alexa-tracking

April Cuenca: Sang Backpacker yang Ubah Haluan Jadi Entrepreneur

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5599f58b1a9975387e8b4572/april-cuenca-sang-backpacker-yang-ubah-haluan-jadi-entrepreneur
April Cuenca: Sang Backpacker yang Ubah Haluan Jadi Entrepreneur
April Cuenca: Sang Backpacker yang Ubah Haluan Jadi Entrepreneur

Bila kehidupan April Cuenca adalah sebuah buku, judulnya bisa dipastikan "perjalanan". Ia sudah berkelana di berbagai penjuru Filipina, dari yang ramai dan maju hingga yang terpencil dan membutuhkan perhatian lebih.

Entrepreneur perempuan dari Filipina itu bersama rekannya mendirikan startup FlipTrip yang bergerak di bidang traveling.

Ia sendiri sudah merandai di Filipina sejak usia belia. Cuenca muda sudah pernah merasakan kerepotan dan asyiknya menjadi turis backpacker, pemandu wisata dan koordinator tur wisata. Ia juga mengelola logistik pertunjukan yang berpindah dari kota ke kota.

Cuenca cukup beruntung sudah bisa mengunjungi banyak tempat meski masih muda usia namun tidak semua orang seberuntung dia.

Masalah yang sering ditemui dalam perjalanan di Filipina ialah menemukan informasi mengenai destinasi wisata terutama yang masih terpencil.

"FlipTrip ialah tentang bagaimana mengeskplorasi dan berpetualang lebih nyaman dengan menghubungkan banyak pelancong secara langsung dengan warga setempat di tempat-tempat tujuan mereka. Anda bisa menemukan tujuan Anda berikutnya dan memilih kegiatan tur, akomodasi dan transportasi Anda dan kemudian memesannya semua dalam sekali jalan," Cuenca menjelaskan.

Perusahaan itu melatih warga lokal yang tidak atau hampir tanpa pengalaman dalam web untuk menerima dan mengelola pemesanan secara real time dengan menggunakan sistem manajemen pemesanan yang sederhana. Di samping pemesanan yang mudah, FlipTrip membantu meningkatkan kehidupan dan kesejahteraan masyarakat setempat yang banyak bergantung pada pariwisata demi mendapatkan pemasukan. (tia/ foto: twitter/ap)

Sumber