alexa-tracking

[Butuh Masukan] Usaha Travel mulai macet kendala waktu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/559a92f75c77985f418b4568/butuh-masukan-usaha-travel-mulai-macet-kendala-waktu
[Butuh Masukan] Usaha Travel mulai macet kendala waktu
Salam agan sista
Sudah lama gak buat thread dikaskus,bahkan hampir hanya jadi silent reader di kaskus,kali ini ane buat thread lagi,ane butuh saran dari agan sekalian yang saya rasa lebih mastah daripada saya.

Sebelumnya maaf kalau hanya tulisan dan membosankan,karena saya posting thread lewat handphone.

Jadi begini...
Saya sudah aktif di FJB Kaskus semenjak 2011.
Awalnya saya jualan handphone,dan beralih ke agent travel.
Lebih kurang tahun 2012 saya mulai menjalani bisnis ini. Saya jualan di kaskus dengan 3 lapak,masing-masing ticketing air asia,ticketing domestik flight,ticketing internasional flight.

Usaha saya bisa dibilang mulus,bahkan banyak dari pembeli yang puas dengan servis yang diberikan travel saya.

Awalnya saya bekerja sendiri,dan akhirnya dibantu oleh 3 teman dengan sistem gaji bagi untung.
Selama itu saya hanya berjualan online di kaskus dan offline di sekitaran lingkungan saya,sekolahan,kantoran,dll.

Tapi seiring waktu,tahun 2015 travel saya bisa dibilang nyaris vakum. Di FJB saya non aktif,hanya mengandalkan penjualan offline,itu pun hanya kerabat dan kenalan saja sebagai pembeli di travel saya.

Yang menjadi kendala utama saya adalah waktu,termasuk untuk pemasaran,penjualan,pelayanan,dan tanya jawab bagi calon pembeli.

Saya sedang di tahun akhir kuliah di kedokteran. Dengan jadwal mata kuliah yang suka berubah ubah,skripsi,dan bayangan koas yang udah deket.
Saya bingung bagaimana caranya kuliah saya jalan,travel saya juga jalan.

Tahun 2014 kemarin saya aktif menjadi travel langganan sekolahan dan kantoran. Tapi karena persaingan di sini ketat,jadi tender untuk tiket perjalanan dinas/sekolahan harus bener bener di fokusin,sedangkan waktu saya sangat sedikit.

Kendala berikutnya,karyawan. Dari 3 karyawan,sisa nya sekarang hanya 1. Karena 2 karyawan melanggar sistem kerja,dan pasif dalam melayani pembeli,saya putuskan kontraknya.

Kendala berikutnya,website. Saya belum memiliki website.karena saya berpikir,sangat kurang waktu saya untuk mengurus website.hanya sempat dihari libur.

Terlebih sekarang agent travel sudah banyak,dan agent travel sudah mulai menyediakan aplikasi pembelian,rasanya persaingan tambah ketat.

Saya tetap ingin menjalankan bisnis travel ini. Terlebih,di lingkungan saya banyak yang tahu kalau saya melayani penjualan tiket pesawat. Namun lagi-lagi masalah waktu jadi kendala.

Dari segi daerah,saya sekarang berada di Banda Aceh,sebelahan dengan kota wisata,sabang. Rasanya,sangat besar peluang untuk bisnis tour disini. Tapi saya lagi-lagi berpikir,kapan sempat saya mengurus tour jika waktu saya kurang?belum lagi kalau paket tour,saya harus mendampingi peserta tour minimal ketika kedatangan,pelepasan ke wahana,dan kepulangan.

Nama travel saya : Gundrana Travel. Mungkin dari beberapa kaskuser pernah menjadi pembeli. Saya ucapkan terima kasih selama ini sudah percaya terhadap travel saya.

Saya berharap dari kaskuser disini,yang saya percaya agan agan juga pelaku bisnis yang baik dan berpengalaman.semoga ada solusi agar travel saya kembali aktif di tengah kendala yang saya alami.

Terima kasih,
Salam kaskuser.
Cendol ntar saya bagi,tapi cuma 2 cendol bisa perhari,maklum cuma 2 balok hehe
bagi yang ingin menaikan omset usaha, silahkan cek disini... http://penglarisusaha.com/
terima kasih kakak,....emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
image-url-apps
Gan, sori mau nanya. Tender tiket dinas/sekolahan cara ikutannya gmn ya? Soalnya saya gk pernah tau pengumuman nya liat dmn.
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Tender yang ane maksud bukan project lelangan terbuka sih gan hehe. Biasanya,sekolah tertentu kan suka ngadain program study tour luar kota/negri. Jadi sering" nanya info kapan mereka biasa study tournya.di dekat waktu keberangkatan,ane datengin pihak sekolah,ngasih program dan harga dari travel ane. Biasanya ada beberapa travel yg ngajuin. Ntar kalau cocok dengan harga dan program,mereka bakal hubungi travel yg terpilih. Biasa bakal jadi langganan minimal 2 tahun,tergantung persaingan sih.

Kalau sama dinas/kantoran,biasa ane sebagai travel untuk perjalanan dinas mereka. Faktor utama nya sih,kenalan/kerabat yg ada di bagian penting di kantor tsb.jdiny setiap perjalanan dinas mereka,ya travel ane yg nyediain tiket pesawatnya
image-url-apps
Quote:


Gan,kok sepi ya kaskus?apa ane salah room?
Dimana bisa ane nanya masukan dari para entrepreuneur kaskus?
Quote:


thank you gan info nya, bisa nih saya contoh caranya

Quote:



sudah benar gan disini roomnya
yg lain mungkin lagi sibuk tarawih. nanti jg pada ada yg komen gan. ditunggu aja emoticon-Smilie
Quote:


silahkan dicoba gan,gak ada salah nya kita ngejar peluang emoticon-Blue Guy Peace

iya bener juga ya gan,lagi pada tarawihan emoticon-Malu (S)
hmmm, anda sort of manpower and have to solve that one first. Apakah ada keluarga yang bisa bantu anda menjalankan usaha ini?

Kalau itu not solved, maka yang lainnya tidak akan solved karena misalkan pake karyawan or org lain urus ada risk tersendiri jadi better kalau dari kelurga agan TS ada yg bisa bantu jd manpower
Quote:


Masukan bagus gan.terima kasih untuk masukannya.
Sudah beberapa hari ini memang ane mikir keras untuk minta tolong ke keluarga ane untuk urusan travel ini. Keluarga terdekat juga pada sibuk semua. Ada beberapa sepupu ane yang udah terpikir,tapi kudu diajarin dari awal memang.

But,nice gan. Makasih sekali lagi emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
Quote:



sama-sama gan, beberapa client saya yang cannot phase kondisi agan mati usahanya padahal prospeknya bagus emoticon-Smilie
×