Iya gan. Temen ane pernah liat orang yang lagi skripsi ditanyain sama dosennya sampe ga bisa jawab saking groginya. Padahal pertanyaannya mudah.
Melihatnya mudah padahal agak sulit melakukannya.
Quote:Original Posted By ChocoTop
Latihan, that's all.

Banyakin ngobrol ama temen entah dumay atau dunat, and that's it


Terima kasih sarannya gan 😄
Quote:Original Posted By albertkartono
banyak2 bicara aja ke orang2 , lama2 juga ente akan terbiasa dengan sendirinya emoticon-Salaman


Siip. Terima kasih sarannya gan 😄
Itu karena kita bicara diluar kapasitas atau malah kebiasaan kita.. bukan berarti kita bodoh tapi terkadang ada variabel yg ngebuat kemampuan yg ada pada kita menjadi tidak optimal..

Contoh.. ada orang yg butuh waktu untuk penekanan dan jeda antara pernyataannya dari satu ke lainnya.. namun pada saat (semisal) diskusi dia tidak memiliki waktu itu karena semua orang punya kesempatan berbicara atau waktu diskusi sempit.. etc etc..

Jadi ya begitu..


Perlu diingat kalo komunikasi itu efektif bila pendengar memahami pembicara persis sesuai dengan apa yg diinginkan oleh pembicara..

CMIIW emoticon-Peace

Maka'nya klo punya epilepsi kek gitu emoticon-Bingung (S)
bikin kamar yang ada pe'redam suara.. emoticon-Big Grin

jawab trit yang cepet plus nge'dumel keras,
penuh'in ame alasan kuat klo mereka semwa gak becus..

emoticon-Ngakak
Btw, ntar juga lihay ndiri.
Quote:Original Posted By missjeje


Iya gan. Temen ane pernah liat orang yang lagi skripsi ditanyain sama dosennya sampe ga bisa jawab saking groginya. Padahal pertanyaannya mudah.
Melihatnya mudah padahal agak sulit melakukannya.


Yg terpenting itu menguasai materinya gan. Proporsinya 80% kuasai materi 20% sisanya cara penyampaian yg baik & jelas. Percuma klo skill public speaking-nya bagus tp ga menguasai materi, tetap aja gelagapan wkt ditanya2.
Quote:Original Posted By cerdaskeren
Itu karena kita bicara diluar kapasitas atau malah kebiasaan kita.. bukan berarti kita bodoh tapi terkadang ada variabel yg ngebuat kemampuan yg ada pada kita menjadi tidak optimal..

Contoh.. ada orang yg butuh waktu untuk penekanan dan jeda antara pernyataannya dari satu ke lainnya.. namun pada saat (semisal) diskusi dia tidak memiliki waktu itu karena semua orang punya kesempatan berbicara atau waktu diskusi sempit.. etc etc..

Jadi ya begitu..


Perlu diingat kalo komunikasi itu efektif bila pendengar memahami pembicara persis sesuai dengan apa yg diinginkan oleh pembicara..

CMIIW emoticon-Peace


Bener banget gan, dibandingkan dengan orang yang panjang lebar menjelaskan tapi tidak dimengerti pendengar. Mending sedikit berbicara tapi dimengerti. hhe ..

Terima kasih sarannya gan 😄
Quote:Original Posted By mibmobz
Maka'nya klo punya epilepsi kek gitu emoticon-Bingung (S)
bikin kamar yang ada pe'redam suara.. emoticon-Big Grin

jawab trit yang cepet plus nge'dumel keras,
penuh'in ame alasan kuat klo mereka semwa gak becus..

emoticon-Ngakak
Btw, ntar juga lihay ndiri.


Bisa karena terbiasa. Thanks sudah mampir gan 😄
Belajar latian di depan temen2 dulu aja.
Ane juga ga bisa macem presentasi gitu di depan umum, awalnya ke temen2 juga ga bisa, tapi ane sok2 tegar dan tabah sih, akhirnya ke depan temen2 bisa.
Kalau ke orang lain ini yg belum bisa.
×